Monday, April 30, 2012

My Pumping Room

My Pumping Room, its much easier if we called it " pojok asi"... berasa di puskesmas ya..Tapi memang lebih tepat, disebut pojok kok, karena memang posisinya tepat di pojokan ruangan 613.

Jadi di balik bilik meja kerja saya ada tiang besar, yang awalnya membuat saya agak bete waktu mendapat tempat di bagian pojok dengan sebuah tiang besar yang sangat mengganggu dan jauh dari estetika ruangan yang indah dan nyaman ditempati, memakan banyak ruang yang seharusnya membuat bilik kerjaku menjadi agak lega...


Tapi ternyata, pada akhirnya tiang besar yang kemudian menyisakan sebuah ruang kecil, pojok yang tidak bisa digunakan apapun, bahkan untuk menyimpan lemari atau rak buku sekalipun, kurang dari 1m x 1 m... bahkan untuk ruang shalat pribadipun tidak memadai..

Ruang yang awalnya useless ini, ternyata menjadi sangat berguna di kemudian hari saat sy membutuhkan ruang untuk memompa ASI, . karena satu2nya tempat yang memungkinkan adalah di Mushalla.

Alhamdulillah mushalla di lantai kami dan di gedung ini secara keseluruhan memisahkan ruang untuk pria dan wanita, sehingga sebagian besar ibu menyusui menggunakan mushalla sebagai tempat memompa....hmmm much better than in toilet toch,.


Duuh, miris deh, klo inget soal ini... Seandainya semua pemegang kebijakan menyadari dan mengetahui betapa pentingnya ASI seorang ibu bagi anak2nya, bagi masa depan bangsa dan negara, seharusnya disediakan tempat yang proper dan nyaman... Pun alhamdulillah, menyusul diundangkannya UU tentang Kesehatan, sudah ada PP No. 33 Tahun 2012 mengenai Pemberian ASI Eksklusif yang disahkan pada 1 Maret 2012. .. yang mewajibkan disediakannya tempat menyusui dan memompa ASI bagi Ibu-ibu bangsa...dalam BAB V Pasal 30, disebutkan bahwa pengurus tempat kerja dan penyelenggara tempat sarana umum harus menyediakan fasilitas khusus, sarana itu diberikan untuk ibu menyusui anaknya dan/atau untuk memerah ASI, sesuai dengan kondisi kemampuan perusahaan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.