Monday, December 31, 2012

Saat Anak (dan Suami) Bosan Makan Nasi

Ada saatnya anak-anak (dan suami) bosan dengan makanan yang disajikan setiap hari, terutama saat mereka baru pulih dari sakit. Perlu variasi makanan untuk membuat mereka tetap mau makan. Biasanya anak-anak juga ada masa-masa tidak mau makan nasi, itu yang sering saya alami. Aanak-anak saya sering menolak makan nasi, yang biasanya anak lain justru tidak mau makan sayur, alhamdulillah anak-anakku tidak mengalami hal ini. Justru mereka sering ogah-ogahan makan nasi, sehingga saat disuapi makan sering menolak nasinya tapi tetap mau melahap lauk pauknya :D.



Saat-saat seperti ini biasanya saya menawarkan, oatmeal, karena memang simpel pengolahannya dan kandungan gizinya pun sangat bagus. di rumah selalu tersedia ota meal, sehingga saat anak-anak tidak menghabiskan porsi nasi dari makanan mereka, biasanya saya tawarkan oat meal. biasanya disajikan begitu saja tanpa makanan pendamping tapi kadang saya tambahkan madu, atau dengan pisang untuk dek Paksi.

dek Paksi yang sudah muali memasuski masa-masa susah makan dan memilih makanan (saat ini 15 bulan), biasanya saya buatkan oatmeal dan potongan pisang. seduh oatmeal dan masukan potongan pisang tanpa menghacurkannya, jadi pisang masih utuh dan tidak dihancurkan dalam otameal. lalu biarkan mereka makan dan menyuap sendiri....

Selain cara praktis dan instan seperti oatmel, biasanya saya coba menawarkan mebuat spaghetti. selain karena juga praktis, kandungan gizinya pun tidak kalah asalkan saosnya kita buat sendiri. Anak-anak dan ayahnya pasti suka dibuatkan spaghetti ala ibu Ophi saat mereka merasa bosan dengan nasi.

Saya coba untuk membagi resepnya:

Rebus spaghetti (atau bisa juga diganti makaroni sebagai variasi), jangan lupa masukkan sesendok minyak dalam rebusan spaghetti tersebut agar tidak menempel satu sama lain, setelah empuk, tiriskan dan sisihkan

Untuk saosnya, siapkan bawang bombay dan iris kasar, bawang putih cacah kasar, daging giling, saos tomat, irisan tomat, jamur jika suka, lada bubuk, kayu manis bubuk, keju, garam, tepung maizena, margarin untuk menumis, dan oregano jika ada.


Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan daging giling setelah setengah matang dan harum masukkan garam, lada, jamur, saos, irisan tomat, kayu manis. masak sampai matang, lalu masukkan tepung maizena yang telah dicampur air. rebus sampai air berkuramg, teakhir masukkan parutan keju saat hendak diangkat.

spaghetti siap disantap :), untuk ayahnya saya sediakan juga saos sambal...


Solusi lain yang juga saya lakukan adalah mengajak mereka makan di luar, sesekali ini bisa jadi solusi, tapi makanan di rumah dan buatan Ibu mereka tentu lebih baik...jadi sesekali perlu juga mencari kreasi makanan pengganti nasi.



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.