Tuesday, July 1, 2014

Bulan Puasa/Ramadhan [ Buku Pertama Karya Ka Alinga]

Suatu sore sepulang saya dari kantor saat memasuki awal liburan kenaikan kelas kemarin yang kebetulan menjelang puasa. Ka Alinga (6,5 tahun) menghadiahi saya sebuah "buku". Buku yang disusunnya dari lembaran kertas putih yang ditempelkan dengan lem. Potongan kertasnya pun tidak rapih :). Yang istimewa karena di atas kertas-kertas tersebut tertulis sebuah cerita yang dikarangnya sendiri. Bentuknya memang layaknya sebuah buku. diberi judul di halaman sampul yang coba diberinya ilustrasi, lalu ada daftar isi dan bahkan di bagian akhir ditulis biodata penulis. Bahkan bagian sampul belakang dibuat kata-kata penutup.

Hmm saya terharu sekali... Hmm tahukah kamu nak, Ibumu ini punya mimpi jadi "writter" dan punya buku sendiri... ah sudah-sudah...dramanya selesai sampai di sini, mimpi ya mimpi... banguuun dung supaya jadi nyata :D. Nah saya mau ceritakan di sini apa isi buku Ka Alinga tersebut... lengkap dengan gambar halaman per halaman buku tersebut. Tentu saja, saya akan melengkapinya di sini dengan tanda baca dan menyempurnakan kata yang tertulis kurang lengkap.

Judul Buku: Bulan Puasa/Ramadhan

Daftar isi
Bulan Puasa
Bulan Puasa Sebentar lagi ---------------------------------------- 1
Toko-toko Tutup ------------------------------------------------- 2
Orang-orang tidak makan dan minum ----------------------------- 3
Lebaran
Siap-siap ke Kampung ------------------------------------------- 4
waktunya Lebaran -----------------------------------------------  5
Setelah Lebaran -------------------------------------------------- 6
Pulang ------------------------------------------------------------ 7
Bertemu Teman lagi ----------------------------------------------- 9

Bulan Puasa Sebentar Lagi (hal 1)

Bulan puasa sebentar lagi. Sebelum bukan puasa Paksi harus makan yang banyak, kata Ayah. Paksi mengangguk sambil berkata, Ya Ayah. Pintar anak Ayah. Akhirnya Paksi minta makan kepada embak sesuai janji kepada Ayah.

Toko-Toko Tutup (hal 2)

Saat bulan puasa toko-toko tutup. Ibu menerangkan kepada Zaha. Oh gitu ternyata. jadi Zaha tidak bisa beli apa-apa dong. Iya Zaha. Berarti kita tidak buka puasa dong. Tidak, kita tetap buka puasa, saat subuh pasar buka.


Orang-Orang Tidak makan dan Minum (hal 3)

Ibu, jika kita puasa kita tidak makan ya. Iya Alinga, dan kita tisak minum. Oh, begitu, kenapa kita tidak boleh makan dan minum bu. Karena puasa itu tujuannya tidak makan dan minum, nanti kita lebaran kok Alinga.

Siap-Siap Ke Kampung (hal 4)

Alinga, Zaha, Paksi, kalian mau bawa apa ke kampung? kata IBu. Ayah juga mau bawa apa?. Alinga mau bawa ipad sama buku. Zaha mau bawa sepeda sama ronce. Paksi mau bawa mobil-mobilan. Ayah tidak. Ya sudah, ayo kita berangkat. Ayo.

Waktunya Lebaran (hal 5)

Kita sudah sampai di kampung Alinga, Zaha, Paksi... mandi yaa. Iya bu. Abis mandi kalau udah makan boleh main sekarang kan lebaran. Bu, Alinga minta pohon dong... Pohon apa??? Pohon Maaf Lahir dan Batin hahahaha.

Setelah Lebaran (hal 6)

Setelah lebaran kita diajak jalan-jalan sama Aa Bain dan Wawa Amak looh (*sepupu dan uwaknya). Yess kemana??? gak tahu kemana...

Pulang (hal 7)


Besok kita pulang. Ibu sama Ayah mau beres-beres dulu. Kita Pulang

Bertemu Teman lagi (hal 8)

Kita sudah sampai di rumah. Semuanya bisa main sama teman-teman lagi

Pembuat Buku (hal 9)

Nama: Alinga
Kelas: IC (Usman bin Affan)
Umur: 6 tahun
Alamat: Puri Marisa No.29
Jalan: Isabela

Selamat Puasa dan Lebaran.. da daaa...sampai jumpa lagi ya dengan aku
(Cover belakang)

4 comments:

  1. Wah maaak...itu bisa jadi satu buku komik looh. Kak Alinga pinterrrr. Sy juga lagi nularin nulis sm Zaidan. Tp agk susah nih. Mgk karena anak laki ya? Kalo nulis berjam2 hasilnya 3 baris hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak... dia juga suka bikin komik..tp gambarnya blm bagus...katany nanti kelas 3 mau eskul manga spy gambarnya lebih bagus. tipa anak mang beda2 yaa...adiknya yang cewek juga ga setelaten kakanya niih...tapi gpp mak bersama waktu nanti Zaidan terbiasa mudah2an yang penting suka dulu kali yaa

      Delete
  2. Wah...berbakat nih Mbak, dipupuk terus ya Mbak.. :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.