Monday, October 6, 2014

Belitung Trip: Tanjung Kelayang Beach

Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai di belitung yang juga wajib dikunjungi, terlebih jika kita ingin melakukan Islands Hopping. Untuk bisa mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar pulau Belitung seperti Pulau Lengkuas atau Pulau Burung, kita berangkat melalui pantai Tanjung Kelayang ini. Di pantai ini kita bisa melihat puluhan kapal nelayan baik yang memang digunakan untuk berlayar mencari ikan maupun kapal kayu dengan mesin yang disewakan untuk kegiatan explore pulau-pulau kecil.





Menjadi wajib karena kita bisa berpoto di depan tulisan "Welcome to Belitong" yang menjadi ikon Pantai Tanjung Kelayang ini. Pantai ini terletak di Kecamatan Sijuk, dari pusat kota Tanjungpandan berjarak sekitar 27 km. pasir di pantai ini juga berwarna putih bersih dan lembuut. Mengingat pantai ini ramai sebagai tempat lalu lalang orang yang hendak menjelajah pulau-pulau kecil, mungkin tak terlalu nyaman untuk bermain air. Jika ingin bermain air kita harus berjalan agak jauh menyusuri sisi lain pantai.  Dari pantai ini bisa terlihat batu-batu besar di tengah laut dengan posisi dan bentuk yang unik dan beraneka ragam, salah satunya yang paling terkenal adalah batu berbentuk kepala garuda.






Pantai Tanjung Kelyang ini setiap tahun di bulan Oktober menjadi ramai karena dijadikan pusat titik labuh kapal layar para yatcher yang tergabung dalam kegiatan Sail Indonesia. Hmm  kami datang lebih awal sehingga tak bisa menyaksikan keramaian dan keseruan ini. Tapi saat kami datang, suasana cukup ramai. Sore itu, beberapa kapal baru saja mendarat. Tampakknya kelompok atau rombongan yang baru saja selesai menjelajah pulau-pulau kecil, atau Islands Hopping. Semua peserta mengenakan pelampung berwarna orange mencolok dengan wajah lelah namun tampak riang. 








Hmm seandainya kondisi anak-anak memungkinkan dan cuaca tidak sepanas itu mungkin kami memaksakan diri menyewa kapal dan menjelajah pulau eskok harinya. Namundengn pertimbangan anak-anak, kami simpan agenda ini untuk kunjungan lain waktu. Tiga hari memang tak cukup untuk menjelajah Belitung. Menjelajah satu pantai dan menikmatinya saja tak cukup seharian.








Yang khas, dari pantai ini juga adanya cottage-cottage yang disediakan untuk menginap para pengunjung dengan bangunan yang sangat khas dan alami. Harganyapun menurut beberapa sumber cukup bersahabat. Kami sempat tergoda untuk memilih menginap di sini, namun lagi-lagi pertimbangan rasa aman anak-anak (anak-anak tak bisa tidur tanpa AC), akhirnya kami memilih menginap di Hotel Billiton di pusat kota Tanjungpandan. Oh iya ada juga bangunanAmphiteather, yang berdiri megah untuk tempat pertunjukan kegiatan kesenian dan sejenisnya. Masuk ke wilayah pantai ini tidak dipungut biaya, hanya jika kita berkenan memberikan uang parkir sukarela.

19 comments:

  1. Subhanallah beteap indah alam di sana ya... Kapan saya nak bermain ke tempat yang indah tersebut??? Semoga

    Salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa cantik...mudah2n suatu waktu bs ya mampir ke sini

      Delete
  2. makin mupeng ke belitung nih mak^^

    ReplyDelete
  3. Indah sekali pantainya. Trims atas foto2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak cantik...sama2, makasih juga sdh mampir

      Delete
  4. ancer-ancer biayanya brp ya kalau mau kesana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm tergantung dari mana nih? klo mau naik pesawat sekarang pilihannya lbh banyak. jadwalnya ada garuda 1 kali sehari, sriwijaya 2 kali sehari, city link jg sdh ada satu hari sekali. trus utk penginapan kita bs memilih juga jika tidak di hotel bisa ambil hotel2 melati yang letaknya dekat dgn pantai harganya lebih bersahabat, utk transportasi tergantung kebutuhan klo bisa rental harian atau klo stay di cottage atau hotel dekat pantai dan tujuannya ke pulau2 kecil tak usah rental mobil, jutsru rental kapal/boat sekitar 450rb sehari/kapal. nanti saya ulas di tulisan lain yaa untuk lebih lengkapnya

      Delete
  5. Ah Indonesia memang kaya ya Mak... Tanjung Kelayang patut jadi salah satu destinasi wisata ya Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. subhanaAllah mak....Belitung secara keseluruhan juga sih...saya malah lebih suka tanjung tingginya niih...dan sy blm explore pulau2 kecilnya juga...

      Delete
  6. itu pasirnya putih banget... tapi sayang kok ada gelas plastik bekas terdampar di situ ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. putih dan halus...sayangnya sampah2nya itu hmm masih PR banget buat kita semua...masih banyak berserakan di pantai yg cantik...

      Delete
  7. pantai dan perahu pandanan yang memang apik dan serasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ih mah Tira...serasi dan ngangenin yaa

      Delete
  8. cantik banget pantainya Mak :)

    http://www.naqiyyahsyam.com/

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.