Friday, October 3, 2014

Belitung Trip: Tanjung Pendam Beach

Pantai Tanjung Pendam terletak di Kota Tanjungpandan, tak jauh dari Hotel kami menginap, Hotel Billiton. Kalau kata driver sih posisinya di belakang hotel kami. Pantai dengan luas sekitar 22 hektar ini, paling pas dikunjungi saat sunset karena kita akan dapat pemandangan yang luar biasa cantik saat sang mentari beranjak menuju peraduannya meninggalkan siang hari menuju malam nan kelam. Jadi kalau mau mengejar sunset di Pulau Belitung, ya di Pantai Tanjung Pendam ini.



Tapi kawasan pantai yang paling dekat dengan pusat kota Tanjungpandan ini bukan hanya sekedar menyajikan sunset lhoo, karena kawasan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas taman rekreasi, panggung hiburan, restoran, pasar seni, toko souvenir, arena olahraga, arena bermain anak, shelter dan fasilitas lainnya. Jadi jangan heran kalau sore hari terutama malam kamis dan malam minggu, pantai ini sangat ramai dikunjungi bahkan oleh warga setempat. Karena pusat hiburan terdekat yang paling terjangkau ya di kawasan ini.






Temapt ini juga sering dijadikan tempat beragam kegiatan seperti festival budaya, festival band, festival layang-layang sampai even olahraga. Memasuki kawasan ini hanya dikenai donasi Rp 2.000/orang. Mobil bisa masuk dan parkir di dekat pantai. Dari pantai ini juga kita bisa melihat pulau kecil yang disebut Pulau Kalamoa, yang didalamnya terdapat tempat peribadatan masyarakat Thionghoa. Selain itu jika kita berkeliling pantai, kita akan melihat pelabuhan Belitung dengan kapal-kapal besar yang akan atau tengah berlabuh. Posisi pelabuhan memang berdekatan dengan kawasan ini.









Hari mengunjungi Pantai Tanjung Pendam ini di hari pertama kami sampai ke Belitung. Sengaja memburu sunset, driver sekaligus guide yang mengantar kami lumayan ngebut membawa kami dari Pantai Tanjung Kelayang ke Pantai Tanjung Pendam yang jaraknya sekitar 27 km...beruntung karena jalanan kota Belitung cukup sepi dan infastruktur yang bagus. Josss melaju di jalanan yang berliku dan kami sampai ke Tanjung Pendam di detik-detik sang mentari menuju peraduan. makasih Om Wawan ... 




10 comments:

  1. Sunseet, pasir putih? ahh, kepengin kesana..cakep banget pemandangannya..betah pasti main di pantai ya Mak Ophi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeet mak... untungnya sore udah adem niih klo siang2 lumayan panas....

      Delete
  2. Hadooohhh, cantiknye pemandangannye mak, jadi ngiler pengen kesituuuu.... : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. sunsetnya mang mantap maak...ngilerrr? jangan lupa dilap yaa *sodorin tisu* hihihi yuuuk ke sana mak markotop deh

      Delete
  3. Replies
    1. apalagi klo yang motonya jago kayak mak hana hehehe...

      Delete
  4. duh keren banget sunsetnya...

    ReplyDelete
  5. Pengen ke belitung, banyak yang bilang di sana pantainya indah-indah, kayak tanjung pendam ini salah satunya. Lagipun Belitung ini nggak terlalu jauh dari kalimantan sebenarnya. Semoga bisa ke sana suatu saat kelak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.