Tuesday, November 18, 2014

Masjid Al Hidayah Gandaria City #ReviewMasjid

Kesekian kali ke Gandaria City (GanCit), saya akhirnya menemukan tempat sholat yang okeh banget di sini. Plisss deh kemana ajeee hihihi. Iya sebelumnya saya selalu sholat di salah satu mushola kecil di area food court. Memang tidak representative, luasnya hanya sekitar 1,5 m x  4 m. Untuk wudhu, kita mengambil air wudhu di dekat tempat cuci piring, tidak tersedia alat sholat, dan kurang bersih. Ini salah satu yang bikin males ngemall, tempat sholatnya gak asiik. *walaah*. Eh ternyata oh ternyata, emang sebenarnya musholla kecil itu khusus untuk karyawan food court. Ada juga Musholla Executive, saya juga baru tahu kemarin liat tempatnya tapi tidak sholat di sana. Musholla ini ada di pojokan Dining Main Street.

Naah ketika tanya petugas, tempat sholat ternyata ada di lantai 4. Upss di dekat parkiran. Karena santai (tidak membawa serta krucils), kami kemudian memutuskan sholat Ashar di sana. Dari lift di lantai 1A gedung utama kami memilih lift yang berbeda, kemudian naik ke lantai 4. Keluar lift memang terlihat parkiran. Masjidnya ada di sebelah kiri lift, keluar pintu kaca.

Waah ternyata luas juga masjidnya. Tempat pria dan wanit di pisah. Ada juga rak tempat menyimpan sepatu dengan petugasnya. Melewati pintu pria dan tulisan Masjid Al Hidayah, di bagian depan ternyata ada perpustakaan kecil. Waah bagus juga yaa. Buku-buku di rak panjang tersusun rapih, ruang perpustakaan kecil itu memang tembus pandang. Lanjut ke area tempat wudhu, Temapt wudhu cukup luas, dengan suasana bersih dan terawat, meski tak semua ruang wudhu di buka namun cukup memadai. Sebelum masuk ruang wudhu ada kaca besar, muslimah yang perlu bercermin akan puas dengan cermin besar dan panjang ini. jadi kita bisa membetulkan hijab/jilbab atau sekedar merapihkan rambut atau berias di sini.

Tempat sholat khusus wanita tepat di sebelah ruang wudhu. Hmmm cukup luas, meski bukan ruangan khusus tersendiri, tapi ruang yang disekat untuk muslimah. Kipas angin yang memadai dan tempat sholat yang luas dan bersih. Ahh syukurlah ada banyak alat sholat (mukena) yang digantung, sengaja disediakan untuk mereka yang tak membawa alat sholat . Saya pilih satu, hmmm dag dig dug, bersih dan wangikah??? atau sebaliknya. Alhamdulillah lumayan bersih dan tidak bau. Sholat jadi lebih nyaman. Saya sempat meminta suami memphoto tempat sholat pria yang ternyata juga sangat luas. Ada kotak amal di amsing-masing tempat sholat, namun yang menarik di luar Masjid terdapat kotak amal besar.  

Suasana cukup nyaman dan bersih di Masjid Al Hidayah ini seharusnya membuat pengunjung lebih betah ngemall tanpa kesulitan beribadah.  Kalau developer mampu membuat mall semegah ini, mestinya mampu juga membuat Masjid yang nyaman ya kan??? semoga mall lain juga bisa bergerah menghidupkan dan menyamankan masjid-masjid mereka yaa.

14 comments:

  1. Bersiih bgt masjidnya, pasti nyaman ibadahnya disitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersihh trus karena luas jd gak desek2an jd nyaman mak noe

      Delete
  2. seneng deh klo di tempat umum ada masjid/mushala yg bersih & nyaman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak...jd kita gak segan klo mau berlama2 bs tetep mengakses tempat ibadah yg jg nyaman

      Delete
  3. aku pun mending skalian ke masjid, klo yg executive musholla paling slain maghrib. klo maghrib rame bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya mak Jade..yg musholla executive blm pernah...

      Delete
  4. mall dengan fasilitas ibadah yang oke emang keren ya mak.
    disini juga ada satu mall yang mesjidnya lumayan besar seperti itu meskipun sepertinya tidak sekeren di gancit ini :D
    salam kenal ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup jadi makin keren yaaah.hihihi
      Salam kenal juga yaaa

      Delete
  5. Aku juga salut banget mbak kalo ada mall dengan fasilitas musholla yg executive. Klo di Surabaya yg paling kece ya di Ciwo. Trus aku baru tau di Royal Plaza juga udah ada yang executive. Bikin pengunjung makin nyaman menjalankan ibadah kan bisa nambah pahala ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener selain dpt pahala jg kan pengunjung nyaman n betah ngemall

      Delete
  6. bersih ya mbk,adem aja rasanya kl di mall masjidnya luas,bersih dan ademm^^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.