Monday, December 15, 2014

Masjid Baitul Ma'Moer Tip Top Ciputat #ReviewMasjid

tampak depan
Sebetulnya rumah kami hanya berjarak 200 meter dari Supermarket Tip Top Ciputat. Namun dalam kondisi sedang belanja atau hanya sekedar mengajak main kkrucils di playgroundnya Tip Top, lalu bertepatan waktu sholat, kami lebih memilih sholat dulu di Masjidnya Super Market ini. Masjid ini dibangun bersamaan dengan dibangunnya Supermarket Tip Top di lokasi barunya ini beberapa tahun lalu. Sebelumnya menempati jalan yang sama di sebrang pemakaman umum dekat Pasar Cimanggis.

Supermarket yang terhitung selalu ramai ini rupanya merasakan adanya kebutuhan pengunjung akan tempat ibadah yang nyaman. Pelanggan Tip Top memang tidak hanya didominasi oleh warga sekitar seperti saya. Banyak pelanggan "fanatik" yang tetap belanja di Tip Top meski pindah lokasi. Tidak terlalu jauh memang dari lokasi awal. Untuk ukuran Masjid umumnya memang terbilang tidak terlalu bessar, namun untuk ukuran tempat ibadah sarana perbelanjaan, Masjid Baitul Ma'moer ini cukup representatif.



ruang sholat wanita

Tersedianya toilet dan tempat wudhu yang terpisah antara pria dan wanita yang selalu dijaga petugas, sehingga lebih terjaga kebersihannya. Untuk ruang sholat wanita hanya menempati bagian belakang ruang sholat utama yang di beri sekat. Hanya terdiri dari dua lajur baris makmum. Jika sedang padat pengunjung dipastikan sangat penuh dan antrian cukup lama. Mukena atau alat sholat juga tersedia, meski jumlahnya terbatas namun cukup bersih. Disediakan juga beberapa al-Quran bagi yang ingin membacanya. Ruang sholat pria tampaknay lebih luas.

Halaman Masjid justru terhitung luas dengan tanaman hias dan air mancur. Posisinya di samping supermarket dan dikelilingi parkiran motor. Tersedianya Masjid yang memadai memang salah satu hal yang perlu dipertimbangkan bagi penyedia pusat perbelanjaan. Semakin nyaman, semakin menarik untuk pengunjung  bukan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.