Friday, January 2, 2015

Kaleidoscope 2014

2014... what a year.

Alhamdulillah meski banyak hal yang belum bisa terwujud atau belum terpenuhi sebagaimana diinginkan. SubhanaAllah 2014 memberi saya banyak pelajaran berharga. Such colorful 365 days.


Januari.

Awal tahun dengan sekian resolusi. Mencoba menyemangati diri dengan daftar target dan resolusi lebih sebagai catatan awal tahun seperti biasanya. Januari biru, saat semangat ngeblog mulai memanas gegara belum lama gabung di Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang dihuni oleh para emak jempolan yang rajin berbagi banyak hal. Bersyukur sekali bisa mampir dan akhirnya menjadi bagian dari rumah berbagi yang seru itu.

Bulan Januari juga membiru karena semangat silaturahim trip ke Yogya dan Cirebon as our very first famliy trip alhamdulillah terlaksana. Mengakhiri 2013 dan mengawali 2014 dengan harapan akan ada family trip berikutnya, amiin. Hmm tak disangka bulan Januari ini juga punya kabar gembira, as a blogger, for the first time saya memenangi  blog writing dan photo contest yang diadakan oleh Sinar Mas Land. Alhamdulillah langsung jadi runner up. Lombanya sendiri diselenggarakan di bulan November - Desember. Info lomba diperoleh dari para emaks di KEB yang juga banyak meramaikan contest tersebut. 


Masih dalam semangat ngeblog, saya kemudian juga ikut blog contest berikutnya yang diadakan oleh BxChange Mall yang ternyata kemudian alhamdulillah memenangi juara ke-3. Sangat tak menyangka karena ini lomba SEO. Pede Habis niih ikuatan contest ini. Modal googling mencari info tentang bagaimana membuat blogspot ramah SEO. Langsung praktik dan lupakan hahaha.

Februari

Di bulan ini apa ya yang spesial??Dunia blogging mulai berjalan merayap dengan mengikuti beberapa lomba dan giveaway untuk mengisi blog agar tak lagi dipenuhi sarang laba-laba. Ide tulisan belum mengalir lancar, pun kendala waktu yang belum bisa berdamai. Bulan ini saya dua kali mendampingi Deputi menerima kunjungan delegasi dari supporting system Afghanistan dan Korea Selatan. Pengalaman yang cukup berkesan.

Maret

Yang jelas bulan ini merupakan hari-hari menjelang deadline dari project paper yang harus saya siapkan untuk acara regional seminar di Beijing bulan April. Regional seminar ini masih merupakan rangkaian dari international training di Swedia di Bulan September -Oktober 2013 yang saya ikuti.  Hmm gairah blogging saya makin meningkat. Saya berniat untuk mulai menggiatkan menulis book review atau movie review. Selama ini sering membaca buku atau menonton film yang menurut saya pribadi menarik dan mendapat manfaat namun hanya disimpan sendiri mengapa tidak membaginya kepada orang lain?? saya mulai dengan mereview novel yang tengah saya baca yaitu"Assalamuálaikum Beijing" dan sebuah film pendek yang sangat berkesan, berjudul Surga Kecil di Bondowoso

Saya juga tetap mecoba meramaikan beberapa giveaway dari para sahabat blogger dan contest-contest yang ada. Selain menambah koleksi postingan blog juga membangun silaturahim di dunia blogging. Alhamdulillah ada yang nyangkut nih. Salah satu contest yang saya ikuti mengantarkan saya pada pemenang hiburan dan mendapatkan berbagai merchandise keren dari WWF, *aah sukaaak*. Yup temanya contestnya tentang lingkungan, #ingatlingkungan.

Bulan ini juga saya memastikan diri untuk tidak lagi buta politik dan mengambil bagian dari proses politik yang akan digelar bulan April. Yup saya memutuskan untuk menunaikan kewajiban politik saya dan tidak lagi ngegolput seperti sebelumnya.


April

Hmm perhelatan politik itu terlaksana dan saya jadi bagian di dalamnya. Aku memilih. Bulan ini tepatnya saat mencoblos, bertepatan dengan hari ulang tahun Ka Zaha. Alhamdulillah di bulan ini juga salah satu impian saya bisa terwujud, mengunjungi China. Meskipun kunjungan saya dalam rangka seminar namun pengalaman seminar plus jalan-jalan ngebolang bareng teman-teman partisipan lain ini benar-benar menjadi unforgettable journey. China memang salah satu negara impian saya, saya penasaran dengan negara-negara dengan peradaban tua seperti ini. Alhamdulillah 6 hari yang sangat berkesan.


Mei

Mei berlalu dengan syahdu. Sempat pulang kampung mendadak dengan Cirebon Ekspress karena Mimi sakit. Lama  rasanya tak berkereta api ria dan lumayan surprise ternyata sistemnya sudah makin maju. Oh iya di bulan ini, bertepatan peringatan hari kebangkitan nasional...for the first time setelah 12 tahun bekerja di sini, saya kebagian tugas menjadi petugas upacara bendera hahayyyy kenangan yang tak mudah terlupakan. Seruuu sekaligus bikin ngakak mengingatnya. 

Juni

Waah saatnya liburan para krucils setelah pembagian raport. Alhamdulillah Ka Alinga dapet rangking pertama, semoga makin tangguh dan tidak mudah menangis ya nak. Mengisi liburan kami melakukan family trip kedua niih. Seruuu banget dan pengen lagi ke sana. Yup Sawarna Trip. Keseruan trip tiga hari dua malam di pesisir selatan Banten ini jempol deh. Dimulai dari  perjalanan menuju Sawarna yang sangat berkesan. Esoknya menikmati keseruan menjejak dan menikmati sunrise di Legon Pari Beach dengan Karang Taraje dan Karang Bereumnya dilanjutkan dengan Menyusuri eksotisme Gua Lalay. Tak kalah seru bermain di pantai Gua Langir yang masih perawan dan mengakhiri perjalanan Sawarna di Tanjung Layar dan Pasir Putih.  Juni ini juga diisi dengan tugas workshop ke Yogya dan merasakan leckerrrnya Gudeg Permta dan Bakmi Jowo Mbah Gito yang fenomenal itu. 

Juli

Ramadhan pertamanya ka Alinga. Ramdhan kali ini Ka Alinga mulai belajar puasa full. Alhamdulillah, Kaka juga bikin "buku" pertamanya tentang ramadhan dan pulang kampung. Bulan ini juga ada hajat politik besar kedua, yup Pilpress dan kami (saya dan suami) punya pilihan yang berbeda tapi bukan berarti harus memanas dan rusuh seperti di luar sana yaa. Tetap pemilu damai buat kami. Bulan Juli menjelang akhir masa jabatan anggota DPR periode 1009 - 2014. Dari sedikit anggota DPR yang saya kagumi kinerjanya, salah satunya sosok Bapak yang luar biasa yakni Sisiwono Yudohusodo yang sayangnya beliau tidak ikut pileg periode 2014 -2019. Sosok anggota DPR yang akan sangat saya rindukan. Bulan ini juga alhamdulillah saya bisa turut menggawangi jurnal di unit saya mendapatkan nomor ISSN di volume keduanya.

Eh iya ada rezeki tak disangka dari ikutan contest twitpic. Beneran iseng deh mengirimkan photo dek Paksi dengan jempol supernya itu. Alhamdulillah dinyatakan menajdi salah satu pememamh oleh penyelenggara KIA Motors. Lumayaan deh voucher MAP Rp 500,000, menjadi milikku. Alhamdulillah. 

Agustus

Bulan kemerdekaan sekaligus bulan kemenangan umat Islam. Hari raya Idul Fitri tiba. Waktunya pulang kampung dan silaturahmi dengan seluruh keluarga. Mumpung masih bisa bertemu dengan Mimi, meski tak bisa ambil cuti tambahan saya tetap pulang kampung. Alhamdulillah bisa menikmati berendam air panas di Gempol, menikmati wisata kuliner khas Cirebon, Nasi Lengko dan Nasi Jamblang serta Empal Gentong. Di bulan ini saya juga turut meramaikan giveaway dari celeb blog Pakde Cholik yang alhamdulillan ternyata memenangi salah satu kategori. Kisah dalam tulisan yang saya lombakan menjadi sangat berkesan karena merupakan sebuah kisah nyata dan semakin membuat haru biru karena tak lama dari peristiwa itu Mi Hj Saodah (tokoh dalam tulisan saya) dipanggil Allah untuk selamanya. Tragisnya beliau meninggal ditabrak mobil saat tengah berjalan menuju masjid untuk Qiyamulail. Usia 101 tahun yang insyaAllah bermanfaat. Semoga Mi Hj mendapat tempat terbaik di sisiNya.

September

Bulan September menjadi istimewa karena duo krucils berulang tahun. hanya beda satu hari saja, Yup ka Alinga Nasywa Ziayudi menginjak usia 7 tahun dan dek Paksi Akhtar Ziayudi menginjak usia ke 3. Alhamdulillah Kesatria Ibu ini bisa sampai di usia ini dalam keadaan sehat dan perkembangan luar biasa. Bulan ini saya juga mengikuti contest blog yang diadakan oleh Toyota dan Alhamdulillah ternyata kemudian memenangi tulisan paling menarik.

Oktober

Ahh tibalah di Bulan yang ditunggu. Another family trip. Rencana sudah disusun dan disiapkan sejak bulan Mei. Antara lain gara-gara mendapat telpon cinta dari Garuda Miles untuk segera menukarkan miles yang diperoleh baik dari kartu GFF saya maupun  suami. Alhamdulillah separuh dari perolehan milage (yang akan hangus jika tidak ditukar) bisa mendapatkan 3 kursi pesawat untuk trio krucils pulang pergi Jakarta Belitung for free. Sehingga biaya penerbangan yang harus disiapkan hanya untuk saya dan suami (itupun masih mendapat diskon 20%) dan biaya akomidasi selama 3 hari 2 malam di negeri laskar pelangi. Maih banyak kisah yang belum tertuang di blog namun beberapa keseruan Belitung telah terangkum dalam postingan di Bulan Oktober ini. Tanjung Kelayang, Tanjung Pendam, Tanjung Tinggi, atau bertemu si Cute Tarsisius juga mencoba wisata kuliner Belitong dengan daun Simpornya.

Tak kalah seru karena saya juga mencatat kreatifitas ka Alinga membuat gasing sendiri. Yang paling heboh adalah datangnya kabar gembira dari panitia blog contest Toyota yang saya ikuti. Ternyata diluar dugaan, saya mendapatkan rezeki luar biasa dengan memenangi contest tersebut sebagai pemenang pertama atau tulisan paling menarik. Alhamdulillah rezeki ngeblog, sebuah lap top. Semoga bermafaat dan makin memacu semangat berbagi melalui blogging. Bulan ini juga saya nekad mengikuti sebuah contest blog SEO yang diadakan oleh sebuah perusahaan properti yang ternyata alhamdulillah menjadi rezeki akhir tahun saya. Di bulan Desember saya dikabari  menjadi pemenang tambahan dan mendapatkan voucher senilai Rp.500.000. Alhamdulillah.

Alhamdulillah belum usai kegembiraan-kegembiraan tersebut, di akhir bulan Oktober akhirnya saya bisa menjejakkan kaki di Washington DC Amerika Serikat untuk mengikuti workshop/seminar tentang legislative research analysis. Tidak sampai satu bulan persiapan mengurus keberangkatan. Proses yang lumayan melelahkan di tengah padatnya jadwal kerja menyambut para anggota baru parlemen. Ada rasa pasrah yang tinggi, saya teringat kegagalan keberangkatan saya ke Amerika tahun lalu untuk tugas mendampingi studi banding karena saya baru saja kembali dari Swedia untuk suatu international training.

Jujur saya sudah mengikhlashkannya, dan ketika tiba-tiba di tengah rapat membahas suatu peraturan pak Deputi memanggil saya dan meminta saya menyiapkan persyaratan untuk mengikuti workshop tersebut saya seperti melihat Tuhan berkata: "semua akan indah pada waktunya Phi, saat kamu mengikhlaskan keputusanku atasmu tahun lalu, maka tahun ini kugantikan dengan yang lebih baik." InsyaAllah lebih baik karena acara yang saya ikuti adalah sebuah workshop yang secara materi sangat bagus dan bermanfaat. Selain itu saya suka karena akan bertemu dan mendapat banyak teman baru dari berbagai negara. Kunjungan tahun lalu mungkin saya tidak akan mendapatkan dua hal tadi meskipun sama-sama menginjakakn kaki di benua temuan Columbus. Sayangnya karena kepadatan pekerjaan saya baru bisa membagi cerita perjalanan ke Washington yang agak-agak drama di bulan berikutnya dan belum banyak hal yang sempat dibagi, hmm hanya tentang Washington DC City Tour ini. 

Pak Deputi menjabat tangan saya saat malam itu dalam kondisi rapat penyiapan sebuah peraturan saya berpamitan. Selamat jalan ya mbak Ophi, saya tak bisa memberi apa-apa hanya bisa memberikan kesempatan. Terimakasih pak atas kesempatannya. Bapak juga tampaknya  sedikit merasa punya janji karena kegagalan saya berangkat ke Turki dan Belanda untuk sebuah kunjungan kerja di akhir tahun lalu dan awal tahun ini. Alasannya karena saya belum lama kembali dari Swedia dan awal tahun saya memilih ke Beijing untuk regional seminar. Saat itu saya memasrahkan diri meski saya telah menyiapkan untuk kepergian ke Turki. Turki dan Belanda dua-duanya masuk wish list impian saya, namun saya memilih mengikhlaskannya. Semoga ada kesempatan lain, yang selalu indah pada waktunya. Amiin ya Rabb.

Ah subhanaAllah saya teringat Oktober 2013 saya merasakan excitement yang sama saat menjejakkan kaki pertama kali di Eropa (Eropa Utara) tepatnya Swedia untuk sebuah international training dan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman serta teman-teman baru dari berbagai negara. Ya Rabb...semoga tahun 2015 aku diberi kesempatan yang sama *amiin*. Recana training ke India mungkin gagal dan tertunda. Tapi aku yakin Engkau punya rencana yang lebih indah *merayuTuhanku*


November

Bulan November saya memutuskan menghapus akun blog saya yang berisi tulisan fiksi. Iya saya selalu ingin belajar menulis fiksi. Blog yang awalnya dibuat untuk menyemangati diri belajar menulis fiksi ternyata kemudia berisi sarang laba-laba dengan jumlah tulisan yang tak juga bertambah. Saya memutuskan untuk mengimpor kembali tulisan-tulisan fiksi tersebut ke blog ini, beberapa di antaranta tentang "suamiku tukang bubur ayam", "misi tersembunyi" dan "surat cinta untuk sahabat". Saya juga kembali menggiatkan menulis rievew masjid dan review kuliner.

Desember.

Memasuki masa libur akhir tahun sebuah big family "silaturahim" trip akhirnya menutup akhir tahun ini dengan wisata ke daerah Ciwidey. Seluruh keluarga besar Mimi, kecuali keluarga kecil adik saya yang sedang studi di Iowa dan keluarga kecil salah satu kakak laki-laki saya karena sedang fokus membangun rumahnya.Kami berniat selain silaturahim tahunan saat lebaran di kampung, semoga ada big family trip berikutnya di tahun-tahun yang akan datang dan bisa lebih lengkap lagi.  Sebelumnya saya juga sempat mengajak anak-anak mengisi liburan dengan mengunjungi pameran Alutsista di Monas dan mengikuti Festival of Play yang seru (postingan masih dalam draft *hikss*)

Bulan ini juga saya dengan gembira menyambut lahirnya buku antologi Hati Ibu Seluas Samudera yang merupakan tulisan 125 orang Blogger yang dikomandani oleh Pakde Cholik sang komandan BlogCamp. Tulisan saya tentang Mimi, nyempil di halaman 531. Semoga menjadi suatu awal indah bagi saya, semakin menyemangati saya untuk bisa melahirkan karya baik buku atau tulisan yang dimuat di media publik. *Amiin ya Rabb*

Peristiwa tragis penyanderaan 3 orang warga Australia di Sydney yang kemudian menyebabkan hilangnya nyawa para sandera yang dilakukan oleh oknum yang membawa identitas sebagai muslim cukup menghebohkan, kabar gembiranya kejadian ini kemudian menimbulkan munculnya gerakan solidaritas #illridewithyou yang jujur membuat saya terharu. Musibah nasional juga terjadi di akhir tahun ini, longsor di Banjarnegara dan jatuhnya pesawat Air Asia #QZ8501. Semoga kita semua diberi kekuatan melewati setiap cobaan dan mampu mengambil hikmah dari setiap peristiwa. mari setidaknya menjadi bagian dalam menebarkan kebaikan dan manfaat meski dalam bentuk solidaritas yang paling sederhana sekalipun.

Tahun ini juga ditutup dengan menginapnya ayah trio krucils di rumah sakit. Alhamudlillah semoga bisa melewati semuanya, segera sembuh dan sehat kembali. Ayoo semangat ayah..kalau sudah sembuh nanti ditraktir nonton Assalamuálaikum Beijing deh... *ting*.

Alhamdulillah ya Rabb untuk tahun yang luar biasa ini. Kegagalan, kekecewaan , kesedihan yang juga tak bisa dibilang sedikit sungguh menajdi pelajaran berharga untuk melangkah lebih baik. Ku kenang dalam hati untuk menjadi penyemangat diri maju menujuMu. Semoga tahun 2015 bisa selalu menajdi hamba yang semakin baik, semakin konsisten memperbaiki diri. Resolusi adalah resolusi, sebaik apapun direncanakan saat Engkau menenetukan NO, tidak akan ada yang terwujud. Namun demikian sebaliknya saat satu pintu  kebahagiaan tertutup sesungguhnya Engkau menjanjikan pintu-pintu lainnya. Never stop thinking positively and stop complaining for the better and the happier days.

17 comments:

  1. Wah rajinnya bikin kaleidoskop. Kerjaan saya acakadut, nggak inget ngapain aja tahun lalu, paling bbrp bulan terakhir aja yg bisa agak detil heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaja iya mak Lus..justru karena sy lupaan nih. Ngeblog tuh salah satu cara merekam peristiwa juga mak. Makasih dah mampir mak

      Delete
  2. Tahun 2014 penuh kesan ya mak. Semoga 2015 lebih baik dan makin sukses :)

    ReplyDelete
  3. Nano2 ya mak, ada sedih, kecewa, dan senang tentunya. Smoga resolusi thn 2015 tercapai ya mak, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin makasih..smoga resolusi mak Inda jg trrwujud yaa

      Delete
  4. Nano2 ya mak, ada sedih, kecewa, dan senang tentunya. Smoga resolusi thn 2015 tercapai ya mak, amin

    ReplyDelete
  5. Waaah lengkap sekali.Pengin bikin ginian tapi masih di kampung.Jadi ingat dulu pertama kali naik pesawat th 95 pas kelas dua SMA.Ke pulau Bangka.Pantainya baguus baguus sampai kutulis di diary lebih bagus dari pulau Bali.Dulu Bangka sama Belitung th 95 belum terkenal kayak sekarang.Hihi..Sekarang malah belum kesampaian kesana lagi.Semoga ayahnya paksi cepat sembuh mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo nanti bikin mak Nung... seseruan sekalian buat jd kenangan. Klo ga ditulis beneran lupa ga ada memori yg tersimpan. Iya bangka n belitung ciamik mak. Tp aku blm ke bangka nih. Makasih ayahnya paksi dah sehat niih

      Delete
  6. wowwww... mak ophi keren kaleidoscope nya.. saya malah lupa apa aja yang terjadi di 2014, hanya sebagian yang saya ingat... hihihi

    tapi mau bikin juga ah, biarpun telat.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo bikin mak Orin..justru krn kita pelupa jd perlu dicatete n ditylis kayak gini. Gpp yang bisa diinget ajaah sy jg banyak yg kelewatn tp setidaknya sebagian msh tersimpan.

      Delete
  7. Tahun yang banyak berkah ya mak :D Ikut seneng dan terinspirasi bacanya. Semakin sukses di 2015 yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mak...yg sedih2 kita skip aja heheh...amiin. makasih mak

      Delete
  8. setiap bulannya ada cerita sendiri ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak colorful..ini blm termasuk cerita sedih yg ga usah diceritain hehe

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.