Monday, January 26, 2015

Resep Sederhana: Botok Tempe Bungkus Pare

Bahan:
2 buah pare/paria ukuran sedang, bersihkan, buah bijinya, potong sesuai selera dan cuci dengan air garam. Sisihkan
Tempe 1 papan (boleh diganti oncom)
Daun kemangi, ambil daun saja sisihkan.

Bumbu:
5 siung Bawang merah
4 Siung Bawang putih
2 bh Cabai merah
1 Batang serai/sereh diiris tipis
Garam

Cara membuat
Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, serai/sereh dan garam.
Setelah halus atau kalau saya lebih suka agak kasar masukkan tempe (atau oncom) hancurkan agak kasar dengan bumbu ulek.
Aduk daun kemangi.
Siapkan potongan pare/paria. Masukkan adonan isian tempe.
Susun dalam panci kukus.
Kukus sampai warna pare agak hijau tua.
Sajikan hangat.

22 comments:

  1. Wiih, enak ini mbak ^^
    Makasih resepnya ya

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Hmm aslinya pahit...tp klo dicuci pake air garam berkurang pahitnya. Apalagi dimaemnya sama si tempenya yg uenak plus cocolin sambel tomat

      Delete
  3. Wah..jadi pengen nyobain resepnya. Saya suka juga dengan pare, pahit dikit gak masalah. Apalagi ini ditambah tempe di dalamnya..yummy... :)

    ReplyDelete
  4. Praktis..ngga perlu daun ya mak..biasa botok kan pake daun

    ReplyDelete
  5. ya Allah malam-malam kesini liat postingan makanan...sayahhh lapaarrr
    enak kayaknya mbak

    ReplyDelete
  6. Pahitnya ilang ga mak?aku males pare ty pahitnya ntu lo... abang suka sebeneenya tapi karena aku ga bisa ngolahnya jd ga pernah masakin menu pare hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo menurut aku sih jd gak pahit yaa...tp klo yg tak terlalu selera sm pare kayak ayahnya krucil sih katanya msh ada pahitnya dikit. tp dia lumayan mau tuh. biasanya sih angkat tangan dia hihi

      Delete
  7. Maak kalo tetanggaan, saya mau lho nenangga di rumahmu pas jam makan siang
    *dilempar botok tempe sama Mak Ophi hihi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... dilempar botok di dunia maya aja ya mak...
      hmm jauh aja ya ciputat makasar hihi

      Delete
  8. Kalau di kampung halaman daku namanya prie mak ophi. Nih mah kesukaan daku mak. Nambah resep lageee. Asegaseg. Makasih ya ophi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kampung halaman mak Inda di mana ya??iya klo penyuka pare ini bisa jadi alternatif menu niih...jangan lupa cocolin sambel tomat deh makin maknyuss

      Delete
  9. wiiiiihhh, aslii bikin lapaaaaaaaaar

    ReplyDelete
  10. Pengganti daun pisang ya mbak...
    Nyobak ah..secara eikeh suka pare

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo daun pisang ga bs dimakan. ini bungkusnya bisa di makan dan enyaaak

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.