Sunday, June 21, 2015

Resep Sederhana: Botok Tahu

Bahan:
Tahu
Wortel bersihkan iris tipis
Daun Bawang bersihkan iris tipis
Seledri bersihkan iris tipis
Dapat ditambahkan daun kemangi (sesuai selera)


Bumbu:
Bawang putih
Bawang merah
Bubuk Lada/merica
Bubuk Ketumbar
Garam
Gula

Bahan tambahan
Daun pisang dan tusukan

Cara membuat:
Haluskan semua bumbu, masukkan tahu, haluskan rata dengan bumbu. Tambahkan irisan wortel, daun bawang dan seledri (serta daun kemangi jika mau). Aduk rata.
Siapka  lembaran daun pisang yang sudah dibersihkan dan dibuat agak layu (bisa dijemur dulu atau dipanaskan). Masukan isian botok tahu bungkus dalam daun pisang. Bentuk sesuai selera. Tusuk daun pisang agar adonan tetap rapih.
Siapkan alat kukus. Kukus botok tahu hingga matang.
Untuk memastikan dapat dilihat dari embun uap panas di dalam daun joka sudah tidak ada embun uap panas berarti botol telah matang.
Sajikan hangat dengan sambal + lalap dan nasi hangat.

10 comments:

  1. Ehmm...kalau saya buat nggak mau ah kalau ada kemangi. Sengur gimana gitu Mbak, tapi suka kalau kemanginya dimakan mentah-mentah. Hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo gak suka kemangi ga usah mbak, memang langu yaa...tp klo yang suka justru suka karena wanginya itu, eh iya mentah lebih enak yaa

      Delete
  2. Kalo aku bikin botok tahu mesti beli tahu dari penjual tahu langgananku.. Tahunya gak pake bahan2 yg berbahaya bagi tubuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...aku juga punya langganan yang jualan ke rumah pake motor. home made juga

      Delete
  3. botok itu mirip pepes ya, Mbak?

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata lumayan simpel juga ya Mba cara bikin botok tahu. Thank you for sharing the recipe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. simpel pake banget memang bisanya cuma yang simpel2... hehehe, monggo dicoba mbak.

      Delete
  5. favorit akuuuu..biasanya aku tambahin jamur juga plus sedikit ketumbar biar wangiii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak... kadang2 ada yg campurin sama jamur juga

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.