Saturday, August 22, 2015

Icip-icip Jajanan Sumatera Barat

Ke Padang dan Sumatera Barat...pasti kulinernya masakan padang. Iyess meski namanya bukan restoran padang atau rumah makan Padang semua menunya ya menu masakan Padang. Terus?? Ya maknyuss lah pastinya... Asli dari tanah minangnya, masakannya jadi terasa lebih otentik gitu.

Bukan pertama kali ke sini tapi gak ada salahnya dung kita icip-icip lagi Kuliner Sumatera Barat selain menu masakan padangnya ya. Gimana kalau makanan ringan eh ringan gak ya? Yang pasti bukan menu makan lengkap deh, jajanan ala Sumatera Barat nih


Sate Danguang Danguang

Nah ini sekilas mirip dengan sate Padang. Tusukan daging atau jeroan yang dipanggang dibara batok kelapa lalu disiram dengan kuah rempah. Nah apa bedanya dengan sate Padang. Serupa tapi tak sama. Sate yang merupakan kuliner khas Payakumbuh ini memiliki citra rasa yang berbeda dengan sate Padang.

Sate Danguang Danguang
Credit: Laksmi H

Jika sate Padang disiram dengam kuah kental yang berwarna kemerahan dengan cita rasa yang tajam dan pedas maka kuah Sate Danguang Danguang memiliki cita rasa yang lebih ringan dengan warna kuah kekuningan. Tidak terasa rasa pedas yang tajam layaknya sate Padang. Bumbu rempahnyapun terasa berbeda. Dagingnya menurut saya lebih lembut dan kaya rempah. Sate Danguang Danguang inipun biasa dimakan dengan irisan ketupat. Disantap dalam kondisi hangat menambah selera.

Martabak Kubang Mesir

Hmm mendengar kata martabak saja saya sudah ngiler hahaha. Nah martabak ini memang sejenis martabak telor. Yang khas adalah daging isian martabak yang banyak, potongan daun bawang dan bumbunya yang khas. Jangan lupa cocolan saus dan acarnya yaa.

Es Durian

Nah ini jajanan yang lagi ngehits di Padang. Durian yang disajikan dalam berbagai variasi es. Saya memilih es durian original yang hanya terdiri dari durian dan es serut. Tapi banyak menu lainnya yang bisa dipilih yang dicampur dan variasi dengan isian layaknya es campur. Selain es campur ada juga yang ditambahkan dengan variasi es krim  dengan aneka pilihan rasa. Lumayan seru dinikmati sambil ngobrol di teriknya kota Padang.

Es Durian
Credit: Laksmi H

18 comments:

  1. Wewhh ternyata bukan sate padang ya.. tapi kayanya sama enyaknya ya ini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beti mak muna...beda2 tipis sm sate padang. tetep enyaak dung

      Delete
  2. Ooh, beda ya mak.. pengen coba... *ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beti... Beda tipis... Tingkat ketajaman, kepedasan dan bumbu rempahnya

      Delete
  3. Payakumbuh tempat aku dibesarkan.. dan ortu masih disana,, yuk mba mampir,,, kemaren lebaran aq makan sate danguang2.. hehehe #tapitetepngacai #tisunyakurang
    hehehe salam kenal ya mba,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga yaa. Ihhh enak kyknya tinggal di sana. Beneran mau lagi main ke sana. Blm puas eksplore Harau

      Delete
  4. Kedengarannya lezat sekali. Selama ini saya belum sempat icip-icip makanan khas dari luar pulau jawa. Kalo diizinkan semoga kelak bisa mampir lah ke Sumatra Barat. Ngomong-ngomong Martabak Kubang Mesir itu martabak seperti apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga yaa...mirip martabak telor tp daging n rempah bumbunya lbh banyak. Enyaaak. Sayang hp sy yg ada puc nya kecopetan ini gambarnya minjem temen. Dia ga moto yg martabak kubangnya

      Delete
  5. sekali nyoba sate padang pake kuah tepung apa ya...nggak doyan,aneh aja..eh ternyata kemarin nemu sate padang di Siak yang ada kuah kacangnya,cocok bangetttt..enakkkk^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sate padang mmg gak pake kacang atau kacangnya gak dominannmak. Malah blm nemu yg pake kacang full. Klo kebanyakan tepung/kanjinya mmg kurang mantap. Jd adoananya kudu pas juga.

      Delete
  6. *kasih tanda X ke nomer tiga* dua menu yang pertama kok bikin penasaran sih.. :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itu yang mantap lhooo xixixi gak suka durian yaa

      Delete
  7. Kalo sate padang aku kurang suka, yang ini kayaknya enak ya, kalo rempahnya tak setajam sate padang. Nah2, penasaran sama martabak kubang mesir, kayak apa yaa rasanya, hihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda tipis sm sate padang mak. Nah martabak kubang ino sejenis martabak telor tp isian dagingnya nanyak dan bumbunya rempah2nya mantap. Enyaak ... Di jakarta sdh banyak juga sih

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.