Monday, October 5, 2015

Nasi Lengko: Kesederhanaan Kuliner Khas Pesisir Utara yang Sarat Gizi


Nasi Lengko atau dalam Basa Cerbonan biasa disebut Sega Lengko merupakan makanan khas daerah pesisir utara Jawa Barat yang antara lain meliputi wilayah Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya termasuk Majalengka dan Subang. Meski mungkin kalah tenar dari Nasi Jamblang, sebagai makanan khas Cirebon, namun Nasi Lengko sesungguhnya secara sosiologis merupakan jenis makanan yang mengakar budaya dengan budaya pantura (pantai utara Jawa Barat). Makanan yang biasanya menjadi jenis santapan sarapan pagi ini hingga hari ini masih menjadi makanan yang kerap dikonsumsi masyarakat. Selain cara penyajian yang sederhana, Nasi Lengko digemari karena sarat gizi.



Yuuk saya gambarkan seperti apa sih Nasi Lengko. Nasi Lengko merupakan perpaduan bahan utama nasi putih dengan berbagai sayuran dan lauk-pauk yang menyehatkan, seperti tahu goreng, tempe goreng, tauge,  mentimun, dan daun kucai. Nasi Putih ditaburi dengan potongan tahu dan tempe goreng yang dipotong-potong kecil disajikan dalam sebuah piring. Lalu ditambahkan tauge yang sudah direbus sebentar dalam air mendidih, jadi masih segar dan irisan mentimun segar yang juga dipotong-potong kecil. Disiram bumbu sambal kacang dan kecap manis. Tak lupa ditaburi bawang goreng yang juga crunchy, Ada juga yang melengkapinya dengan irisan daun kucai yang memberi rasa dan aroma yang khas.


Salah satu rumah makan yang menyajikan hidangan khas Nasi Lengko di Kota Cirebon yang sangat digemari pengunjung termasuk wisatawan Mancanegara, Nasi Lengko Mang Haji Barno misalnya, menyajikan Nasi Lengko dengan pilihan Sate Kambing yang dihidangkan dalam piring terpisah dan kerupuk aci yang khas. Namun, sebagai hidangan khas masyarakat setempat, Nasi Lengko mudah ditemukan di warung-warung makan sederhana atau bahkan di rumah-rumah penduduk. 



Rasanya yang khas, kandungan gizi yang baik, dan penyajiannya yang sederhana membuat Nasi Lengko digemari banyak kalangan. Bahkan sebagai orang Cirebon yang sudah merantau dan berkeluarga, saya sering menyajikan Nasi Lengko ini di rumah. Saat bosan dengan hidangan serba protein hewani, Nasi Lengko menjadi favorit sebagai menu alternatif sehat di rumah. Saat kuliah di Melbourne 8 tahun lalu, saya sering membuat sendiri di flat saat kangen dengan masakan khas Cirebon ini. Semua bahan bisa ditemukan di Asian Market/Store.

Berikut bahan-bahan yang digunakan untuk menyajikan Nasi Lengko di rumah. Sederhana, mudah namun tetap sarat gizi. Untuk menambah kenikmatannya sebaiknya Nasi Lengko disantap saat masih hangat.
Nasi putih (panas-panas lebih baik)
Tempe goreng (hangat lebih baik)
Tahu goreng (hangat lebih baik)
 Mentimun (mentah segar, dicacah)
Tauge (dimasukkan ke dalam air mendidih langsung diangkat, jadi masih crunchy),
Daun kucai (dipotong kecil-kecil)
Bawang goreng
Bumbu sambel kacang (kacang tanah, cabai, bawang putih, gula, terasi, garam)
Kecap manis






Nasi Lengko yang khas dan sederhana ini sarat akan protein nabati dan serat serta rendah kalori karena bahan-bahan yang digunakan adalah 100% non-hewani. Kandungan nutrisinya lengkap, benar-benar bergizi dan rasanya juga enak.


Nasi lengko juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, diantaranya karbohidrat yang terkandung dalam nasi putih. Nasi putih banyak mengandung karbohidrat & air, sehingga nasi putih bermanfaat menjadi sumber tenaga utama. Tahu dan tempe adalah panganan yang kaya protein nabati. Protein penting dalam pembentukan sel-sel baru dan pertumbuhannya dan mengganti sel-sel yang sudah rusak. Antioksidan yang baik bagi tubuh dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung  juga terdapat dalam tempe.

Tempe mengandung mineral, lemak serta vitamin B1,B12. vitamin B12 yang ada pada tempe sekitar 1,5 – 6,3 mikrogram/100 gram yang cukup memenuhi kebutuhan vitamin B12 kita tiap hari. Tahu mengandung karbohidrat, lemak, protein, serta kalsium.

Toge yang kaya vitamin E menambah kandungan gizi dari nasi lengko ditambah dengan mentimun yang segar dan kaya vitamin juga. Kecambah/toge mengandung protein, karbohidrat, asam folat, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Toge berguna untuk kesuburan dan memperhalus kulit karena kandungan vitamin E nya, serta menghambat penuaan dini. Mentimun kaya akan serat, vitamin A, B1, B2, C, dan asam manolat yang baik untuk tubuh. Mentimun juga mengandung protein, lemak serta karbohidrat.

Protein tinggi, zat besi, vitamin B kompleks, fosfor, omega 3 terkandung dalam kacang. Sedangkan daun kucai mengandung vitamin C, vitamin B1, mineral, dan lain-lain. Nah kalau kecap manis mengandung karoli yang cukup tinggi, rendah lemak, protein dan karbohidrat yang memadai. Jadi, meski sederhana, Nasi Lengko sarat gizi dan menyehatkan. Mamam yuuuk :)

Referensi:
http://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/nasi-putih
http://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/tempe-goreng
http://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/tahu-goreng
http://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/mentimun-(dengan-kulit)
http://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/kacang-tanah
http://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/bawang
http://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/bango/kecap-manis/3-sdm

37 comments:

  1. Ini salah satu menu wajib kalo pas pulang ke cirebon mak..murah meriah syedaaappp ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. satujuu murah meriah syedappp dan sara gizi mak..cucuok buat FCers hahaha

      Delete
  2. wah kandungan gizinya yahuud ya mak...sedeeep tampaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sarat serat dan protein nabati mak Dew... maknyuss kok

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Hihi.. aku kecil tinggal di cirebon mbak hehe.. kalo lagi kangen, di jkt suka bikin sendiri. murah meriah tapi enyaaaaak hihihi.. tapi yaaa lum bisa ngalahin sambelnya hehehe..

    kalo ke cirebon, makan lengko, nasi jamblang, empaaal gentong.. hihihi.. Cirebon terlalu banyak kuliner hehe..


    Salam kenal yaaa..


    http://onlybona.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah sambelnya memang yaa, agak2 beda klo bikin sendiri. Kabarnya yg aseli Mang Barno pake santen gt sambelnya

      Delete
  5. waaaaah keren ya nasi lengko itu
    di jakarta kyknya banyak mungkin ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jakarta saya sih jarang nemuin mbak...tp biasanya say bikin sendiri juga hehe

      Delete
  6. Belum pernah makan nasi lengko :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain deh, klo di Cirebon yang terkenal di daerah Pagongan H Barno...hmmm mamamnya pake sate makin okeh

      Delete
  7. Replies
    1. sederhana, enak (karena saya suka hahaha) dan sarat gizi nih

      Delete
  8. Ooh.. nasi lengko begitu toh penampakannya. Xiixixi biasanya cuma denger doang. Negbayangain rasanya, pasti rame ya mbak. Btw, ini mirip nasi rames ya, banyak lauknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, beitu penampakannya...mirip konsepnya mak sm nasi rames, tp ini non protein hewani. kecuali mau nambah sate

      Delete
  9. Mama suka bikin nasi lengko nih di rumah, soalnya mudah, biasanya saya ditambah emping juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah malah baru tahu dipasangin sam emping mak... biasanya klo di cirebon krupuk aci atau krupuk mie gt

      Delete
  10. mau doong, pengen cobain deh jadinya :D

    ReplyDelete
  11. Aku udah ke Cirebon berulang kali tapi belum pernah nyoba, seringnya nasi jamblang itu, mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah harus nyobain mak, klo di Cirebon yang recommended, di daerah Pagongan, nama tempat makannya H Barno

      Delete
  12. Tanpa satepun saya udah ngiler..^^

    ReplyDelete
  13. aku suka banget sama lengkoooo xixixi...

    ReplyDelete
  14. favorit banget ini mbak, pertama kenal lengko dari nenek yang di Tegal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Tegal juga familiar sm lengko yaa...pake sate balibul gak?

      Delete
  15. sedap, mak biasanya di tegal buat makan pagi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya klo di rumahan juga mmg biasanya jadi sarapan pagi

      Delete
  16. baru tauunasi lengko, :D
    Kayakanyaa enak inii hehe

    ReplyDelete
  17. mantabs nasi lengko....ada lg menu yg mantabs di cirebon...sop kerang..

    ReplyDelete
  18. Jadi laper mbakkk malam-malam gini aku baca nasi lengko ini.. hampir mirip sama nasi kucing ya apa perasaanku aja hehe

    ReplyDelete
  19. Wah bisa dicoba nih kalo lagi mampir di daerah pesisir utara Jawa Barat :D enak banget kelihatannya

    ReplyDelete
  20. bikin ngiler aja nih mbak!!! ngelihatnya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.