Saturday, January 9, 2016

Toge Goreng SuryaKencana



Hmm dari namanya, pasti merupakan hidangan berisi tauge dan digoreng. Naah betul memang ada unsur toge, tauge atau kecambah dalam menu makanan ini. Tapi tidak digoreng lhoo. Tauge dipanaskan dengan sedikit air di atas penggorengan atau bisa disebut panci yang datar begitu. Seolah-olah digoreng, padahal kalau saya lihat sih lebih tepatnya taugenya hanya dipanaskan, "dibeuleum". That's it? Tentu tidak.


Makanan khas Bogor ini selengkapnya merupakan kumpulan tauge yang dipanaskan tadi yang dihidangkan dengan potongan ketupat, mie kuning, lalu disiram dengan bumbu kuah mirip pecel tapi bukan terbuat dari kacang tetapi dari kacang kedelai, tauco atau sering juga disebut oncom dengan rasa dan aroma yang khas. Sebagai penggugah selera ditambahkan kerupuk.




Untuk yang makan di tempat. Tauge akan disajikan di piring. Namun jika kita memilih take away maka pembungkusnya merupakan salah satu pelengkap yang membuat hidangan ini makin khas. Bukan dibungkus dengan daun pisang. Tauge goreng akan dibungkus dengan daun patat. Daun patat sering digunakan sebagai kemasan alami untuk membungkus makanan, selain daun pisang. Daun patat hampir mirip dengan daun pisang namun dengan lebar yang lebih kecil dan pelepah yang lebih kecil dan lentur sehingga dapat dilipat.

Saat menginap di Hotel 101 Suryakancana, saya sempatkan jalan-jalan pagi di sekitar hotel. Sepanjang jalan Suryakencana memang banyak pilihan wisata kuliner khas Bogor. Laksa, toge goreng, soto mie, bir kotjok, combro, soto koneng alias soto bogor, asinan, manisan, dan ngohiang. Suryakencana merupakan kawasan pecinan kota Bogor. Makanan kaki lima hingga resto dan Cafe berjajar di sini. Kebanyakan mereka sudah berjualan puluhan tahun di sini. Naah salah satunya adalah Toge Goreng Pak Raisin yang sudah berjaya sejak 1980an ini. Yuuk mamam...



53 comments:

  1. sy kurang suka dengn toge..tpi stelah lihat ni, kayaknya jadi kepengen nyoba :D

    ReplyDelete
  2. Kalau ke bogor lagi mau nyobain ah

    ReplyDelete
  3. Makanan Khas Bogor ini terkenal banget tapi saya belum pernah cobain, baru tau kemasannnya ternyata pakai daun ya. Jadi ngiler (*,*)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dibungkus pake daun patat, klo makan di tempat di piring

      Delete
  4. aku tggl di bogor, tapi belum pernah makan toge goreng, duh ga kekinian..

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah juga nyobain toge goreng.. Sama gak ya kayak bakwan toge? Wah...jadi laper perut nih baca postingan ttg makanan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm bakwan toge ada bakwannya dung ya?? apa gimana ya?
      saya jadi pingin cobain bakwan toge nih

      Delete
  6. lihat gambar makanannya membuat saya jadi lapar Mbak, jadi pengen makan lagi deh :)

    ReplyDelete
  7. Kalau togenya tidak digoreng, mungkin namanya bisa diganti tauge setengah matang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi gak simpel dan catchy namanya dung

      Delete
  8. nah, tauconya yang maish bikin saya maju mundur untuk cobain toge goreng. Padahal saya suka sama oncom. Kayaknya saya harus cobain sesekal. Biar gak penasaran sama rasanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa ga suka tauco mak chi???
      tp dicoba dulu aja sapa tahu jatuh cinta

      Delete
  9. Saya awam ttg Kota Bogor ini, dulu paling lewat-lewat aja pas mau ke Jakarta sebelum ada jalan tol. Catet, ah. :b

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm jalannya klo diakses kemdaraan umumpun mudah mba... ada angkot dr stasiun n terminal..
      cateeet

      Delete
  10. Duuhh mak ophi aku jadi ngiler,, pengen cobaaaaa... aku suka banget toge goreng... *ngiler

    ReplyDelete
  11. Belum pernah tau makanan ini. Tapi kayaknya menggoda ya Mak ^_^

    ReplyDelete
  12. Saya gak suka makan toge mak, kl makan gado2 malah minta dihilangkan togenya xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy mah paporit toge haha...klo pas makan gado2 togenya buat saya ja yaa haha

      Delete
  13. Wahhhh jd lapar berat liat postingan ini mauuuu ahh kapan2 ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...iya mba cobain biar ga penasaran

      Delete
  14. glek glek, saya sih jujur aja lebih suka bumbunya ketimbang togenya
    he he he

    di rumah sering lewat bapak2 yang jual tapi dipikul bukan gerobak
    harganya sih murah meriah banget mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo gak pake toge..bukan toge goreng haha
      bumbunya enak juga digado mamam pk kerupuk

      Delete
  15. saya belum nemu toge goreng yg maknyus jd penasaran pgn coba ini...tx for sharing

    ReplyDelete
  16. kangen euy. pertama kali makan togegoreng ya di kampus IPB...di kantin Sapta fakultasku dulu ada yang jualan

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang khas bogor inih, cobain yg pak raisan ini deh mbak

      Delete
  17. Saya pernah coba dan emang bikin nagih

    ReplyDelete
  18. Aku baruvtau tige goreng itu setelah nikah gara2 suamiku ngajak jalan2 ke taman topi di Bogor sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada juga di taman topi..sbg kuliner khas bogor toge goreng mudah ditemukan di mana2 di bogor

      Delete
  19. menggiurkan sekali...toge aku suka..aku sering konsumsi toge buat penyubur :)

    ReplyDelete
  20. Aku gak pernah tau ada makanan ini. Kapan bisa ke bogor buat incipin ini ya?

    ReplyDelete
  21. Sebelah mananya yg digoreng ya hihii
    Kupikir waktu itu beneran toge dg cara digoreng

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya emmang salah kaprah eh salah nama mbul

      Delete
  22. Wah semakin penasaran aja ama ini tauge,,, ew di bungkus dengan daun patat? wah cuman bisa membayangkan kak, lawong saya belum pernah lihat tuh daun sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang ada di pic mba daunnya..mirip daun pisang memang tp lebih kecil

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Ooh toge goreng seperti itu, ternyata nggak digoreng pake minyak ya hahaha. Sepertinya pernah liat di acara tv, tapi cuma sekilas sih. Enak ya Mbak? ��

    ReplyDelete
  25. Toge goreng ini mirip2 tahu gimbal ga si..gehe

    ReplyDelete
  26. Seandainya gambarnya bisa dibau dan dirasa..hehhee...nikmatnyaa~~

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.