Wednesday, January 13, 2016

Tomyam Kelapa: Bukan Tomyam Biasa


Cuaca agak panas, udara terasa lembab. Hujan rasanya ingin tercurah ke bumi. Mendung datang dan pergi. Jadi malas mau jalan kemana-mana. Terlebih sedang agak kurang fit. Pilek...gejala flu gitu. Kayak enak nih ke badan menyantap yang segar-segar. Berkuah hangat. Hmm Tomyam... Asin, asam, manis,  pedas... Segar dan menggugah selera.

Tomyam masakan khas Thailand memang bukan menu baru. Tomyam sudah menjadi bagian dari menu kuliner di tanah air. Saya dulu sering menyebutnya sayur asem Thailand hahaha. Iya, kuah yang segar dengan paduan rasa asam, manis, pedas dengan isian seafood ini kemudian menjadi bagian dari kekayaan kuliner nusantara. Kita bisa menemukannya dengan mudah. Meski berasal dari Thailand, cita rasanya memang pas dengan lidah Indonesia.

Nah weekend kemarin akhirnya saya mencoba icip-icip Tomyam untuk menghabiskan sore dengan anak-anak. Bukan Tomyam biasa, tapi Tomyam Kelapa. Apa bedanya? Hmm pertama dari penampilannya. Tomyam Kelapa disajikan di dalam buah kelapa. Jadi pastinya unik dan bikin penasaran. Kedua, cita rasanya. Layaknya Tomyam, maka tentu terasa asam, manis, pedas. Namun kita akan menemukan cita rasa gurih dan kuah yang kental dalam Tomyam Kelapa. 


"Hmm pakai santan kali yaa?" tebak Ayah krucils. "Ah gak mungkin dung yah. Kalo pakai santan warna kuahnya gak kayak gini. Lagi pula ini rasanya gak kayak santan kok". Tapi kok gurih dan kental gini ya rasanya? Beda deh dari Tomyam biasa. Kalo Tomyam biasa kan kuahnya cenderung "camlang", Hmm apa ya. klo Kata orang sunda mah gitu deh. Jadi light atau bening gitu. Nah yang ini beda karena kuahnya gurih dan kental. Hmm pasti beda karena rasa gurih dan kentalnya pasti berasal dari air kelapanya. 

Ketiga Tomyam kelapa sesuai namanya selain isian sefaood, ayam atau bakso (sesuai pilihan menu) tentu saja terdiri dari potongan daging kelapanya. Enyaak.


Saya sih sudah coba dua jenis menu Tomyam Kelapa nih. Yang spesial dan yang seafood. Sebenarnya banyak pilihan menu Tomyam Kelapa lainnya ada Udang, Cumi, Ayam dan banyak lagi. Oh Iya, selain menu Tomyam Kelapa, Saung Ibu nama Resto yang menyediakan menu Tomyam Kelapa ini juga memiliki banyak variasi menu lainnya, seperti Kwetiau dan Mie Ayam.

Eh tapi saya lagi mau fokus sama Tomyam Kelapa nih. Lagi-lagi karena memang unik dan gak biasa.  Kalau ingin mencoba yang lengkap sebaiknya cobain Tomyam Kelapa Spesial deh. Isiannya lengkap kap! Ada irisan daging kelapa, bakso daging, bakso ikan, udang, cumi, ikan, ayam, jamur sentake, tomat yang segar dan potongan bawang bombay. Syurga lah hahaha. Apalagi bumbunya yang gurih dengan aroma sereh eh serai yang harum. Love it.


Jempolnya semua isian dari Tomyam Kelapa ini dalam kondisi segar dan prima. Jadi jangan khawatir bau amis atau semacamnya. Biasanya kan kalo makan seafood apalagi dalam bentuk kuah suka khawatir ada aroma amis. Nah alhamdulillah sih kemarin seafoodnya segar dan tidak amis. Trio krucils aja lahap banget tuh. Kuahnya diseruput mulu. Biasanya mereka suka gak mau kalau masakan yang agak pedas. Tapi pedasnya menurut saya sih sedang kok. Jadi mereka masih bisa menikmati apalagi ada seafood, bakso dan jamur. They love it much.

Kalau mau makan di tempatnya, Tomyam Kelapa ini bisa dinikmati di Restauran Saung Ibu di Daerah Jombang Bintaro, di area parkir lapangan tenis Villa Bintaro Indah. Tapi kalau mau menikmatinya dari rumah, bisa banget dipesen via Go Food-nya GOJEK. Cari aja pake keyword Tomyam Kelapa. Pesanan segera diantar dan dalam kondisi masih hangat. Hmm mamam yuuuk :)

Oh iya Tomyam Kelapa juga tengah mengajukan proses Sertfikasi Halal lho ke MUI Tangerang, jadi insyaAllah halal dan thoyyib... Jadi bisa mamam dengan nyaman.



Tomyam Kelapa Saung Ibu
Jln. Sulawesi Raya no. 19, Jombang, Ciputat. 
Tepatnya deket pintu gerbang perumahan Villa Bintaro Indah.
Info lengkap : 
WA 082322231446 
BBM 51a66f6a

46 comments:

  1. Meskipun bukan menu baru, tapi saya justru baru tau yang namanya tomyam hehe...unik yaa wadahnya pakek buah kelapa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya mbak...klo tomyam biasa, wadahnya gak pake kelapa ini bukan tomyam biasa hahah, jd memang unik. rasanya pun unik

      Delete
  2. unik banget ya ini tomyam kelapanya Baha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak lid..unik dan memang rasanya top deh

      Delete
  3. aduh...sungguh..sy ngiler melihatnya...methungul gitu :D

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. yang spesial kan lengkap isiannya mbak. klo yg seafood hanya seafood mba...sensasi kuahnya sama kok

      Delete
  5. Tampak segeeer. Aku suka Tomyam. Jadi pingin nyobain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain mbaa...emang seger pake bangeeet

      Delete
  6. ngillllllleeeeeer pake banget, coba di Bandung udah ada

    ReplyDelete
  7. Wiiih Tomyamnya enak banget keliatannya

    ReplyDelete
  8. Aku suka tomyum, harus nyoba nih tomyum kelapa, enak ya kayaknya :)

    ReplyDelete
  9. Setiap hari lihat foto tomyam kelapanya ini timeline :( Jadi pengen maksimal. Tiket mana tiket~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa....maapkeun.
      Tiketnya tukeran buat sy ke lombok boleeh?

      Delete
  10. Duhlahhh ini tomyam menggiurkan sekali :))

    ReplyDelete
  11. bikin syaa ngiler malam-malam lihat ini hahaha

    ReplyDelete
  12. Hmm...jadi ada daging kelapanya juga, unik ya :)

    ReplyDelete
  13. wah boleh nih dicoba kayanya, reviewnya bikin orang ngiler aja mba

    ReplyDelete
  14. Wah kak, kemarin aku baca artikel tentang Tomyam ini di blog sebelah. Unik ya di sajikan dengan menggunakan batok kelapanya. Semakin penasaran saja saya, tadinya nggak melek tentang kuliner luar negara kita jadi sekarang sedikit - sedikit melek lah. Thanks mbak sudah bisa membuat saya penasaran, :-) kapan - kapan coba ah karena Tomyam ini bukan Tomyam biasa. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya...bukan tomyam biasa ini tomyam kelapa

      Delete
  15. makin trend tomyam kelapa ini ya, aku pdhl udah tau sejak pertama ada krn temenku dekat situ dan ngajak traktir, sayaaang aku gak bisa dtg. Makanya baca ini sambil nelen2 ludah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...ayo sekarang dicoba... gantian traktir sy juga ga nolak mba hihi *ditoyor

      Delete
  16. Enak pastinya ya mbak, mangkuknya pake kelapa ya... unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak di, bukan hanya jd mangkuk krn daging kela n air kelapanya jg jadi bahan tomyamnhya

      Delete
  17. Ini mah bener2 unik dan sangat istimewa. Ada Baksonya uy hehehe.

    ReplyDelete
  18. Unik nih, tomyam kelapa hahaha. Masakan pedas gitu emang shedep dimakan apalagi pas flu gitu. Dulu ibu pernah bilang, makanan pedes bisa ngehasilin keringet, it means bisa meredakan panas tubuh. Katanya sih berhubungan sama meredakan rasa sakit juga. Semoga cepet sembuh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener..katanya sih teorinya begitu..
      dan biasanya sih working lhooo

      Delete
  19. Aduhhh ... ngecess euyy. Andai bisa dipaketin kemari. Ha..ha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sy paketin via email aja ma photonyaa

      Delete
  20. Mau nyobain deh mbaaa ophi...baru mau buat tom yam, ini tempatnya unik bgt yah. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah buat sendiri? ditunggu kirimannya hahah

      Delete
  21. Ternyata ini yg punya tetangga saya mak saya tingg daerah situ pas saya tanya ibu saya eehh malah yg pnya kami kenal. Anehnya saya malah belom prnh coba makan disini hehehehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.