Friday, March 4, 2016

Blog of The Month KEB: February 2016


Jujur achievement tertinggi saya sebagai blogger adalah ketika apa yang saya yakini sebagai hobby, sarana terapi jiwa, dan kegiatan me time ini menjadi perhatian dari salah satu komunitas blogger sekaliber KEB. Rasanya kaget sekaligus gak percaya saja. Setiap bulan saat ada pengumuman #BOTM atau Blogger of The Month-nya Kumpulan Emak2 Blogger ini saya hampir selalu menyampaikan selamat kepada setiap emak blogger yang mendapatkannya. Waah kok keren yaa. Jujur saya mah tidak berani bermimpi bisa mendapatkan semacam penghargaan tersebut. Saya mah apa atuh? beneran bukan lebay. 


Saya merasa prestasi saya belum ada apa-apanya di bidang blogging. Saya masih belajar ngeblog. Tapi jujur dalam proses belajar itu memang satu hal yang saya komitmenkan dalam diri. Meski lambat tapi saya harus terus bergerak. Intinya saya harus konsisten meski sambil belajar baik dari konten maupun teknik blogging sederhana. 

Konsistensi ini menjadi tantangan karena saya juga bukan full time blogger. Ngeblog adalah kegiatan kedua eh ketiga setelah menjadi Ibu Trio krucils dan menjadi abdi negara. Nekat??? Iya memang agak nekat sih hahaha. Tidak ingin mengulang apa yang sudah diulas di Blog KEB untuk interview saat terpilih sebagai #BOTM February  kemarin. Jadi yang belum baca cerita tentang kenapa saya nekat :D, bisa mampir dulu di sini ya.


Lalu saya tak ingin terlalu larut dalam semacam euforia. Alih-alih menjadi semacam pecutan untuk berprestasi, pencapaian ini bisa jadi akan menjadi beban kalau saya tidak bijak menyikapinya. Pencapaian ini saya liat murni apresiasi dari para makmin KEB yang ternyata menurut mereka (mungkin) kemauan saya untuk konsisten ngeblog meski punya kesibukan utama lain insyaAllah bisa menjadi inspirasi bagi emak blogger lain.  

Saya kemudian membayangkan betapa para makmin ini ternyata punya perhatian spesial kepada semua membernya.  Iya dung karena setiap bulan selalu ada satu emak yang terpilih sebagai #BOTM. Artimya setiap bulan para makmin meneropong aktifitas blogging para emaks membernya. Setiap #BOTM saya lihat punya karateristik apresiasi (saya kurang sreg kalau menyebutnya penilaian) yang berbeda-beda. Coba deh perhatikan setiap bulan #BOTM KEB pasti punya karakteristik atau aspek apresiasi yang berbeda-beda. Kesamaannya ternyata semua dinilai dan diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para emak lainnya.

Justru sudut pandang apresiasi yang beragam ini membuat kita jadi banyak belajar dengan emak blogger yang lain. Jadi pas banget sih sama tagline-nya KEB terbaru juga different is beautiful. Karena ragamnya penghuni KEB, beragam hal yang bisa kita pelajari satu sama lain. Itu menurut saya membuat KEB menjadi rumah yang selalu hangat dan indah.

Buat saya hal ini kemudian menjadi tantangan untuk tidak berhenti dengan pencapaian ini. Apa artinya pencapaian ini ketika kemudian saya tidak lagi menunjukkan konsistensi saya ngeblog meski ujian kemudian datang justru di bulan February hingga Maret mendatang dimana loading pekerjaan dan beban tugas yang luar biasa menyita waktu datang dan akan berlangsung sampai setidaknya akhir Maret. Meski dengan atau tanpa achievement tadi saya memang sudah mencoba menemukan pola dan ritme ngeblog saya yang tetep bisa membuat saya nyaman tanpa terkungkung oleh target-target tertentu.


Seperti apa? Jujur ritme "bagi waktu" antara jadi Ibu, jadi pekerja full time, dan jadi blogger juga baru bisa saya temukan setelah hampir dua tahun ini mencarinya. Iya, mennemukan ritme dan kemudian menjadi lebih "nyaman" tanpa terbebani satu sama lain. Saya kira setiap orang mestinya bakal menemukan ritme versinya sendiri dengan berbagai kesibukan mereka apakah full time blogger atau yang menjadikan blogging sebagai kegiatan relaxing atau hobby seperti saya. Yang penting memang harus dikuatin niatnya. Jadi gak kebanyakan excuses.  

Lalu bersama waktu juga saya melihat konsistensi itu bukan harus posting setiap hari. Meski kalau mampu ya sah-sah saja lhoo. Tapi saya sendiri sempat menetapkan target tertentu. Duuh kok jadi terasa ngos-ngosan. Ternyata bukan harus setiap hari juga tapi memang ada ritme dan pola yang lumayan konsisten. Saya akhirnya menemukan dan memutuskan, target postingan yang rasional adalah 8 - 12 postingan sebulan. Kalau bisa lebih ya bonus itu mah. Jadi 2-3 postingan perminggu terasa pas buat saya saat ini. 

Menjadi #BOTM February tidak semata-mata pencapaian bahkan jadi pengingat bahwa saya insyaAllah akan terus menikmati ngeblog dan berbagi melalui blog dengan sedikit hal yang bisa saya bagikan. Saya lebih terharu dari pada bangga. Again  thanks to Makmin KEB. Semoga saja hal ini menginspirasi para blogger lain juga untuk bareng-bareng saling menyemangati untuk keep blogging dalam kondisi dan keterbatasan masing-masing. Bukan menjadikannya beban tapi menjadikan blogging sebagai sesuatu yang menyenangkan. 

35 comments:

  1. Selamat ya mak atas pencapaiannya :D setuju different is beautiful :D

    ReplyDelete
  2. yeeeee, selamet mbak :)
    udah baca di timeline twitter bulanlalu

    btw, mbak ophi juga masuk blogger of month versi blog saya, periode desember kemaren bersanding sama mbak myra n amel
    #eaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ophi selamat, ya

      Lha, Has Huda saya malah baru tau. Meluncur, ah

      Delete
    2. maksih mas,makasih mak chi. iya sy juga baru tau

      Delete
  3. alhamdulillah, selamat ya Mak, terus berkarya ya Mak, :)

    ReplyDelete
  4. Duuh Mbak gegera jarang update blog saya jadi ketinggalan info yg satu ini. Selamat ya Mbak dan Mbak emang patut dicontoh. Saya yang mimpi jadi abdi negara aja masih sering ngeluh bagi waktu apalagi nanti kalau jadi abdi negara beneran ya. Kudu belajar dari mbak nih!

    ReplyDelete
  5. Selamat yah mba skali lagi hehe.. Nemuin ritme, betapa aduhainya sambil kerja juga ya mba, dan mengurus 3 anak ^^ selalu semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba...
      yuuk semangat bareng2...

      Delete
  6. selamat ya mbak Ophi atas prestasinya, keep sharing ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih jeng evrina, yang juga banyak prestasinya dalam bidang blog

      Delete
  7. Selamat ya Mak. Ah... dikau keren memang sik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aah dikau lah yang keren mak. daku jadi maluuu

      Delete
  8. Keren mbak Ophi, bisa jadi blog of the month. Selamat ya :)

    ReplyDelete
  9. salam kenal mba Ophi, selamat ya. keep on blogging...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jugaa..yuuk keep blogging

      Delete
  10. Keep sharing keep inspiring mba :-) Ophi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba..semoga bisa sharing terus yaa

      Delete
  11. Salut mak sama dirimu. Ga kebayang deh kalo sy bagi waktunya

    ReplyDelete
  12. Selamat Mbak Ophi :)
    Mbak Ophi memang layak mendapatkannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba..semoga mmg demikian yaa

      Delete
  13. Kata kuncinya, harus fun ya mak. Noted!
    Justru jangan membebani.
    Karena segala sesuatu yang dikerjakan dengan passion itu, luar biasa
    Congratulations, Mom!

    ReplyDelete
    Replies
    1. blogging n having fun bun,
      btw thanks

      Delete
  14. Selamat ya Mak, semoga ini menjadi lecutan semangat untuk terus berbagi.

    ReplyDelete
  15. Luar biasa, selamat atas hasil yang diraihnya, sangat mengisnpirasi :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.