Thursday, May 19, 2016

Menggambar dan Mewarnai: Kreativitas Seru Yang Mendekatkan Keluarga


Memiliki anak dengan usia yang tidak berjauhan ada enaknya ada repotnya. Selain jadi mudah berebutan di lain waktu mereka bisa juga akur dan kompak. Naah salah satu aktivitas yang menjadi pilihan buat mereka saat main di rumah adalah menggambar dan mewarnai. Aktivitas ini bagi orang tua juga sangat mudah disiapkan. Padahal manfaatnya buat anak tidak sedikit lho. 


Malah belakangan ada riset yang menyebutkan bahwa aktivitas menggambar dan mewarnai juga bagus untuk orang dewasa. Apalagi mereka yang jenuh dengan rutinitas harian. Menggambar terutama mewarnai membantu me-release stress dan memberikan efek rileks. Sudah dicoba?? coba deh saya sudah buktikan, bahkan saya siapkan spidol warna di meja kerja saya.

Nah untuk Trio Krucils Ka Alinga, Ka Zaha, dan Dek Paksi aktivitas menggambar ini sudah bukan hal asing. Ka Alinga bisa dibilang hobby menggambar bahkan sejak TK. Semakin hari teknik menggambar dan mewarnainya makin bagus. Idenya pun terus berkembang. Kadang saya gak menyangka kalau Kakak Alinga bisa menggambar suatu objek tertentu. Waah imaginasinya bagus juga ya.
salah satu hasil gambar Ka Alinga, ceritanya sunset ya nak...sunset yang cantik...Ibu jadi kangen pantai dan laut

Ka Zaha sebetulnya perkembangan motorik halusnya tidak sebagus Ka Alinga. Ka Zaha agak lambat dalam kegiatan yang melibatkan motorik halus seperti menggunting, meronce, menyusun potongan gambar, bahkan menggambar atau mewarnai. Dulu saya tak begitu paham. Awalnya Ka Zaha kurang maksimal (terkesan asal-asalan) saat ada tugas kreativitas semacam itu di TKnya. Iya hasil kreativitas yang mengasah motorik halusnya. gambar atau guntingan kertasnya tidak sehalus Ka Alinga. Namun lama kelamaan, seiring waktu karena sering melakukan kegiatan bersama dengan Kak Alinga, Ka Zaha mulai mengejar ketertinggalannya. Meski dari sisi ide, masih lebih terbatas namun setahun belakangan ini gambar, lukisan, atau karya tangan Ka Zaha jauh lebih baik progressnya. Semangat Ka Zaha!

ini gambar Ka Zaha... lumayan yaa, tapi harus dirapihkan lagi ya kak

Bagaimana dengan Dek Paksi? Meskipun belum sekolah (insyaAllah bulan Juni ini Dek Paksi masuk TK ya), tapi Dek Paksi sudah sering ikut-ikutan menggambar dan mewarnai. Jangan tanya hasilnya yaa karena masih belajar hahaha. Iya meski masih sangat kasar tapi buat saya itu progress yang sangat bagus. Dengan riwayat keterlambatan motorik halus, Dek paksi sudah bisa menggenggam pensil atau pulpen dengan baik saja saya sudah senang sekali. 
Dek Paksi mewarnai papercraftnya, Ibu membantu menggunting dan memasangnya... tadaaa!

Baca:  Kisah Dek Paksi di sini dan di sini.

Iya, salah satu efek dari perdarahan di otaknya saat lahir dulu memang ada sedikit (alhamdulillah) keterlambatan di motorik halus Dek Paksi. PR (alhamdulillah lagi yang tidak terlalu berat dibandingkan kasus-kasus perdarahan otak pada anak lainnya) yang kemudian saya tangani dengan lebih serius. Tangan Dek Paksi sangat kaku, sulit memegang, meraih atau merasakan benda/objek. 

Ada beberapa latihan atau teraphy yang disarankan untuk membantu mengasah motorik halusnya misalnya rutin bertepuk tangan dengan tangan terbuka, merangkak dengan telapak tangan terbuka, menggenggam beras atau kalau sekarang ada kinetic sand, menggunting, main play dough dan terakhir menggenggam pensil yang batangnya berbentuk segi tiga. Waktu itu Ibu khusus membeli pensil warna bergerigi tiga untuk melatih motorik halusnya. Alhamdulillah so far sudah jauh membaik.
Ini dia pensil dengan batang bergerigi tiga sisi...
dulu salah satu latihan teraphy motorik halus dek Paksi pake pensil seperti ini lhoo

Nah di rumah, saat pulang sekolah, libur, atau saat sedang tidak pingin main di luar, mereka bertiga suka sekali menggambar dan mewarnai. Ibupun tak kesulitan menyiapkan alat-alatnya. Bahkan mereka sudah bisa menyiapkan sendiri. Tiga meja lipat kayu, pensil warna atau crayon masing-masing, dan kertas. Iya saking seringnya menggambar dan mewarnai buku gambar mereka cepat sekali habis. Padahal dalam proses belajar, kadang-kadang belum selesai gambar lalu mereka tidak puas, mereka tidak mau melanjutkan lagi. Pasti minta ganti halaman baru. 

Sayang kan? akhirnya Ibu dan Ayah memutuskan memakai kertas-kertas yang sudah tak terpakai bekas kerjaan Ibu dan Ayah. Iya, biasanya kertas kerja dari kantor kan hanya dipakai satu sisi tuh, sisi lainnya masih kosong. Ibu dan Ayah tidak membuang kertas-kertas tersebut tetapi dikumpulkan dan dipakai ulang salah satunya untuk media Trio Krucils menggambar. 

Hmm kalau sudah sibuk menggambar biasanya mereka akur banget. Saling bantu dan saling memberi saran. Ibu sering didaulat juga ikut menggambar, biasanya Ibu diminta menggambar dengan tema "Family". Family apa aja, tree family, fish famliy, car family, finger family... Yang pasti jumlah keluarganya ada lima; Ayah, Ibu, dan 3 anak. Selesai menggambar mereka minta dikomentari. Hmm Ala Juri Kompetisi nyanyi itu, biasanya Ibu dan Ayah akhirnya memilih, "saya sih, Yes!" hahaha ditambahkan comment juga tentunya supaya mereka makin meningkatkan gambarnya meski saya juga gak pinter-pinter amat menggambar tapi jadi juri komentator sih, siapa takut hahaha.

#FunColoring #PlayDateSteadtler 

Naah, weekend kemarin tepatnya hari Sabtu, kami menghadiri acara seru "Fun Coloring" nih. Anak-anak semangat banget pingin ikut dan dengan sukarela menggagalkan rencana berenang. Fun Coloring ini diadakan di Twin House Cipete, sebuah cafe dengan konsep kebun dan terbuka dipagari rimbunnya pepohonan. Karena kami datang terlambat langsung ke meja regsitrasi dan gabung dengan momies lain. Dek Paksi mendapat papercraft yang bisa diwarnai lalu digunting dan dibentuk. Ka Alfi juga akhirnya menawarkan media kanvas yang sudah diberi gambar dan diwarnai.


Acara Fun Coloring #PlaydateStaedtler ini gak cuma seseruan mewarnai lho. Ada sesi sharing tentang manageman waktu untuk para Ibu mengisi kegiatan dan kreativitas anak. Danesya atau Nesya, mama dari Dio (3 thn) pemilik blog productivemamas membagikan tips-tips yang dilakukannya dalam membagi waktu kegiatan di rumah baik kegiatan yang mendukung blogging dan vlogging maupun kreativitas seru untuk Dio. 

Ibu muda ini memang concern dengan konsep playdate dan playtime anak sehingga sering membuat kreativitas kegiatan maupun berbagai "DIY" di rumah untuk Dio yang kemudian disharing di channel youtube dan blognya. Acara dipandu oleh Kak Ashta dari haloibu.id. Oh iya tentunya ada Kakak-kakak dari Steadtler juga dung yang memperkenalkan produk-produk dari Staedtler, termasuk pensil dengan benetuk batang segitiga tadi. Iya untuk pemula atau anak yang lebih kecil sebaiknya dimulai dengan pensil seperti ini selain lebih mudah digenggam juga memang berdasarkan pengalaman Dek Paksi, pensil seperti ini membantu mengasah motorik halus anak-anak lho.

Seru kan yaa...

Trio Krucils sih sudah familiar nih karena memang mereka gemar menggambar dan selain crayon mereka juga lebih suka menggunakan pensil warna Staedtler Luna. kenapa? selain tidak mengotori tangan, lebih kuat tidak mudah patah juga ternyata bisa dijadikan jadi cat air lho. Iya objek gambar yang sudah diwarnai dengan Staedtler Luna Watercoloured bisa diberi kuas yang dibasahi maka jadi gambar atau lukisan dengan cat air. Cocok untuk media kanvas tapi juga oke untuk media kertas. Ternyata Ka Alinga sudah tahu metode ini. "Aku pernah lihat cara seperti ini bu dan aku dah pernah coba". "Oh I see..Ibu malah baru tahu nak!"

Keseruan acara hari itu dilengkapi dengan menu makanan yang yummy dari Twin House. Senangnya Trio Krucils bisa berkesempatan mengikuti acara ini. Hmm tahu gak? sampai di rumah mereka langsung deh mulai menggambar dan mewarnai lagi, makin semangat karena punya seperangkat pensil Staedler Luna dan fiber tips pens dari Steadtler. Akur yaa menggambar dan mewarnainya. Makasih Staedtler.

50 comments:

  1. ane sangat setuju mengenai gmbar masuk dalam meningkatkan kreatifitas seorang anak. orang seni yang penting nyali baru bukti

    ReplyDelete
  2. wah dede nya lucu dan pinter gmbar

    ReplyDelete
  3. Terima kasih untuk sharingnya ya Mama Paksi. Banyak pengetahuan yang kak Alfi dapatkan dari tulisannya.. :)

    ReplyDelete
  4. Gambar alinga baguss
    Klo dituang di kanvas bisa jd pajanan ni mb ophi

    Aku juga dari sekolah slalu setia sama luna, paling nampol warnanya di kertas gambar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... klo di kanvas dia malah blom coba nih mbul..
      luna dr zaman baheula yaa

      Delete
  5. Mewarnai bersama itu bisa jadi moment terbaik untuk meningkatkan quality time buat anak-anak ya, Mbak. Dengan begitu, anak-anak akan bersemangat dan bisa saling mempererat bonding keluarga. Salut!

    ReplyDelete
  6. Sama dengan anak-anakku mbak Ophi...mereka suka banget kalo disuruh gambar ato mewarnai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..kitapun gak susah nyiapin alat2nya ya mba

      Delete
  7. Menggambar atau mewarnai adalah cara yang tepat untuk menstimulus daya rangsang otak agar senang berkreasi dengan daya hayalnya yang dituangkan dalam bentuk gambar atau lukisan..

    ReplyDelete
  8. Samaa.... anak2 saya juga suka menggambar dan mewarnai bareng, Mbak. Tapi sayangnya mereka masih suka rebutan crayon maupun kertas, padahal udah dibagi masing2. Biasa, si adik pengennya ikut megang apa yg dipegang kakaknya, trus kakaknya enggak boleh, dst... :D
    Btw tulisan Staedtler-nya kebalik-balik tuh Mbak sebagian, hihihi... maap suka risih liat typo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang mrk juga msh suka rebutan makanya sy kasih masing alat sendiri2...
      btw makasih revieuwnbya sudah sy betulkan typonya mbaa

      Delete
  9. dulu saya suka ngajak anak ikutan lomba gt di istora dan PIK

    ReplyDelete
  10. Gambar anak-anaknya bagus-bagus banget, mba. Seru pulak acaranya ya. Anakku juga suka menggambar mba. Senang ya bisa meningkatkan kreatifitas mereka :)

    ReplyDelete
  11. setuju banget mba, aktivitas ini dari dulu menjadi salah satu perekat aku sama anak2, bahkan sampe gede pun mereka tetap menyukai aktivitas ini dan kita sbg ibu bisa tetap menemani dan mendukung kegiatan mereka..

    Btw, seru banget acara fun coloring bareng Staedlernya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bahkan orang dewasapun msh suka ya klo disuruh gambar atau mewarnai
      iya seru mba

      Delete
  12. Mewarnai memang melatih motorik halus... semoga tambah bagus gambarnya

    ReplyDelete
  13. Mak gambar anaknya bagus-bangus amat sih Maaak. Pada berbakat nih jadi pelukis :) Eh aku belum ijin pasang foto keluarganya Mak Ophi di blog aku yaaa. Ntar aku kirim fotonya sekalian lewat email ya Mak.. Hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gak ngerti nih bakatnya...tp emamng si kaka suka
      gpp numpang mejeng di blogmu mak hahaha...

      Delete
  14. Ehm...jumlah keluarganya harus lima ya, Dek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa...kalau kurang satu diprotes keras hahaha

      Delete
  15. Anakku jg sula gambar mak tp ga terlalu betah klo mewarnai.baru duduk.bentar udh bilang capek :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... harus etlaten memang mewarnai

      Delete
  16. Ini tu merek yang jaman aku SMA bener2 impian & belinya harus ke Ibukota Provinsi mak, karena aq tinggalnya di Kabupaten
    Btw, menggambar & mewarna emang keren & bermanfaat yak buat ortu & anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa..zaman baheula ini staedtler luna tuuh gimanaa gt yaa

      Delete
  17. Gambar sunset-nya kak Alinga indah banget mbaaaak,...

    Kak Zaha rumahnya juga lucuuu,gambarnya pake penggaris hehe...

    Fathir mah sukanya gambar dinosourus teruus hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ateuu
      haha iya ka zaha gambarnya pake penggaris takut tembok dan pohonnya ga lurus haha
      klo lagis eneng satu objek biasanya mrk juga ituuu mulu smp bosen baru ganti

      Delete
  18. aku lebih suka mewarnai mbak waktu kecil dulu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti harus teliti dan telaten tuuh

      Delete
  19. menggambar tu emang sesuatu dah,aku jg suka ngisi wktu sm ken dg menggambar bareng, seruuuu...
    trio krucils kelihatan menikmati bgd ya mak ophi gambar menggambr ini. ayoooo semngat berkreasi berimajinasi dan mewujudkan dalm sebuah gambar yak. yoyoyow

    ReplyDelete
  20. Saya masih menggambar sampai sekarang, meski kalah jago sama anak-anak. Kalo stress, saya cari hiburan dengan menggambar, melukis atau brushlettering.

    ReplyDelete
  21. hmmm...olive sampai sekarang seneng menggambar ga jelas mewarnai , padahal udah gede juga tuh .
    nah aku ga bisa menggambar aah, pengen bisaaa..

    acaranya keren niy :D

    ReplyDelete
  22. bagus ya mak, aku juga merasakan saat mewarnai , menggambar bersama anak asuhku

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mah... qulity time dan bonding ya sm mereka

      Delete
  23. gambarnya seru sekali, berimajinasi, sudah rapi dan sesuai dengan gaya anak-anaknya seruuu

    ReplyDelete
  24. acaranya seru banget yaaa mba. Yang pasti, anak-anak dan kita pun suka mewarnai. Buat saya it's very relaxing :)

    ReplyDelete
  25. anakku juga lagi seneng-sennengnya menggambar dan mewarna mba, kayaknya kalau ikut acara serupa bakal seru banget ya ^_~

    The Journey

    ReplyDelete
  26. kegiatan mewarnai gini aku jg suka mba.. apalagi skr banyak bgt buku mewarnai yg aneka macem for adult.. sama si kakak biasanya kita betah deh mewarnai berdua :D.. ampuh utk bikin dia anteng itu ;)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.