Thursday, May 26, 2016

Resep Sederhana: Pepes Lele ala Mom of Trio


Ketika Pecel Lele sudah terlalu mainstream sedangkan Pepes Ikan Mas agak sulit dikonsumsi anak-anak karena banyak durinya. Menu sehat apa yang bisa Ibu pilih? Coba deh Pepes Lele. Iya, Lele dipepes. Ternyata percobaan pertama untuk menu ini disukai oleh Trio krucils. Mereka bahkan menagih untuk membuatkan lagi menu ini.


Bahan:

  • Ikan Lele, cari yang ukuran sedang. Saya membeli 1 kg yang ternyata berisi 10 ekor. Ukurannya tidak terlalu kecil namun tidak besar. Pas untuk porsi anak-anak dan lebih mudah membungkusnya dengan daun.
  • Bersihkan lele dan lumuri dengan air jeruk nipis,sisihkan.
  • Siapkan daun pisang dan lidi untuk membungkus.


Bumbu:

  • Kunyit.
  • Jahe.
  • Lengkuas.
  • Sereh/serai.
  • Cabe.
  • Bawang merah.
  • Bawang putih.
  • Garam.
  • Ketumbar.
  • Haluskan semua bumbu. Selain dihaluskan, untuk sereh kita potong-potong ukuran sedang dan dipeprek.


Cara:
  1. Siapkan daun pisang yang telah dibersihkan.
  2. Bungkus lele yang telah dicampurkan dan dilumuri bumbu, jangan lupa masukkan sereh peprek ke dalam tiap bungkusnya untuk memberi aroma khas sereh.
  3. Kukus lele yang telah dibungkus.
  4. Setelah matang (bisa dicek dengan telah keringnya air yang menempel di daun pembungkus), angkat lele dan sajikan hangat.

Mengapa Lele?

Nah Lele memang jenis ikan yang sudah familiar dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Mungkin belum banyak dari kita yang paham apa sih kandungan gizi dari ikan lele? Hmm ternyata Ikan Lele kaya akan nutrisi atau zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja?


Ikan Lele kaya Asam lemak omega 3 dan omega 6 yang baik untuk  menjaga kesehatan jantung dan juga otak manusia, Terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Jadi pas banget yaa buat Trio Krucils.  Omega 3 dan 6 juga membantu menurunkan tekanan darah dan kesehatan kulit terutama ekzema dan dermatitis. 

Ikan Lele mengandung protein yang memadai (kurang lebih 15,6 gr protein pada 1 ekor lele ukuran sedang) yang berguna untuk membangun massa otot.  Ikan Lele juga kaya Vitamin B 12 untuk stamina tubuh sehingga tidak mudah lelah dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. 1 ekor lele bisa memenuhi 40% kebutuhan vitamin B12.

Ikan Lele mengandung Fosfor yang cukup tinggi (sekitar 167 mg/ 100 gram lebih tinggi dari telur ) yang bermanfaat untuk memberi energi dalam metabolisme lemak dan pati guna menunjang kesehatan gusi dan gigi, serta pembentukan tulang dan membantu sistesis DNA.

Ikan Lele juga membantu kesehatan Kardiovaskuler ( kalium dan natrium yang terdapat pada ikan lele yang mencapai 24,5 : 1) untuk menjaga kesehatan cardio dan pembuluh darah.  Jangan salah Ikan Lele juga aman dari kandungan merkuri lho.

Jadi jangan ragu, ikan yang harganya nyaman di kantong para Ibu ini ternyata sangat bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kebutuhan nutrisi seluruh keluarga.


22 comments:

  1. Enak banget ya ikan lele dipepes.. Pake bumbu dapur yang beraneka pastinya taste-nya juga terasa lebih maknyus ya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bumbunya yg bikin enak nih..seger lagi mba

      Delete
  2. Waduh, enak banget keliatannya mbak.. aku suka banget lele.. tp lama gak masak lele, soalnya suamiku gak suka.. huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bikin dikit aja buat sendiri hehehe

      Delete
  3. Aaakk, aku suka sama lele. Mau coba ah kapan-kapan. TFS, Biii ^^

    ReplyDelete
  4. Belum pernah nyoba lele dibuat pepes, biasanya digoreng kering aja.
    Duh, tapi entah kenapa, anak2ku kok semuanya nggak suka lele ya, apa mereka geli liat bentuknya? hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha makanya sy pilih yang tidak terlalu besar mba...

      Delete
  5. Boleh nih dicoba. Aku jg ga suka pepes ikan mas krn durinya itu.. kalo lele kan lbh gampang makannya ;)

    ReplyDelete
  6. Waaah, dapat menu baru nih untuk lele. PAsti maknyus kalo lihat tampilannya, mbak.

    ReplyDelete
  7. Wah kebetulan sering belanja lele. TFS resepnya mbak Ophi :)

    ReplyDelete
  8. Kebayang balitan bumbunya remesep baget
    Aduuuhhh pengen akuhh

    ReplyDelete
  9. Aku pnasaran jg mba ophiii bikin inii, koq bisa samaan kaya mba opi satu lagiii, pepes lele jugaaa hihii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya kah...lagi jodoh sm mba opi kali yaa

      Delete
  10. Langsung sodorin tulisan ini ke istri dan berharap dimasakin lele pepes :-D

    ReplyDelete
  11. mbak Ophi aku paling takut kalau mau matiin lele dan susah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belinya udah beres mah..udah diilangin patilnya dan sudah diberisihin..smp rumah tinggal dibersihin

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.