Thursday, June 23, 2016

Personality dan Personal Branding Untuk Blogger, Perlukah?

Blogger dan Personal Branding. Dua kata ini sudah sering saya dengar sejak saya mulai banyak belajar lebih "serius" dengan hobby saya ngeblog. Salah satu yang perlu dilakukan penguatan dalam aktivitas ngeblog, adalah bagaimana membangun brand, atau branding. Selain penguatan content tentunya, karena still Content is The King!



Banyak blogger yang kemudian namanya demikian hits di jagat maya, nama yang kemudian menjadi brand-nya. Branding yang melekat pada diri blogger inilah yang kemudian menjadi salah satu aspek penting dalam proses profesionalitas seorang blogger. Namanya atau brand-nya lah yang kemudian mendatangkan networking (baca silaturahim), lalu job-job which means bisa mendatangkan pundi-pundi.


Nah pada kesempataan weekend kemarin, akhirnya for my first time saya bisa gabung di acara yang rutin diadakan oleh #BloggerCronyCommunity yakni #BloggerHangout. Maklumlah Mom Blogger satu ini cuma bisa kopdar dan ikutan acara blogging di akhir pekan dan dapat izin anak-anak dan suami. Tempatnya dekat  rumah pula, masih di Tangerang Selatan. Community Coffee, sebrang Lotte Mall Bintaro Jaya Sektor 7.  Memang ada saja jalannya kalau sudah rezeki, karena ada yang cencel, jadilah saya masuk ke list yang bisa ikut acara tersebut.

Saat flyer-nya dishare di group saya langsung naksir sama temanya yang kece banget "Kepribadian yang Mendukung Personal Branding". Senang sekali bisa menambah softskill yang pastinya penting untuk pengembangan kapasitas diri (capacity building) yang mendukung hobi (profesi) sebagai bloggers. Workshop Personality kali ini memang diselenggarakan oleh  BloggerCrony dengan full support dari TOSKA PR , Momeira Apparel dan Community Coffee.

Menu Bukber #BloggerHangout Bareng Toska PR, Momeira Apparel di Community Coffee

Nah narasumber dalam #BloggerHangout Workshop kali ini adalah para praktisi di bidang Public Relation, Toska PR yang digawangi Pak Salman.  Jadi ini semacam meet up Blogger dan PR juga sih. Tentunya teman-teman blogger tahu bagaimana pentinganya para PR dan mereka yang bergerak dalam bidang PR-ing dalam menghubungkan klien dengan para bloggers sebagai salah satu channel promosi, sosialisasi, dan edukasi kepada khalayak ramai terutama via media online.

Mba Atiek Moerino dan Mba Ririn Rosaline membagikan beberapa catatan bagaimana pentingnya kepribadian yang dalam membangun personal brand seorang blogger dan untuk menjaga relasi dengan siapa pun. Plus ada tips-tips seputar etiket dan penampilan. Diskusi berlangsung hangat dan seru, di lantai 2, Community Coffee yang cozy. Kabarnya Community Coffee ini bisa jadi tempat berkumpul komunitas-komunitas lhoo. Kalau mau bikin acara, free tempatnya, cukup dengan memesan makan dan minum aja. Tuuh yang suka ngumpul-ngumpul dan bikin kelas. Temapatnya juga asyik, strategis, dan mudah dijangkau sih.

Oke lanjut nih ke materi workshopnya ya. Jadi apa sih personal brand? for sure, personal brand is more than a personal. Personal Brand adalah gambaran yang melekat pada diri seseorang atau lengkapnya sebuah gambaran mengenai apa yang masyarakat/orang lain pikirkan tentang seseorang. Hal tersebut mencerminkan nilai-nilai, kepribadian, keahlian dan kualitas yang membuat seseorang berbeda dengan yang lainnya. Jadi semacam personal branding image, persepsi khalayak terhadap suatu brand yang melekat pada diri seseorang.

Mengapa personal brand image menjadi penting? Penting, agar "brand position"nya menjadi lebih tajam. Blogger misalnya selama ini sering "disandingkan" dengan awak media mainstream lainnya. Meski berbeda namun posisi blogger menempati tempat yang khusus baik di mata perusahaan/klien maupun masayarakat. Dalam hal ini penting seorang blogger menajamkan posisinya di antara ribuan blogger lain bahkan di antara para awak media channel lainnya.

Hal mendasar dalam semua jenis profesi termasuk blogger adalah bagaimana memberikan yang terbaik dalam layaan. Give your best services! Layanan yang baik dan memuaskan merupakan salah satu alasan kembalinya pengguna kepada kita. Layanan yang baik juga diimbangi dengan personality dan etiket yang baik dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain. Networking dan reference masih menjadi kata kunci dalam membangun jejaring secara profesional.


Mbak Atiek memberikan 3 rumus dalam membangun dan mengembangkan personal brand.

1. Temukan satu kata, kata sifat yang ingin kita jadikan sebagai hal yang orang lain kenali dari kita. Tentu saja kata sifat yang positif ya. Aku mau jadi aku yang bagaimana? Misalnya Ophi yang menyenangkan, Ophi yang kritis, Ophi yang baik hati, Ophi yang humble dan seterusnya. Temukan dan tentukan satu kata ini. Dalam skala besar satu kata ini sering disebut sebagai suatu visi. Silahkan ngobrol dengan kata hatimu untuk menemukan satu kata ini.

2. Tingkatkan terus kelebihan atau potensi yang kita miliki yang ingin kita kembangkan. Kadang-kadang kita tidak harus merubah atau mencari hal yang kita pikir bisa menajdi potensi branding kita tetapi cukup dengan menggali potensi yang sudah ada lalu dikembangkan dan ditingkatkan terus kualitasnya.

3. Quantity/Repetisi/Latihan. Yang perlu diketahui adalah bahwa proses membangun personal brand bukan pekerjaan yang selesai satu hari, satu bulan, namun dilakukan terus menerus. Membangun personal brand dilakukan seumur hidup. Iyes, personal brand dapat berubah sesuai dengan kondisi, termasuk kondisi personalnya sendiri. Banyak brand-brand dunia yang juga melakukan perubahan sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman. Dalam konteks blogger, tentu dimungkinkan terjadi hal seperti ini passion, kecenderungan dan kondisi lainnya dimungkinkan membuat brand kita berubah dari beauty blogger menjadi mom blogger misalnya.

Ada satu catatan yang juga penting terkait 3 rumus membangun personal brand ini yakni bahwa hakikatnya setiap orang dilahirkan dengan kharisma atau pesonanya masing-masing. Sejak lahir kharisma atau pesona ini sudah melekat pada diri kita masing-masing. Hanya saja kadarnya berbeda-beda antar tiap orang. Inilah yang kemudian membutuhkan "asahan atau polesan".  Proses mengasah berlangsung sepanjang hidup, jadi jangan bosan gali dan temukan kharismamu dan asahlah agar terus cemerlang.

Keseruan Workshop #BloggerHangout, Beberapa Gambar Milik Mami Elisa Koraag

Nah selanjutnya ada 10 tips yang dibagikan Mba Ririn. Selain di Tosk PR beliau juga punya sebuah brand fashion lho, Momeira Apparel. 10 Tips ini lebih pada bagaimana membangun personality yang baik jadi mencakup penampilan, etiket, dan perilaku juga.

1. Politeness. Terdengar sederhana, sopan santun. Sopan santun mungkin kadarnya berbeda antar tiap orang namun demikian sikap sopan santun sangat penting. Behave...! ini berlaku di manapun sebetulnya termasuk dalam aktivitas blogging.

2. Respectfull. Salah satu bentuk sederhana bagaimana seorang blogger menjaga repect terhadap pihak lain misalnya dengan mengonfirmasi hal-hal yang di luar term and condition dalam satu acara, event,a tau perjanijian kerjasama. Misalnya bolehkan membawa pendamping dalam suatu event di mana kita mendapat undangan dan seterusnya. Respect terkait juga dengan privacy orang lain. Jika kita ingin orang lain respect terhadap kita maka perlakukanlah orang lain seperti itu juga.

3. Assertive/asertif. Asertif artinya kita bisa mengkomunikasikan apa yang kita pikirkan dan kita rasakan dengan cara yang lugas. jadi saat menyanpaikan pendapat atau apapun lakukanlah dengan cara yang baik bahkan untuk hal yang buruk yang akan kita sampaikan. Misalnya kritikan. Say it in very nice way.

4. Empathy/empati. Beda dengan sympathy yang masih pada kadar "di mulut saja", empathy diwujudkan dalam bentuk tindakan. Ada actionnya cyin, bukan  ngomong doang alias NATO. Eh tahu kan NATO singkatan apa? No Action Talk Only.

5. Attentive/Penuh perhatian. Saat ada pihak lain yang sedang berbicara maka fokuslah pada apa yang sedang dibicarakannya. Jangan sibuk sendiri atau dikacangin. Well, try to put your feet on someone's shoes. Kalau kita sedang biacara terus dicuekin juga gak asik kan ya?

6. Sincere/Ketulusan. Menjaga ketulusan dalam segala hal sangatlah penting. Apapun yang kita lakukan tanpa ketulusan, fake atau sekedar pencitraan., it  means nothing.  Useless, tak ada gunanya. Menjaga ketulusan sangat penting juga untuk menjaga mood kita dalam melakukan apapun.

7. Optimistic/Optimis. Well sebagai bentuk dari berpikir positif maka kita harus optimis dalam menghadapi apapun, dalam kondisi terburuk sekalipun. Sikap otimis membuka jalan.

8. Self confident. Percaya diri merupakan salah satu yang penting dalam membangun personal brand. Menemukan kharisma dan mengasahnya dapat menjadi salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri.

9. Hospitable & friendly, Ramah tamah dan bersahabat. Naah, coba siapa sih yang suka berhubungan dengan orang yang jutek, judes dan arogan? no one, for sure! jadi be friendly...

10. Give attention to look. Penampilan itu penting! iya penting, meskipun personality tetap yang utama tapi first impression merupakan hal yang tidak bisa disepelekan.

Trus gimana caranya supaya kita bisa tampil menarik di segala situasi, halah! Tipsnya ternyata sedehara saja. Bukan dengan mengenakan segala macam benda bermerk juga kok.

  • Tampil sesuai dengan kondisi acara yang akan kita datangi dan sesuai dengan karakter kita masing-masing.
  • Bersih. Jaga kebersihan badan, muka, tangan, kuku, baju, dan sepatu yang kita kenakan.
  • Rapi. Ini sih satu paket ya sama bersih. bersih tapi gak rapi ya kurang oke dung.
  • Wangi.  Bukan bau parfume atau gimana yaa, yang penting jaga aroma tubuh kita, aroma mulut, dan bagian tubuh yang mungkin menimbulkan aroma kurang sedap jika diabaikan.
  • Nyaman. Pilih model, ukuran dan warna outfit yang sesuai dengan diri kita dan suasana. Untuk warna misalnya jika kita pingin aman, gunakan warna-warna dasar yang aman: hitam, biru, coklat. Tapi jika kita berani sebetulnya kita bisa menggunakan warna yang cerah. Jangan lupa sesuaikan juga padu padan out fit yang kita kenakan yaa.


Nah gimana serukan materi workshpnya? kalau menurut saya semua sharing dan tips ini berlaku untuk profesi lainnya selain blogger, jadi memang semacam general tips yang bisa kita tajamkan untuk hak-hal yang terkait dengan blogger dan dunia blogging. Semoga bermanfaat!

67 comments:

  1. Menarik banget materinya, membangun brand memang gampang-gampang susah ya. Apalagi seorang blogger yang bergerak seorang diri. Butuh kerja keras...

    Best regard,
    Adi Pradana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul...jadi mmg perlu usaha n repetisi

      Delete
  2. Aaaaaak seru nih workshopnya Mak, yang bagian attentive tuh agak nyentil kalo pas lagi event atau seminar, orangnya ngomong, aku malah sibuk main HP. Orang mah liatnya main HP padahal lagi live report ya. Weheheheheheeheheee. Tapi kadang disitu aku merasa kurang sopan. Hikssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang2 suka ga enak..tp klo yg tahu bahwa kita mkg hrs live tweet atau report kgkn paham ya..klonkt sbk sendiri dg ponsel

      Delete
  3. Menarik dan bermanfaat sekali workshopnya,tfs mba ophi. Sampai saat ini saya belum menemukan branding seperti apa yang melekat di diri saya. Proses kayaknya ya mba, yang sepuluh hal itu pasti akan saya tingkatkan terus mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat itu proses mba
      ..akupun blom nemu jgmmmkita berproses bareng mba

      Delete
  4. Menarik dan bermanfaat sekali workshopnya,tfs mba ophi. Sampai saat ini saya belum menemukan branding seperti apa yang melekat di diri saya. Proses kayaknya ya mba, yang sepuluh hal itu pasti akan saya tingkatkan terus mba

    ReplyDelete
  5. Banyak ya Mba yg harus dilakukan biar punya personality yg baik. Mulai benahi satu2... semoga bisa menjadi pribadi lebih baik lagi..

    ReplyDelete
  6. Harus ada repetisinya juga ya, mb. Kadang ini yang susah karena butuh waktu lama. Seperti misalnya blogger yg pengin membranding di parenting tp tergoda nulis yang lain. Akhirnya jadi berantakan nichenya. Tapi memang harus dimulai dari sekarang biar nanti mudah dikenali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...repetisi ini jg yg akhirnya jd semacam brand image kita nantinya

      Delete
  7. Dapat ilmu baru niih. Tq ya mbak

    ReplyDelete
  8. Nomor 8 belum totalitas saya bisa praktekkan. Soalnya saya tipikal yg suka ga pedean, takut ini dan itu hehehe. Malah kadang suka ga pede share postingan. Ngumpet2 kalo bisa. Parah yaak...tapi lagi berusaha untuk proses biar pedenya better sih

    Terima kasih ya Mba Ophi, nambah ilmu baru nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah penting nomor 8 ternyata mba
      Krn mau ga mau utk bs dikenal sesuai brand kita kt hrs pede menunjukkannya...semangat yuuk.

      Delete
  9. Materinya asyik... suka banget kl udah bahas ttg pwraonal branding... jadi blogger emang harus punya personal branding...

    ReplyDelete
  10. Seru banget, makasih udah share ilmunya. Sukaaa

    ReplyDelete
  11. Klo aku overconfodent mb ngeblognya huahahhaha
    Padahal biasanya postinganku banyakan ngsal
    Alhasil personal brandingku blogger yg suka ngasal agaknya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kayaknya keunikanmu itu ufah jd brandingmu mbul tinggal diasah tuh dan diluruskan hehehe

      Delete
  12. Apa ya kharisma saya? Hihihi...
    Utk masalah basa-basi di chit chat saya kok nggak PD ya Mbak. Lebih sering jadi silent reader.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah yuuk diulik n temukan. Itu PR kita amsing2 memang menemukan kharisma kita

      Delete
  13. Wah jadi mikir personal brandingku apa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo kontemplasi mba utk menemukannya hehehe

      Delete
  14. Sibuk nyatet nih mbak ... seru banget infonya. Thanks ya mbak :)

    ReplyDelete
  15. wah, mbak ophie kita di acara yg sama ternyata :)

    ReplyDelete
  16. Lha ini, aku kayaknya ibarat pisau karatan, mesti diasah ekstra.. heuheu, catatannya mbak ophi rapi banget, i guess u're such a good listener,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Since, I am not good in keep my memory..than better to write it down shortly haha

      Delete
  17. Lha ini, aku kayaknya ibarat pisau karatan, mesti diasah ekstra.. heuheu, catatannya mbak ophi rapi banget, i guess u're such a good listener,

    ReplyDelete
  18. perlu sekali yah, tapi gak taw bangunnya blog yang bagaimana belum begitu tahu hehehe

    ReplyDelete
  19. Materi yang sangat menarik, Mba Ophi. Thanks for share. Walo pun ga sempat ikutan acara ini, tapi berhasil menambah wawasan tentang topic yang dishare di dalam gatheringnya. Thanks for share, ya, Mba. Sukses selalu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasaih mba Al...sukses jg utk mba Al

      Delete
  20. Wah, aku mesti banyak belajar, nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indi kayaknya dah punya branding deh...tinggal diasah tuuh

      Delete
  21. Ilmunya menarik, saya masih harus ngubek-ngubek diri sendiri nih Mba Ophi.
    Sisi mana yang paling punya kharisma dan patut untuk dijadikan branding.
    Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya perlu ngulikin diri sendiri dulu mbaa. .

      Delete
  22. Branding itu memang perlu ya, mba. Tapi tentu saja branding yang positif sehingga citra diri kita semakin baik. Hihii
    Makasih ilmunya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya mbaa...
      Sama2 smoga bermanfaat

      Delete
  23. Sharingnya sangat bermanfaat sekali, Mbak. Banyak yang perlu di catet. Ternyata butuh kerja keras untuk bisa menciptakan personal branding, ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..kerja seumur hidup/karir katanaya

      Delete
  24. waah! manfaat banget nih.. aku bookmark :)

    makasih Mba Ophi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2mbaa..alhamdulillah klo manfaat

      Delete
  25. bener mbak, poin2 di atas juga berlaku utk semua kerjaan, krn di kantorku, poin2 td udh kayak mantra yg harus diucapin trus supaya nempel di kepala semua staff trutama yg di dept service and operation :D..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa...
      Mmg general tips ini yaa
      Tinggal sesuaikan bidang masing3

      Delete
  26. Terima kasih sharingnya Mbak Ophi. Aku baca2 bener nih buat pengetahuanku yg masih seupil soal personal branding. Jalan masih panjang hihihi... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap...sy pun masih panjanga jalannya...semangat!

      Delete
  27. personal brandingku apaan ya? :D blogger campur aduk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah campur aduk tuh keknya branding juga deh hahaha

      Delete
  28. Assiiik makasih mba ophi..
    Lengkap banget deh.. Bermanfaat buat aku yg jarang ikut event blogger. Hihi..
    Ngomong2 branding, jadi kepikiran yaa.. Ibu jerapah itu kayak apa ya brandingnya.. Hmm.. Pr nih..
    Makasih share dan ilmunya ya mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu jerapah itu dah jd brand kayaknya...tinggal ngasah ibu jeraoah yg apa yaa

      Delete
  29. Materi workshop nya bagus.. dan saya setuju.. politeness itu sangattt penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...penting meski kelihatan sepele yaa

      Delete
  30. makasih mbak telah berbagi. sekarang saya masih membangun brand, dan beberapa pertanyaan di atas, masih belum menemukan jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo digali dan temukan jawabannya hehe

      Delete
  31. Makasih udah share ilmunya, Mbak Ophi. Jadi ikutan belajar ^^

    ReplyDelete
  32. Branding mah perlu banget, biar tau kalo itu gw atau loe dan biar beda sama yg lain karna kita punya karakter yg berbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas Cumi...seperti dirimu yaa dg Brandimg Cumi Lebay yg ngehitss

      Delete
  33. Makasih sharingnya mbak. Branding buat kita blogger mang penting bgt ya supaya kliatan beda ditengah lautan blogger yg keren2. Lg xoba membangun branding momtraveler nih ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ketemu tuh keknya brandingnya...tinggal diasah

      Delete
  34. salam kenal mbak, wah akhirnya dapet review ttg acara yg pas itu ga bisa ikutan. Thanks for sharing, mbak :)

    ReplyDelete
  35. Terima kasih informasinya, bermanfaat sekali terutama bagi yang ingin serius menekuni dunia menulis.
    Selamat berkarya kawan & sukses selalu dimanapun kita berada :)

    ReplyDelete
  36. Wah banyak sekali ya masukannya. Terima kasih sudah mencatat & membaginya :))

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.