Friday, July 15, 2016

Kamu Cantik dari Hatimu, Iya Kamu!



          Kamu Cantik dari Hatimu, Iya Kamu!
"Ibu... aku gak cantik ya bu..."
"Kok, kakak bilang gitu? kenapa memangnya?"
"Kulitku kan gak putih bu, Ibu aku mau ibu beliin aku lotion yang kayak di TV *lalu disebutnyalah satu merk tertentu* supaya kulitku putih bu, supaya aku cantik."
"Hmm Kakak tetap cantik kok meski gak putih. Keren lhoo orang yang kulitnya kayak kakak, eksotis! Orang bule aja pingin kulitnya coklat kayak Kakak."
"Gak harus putih sayang, yang penting bersih dan dirawat supaya sehat dan kinclong"


Ini saya gak bohong sih, dulu waktu Ka Al masih baby,  kalau ada sesi semacam "posyandu" di mana para new mommies dan new born baby  ngumpul di Moreland County Hall. Mereka (para bule) pasti terkagum-kagum dengan kulit coklatnya. "How beautiful skin of her...lovely" padahal saya kadang minder. Udah paling imut, baby-baby bule itu kan kulitnya kalau gak merah ya putih-putih. Eh ternyata mereka malah naksir kulit coklat baby Alinga.

Cuplikan percakapan di atas mrupakan obrolan antara saya dengan anak gadis saya yang saat itu belum genap 8 tahun. Anak pertama saya dengan kulit coklatnya yang manis. Yang berikut ini cuplikan percakapan saya dengan anak gadis saya yang kedua, usianya belum 7 tahun.

"Ibuuu, aku cantik kan bu?"
"Iya dung kakak cantik, cantik banget, shalihah lagi, baik hati, suka menolong..."
" Tapi bu... katanya hidungku pesek, gak kayak Kakak sama Ibu..."
Saya senyum-senyum, bukan karena ke-GR-an sih tapi lucu aja lihat ekpresi anak kedua saya ini saat menanyakan hal tersebut.
"Iya sih Kak Zaha emang pesek, dikit! Tapi tetap cantik kok, pesek-pesek cantik!" Timpal saya penuh keyakinan.

Saya memang sengaja memanggil anak-anak saya yang perempuan dengan panggilan cantik atau sifat positif lainnya seperti pintar atau shalihah. Tidak lain agar nilai-nilai dan sifat positif ini terpatri sebagai mindset dalam pikiran mereka. Bahwa mereka adalah perempuan cantik, pintar, shalihah, dan seterusnya. Saya percaya meraka dengan tetap menjadi diri mereka sendiri, apa adanya mereka adalah makhluk cantik. Tugas saya meyakinkan dan bersama waktu memberikan pemahaman bahwa kecantikan fisik bukan segalanya. Bahwa kecantikan dari dalam hati, kecantikan dari dalam diri adalah cantik yang sesungguhnya.

You are beautiful my girls...

Sebetulnya tidak semata-mata saya melakukannya untuk anak-anak saya. Sesuatu yang bersama proses pendewasaan diri kemudian saya temukan dan saya yakini. Sesuatu yang kemudian membuat saya bisa memandang diri saya lebih baik dari sekedar harus tampil cantik secara fisik. Iya tidak ujug-ujug memang. Kesadaran dan pemahaman ini merupakan hasil dari proses panjang dalam hidup. Kini saya ingin menanamkannya pada anak-anak saya. Membagikannya pada semua wanita, yang semoga saja bermanfaat.

“Beauty is not in the face; beauty is a light in the heart.”
― Kahlil Gibran

Klise banget ya kedengarannya? Apa iya cantik itu sinar atau cahaya dari hati? Kalau bicara soal cantik pastinya dikaitkan dengan tampilan fisik lebih spesifik lagi wajah ya? well, kecantikan memang sesuatu yang sangat lahiriah, sangat fisik! tapi harus diakui bahwa ukuran atau nilainya sangatlah subyektif. Kecantikan yang tampak dari tampilan fisik dan wajah seseorang akan terlihat berbeda-beda di mata orang lain. 

Ada hal lain dibalik kecantikan seseorang yang jauh lebih obyektif yakni kecantikan yang terpancar dari dalam "diri", atau biasa dikenal sebagai inner beauty. Sejatinya itulah kecantikan. Aura atau pancaran (yang kuat) dari dalam diri seseorang sehingga ia tampak menarik, mempesona serta memiliki kharisma dan aura positif. Kecantikan bathiniah ada juga yang menyebutnya demikian. Bukan sesuatu yang semata tampak secara kasat mata. Namun kekuatan pancaran diri seseorang yang membuatnya tampak mengesankan jauh lebih penting dari pada kecantikan fisik semata.

Menjadi Diri Sendiri

Ukuran-ukuran fisik seperti kulit putih, tubuh langsing, rambut hitam lurus, mata bulat, hidung mancung, kaki jenjang, dan seterusnya tidak lagi menjadi ukuran yang selalu tepat untuk menilai kecantikan seorang wanita. Hakikatnya semua wanita cantik dengan apa yang ia miliki. Hakikatnya semua wanita unik. Mereka masing-masing istimewa dengan apa yang Tuhan anugerahkan pada tampilan fisiknya. Karena terlihat cantik tidak lagi sekedar berdasarkan ukuran-ukuran tersebut. Cantik adalah bagaimana memancarkan "cahaya" dari dalam hati dengan tetap menjadi diri sendiri.
Wardah Cosmetic Membantu Tampil Cantik dari Hati

Kita pasti pernah melihat atau bertemu dengan sosok wanita yang mungkin secara ukuran fisik tadi terkesan "biasa-biasa saja" namun kharisma yang dipancarkan dari sosoknya sangat berkesan dan mempesona? Kiranya demikianlah kecantikan dari dalam atau inner beauty seseorang. Cantik dari hati.

Semua wanita seperti saya dan kamu sekalipun bisa mengembangkan kecantikan dari dalam. Selain menjaga dan merawat penampilan fisik kita sebagai bentuk menjaga amanah dan rasa syukur atas pemberian Tuhan, alangkah baiknya kita juga meningkatkan dan menjaga kecantikan dari dalam, kecantikan dari hati yang insyaAllah lebih hakiki dan sejati tak termakan waktu.

“Happiness and confidence are the prettiest things you can wear”

― Taylor Swift

Berbahagialah

Keramahtamahan, murah senyum, wajah bahagia, yang muncul dari hati dan jiwa yang bahagia merupakan tampilan yang akan mempercantik fisik. Gak asik kan kalau ada orang yang tampak kinclong dengan penampilan yang pas tapi memasang wajah mumet, muram, cemberut, atau jutek? Hilang deh kecenya. Apalagi kalau itu berlangsung terus dan menjadi karakter diri. Hmm gak banget yaa. Merawat jiwa yang berbahagia tentu tidak susah meski tetap harus diusahakan. Happiness is not given, it is made. Jadi buatlah diri anda bahagia, cara paling mudah adalah dengan pandai bersyukur dan rajin tersenyum. Well, jangan lupa pasang senyum paling manismu yaa.

  
Percaya Diri

Ini syarat penting untuk bisa menjaga kecantikan dari dalam diri kita. Kekuatan kepercayaan diri mengalahkan ukuran fisik cantik yang tampak sempurna sekalipun. Benarkah? wanita yang biasa saja secara fisik namun memiliki rasa percaya diri yang tinggi mampu memancarkan aura dan kharisma yang lebih kuat ketimbang meraka yang cantik dan sempurna secara ukuran fisik namun tidak memiliki kepercayaan diri. Jadi, yuuk bangun dan tingkatkan rasa percaya diri kita. Gali potensi dalam diri kita, pertajam kelebihan dan potensi positif yang kita miliki untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Selalu Menjunjung Kebenaran dan Kejujuran

Baiklah lagi-lagi terdengar klise yaa. Tapi percayalah di belahan bumi manapun ukuran ini berlaku.  

“No matter how plain a woman may be, if truth and honesty are written across her face, she will be beautiful.”
― Eleanor Roosevelt
Wanita yang menjaga dirinya dari sifat pembohong dan sejenisnya dipastikan memiliki kecantikan diri dan hati. Secantik apapun, jika mulutnya tak bisa dipercaya apalah artinya. Sedahsyat apapun penampilan fisiknya ketika kebohongan menjadi riasan bibirnya, hilanglah sudah keindahan itu.

Menghadirkan Kebahagiaan Bagi Sesama

Semua kecantikan dari dalam diri hanya akan terpancar saat orang lain merasakannya, Menghadirkan kecantikan dan kebahagiaan hidup bagi sesama merupakan kecantikan yang paling hakiki. Semakin banyak keindahan yang kita berikan untuk sesama semakin indah diri kita, karena hakikatnya keindahan adalah saat orang lain merasakannya. Keindahan akan ada hanya jika orang lain merasakannya, menikmatinya, melihatnya. 

Jadi jangan simpan potensi indah dan cantikmu, berbagilah! Hadirkan keindahan hidup bagi sesama. Sesederhana berbagi senyum dan sapa, menghargai orang lain, menjadikan tiga kata ajaib sebagai teman pergaulan kita. Yups, jadikan maaf, tolong, dan terimakasih sebagai keajaiban yang akan membuat kehidupan sosial kita menjadi lebih indah.


“There is nothing more beautiful than someone who goes out of their way to make life beautiful for others.”
― Mandy Hale
Selamat menggali kecantikan dari hatimu yaa. Percayalah kamu cantik dari hatimu, Iya Kamu! Karena bagian terbaik dari sebuah kecantikan adalah saat tak ada gambar yang bisa mengekspresikannya. Karena ia dengan sendirinya akan memancar dari dalam dirimu. Temukan dan rawatlah ia seperti engkau merawat kecantikan wajah dan fisikmu.




28 comments:

  1. hihihi..jadi ingat anakku Mba Lintang, dia sama denganku berkulit sawo matang cenderung kematengan. Kadang suka tanya, Ibu-Mba sudah boleh luluran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..image cantik itu putih melekat bagt di pikiran mrk. Sy pun dulu smpt minder dg kulit coklat saya

      Delete
  2. Langsung refleks nyanyi lagunya cherybell begitu baca judulnya.. :D

    Kalau aku cantik juga gak bu? Kulitku buluk banget, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh kinclong gt dibilang buluk..
      Kamu mah pastilah cantiknyaa...
      Biuti blohher kan hahahaha?
      Cantil dr hatimu say...

      Delete
  3. Kalau kita bahagia, kecantikan dari hati sdh otomatis terpancar ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg cantik3 klo ga bahagia... Pancaran cantiknya ketutup kayaknya

      Delete
  4. Hati itu memang lebih dari kecantikan wajah. Soalnya banyak wajah cantik yang hatinya enggak. -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih bagus lg cantik rupanya cantik pula hatinya yaa

      Delete
  5. Yup, tiga kata ajaib yang bisa membuat kita semakin cantik itu, maaf, tolong dan terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener..
      Mba simpel tp bikin yg rajik ngucapin jd makin cantik

      Delete
  6. putrinya emang cantik2, sama kayak mommy nya :) Cantik dr hati emang lebih dari cantik fisik apapun yah mbak..Quotesnya bagus2 euy^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin makasih..smoga cantik dr hati juga ya mba...lbh penting soale.
      Quotesnya bikin aku srmangat buat jd cantik dr hati hehe

      Delete
  7. Saya sendiri juga sering minder Mbak. Kalau pas ketemu blogger lain gitu ngerasa paling bulukan bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dont be...
      Yg penting bersih dan manner kita baik pd sesama kan yaa

      Delete
  8. Dan cantik klo yg muji suami sendiri

    ReplyDelete
  9. Huhu saya juga punya 2 bocil yg akan jd gadis dan mulai bertanya2, tapi semoga kita bs menciptakan lingkungan yg membuat mereka merasa secure dengan diri mereka ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya penting banget membangun rasa percaya diri dan meluruskan cara pandnag mrk ttg cantik. krn yg mrk tangkap dr lingkungan mmg yaa cantik itu fisik yg bla bla bla yaa

      Delete
  10. Cantik dan percaya diri membuat mu makin cantik ,mak. Jadi pangling dakuh dengan selfienya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha itu selpih ala2 hahaha, pede selpih krn mau kondangan dan make up an pake wardah hahaha

      Delete
  11. Judulnya bikin pengen langsung nyanyi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu syantik syantik dari hatimu...hahaha

      Delete
  12. tsadeestt, cakep sekalih kakaa
    aku suka warna matte lipennya
    lebih ke oren coklat
    bole la ajarin mbul makeup, biar mbul ga buluk buluk amat
    akupun pakek wardah
    aku pake lipen yang modelnya palete gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah bisa ja mbul...itu pan mau kondangan mbul..iya itu wardah lipstik no.36..paporit akuuh

      Delete
  13. Kalau murah senyum trus selalu positive thinking kayaknya memang ampuh bikin kecantikan seseorang jadi makin kelihatan. Dan untuk penampilan luarnya juga tetap diperhatikan ya mba, biar sepaket cantiknya :). Aku sukaaaaa lipstiknya Wardah, pake juga soalnya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa sepaket mba...tp klo yg paket luaran biasa2 saja pun dengan merawat dan bersih jugacantik kok hehehe...

      Delete
  14. duuh entah kenapa setelah baca artikel ini saya jadi pengen nyanyi lagunya cherrybell yang judulnya beautiful :D hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyanyi yoook...you are beautiful, beuatiful, beautiful

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.