Monday, August 29, 2016

Resep Sederhana: Asinan Sayur ala Mom of Trio


Posting yang ringan-ringan dulu ah. Ringan tapi insyaAllah kali ini bermanfaat buat yang baca *tsaah. Masih inget kan kalau Lebaran lalu saya "terpaksa" jadi Chef di rumah. Iyes, #mendadakchef. Salah satu menu lebaran yang untuk pertama kalinya saya coba dan alhamdulillah cukup berhasil adalah Asinan Sayur. Karena ternyata enak, anak-anak dan ayahnya suka, simpel dan tentu saja sehat.


Iya dung, sayur segarnya mensuplay enzim yang bermanfaat untuk tubuhmu lhoo. Saya kemudian membuat lagi dan lagi. Daan saya membuat sekaligus banyak bumbu asinannya, lalu disimpan di jar atau di toples lalu disimpan di kulkas. Untuk sayuran, krupuk kuning, dan kacang tanah dan tahu gorengnya bisa saya "siapkan dadakan".

Bahan:

  • Kol iris tipis dan lembut
  • Wortel iris tipis seukuran batang korek
  • Timun potong sesuai selera
  • Selada potong sesuai selera 
  • Toge bersihkan.


*Semua sayur dikonsumsi dalam kondisi mentah jangan lupa mencucinya dengan baik sebelum digunakan. Gunakan air cuka apel atau air garam untuk merendam sayuran lalu bersihkan di air mengalir.

  • Kerupuk mie kuning digoreng hingga renyah dan simpan di wadah tertutup.
  • Tahu, iris tipis lalu goreng, sisihkan.
  • Kacang tanah. Goreng hingga matang. 3/4 bagian untuk bumbu yang akan dihaluskan, 1/4 bagian untuk taburan dalam asinan.



Bumbu:

  • Kacang tanah yang telah digoreng
  • Cabai merah sesuai selera 
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Ebi yang telah direndam air hangat

*Semua bumbu dihaluskan dengan menambahkan air, kalau saya pake blender. Kalau ada yang kuat ngulek ya monggo aja hehehe.

Cara Memasak: 

  • Panaskan kuali/panci masukkan bumbu kacang yang telah dihaluskan.
  • Tambahkan gula merah, iris-iris lalu masukkan.
  • Tambahkan cuka atau air asam jawa. Saya pernah mencoba keduanya. Untuk yang memakai asam jawa butuh banyak untuk bisa memberikan rasa asam dan membuat bumbu menjadi lebih pekat ketimbang menggunakan cuka.
  • Tambahkan garam.
  • Masak bumbu kacang hingga mendidih dan dirasa cukup matang. Jangan lupa dicicipi untuk mendapatkan rasa yang pas sesuai selera.

*Saya tidak menggunakan banyak cabai karena keluarga terutama anak-anak tak suka pedas.
*Bumbu bisa dibuat agak cair atau tidak terlalu padat agar mudah diaduk dengan sayur dan pelengkap lainnya.

Cara penyajian:

Tata semua jenis sayuran + tahu + kacang tanah + kerupuk mie kuning lalu siram dengan bumbi kacang dan aduk hingga merata.

Nyam-nyam, manis pedas, gurih, segar dan kriuuk

34 comments:

  1. duuuhh sm kayak mbk inna, ngeces mbk, beneran, pgn nyobak ah, tengkiu mbk ophiiii :)

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah nyoba asinan mbak, sama nggak sih ama gado-gado kok pake sambal kacang juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mbak. Klo gado2 sayirnya direbus dan bumbu kacangnya gak pake cuka atau asam

      Delete
  3. adoooh...pagi2 pun bisa bikin lapeeer...

    ReplyDelete
  4. Aduh enak banget itu mba, save ahhh

    ReplyDelete
  5. Thanks mba udah sharing resepnya, saya termasuk yang suka dengan asinan sayur.
    Kalau pulang ke kampung halaman biasanya nyari mamang asinan sayur.
    Ternyata kalau bikin juga nggak terlalu rumit ya.

    ReplyDelete
  6. enak banget deh kayaknya, tapi di tempat saya jarang bahkan malah nggak ada yang jualan asinan sayur.Harus bikin sendiri.


    anggiputri.com

    ReplyDelete
  7. Belom pernah makan asinan sayuran gini, cobain ah di rumah

    ReplyDelete
  8. Jadi ingat beberapa tahun lalu, ada tetangga orang Sunda yang bikin asinan. Aku pikir ini makanan apa. Tapi setelah saya icip ternyata enak. Cuma nggak ada kerupuk kuning.

    ReplyDelete
  9. Mba ngopi resepnya ya kayaknya enak banget nih, cocok banget untuk santapan keluarga...

    ReplyDelete
  10. Mba ngopi resepnya ya kayaknya enak banget nih, cocok banget untuk santapan keluarga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...enak n sehat buat camil2 keluarga

      Delete
  11. penampakannya kayak asinan betawi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang asinan betawi tp divariasi hahaha

      Delete
  12. Astaga pagi-pagi baca ini jadi laper maak >.< gampang banget ya, jadi pengin coba..

    ReplyDelete
  13. aku masih belum berani makan asinan sayur, takut mules ini perut XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asam atau cukanya bisa disesuaikan mba klo bikin sendiri dan jangan pedes2mungkin

      Delete
  14. Waduuh, ini salah satu kuliner Sunda yang aku suka, eh betawi ya mba/. Makasih mba udah share cara bikinnya

    ReplyDelete
  15. hahah mantap nih mbak, menu andalan istri saya di rumah wkwkwk

    ReplyDelete
  16. bisa ningkatin daya tarik buat yang engga suka sayur-sayuran nih.,, aku juga engga terlalu suka sih, tapi kalau kaya gini kayaknya rugi kalau engga di coba..

    ReplyDelete
  17. hmmm, dimakan siang-siang gini cocok banget nih

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.