Tuesday, October 18, 2016

Yuk Pelajari, Tips Mudah Membersihkan Kompor Gas


Kompor gas merupakan salah satu perabot rumah tangga yang kerap bersentuhan dengan aneka bahan makanan. Bagi yang hobi memasak, kompor gas terbaru pun sudah menjadi peralatan wajib untuk mendukung kita melakukan kegiatan yang kita sukai. Karena sering digunakan, biasanya kompor gas jadi lekas kusam dan tampak tidak menarik lagi.


Meski saya tidak pandai memasak, tapi kegiatan memasak menjadi runtinitas harian sejak tidak ada asisten yang stay di rumah. Masak di pagi hari yang saya lakukan memang sekedar menyiapkan sarapan pagi dan bekal Trio Krucils sih. Plus saat weekend dan tidak ada acara di luar, biasanya saya memasak sedikit lebih banyak dan istimewa. 

Kompor tanam di rumah belum lama rusak, setelah dikonsultasikan ternyata karena dulu kurang dirawat dengan baik. Dulu memang saya jarang terjun ke dapur. Akibatnya tidak begitu perhatian apalagi soal kebersihan kompor gas. Hmm padahal ternyata penting banget nih. Karena biaya menggantinya lebih mahal sekarang saya memakai kompor gas yang portable untuk sementara waktu. Ternyata layaknya perabotan yang lain kompor juga harus dibersihkan secara rutin supaya awet menemani kita memasak.

Sebenarnya kompor gas kesayangan kita bisa senantiasa tampak baru jika kita membersihkannya secara teratur. Ada beberapa tips mudah berikut ini adalah inspirasi terbaik untuk membersihkan kompor gas secara efektif :

Membersihkan Bagian Badan Kompor Secara Teratur

Badan kompor adalah bagian yang sering terkena cipratan minyak, air, dan noda makanan lainnya. Oleh sebab itu, bagian kompor yang satu ini wajib dibersihkan secara teratur setiap kali selesai memasak. Gunakan campuran air dan sedikit sabun cair untuk membuat permukaan badan kompor menjadi bersih mengkilap usai dipakai memasak.

Melepas Ring Tatakan Panci pada Kompor

Pada umumnya ring tatakan panci pada aneka model kompor gas bisa dilepas dan dipisahkan dari badan kompor. Jadi, jangan ragu untuk melepas bagian tersebut dan membersihkannya secara terpisah. Kita bisa mencuci ring tatakan panci yang sudah benar-benar kompor dengan menggunakan sabun bertekstur lembut. Pastikan bahwa ring tersebut sudah kering dan bersih betul sebelum kita memasangnya kembali pada badan kompor.  Jujur bagian yang ini dulu sering saya lupakan.

Jangan Lupa Membersihkan Bagian Bawah Kompor

Bagian bawah kompor adalah komponen yang paling sering luput dari perhatian kita. Padahal bagian ini juga wajib dibersihkan secara teliti agar tidak berisiko menimbulkan kerusakan badan kompor. Kita bisa membersihkan bagian bawah kompor setiap satu hingga dua minggu sekali. Sehingga tidak ada kotoran dan sisa makanan yang melekat pada bagian bawah kompor.

Perhatikan Pula Bagian Sela-Sela Tombol Kompor

Celah pada sela-sela tombol kompor kerap menjadi bagian yang tersumbat kotoran. Kendati demikian, membersihkan bagian kompor yang satu ini tidak sulit. Kita hanya perlu menggunakna busa kering dan tusuk gigi untuk mengorek kotoran pada sela-sela tombol kompor.

Jika kondisi kompor lama kita sudah tidak memungkinkan untuk mendukung aktivitas memasak, kita bisa mendapatkan kompor baru di MatahariMall. Toko online terpercaya ini rupanya tidak hanya menyiapkan koleksi gadget dan busana, tetapi ada pula beragam jenis perabot rumah tangga dengan harga bersahabat. Membeli kompor gas baru di MatahariMall akan membuat kita tetap hemat. Jadi, Yook belanja hemat dan menyenangkan di MatahariMall!

36 comments:

  1. Iya nih kak, kadang tuh suka bersihkannya kalau sudah agak lama, jadi malah susah sendiri karena kotorannya udah pada mengering semua. Solusi terbaiknya sih, setelah masak memang harus langsung dibersihkan

    ReplyDelete
  2. Jadi inget mae klo pas habis masak usahaiin kompor gas juga dibersihin skalian. Hhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...biar ga repot klo udah kelamaan kotorannya susah dibersihin

      Delete
  3. noted Mba. Membersihkan kompor gas memang penting yah Mba biar kompornya awet :)

    ReplyDelete
  4. saya usahakan tiap abis masak kompor dibersihkan, biar awet, eh pengalaman pribadi nech, sudah abis dua kompor karena kalo masak air pas mendidih suka luber, alhasil tempat apinya pecah dan kompore ruask..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah komporku juga smepet rusak gagara yg luber2 ini mba..klo kompor tanam ga boleh kenal air mba

      Delete
  5. hem kompor kotor tuh sangat berpengaruh banget sama mood masak kita...
    makanya aku juga suka langsung d bersiin klw udah dipake... biar gk susah d bersihin :D

    ReplyDelete
  6. Aku suka bersihin kompor :D ihihi biasanya sehabis masak, rutin aku bersihin. Kenapa? Biar nggak jadi kerak gitu, gak menebal kotorannya. Dan kalau kompor kotor, ish malas aja mau masak.
    Lakuin tips itu bikin kompor kita awet, ya, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah kece lah mba ranny pantesan kompornya awet nih

      Delete
  7. Maksih tips nya kk, berhubung di rumah saya yg sllu memasang.
    Kadang gas nya telat pula.
    Salam santun malam kk

    ReplyDelete
  8. aku perlu nih mba Ophi, biasanya kan yg bersihin kompor si mbak, eh sekarang pas dia ngga ada jadi harus bersihin sendiri donggg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dung, gpp sekalian olahraga tangan yaa

      Delete
  9. Saya juga nih, kadang masih suka menunda bersihin kompor. Kudunya mah, langsung ya, abis masak terus dibersihin, biar gak jadi kerak. Pengalaman saya, kalau udah jadi kerak, lumayan butuh waktu buat bersihinnya, pakai baking soda didiemin dulu beberapa menit baru deh saya gosok pake spons. Tapi, ya gitu itu, kadang bagian yang sempti atau sela-sela kompor yang sering gak saya perhatiin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya klo udah berkerak selain susah juga merusak kompor mba

      Delete
  10. Saya sih biasanya sekalian masak smabil bersih kompor mba. makasih tips nya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah bener lah yang kayak gitu mba Nefer

      Delete
  11. Aku suka masaknya, bersihinnya males, hehehe

    ReplyDelete
  12. Hmmm pas banget ini kompor tanam ku lagi mampet. Bagian bwh sering luput dari pembersihan

    ReplyDelete
  13. Setuju sama Enci, sehabis dipakai aku usahakan membersihkan kompor gas, agar tak sempat berkerak.

    ReplyDelete
  14. Sela-sela tombol kompor ini, yg kadang agak susah untuk menjangkaunya, huhu

    ReplyDelete
  15. aku pas dirumah rajin banget seminggu sekali bersih2 kompor, sampai pas ada acara tetangga bantu masak malah dikira kompor baru.. hihihi

    ReplyDelete
  16. tengkiuuuuu tipsnya mbak ophiiiiiii :)

    ReplyDelete
  17. Aku kalo bersihin kompor seminggu sekali, belum bisa rutin sih. tErgantung kompornya juga. Kalo abis masak kotor ya dibersihkan langsung mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sukanya gt tp kayaknya harus rutin

      Delete
  18. Nah yg di bagian bawah tu emang paling males suka bersihin yg keliatan aja ahahhaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebiasaan emak2 suka yg keliatan aja ya haha

      Delete
  19. Intina harus rutin membersihkannya setiap kali habis dipakai, agar lebih terawat dan terjaga. Jangan males-males :)

    ReplyDelete
  20. ehhm..penyakit mahasiswa ni kalo masalah bersih-bersih..hehe
    kompor kontrakan dibiarin kotor..wkwk

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.