Monday, November 7, 2016

Pentingnya Bermain dan Memilih Mainan Untuk Anak


Pentingnya Bermain Untuk Anak

Bermain memang aktivitas yang penting untuk anak-anak usia dini. Aktivitas yang juga sebetulnya tetap dibutuhkan oleh mereka yang telah remaja atau kita orang dewasa dan mereka yang mulai menua. Bermain identik dengan anak-anak. Mereka yang berada dalam masa tumbuh kembang memang membutuhkan porsi aktivitas bermain yang jauh lebih banyak dari kita.


Bermain hakikatnya juga merupakan hak anak-anak. Bukan tanpa sebab, karena memang manfaat dan peran bermain sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak. Mereka tidak hanya butuh bermain untuk perkembangan fisik namun juga mental dan kecerdasannya. Bermain merupakan sarana stimulasi yang paling lengkap karena melibatkan hampir semua aspek kecerdasan majemuk anak-anak (multiple intelligence) mulai dari kecerdasan bahasa, fisik, logik matematik, keceradasan alamiah, visual spasial, musik, kecerdasan emosi atau intrapersonal,  dan bahkan  hubungan antar personal atau interpersonal.


Untuk anak-anak usia dini (0-5 tahun), permainan yang lebih sederhana dengan mainan edukatif sangat baik untuk meransang fungsi panca indera anak, meningkatan kecerdasan berbahasa, meningkatkan ketangkasan, dan yang lebih penting membangun interaksi si kecil dengan ayah, ibu, kakak-kakaknya atau bahkan teman-temannya.

Pada usia yang lebih besar beragam jenis permainan baik permainan aktif maupun permainan pasif membantu anak-anak mengembangkan potensi kecerdasan majemuknya. Dalam permainan aktif di mana anak-anak bebas berekplorasi melakukan apa yang diinginkannya, akan menumbuhkan rasa senang dan sekaligus menemukan pengalaman-pengalaman baru.


Bermain aktif misalnya bermain peran. Hmm anak-anak paling suka bermain peran terutama jika dilengkapi dengan mainan dari tokoh cerita favoritnya. Tidak hanya melatih imaginasi, bermain peran meningkatkan kemampuan anak berinteraksi dan berkomunikasi. Ini merupakan proses pengembangan kecerdasan bahasa dan interpersonal. Permainan pasif seperti membaca buku cerita atau game yang bersifat edukatif juga masih bisa menjadi pilihan asalkan kita bisa mendampingi mereka. Begitu banyak manfaat bermain bagi tumbuh kembang anak, sedemikian pentingnya hingga kita harus memastikan bahwa mereka mendapatkan hak tersebut sesuai perkembangan usianya.

Permainan dan Mainan Untuk Anak

Memiliki anak-anak dengan usia yang berdekatan ada nilai lebihnya lho. Saat bermain, mereka bisa bermain bersama. Permainan berkelompok seperti main peran, sekolah-sekolahan, rumah-rumahan, main congklak, atau bahkan saat bermain di luar rumah terutama untuk permainan yang harus dilakuan secara tim. Saat sedang penat dan ada hal yang harus saya kerjakan, biasanya saya minta mereka bermain bersama. Asalkan mereka ada fasilitas yang menunjang, biasanya mereka sih anteng dan asik saja main bertiga. saya bisa selonjoran sebentar kan tuh?


Biasanya secara otomatis, Ka Alinga si sulung yang menjadi "leader" dalam permainan mereka. Saya membebaskan mereka bermain dan mengeksplore mainan yang mereka punya dan memilih ruangan untuk bermain. Asal bukan di dapur. Berantakan? itu sih biasa! Kadang saya bahkan membiarkan mereka berimajinasi sendiri dengan dunia mainan mereka. Ssst kadang say ikut juga lho main sama mereka, and it is FUN. Hmm sebisa mungkin menghindari nonton TV atau main game, semakin mereka interaktif satu sama lain  semakin bagus untuk mereka kan?

Jadi jangan heran ya kalau main ke rumah saya, ada tumpukan beberapa box dan kardus berisi segala macam tetek bengek mainan anak-anak. Karena ada yang cewek dan cowok, jadi variasi mainan di rumah beragam sekali. Untungnya anak-anak tetap bisa main bersama. Gak masalah tuh barbie Ka Zaha naik mobil-mobilan dek Paksi atau malah pasukan super wings, jet dan kawan-kawannya malah mendiami rumah barbie ka Zaha. Boboi Boy dan kawan-kawannya juga bergabung dengan para barbie cantik lhoo.


Mainan dari zaman Ka Alinga kecil sampai sekarang masih ada yang bisa dipakai, demikian juga yang dulu dibelikan saat Ka Zaha kecil. Dek Paksi tidak hanya mendapat mainan cowoknya sendiri tapi juga mewarisi mainan kakak-kakaknya. Semua bisa mereka pakai bersama. Berebut sedikit atau ribut sebentar gak masalah lah yaa. Nanti lama-lama anteng sendiri. Sebaiknya memang saat memilih dan membelikan mainan untuk anak perhatikan kualitas dan keamananya nih. Penting banget lhoo.

Mencari dan Memilih Mainan  Anak

Working mom kayak saya biasanya punya waktu yang tidak terlalu banyak untuk sekedar jalan-jalan mencari mainan yang diinginkan anak. Paling sempat weekend kan ya? Itupun kalau tidak ada acara. Naah makanya saat Dek Paksi, Ka Zaha, bahkan Ka Alinga meminta dicarikan mainan tertentu atau beragam kebutuhan mereka bermain biasanya saya sih cus ke toko online aja. Bisa pilih-pilih di depan komputer, bayar, trus surprise deh mainan diantar ke rumah. Pulang ke rumah dapat ciuman dan pelukan anak-anak karena mainan mereka tahu-tahu sudah sampai. Bagus lagi!


Tapi tetep sih ini kemudahan buat semua Ibu kok. Mommies yang stay di rumah juga bisa banget memilih belanja lewat toko online gini. Menghemat waktu juga kan moms. Jangan lupa untuk memilih toko online yang bisa dipercaya dan tentu saja kualitas barangnya memang benar-benar oke! Khusus untuk mainan anak-anak, Mom of Trio cenderung memeilih toko mainan online dengan beberapa pertimbangan. 

Praktis & beragam pilihan media

Yes, belanja secara online memang lebih praktis dan tidak takes time kan? Tinggal buka komputer atau buka smartphone, jreng...transaksi bisa dilakukan diujung jari. Gak harus ketemu macet, gak harus antri di kasir, gak harus repot mencari-cari SPG saat naksir salah satu barang dan butuh penjelasan atau ingin menanyakan hal-hal tertentu, atau pusing mikirin gimana bawanya kalau barang yang kita beli ukurannya agak luar biasa dan gak bisa ditenteng. Naah beneran praktis kan?

Istimewanya lagi ada jika banyak pilihan media yang bisa kita gunakan untuk mencari dan memilih mainan atau keperluan anak misalnya websitenya, sedangkan untuk penggemar facebook ada juga fanpagenya atau bisa juga lewat instagram.

Keperluan dan mainan anak original

Seperti yang pernah saya bilang, namanya anak kan memang kalau sudah suka sama satu mainan biasanya bakal main ituu terus sampai bosan. Nah kalau bertiga ditambah resiko berebut deh tuh! Jadi pastinya memang harus memilih yang berkualitas ya Moms...awet dan jadinya irit kan gak harus sering beli yang baru. Bener apa bener?

Deskripsi produk yang jelas

Hmm kalau sekedar gambar, memang kita bisa merasa tertipu kalau barang yang asli tidak seperti bayangan kita saat melihat contoh displaynya di website. itulah pentingnya ada deskripsi dari produk yang akan kita pilih. Hmm membantu banget kan? jadi gak usah takut tepu-tepu.

Menu webiste yang memudahkan belanja. 

Banyak menu pilihan untuk mencari barang yang akan kita beli. Ini memdahkan kita untuk mencari keperluan atau mainan anak yang akan kita cari. Bisa kita cari lewat kategori usia, gender, kategori barang, brand, atau bahkan best item. jadi gak harus merasa tersesat. Kita bisa mencari sesuai kebutuhan.


Ada PROMO

Naah, ini nih alasan saya gemar belanja online hahaha. Siapa sih yang gak suka sama promo? Betul, toko mainan online yang update terus dengan promo-promonya selalu jadi incaran. Apalgi jika hampir setiap bulan ada promo yang berbeda-beda. Gimana gak seneng coba pelanggannya?


Metode Pembayaran yang Variatif

Jadi Mommies mau bayar pake apa? COD? bank tansfer? carti credit? paypal bahkan dengan doku wallet yang bekerja sama dengan group alfamart dan law son. Semua bisa kok. Naah ini yang dicari. Kita bisa bayar pake apa aja alias banyak alternatif alat pembayaran. Asiiik deh!


There is always Ms/Mr helpful 

Agak bingung atau menemukan kesulitan saat berbelanja secara online. Tenang aja Moms...biasanya mereka menyediakan fitur chat buat kita tanya-tanya. Jadi gak perlu menelepon, langsung bisa dihubungi lewat fitur chatnya. Hmm kalau lewat instagram kita bisa langsung comment dan mention atau DM. Biasanya mereka menyediakan line khusus untuk tanya-tanya lebih lanjut  Gak usah cari-cari mbak SPGnya dulu kan yaa kayak kalau di mall hehehe. 


19 comments :

  1. emang seharusnya anak diberikan permainan yang sekaligus memberi edukasi. ngga melulu dikasih gagdet

    ReplyDelete
  2. Mbaaa, rumah2annya beli dimana?
    Naksir deeh 😍😍

    Aku sih kalo beli mainan cari yg rada mikir sedikit, biar logikanya jalan juga 😁 walaupun gak semua mainan mereka mikir2 gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kebetulan belinya waktu si kakak di melbourne mba
      Iya mainana yg memancing logika bagus bt mrk

      Delete
  3. Raya suka banget main masak-masakan & lego, aku beli lego KW aja karena masih umur segini rentan ilang2 & anak juga tetep senang. Yg paling aku jaga adalah bahan plastik yg dipakai, jangan sampai yg berbahaya buat anak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba... Aku klo kira2 kepake sm semua n bs diwarisin sekalian beli yg ori

      Delete
  4. Iya mba, dengan memilih mainan dengan cerdas, kita akan memberikan pertumbuhan yang cerdas pada anak-anak kita. :)

    ReplyDelete
  5. iya bener mb, mainan bisa jadi media belajar buat anak. apalagi klo mainannya kayak rumah2an di atas. anak perempuan mana yang bisa nolak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun suka main rumahean sama mrk hihihi...
      Masa kecil bahagia pd hal hehe

      Delete
  6. Td baca ini, anakku trnyata sdg ada disampingku, dan dia ngeliat rumah bonekanya hihihihi... Lgs heboh minta beliin -_-. Rumahku juga bisa dibilang jarang rapi lah mbak.. Rapinya cm pas pagi waktu si mbak art baru selesai. Stlh anak2 bangun buyar semuanya dgn mainan2 mereka yg segambreng :D. Aku lbh milihin beli mereka mainan gini drpd mereka cm ngeliatin gadget :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...aku memang membataai mrk am gasget mba...sekarang gadget hanya boleh weekend aja pas bs kami awasi

      Delete
  7. Aku pernah mbak beli mainana onlinr ehhhh ternyata gak sesuai diskripsi... Akhirnya beli di pusat maianan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo ada waktu sih gpp mba...kadang2 aku ga ada waktu jg lbh prefer online. Yg ori biasanya pasti sesuai

      Delete
  8. Jadi seru ya bisa gabungan mainan dua tokoh beda genre 😀 semoga anak2 sehat2 terus ya, mba 😊

    ReplyDelete
  9. Aku beberapa kali beli mainan secara online jg :D
    Bt itu rumah2an cakep bener, naksir hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krn alasan waktu seringnya beli online aku mah

      Delete
  10. lucunya saat anak kedua aku alhir , aku rada malas beli mainan , eh akhrinya malah mainin mainan kakaknya yg laki2, makanya anakku yg cewek agk suka boneka, saat diberi boneka malah nangis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...biasanya aku jg mewariskan mainan mah....jd carinyg awet

      Delete
  11. Saya juga beli mainan buat anak, mendingan harganya agak mahal asalkan aman,,,

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top