Tuesday, November 15, 2016

Ekspresikan Cintamu Nak!, Jadilah Anak Hebat.



Mommies tentu sepakat bahwa setiap anak dilahirkan hebat. Mereka masing-masing memiliki potensi “hebat” dari Sang Maha Baik. Tugas kita untuk mendukung tumbuh kembang mereka karena  perkembangan kecerdasan anak  sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan pola asuh yang diterima dari lingkungannya, terutama orangtua.


Anak-anak yang hebat bukan saja mereka yang cerdas di berbagai bidang yang mereka minati, namun juga cepat tanggap dan memiliki rasa peduli yang tinggi. Kita sering mendengar bahwa kita membutuhkan generasi yang bukan hanya cerdas secara intelektual (IQ) tetapi juga cerdas secara emosional (EQ). Keduanya harus dilatih agar bisa berkembang secara berimbang. Bahkan kita juga perlu melatih kecerdasan spiritual (SQ) untuk melengkapi kecerdasan mereka. 

Cerdas secara intelektual ditunjukkan dengan sikap si kecil yang cerdas dan cepat tanggap, sementara kecerdasan emosinya terlihat dari bagaimana Ia peduli terhadap orang di sekitarnya, terhadap lingkungannya. Kecerdasan IQ memungkinkan si kecil lebih mudah menguasai pengetahuan umum. Sementara kecerdasan EQ, membuatnya lebih mudah menyesuaikan diri dalam bersosialisasi. Nah, jika keduanya berjalan seimbang, si kecil diharapkan tumbuh menjadi anak hebat.

Untuk mewujudkan hal tersebut tentu kita harus mendukung anak-anak dengan stimulasi yang tepat dan contoh positif yang kita biasakan sesuai tahapan perkembangan kognitif dan kemampuan emosi anak. Yang juga tak kalah penting adalah memenuhi kebutuhan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan mereka.

Stimulasi dan pola asuh yang mendukung kecerdasan emosi si kecil antara lain dengan memberikan pujian yang tulus pada mereka, menjauhkan mereka dari trauma fisik dan psikis, memenuhi kasih sayang yang tulus, serta tidak membandingkan dan bersikap otoriter. Selain itu alangkah baiknya untuk belajar memberikan tanggung jawab kepada si kecil, menciptakan lingkungan yang positif bagi tumbuh kembang mereka serta melatih perilaku dan kemampuan mereka bersosialisasi. Yang tidak kalah penting adalah memenuhi kebutuhan gizi mereka. 


Bebelac hadir dengan kandungan nutrisi yang mendukung kebutuhan tumbuh kembang anak yang tak hanya cerdas secara intelektual namun juga secara emosional.  Anak hebat adalah anak yang cepat tanggap dan memiliki rasa peduli.  Rasa peduli dapat dilatih dengan menunjukan ekpresi kasih sayang kepada orang-orang yang disayanginya.

Ada kecenderungan kesuksesan seseorang lebih banyak ditentukan oleh kecerdasan emosinya. Hmm, jadi PR kita nih Moms. Oh iya untuk melatih kecerdasan emosi si kecil, menjadi penting untuk mengajarkan anak berani mengeksperikan rasa cintanya. Ekspresi cinta sesungguhnya bentuk rasa peduli kepada mereka yang kita sayangi


Hmm sebagai orang tua seberapa ekspresif sih kita menunjukkan rasa cinta dan kasih kita pada mereka? Kalau saya sih termasuk Ibu yang ekpresif. Saya tak sungkan bilang sayang dan bilang cinta pada anak-anak. Tapi sebaliknya saking ekspresifnya, kadang kalau marah dan kecewa juga biasa diekspresikan ke anak-anak. Hmm masih perlu belajar nih saya!

Sebagian orang mungkin berpikir apa sih pentingnya mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang kepada pihak lain. Bagi anak-anak ekspresi cinta dan kasih sayang akan menguatkan ikatan emosional, wujud sebuah penghargaan. Ungkapan cinta dan kasih sayang tidak hanya mewujudkan rasa saling menghargai namun untuk anak-anak akan menanamkan rasa percaya, menumbuhkan rasa aman, menguatkan emosi dan secara tidak langsung menumbuhkan sikap disiplin.  

Jangan ragu untuk mengajarkan si kecil berani mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayangnya. Selain dengan memberi contoh dalam keseharian. Ungkapan rasa cinta juga bisa dilakukan dengan seru dan menyenangkan lewat tarian dan lagu misalnya. Bebelac menggalakan  kompetisi menari L.O.V.E. Hi5 untuk menyatakan mengungkapkan cinta lewat suatu video singkat yang merekam tarian si kecil menyatakan cintanya.

Gimana Moms,  sudah ikut berpartisipasi di kompetisinya kemarin? Paksi antusias banget tuh ikut menunjukkan cintanya lewat tarian L.O.V.E Hi5, yang ternyata juga digandrungi kedua kakaknya. Boleh diintip nih LOVE Dance By Dek Paksi. Musiknya yang ceria dan gerakannya yang seru membuat mereka enjoy menarikannya. Bukan soal menang kalah sih, partisipasi dalam kompetisi ini bentuk latihan anak-anak menunjukkan kepedulian dan rasa cinta pada sesama. 

Program tersebut memang ditujukan sebagai sarana agar para Mommies mendapatkan inspirasi untuk memberikan stimulasi yang maksimal bagi si kecil agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang hebat, cepat tanggap dan peduli #GrowThemGreat. Untuk melihat keseruan Bebehero Hi5 ini, Mommies bisa lihat di Bebeclub.co.id Berbagi Cinta Lewat Hebatnya Menari yaa. Banyak video peserta yang membuat kita terharu melihat sosok-sosok mungil itu ternyata hebat dan penuh kasih. 

Selain melatihnya untuk tampil dan berani mengungkapkan rasa cinta yang bermanfaat secara psikologis untuknya. Menari dan bermusik juga merupakan kegiatan yang baik guna mengasah kecerdasan bermusik dan kinestetiknya. Kecerdasan bermusik merupakan salah satu kecerdasan majemuk yang juga penting untuk dikembangkan pada masa tumbuh kembangnya.

Menari adalah salah satu sarana untuk melatih kecerdasan dan menuangkan ekspresi si kecil. Saat menari, cepat tanggap si kecil akan terlatih dengan menghafal gerakan dan musik. Latihan yang dilakukan dengan cara yang menyenangkan tentunya. Tingkat percaya diri si kecil juga akan terasah dengan keberanian mereka untuk tampil. Selain itu, mereka dapat mengekspresikan rasa pedulinya terhadap orang-orang yang mereka sayangi. 


Jadi kombinasi antara stimulasi yang tepat dari kita dan nutrisi yang disesuaikan dari Bebelac akan membantu mendukung tumbuh kembang anak hebat yang tidak hanya cepat tanggap tetapi juga memiliki rasa peduli, salah satunya dengan menari untuk yang ia sayangi. 

Oh iya Moms, setelah kompetisi video menari L.O.V.E Hi5, para pemenang yang beruntung akan diajak menghadiri meet & greet dengan Hi5 pada bulan Desember 2016. Woow seru pastinya yaa. Semoga yang sudah ikutan kompetisi kemarin, bisa keangkut yaa. *amiiin* Oh iya masih banyak program menarik yang bisa Mommies ikuti lho. Info selengkapnya bisa dilihat di website bebelac nih Moms.  Jangan lupa nantikan program-program seru lainnya yaa.

"Bebelac creates Bebehero Hi5 is to give place for mom to get inspiration on great stimulation for kids in Grow Them Great"

35 comments :

  1. Kemaren lupa ikutaaan huuhhuu padahal Raya suka banget joged LOVE Hi5 dan ngefans sama Hi5 :(
    Tapi emang nari & nyanyi itu bantu anak banget, buat raya bisa jadi pelepasan energi (dan pelepasan stress emaknya) hihihi, plus nambah bonding karena nyanyi & nari bareng2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru klo bisa bareng2 mereka nari2...beneran ngelepasin stress ibunya hihi

      Delete
  2. kecerdasan bermusik memang bisa dilatih melalui menari, Selma juga ada bakat ke sana meskipun memang masih perlu distimulasi. Hehehe aku blm sempet ikutan nih, padahal hadiahnya keren banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah selma disalurkan bakatnya mbaa...

      Delete
  3. Coba bebelac ada susu UHTnya, pengen tak cobain buat Naqib. Naqib skr udh ga mau susu bubuk sih mak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi gak pada ya Naqib, tiap anak beda selera dek

      Delete
  4. HUAHAHAHA. Bi, seriously, aku ngakak di bagian ini:

    Tapi sebaliknya saking ekspresifnya, kadang kalau marah dan kecewa juga biasa diekspresikan ke anak-anak.

    Aku jugaaaa. Hahaha. Eh tapi aku gabisa bayangin wajah Bi Oph galak euy. >.<

    Aku pengen ketemu HI5 punn. Ga menang lomba nya tetep boleh ikut nggak ya, rela deh gelantungan di roda pesawat **masuk akal sekali**

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh aku kan galak ges hehehe
      tp hatinya baik sih

      Delete
  5. Aku juga akan bilang seperti ini pada anakku. Berekspresilah, jadilah anak hebat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap papah *pasti anaknya bilang gitu yaa

      Delete
  6. Dan menari itu olahtubuh yang paling simple tapi menyenangkan yaa. Saya juga kadang meniru gerakan tari dari tayangan anak-anak di televisi. Mengasyikkan juga ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener...klo aku paling bs mengkepresikan olah tubuh plus ada musknya saat senam erobik aja nih hahah

      Delete
  7. mantap semakin banyak akses untuk mengembangkan si kecil.
    atikel yang bermanfaat.
    oh iya bun, kalau kebetulan lagi cari tips fotografi mampir juga dong ke blog saya hehehe
    gariswarnafoto[dot]com
    yuk mariii

    ReplyDelete
  8. Asyiiik anak-anaknya mbk Ophi pada kompakan nih pinter ekspresi pula :)

    ReplyDelete
  9. L-O-V-E
    I love you and you love me.

    Anakku udah besar, masih mau ga ya nari L O V E...

    dulu pas masih pada balita sih sukanya Hi5.

    sukses buat Dek Paksi ya.

    ReplyDelete
  10. seruuuuuu ya mbaa..semoga menang! For sure dancing is soooo relaxing :)

    ReplyDelete
  11. Aku ikut lombanyaaa, tinggal deg2an tunggu pengumuman niih

    ReplyDelete
  12. dua anakku sangat cuek banget tapi aku athu mereka berdua sangat menyayangiku . banyak hal yang mereka eprbuat itu membuatku bangga , itulah cinta yang mereka berikan padaku. kalau aku sering mmebuatkan mereka puisi2 cantik untuk menyatakan kalau aku sayang mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh mamah tira ekpresif banget kasih puisi
      anakku yg besar ini melow2 ekspresif gt

      Delete
  13. Anak hebat hasil dari ibu yang luar biasa hebat

    ReplyDelete
  14. Paksi...
    Tante kalah haha..
    Seru banget ya nari nya mba ophi. Tadinya bertiga sama adik ashika cuma ngga jadi upload.hihi
    Lg ngomel2 mlulu aku drmh nih.. Aku baru tau klo nari dan nyanyi bisa merangsang EQ yaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget merangsang EQ karena dilatih ekpresif...kepintaran mengekspresikan diri kan kepintaran emosional

      Delete
  15. moga raffi dapat tiket nonton Hi5
    aamiin

    ReplyDelete
  16. hebatt banget mba ophi....tentunya anak itu amanah dan kewajiban seorang ibu untuk mendidikk dan membesarkanya an harus diperhatikan pada jaman sekarang teknologi sudah mendunia dan maju...

    salam blogger mbaa ophi..
    follback

    ReplyDelete
  17. Wah, anaknya pintar dan hebat, semoga selalu sehat ^^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top