Wednesday, January 4, 2017

Mom of Trio di 2016



Hmm bukan mau latah-latahan padahal iya juga sih. Keinginan menuliskan kisah ngeblog setahun kemarin antara lain karena kemarin share postingan lama di group ID corners. Hmm sebelum sharing link yang kebetulan temanya adalah travelling di Benua Asia excluding Indonesia, dan saya menulis berseri sebanyak 6 bagian Saya akhirnya membaca ulang tulisan lama saya. April 2014. Itu artinya belum lama setelah saya memutuskan untuk lebih serius menjalani hobby blogging ini. Hmm well, beberapa catatan langsung menjadi perhatian saya. 


Ternyata, penyakit saya yang masih belum sepenuhnya pulih, TYPO cukup mengganggu di 6 buah postingan berseri saya tersebut. Lalu ada beberapa paragraf yang sangat panjang dan padat selayaknya dibagi dalam dua atau tiga paragraf. Ini kemudian langsung saya perbaiki, sekaligus memperbaiki typo. Editing yang cukup telat yaa. Beberapa photo juga blom saya maksimalkan, sekarang saya prefer memasang photo dengan ukuran X-large supaya mudah ditangkap kecantikannya oleh pembaca blog. Haissh apa sih.

Gegara self editing dan evaluasi terhadap postingan tersebut kemudian saya menengok blog ini setahun kemarin. Teman-teman blogger banyak melakukan review dan evaluasi serta menceritakan berbagai prestasi ngeblog mereka juga. Hmm saya juga akhirnya ikut-ikutan *bukan latah* teteeeep kekeuh. Sebagai selfnote aja sih. Kamu sudah ngapain aja sih Phi setahun ini? 

Menjalani blogging di sela aktivitas harian tentu ada naik turunnya. Seru kok! Secara umum saya sebetulnya orang yang selalu punya banyak ide namun selalu kekurangan waktu mengeksekusinya. Hahahaha bisa banget yaa, cari alasan untuk kemalasan saya. *begitulah*

Produktivitas di 2016?

Alhamdulillah dari segi kuantitas, meskipun ada penurunan lumayan banyak tapi tidak sesignifikan yang saya bayangkan dengan kesibukan kerja di tahun 2016.  Tahun 2015 Mom of Trio memproduksi 160 postingan, sedangkan di Tahun 2016 hanya memproduksi 115 postingan. Selisih 45 postingan, not bad lah. Tulisan per bulan mulai dari 5 - 15 tulisan. Semoga tahun ini bisa menjaga ritme supaya gak keseringan hiatus dan hibernasi.  

Saya senang tahun ini meski tidak banyak, bisa terlibat dan beberapa kali ikutan event blogging terutama karena bisa menimba ilmu dan bertemu dengan teman-teman blogger yang selama ini cuma haha hihi di dunia maya. beberapa kali (masih dalam hitungan jari) juga kemudian bisa meet up sama beberapa blogger yang terhitung hits dan seleb hahaha. Saya gak minta tanda tangan mereka sih, tapi alhamdulillah sempet ada yang saya minta photo bareng *halah*. 

Intinya saya seneng banget bisa silaturahim langsung dengan mereka yang ternyata baik-baik dan seru-seru. Hmm pantesan yaa, pada seneng dan rajin banget kalau ada event. Seruu dan lepas gitu deh *eh apa cuma saya aja yaa, yang kayak gitu*. Iya aura kebersamaannya tuh makin berasa. Satu persatu ketemu langsung dan mengenali langsung orangnya. Hmm senengnya. Makum saya anaknya jarang gahol. Semoga ke depan lebih banyak event-event blogging off line  yang bisa saya ikuti. Beneran ini bukan soal goodie bag. Lagi-lagi saya merasa fresh deh, sekalian escape dari rutinitas. Semoga juga anak-anak bisa memahami kalau ada acara blogging yang gak bisa bawa anak dan Ibu harus dateng sendiri. 

Banyak juga undangan event blogging baik yang memang diundang secara langsung maupun yang ditawarkan komunitas tidak bisa saya hadiri karena jam kerja. Suka nyesek sih kalau  tema pas banget apalagi kalau dekat lokasinya. Tapi ya gitu, saya sadar diri juga. Tanggung jawab saya yang utama kan di tempat di mana saya terdaftar sebagai pekerja. Jadi meski suka baper *kadang ngiriiiiiii* sama yang timelinenya penuh dengan event blogging.

Kemudian saya menghibur diri bahwa menjadi blogger tidak harus semuanya sama dengan blogger lain. Masing-masing punya jalan ceritanya. Tidak ada yang menjadi lebih baik dari yang lainnya karena kelebihan-kelebihan itu karena semua kembali ke porsinya masing-masing. Peranku mungkin hanya sebatas ini, asalkan tetap bisa ngeblog dan berbagi. *menghibur diri*

Alhamdulillah, tahun ini juga banyak tawaran sponsored post maupun buzzer. Beberapa campaign bahkan saya bergabung dengan blogger-blogger keren yang membuat saya banyak belajar juga dari mereka. Hmm seru! seneng,  karena mostly mereka mau sharing ilmu juga dan berbagi tips untuk sama-sama mensukseskan campaign. Selain tentunya fee-nya juga alhamdulillah nilainya lumayan dari rate card yang biasanya berani saya tawarkan #eh Yang pasti pengalaman gabung di campaign-campaign ini juga jadi makin kenal dan bisa silaturahim dengan blogger lain. Again silaturahim memang memperpanjang usia dan memperluas rezeki ya.

Hmm apa lagi ya? Tahun 2016 saya masih mencoba mengikuti beberapa lomba blog. Banyak yang kalah tapi alhamdulillah ada beberapa kali menang. Seneng dung? Alhamdulillah, selain mengasah diri, ikutan lomba juga membuka jejaring lho. Iya, kalau pernah menang biasanya sih ada yang recognize termasuk blogger yang suka kasih kerjaan #eh. 

Hmm Alhamdulillah untuk 2016 ini ada beberapa kemenangan lomba yang lumayan sih, kayak  Juara ke 3 Prive Uri-cran Blogger Competition, 5 Tulisan Terbaik Bloggers Writing Competition-Siap Cerdaskan Bangsa Morinaga, Pemenang I Onduline Writing Competition 2016 #OWC2016, Tulisan Terbaik 1 dari  5 tulisan terbaik dari MBCommunication 2016, dan yang paling prestigious sih mendapat Blog of The Month Kumpulan Emak Blogger di Ferbuari 2016. Haha iya yang terakhir itu bikin saya terharu. bangeet!

Bagi slow blogger seperti saya, pencapaian-pencapaian yang mungkin remeh temeh seperti ini menjadi pemicu untuk menjaga konsistensi ngeblog dan terus meng-upgrade diri terkait konten dan teknik blogging. Senengnya juga selain di Mom of Trio, Blog Ibu Marlekum juga mulai bangkit dari tidurnya dan mulai terisi meski masih jauh dari ideal. Saya juga berkesempatan ikut berkontribusi di Rocking Mama Id dan Website Serempak Id. Seneng deh...

Kok banyakan senengnya yaa. Padahal sih mungkin biasa aja buat blogger lain. Hahaha saya mah orangnya begitu! gampang senengnya. Iya karena, mostly blogging is time to have fun. Having fun tapi dijalani dengan serius dan gak asal-asalan pastinya. 

Yang bikin sedihnya adalah saat merasakan drop-nya angka-angka DA dan menggendutnya Alexa rank belakangan karena jarang eksis hahaha. Pernah ngerasain Alexa di 200-an lalu menggendut hingga 900-an itu rasanya nyesek luar biasa. begitu juga saat DA meluncur tajam dari 28 ke 22. Tapi sudahlah, toh angka-angka ini bukan segalanya karena having fun dan sharing lah sesungguhnya tujuan utama Mom of Trio. 

Hmm, iya udah gitu aja sih cerita Mom of Trio di 2016. Biasa aja yaak? Tapi aku seneeng :P
Selamat datang 2017, semoga Mom of Trio semakin banyak menebar manfaat. Amiin

22 comments :

  1. tenang alexa emang lagi naik semua euy :* semangat dan terus berprestasi ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi amiin, iya dicuekin aja dulu deh alexa

      Delete
  2. ga terasa waktu cepat ya mba, Rasanya baru kemarin deh mba Ophi jadi Blogger of The Mom, eh udah mau Februari lagi aja. Saya banyak belajar dari Mba Ophi, walaupun dalam senyam. ecieee..

    mengenai yang terakhir itu.. huhuu. jadi ingat alexa yang ga tau apa sebabnya turun semua. I feel u mba, sekarang aja liat grafiknya terus menggelincir udah sedih apalagi sebanyak angka yng mba ophie sebut.

    Semoga tahun ini Mba Ophie makin bersinar ya. salam hangat untuk Trionya, Bentar lagi saya nyusul status mba ophie nih. hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin yang penting berkah sih ya Mba Ira, aku malah belajar dr Mba Ira yg super keren
      selamat menunggu si Trio kecil yaa...semoga lancar, sehat dan dimudahkan yaa

      Delete
  3. aq jugajuga capek mak ngikutin angka, soalnya ngeblognya masih angin2an skrg. Mudah2an tahun ini kita makin semangatbanyak ngeblog lagi yaa

    ReplyDelete
  4. dirimu termasuk mak blogger kreatif dan produktif, Mba Ophie. Berprestasi lagi. Mudah2an nular ke aku... hihihii

    Alexa aku pernah ke 700 skr meluncur ke 3jt. Ah, sudahlah biarkan saja dia subur dan makmur. Cape dietnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah bisa aja mak...apalah aku iniiih. masih banyak harus belajar..yuuk belajar

      Delete
  5. Maaak sama alexa saya mendadak menggendut dr 800 jd 2jt. Asem.. Cuma gara2 jarang diliat bbrp hari T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya hampir semua deh menggenduuut

      Delete
  6. Saya jadi teringat, ketika pertama kali mba Ophi komentar di postingan blog saya, rasanya bahagiaaa banget dikomentarin Mom Keren seperti mba Ophi. Dan pastinya, semangat untuk mengenyam pendidikan dari mba Ophi tertular ke saya, meski masih dalam tahap kepengen tapi levelnya naik :D

    Pastinya, ngenyam pendidikan ala saya itu, yang bisa dilakukan dari rumah :D Teteup yes..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aah sy jadi terharuu, ipeh juga keren lhoo, akupun ngefans sm semangatmuu


      yuuk semangat teruus

      Delete
  7. wah 115 artikel itu udah hebring buat saya mb, semangat trus mbak, biar saya ktularan juga hehe, dan utk prestasinya bukan remeh temeh itu mah, tapi kerennn. di tahun ini moga segala asa tercapai.

    ReplyDelete
  8. harapan saya tahun ini juga semoga lebih rajin lagi nulisnya Mbaa, tak hanya itu semoga konten yang dihasilkan juga lebih berkualitas, amiin :)

    ReplyDelete
  9. duh kalau bicara alexa DA PA suka mendadak puyeng ,angka yang bukan segalanya tapi pada beberapa kesempatan jadi segalanya ya mba apalagi kalau berurusan dengan job review hahahah. btw, happy blogging aja deh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pusing pala emak barbie ya mbaa...yuuk ah dibawa hepi aja

      Delete
  10. Alhamdulillah pernah foto sama mba ophi, hahahaa kabuuurr
    Keren mba ophi, moga selalu semangat ^^ dan menginspirasi.. Kapan2 moga bisa ketemu lagii euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...ini photonya masih ada, ucinya merem jd aku gashare ke med sos deh hahaha

      Delete
  11. Semangaaat teruuus mba.. aku pun naik turun nih grafik blognya. Tapi yang penting, semangat ngeblognya naik teruuus

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top