Monday, May 1, 2017

Ngopi Cantik di Mana Saja dengan Mesin Kopi Dolce Gusto



Ngopi cantik? di Kafe dung ya. Hmm bisa iya, bisa enggak! 

Ngopi-ngopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Nongkrong di Cafe sambil menikmati secangkir kopi sekedar santai, sambil menatap laptop, atau bahkan sambil meeting, merupakan pemandangan yang sangat lumrah kita temui di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Hmm bahkan sebagian dari kita memindahkan tempat kerja ke Cafe, sekedar mencari suasana dan katanya mencari ide. Ssst sekalian mencari wifi gratisan juga sih.


Rutinitas kerja 8-5 dengan kerjaan yang cukup padat dari meeting ke meeting memang menuntut pembangkit suasana agar tidak jenuh. Minum kopi yang sekarang makin variatif rasanya, bisa menjadi booster semangat. Mereka yang muda-muda di kantor biasanya ngacir di saat break atau selepas jam kerja untuk sekedar ngopi cantik.

Working mom dengan Trio Krucils seperti saya, kapan dung ngopi-ngopinya? Waktu break habis untuk makan siang kadang sambil ngeblog hehe. Keluar kantor dan nyari Cafe terdekat juga pasti takes time. Macet di jam makan siang bukan rahasia lagi. Selesai kerja? Yang masih single sih masih bisa. Kalau yang sudah berbuntut kayak saya? *gigit jari deh.

Trus gimana caranya bisa tetap ngopi cantik di sela waktu kerja bahkan sambil ngerjain kerjaan yang gak bisa ditinggal atau sambil meeting sekalipun. Biasanya kemudian kami inisiatif memesan kopi ala Cafe via ojek online. Kotak snack dari kantor nganggur deh tuh, tidak salero.  Hmm gak bisa sering-sering, karena jadi kurang efektif nih.

"Coba ya kita punya alat buat ngopi sendiri, jadi gak rempong."

"Ada sih mba, mesin pembuat kopi. Praktis kalau mau bikin kopi pas rapat-rapat kayak gini. Cepet dan soal rasa juga mantep, ala Cafe juga."

Hmm ide bagus juga ya. Mesin kopi yang bisa mewujudkan ngopi cantik di kantor atau di rumah tanpa harus ke cafe. Well, ke cafe dikintilin Trio Krucils juga gimana gitu ya? Mendingan menikmati waktu bareng mereka di rumah. Eits kenapa tidak ngopi cantik bareng Trio Krucils di rumah?




Mesin Kopi untuk Ngopi Cantik di Kantor & di Rumah

Ya udah sih, sekarang coba deh cari info soal mesin kopi.

Lalu meluncurlah saya ke Mang Google dan bertemu dengan Mesin Dolce Gusto. "Ada niih lucu-lucu juga bentuknya, praktis lagi kelihatannya, Dolce Gusto  guys." "Warnanya juga lucu-lucu."



Hmmm lalu mulai menghayal. Bisa gak ya punya kayak gini buat temen-temen satu bidang di kantor. Kan bisa pake uang kas belinya. Bisa dipakai rame-rame, semua senang, dan kerjaan tuntas.

"Mbak Ophi, cobain dulu gih, beli! trus bikin di rumah, kalau oke, boleh deh kita beli buat di kantor."

Naah beberapa hari lalu saya berkesempatan hadir di Nescafe Dolce Gusto Party yang merupakan ajang launching mesin kopi inovasi terbaru dari Dolce Gusto Indonesia, "Nescafe Dolce Gusto Piccolo".  Seri Piccolo ini merupakan mesin kopi manual. Artinya kita bisa lebih bebas berkreasi dengan minuman yang kita buat.

Piccolo ini kecil, compact, tapi powerful. Piccolo dalam Bahasa Italia memang berarti kecil. Dimensi fisiknya, panjang  16cm, lebar  29cm, dan tinggi 29cm. Beratnya hanya sekitar 2,4 kg.  Bentuknya yang lucu, stylish, dan elegan dengan ukuran yang kecil dan berat yang hanya 2,4 kg memungkinkan Piccolo mudah dipindahkan atau bahkan dibawa kemana saja.

Saya langsung membayangkan, mau rapat di lantai 6 atau kemudian pindah ke lantai 7, Piccolo handy banget untuk dibawa-bawa. Selain itu tidak makan tempat. Kalau di rumah, saya bisa letakkan di ruang makan, di dapur, atau kalau mau dibawa naik ke kamar atau balkon di atas juga gampang. Ngopi di balkon sambil menyelesaikan postingan blog kayaknya seru nih.

Nescafe Dolce Gusto Piccolo manual ini membuat kita yang bukan barista bisa bebas berkreasi dengan panduan aplikasi yang bisa kita install pada smartphone andorid maupun di Iphone. Dolce Gusto Timer, nama aplikasinya. Melalui aplikasi ini kita juga bisa membuat kreasi sesuai selera berapa banyak susu dan kopi yang akan kita racik untuk secangkir atau segelas kopi pilihan kita.

Pada acara NDG Party, saya bukan hanya melihat dan mempraktikkan cara membuat kopi enak dan cantik dengan mudah dan praktis tapi juga menikmati keseruan suasana. Wuiih rame banget party-nya, ada sekitar 250 undangan, termasuk para celebrity. Ada  live music dan DJ Cantik, cake dan kue-kue yang menggoda diet, kopi-kopi yang bisa kita buat sendiri, peragaan busana, bahkan keseruan para dancer membuat suasana makin hot.


Well, tentu saja ada lomba live tweet dan instagram competition juga. Gak nyangka banget, saya bakal jadi salah satu pemenang live tweetnya, Yayyy! Alhamdulillah saya membawa pulang 4 box kapsul. Asyiiiik, bisa ngopi cantik sama Ayah dan Trio Krucils di rumah. Untuk variannya, kapsul Nescafe Dolce Gusto ini ada sekitar 41 varian rasa lho, Waww banget yaks. Tapi, yang sudah masuk Indonesia sih baru sekitar 14 rasa. Tetap banyak laah, lagian kamu pasti sudah punya selera favorit kan ya?

Photo Credit: Mas Chairul Huda


Mas Ernest, MC-nya bilang, "ini sih nyuruh pemenang untuk beli mesinnya nih, hadiahnya kapsul kopi kan gak bisa diniikmati kalau gak punya mesinnya." Hahaha Bener bangeeet! Tapi malam itu memang Mesin Dolce Gusto Piccolo Manual ditawarkan dengan harga khusus. Hmm harus bawa pulang satu ini mah!




Bikin Kopi Sendiri Pake Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual, BISA!

Mumpung ada di event yang tepat, saya antusias banget dung pingin tahu apa sih Nescafe Dolce Gusto Piccolo dan bagaimana cara kerjanya? Beneran gak ya? saya yang bukan barista bisa bikin kopi yang enak dan kece ala Kafe juga? Sambil dijelaskan sama mas baristanya saya langsung praktik nyoba juga nih.

Believe it or not, saya bisa membuat tea latte dan cappuccino sendiri lhoo! Hmm masih dengan arahan mas baristanya sih. Tapi memang gampang dan mudah banget kok. Saya jadi pede pasti bisa dengan mudah membuat kopi sendiri di rumah atau di kantor dengan Nescafe Dolce Gusto Piccolo.

Again pertanyaannya, Bisa bikin sendiri seenak di Cafe? Bisa atuh lah! Kan sudah praktik langsung pake mesin Piccolo. Caranya gampang ternyata. Kita bisa memilih membuat kreasi kopi panas atau kopi dingin sesuai selera. Kemarin saya coba membuat cappucino dan tea latte nih. Caranya?


1. Jangan lupa nyalakan mesin Nescafe Dolce Gusto Piccolo dengan menekan tombol power, jangan lupa sudah disambungkan dengan listrik yaa.  Oh iya, mesin ini sudah eco mode, jadi saat kita menyalakan mesinnya dan kemudian tidak terpakai selama 5 menit, mesin bakal mati dengan sendirinya. 

*Jangan lupa juga untuk pemakaian pertama kali mesin harus dibersihkan dulu demikian juga dengan tangki airnya. Mesin dibersihkan dengan alat pembilas yang kita pasangkan pada tempat kapsul di mesin. Cara selengkapnya tersedia di user manual mesinnya kok. Tidak butuh waktu lama juga untuk membersihkan pertama kali. 

2. Isi air pada tangki di bagian belakang mesin, maksimal air yang bisa ditampung 600ml ya.

3. Siapkan gelas atau cangkir  untuk menampung minuman. Alas tempat gelasnya adjustable ya, jadi bisa disesuaikan dengan ukuran dan tinggi gelas dan cangkirnya.

4. Lalu siapkan kapsul nescafenya. Untuk jenis yang menggunakan susu atau selain kopi hitam, kita menggunakan 2 kapsul ya. Kapsul dengan bagian belakang berwarna putih itu untuk susu/creamernya sedangkan yang berwarna hitam atau gelap itu untuk kopi/teh/coklatnya. 

5. Pasang kapsul susu ke tempatnya di mesin. 

6. Nyalakan aplikasi "Dolce Gusto Timer", kamu bisa pilih sesuai jenis minuman yang akan dibuat yang sudah diurut secara alphabetic. Misalnya cappuccino atau tea latte. Nah setelah itu pilih yang gambar susunya dulu ya, klik start. Pada aplikasi ini kita juga bisa pilih dan tentukan berapa level susu atau kopinya sesuai selera. Jadi tetap bisa mengatur mesinnya secara manual, sesuka kita.

7. Pada saat klik start di aplikasi, secara bersamaan tekan tombol di bagian atas belakang mesin piccolo ya, kalau minuman panas kita tekan ke kanan atau sesuai warna merah dan sebaliknya dengan warna biru untuk minuman dingin. 

8. Dalam hitungan detik proses ekstraksi berlangsung. Lalu jadi deh minuman susunya dan keluar melalui mesin ke gelas penampung. Akan ada alarm dari aplikasinya dan kita bisa langsung matikan tombol di bagian atas mesin tadi dengan mengembalikan ke posisi semula (di tengah). Inget, ini baru susunya ya.

9. Selanjutnya tinggal kopinya atau tehnya nih. Caranya sama persis dengan cara saat kita membuat susunya. Mulai dari angka 5 di atas. Untuk kopi atau tehya pada minuman cappucino atau latte memang lebih cepat karena memang lebih banyak susu atau creamer-nya.

*Untuk minuman dengan susu prosesnya dua kali sedangkan untuk yang tanpa susu hanya mengunakan satu kapsul saja seperti kopi hitam atau lungo, jadi prosesnya hanya satu kali yaa

Mudahkan? dan jangan kaget kalau dengan sendirinya tanpa tehnik apapun, cappucino yang kita buat bisa membentuk layer yang cantik dan foam sekitar 1 cm. Uhuyyy, serasa jadi barista. what a cool machine!

Oh iya, minumannya masih rasa original tentunya, jadi kita bisa menambahkan gula sesuai selera.

Saya udah pede nih bisa bikin kopi ala kafe sendiri di rumah. Hmm bawa pulang satu deh mesin Piccolonya. Kalau kamu mau mencoba, kamu bisa banget nih lihat-lihat di Lazada. Lumayan banyak promo dan kejutan menarik juga tuh seputar mesin Nescafe Dolce Gusto. Kalau pas lagi ada promo atau kejutan, jangan lupa borong yaa. 

Nah sekarang Mom of Trio bisa bikin kopi enak dan kece ala kafe di rumah nih. Trio Krucils termasuk yang penasaraan. Oke Ibu buatkan cappucino ya nak, banyakin susunya kan? Ayah mau apa? hahaha *nantangin ya! Gayaaa!




Tapi memang kehadiran Nescafe Dolce Gusto Piccolo, si mungil nan powerful ini meningkatkan quality time kami sekeluarga sih. Alih-alih ngopi cantik di Kafe dan harus keluar rumah, mendingan ngopi cantik di rumah. Anak-anak sih suka yang cappucino dingin, kalau ayahnya cappucino hot tentunya. Saya tea latte saja deh. Sejak mencoba tea latte bikinan sendiri, saya langsung jatuh hati. Belakangan anak-anak malah suka yang Chococino nih.

Selain saat menghabiskan weekend di rumah. Malam hari sesampai di rumah, setelah makan malam biasanya saya menemani Trio Krucils entah sambil mengerjakan PR, belajar, atau sekedar asyik mewarnai atau menggambar ditemani secangkir kopi atau coklat hangat dan beberapa potong cake. Saya juga bisa sekalian menyalurkan hobby ngeblog sambil menemani mereka. Ayah sih asyik dengan gadget atau koran dan cappucino panasnya. 



Jadi gimana? Mau mencoba bikin kopi cantik ala kafe juga? Hmm gak nyesel deh. Kalau ada acara arisan atau kumpul-kumpul keluarga, kita bisa dibantu Piccolo menyajikan minuman ala Cafe. Saat mengundang teman atau kolega juga gak harus bingung lagi karena bisa banget menjamu mereka dengan kopi enak ala kafe. 

Kalau di kantor harus order kopi ala cafe via online mulu, bisa jebol juga kas kita nih. Kayaknya saya bakal ajukan proposal ke teman-teman di kantor untuk melengkapi pantry kantor dengan Piccolo manual ini. Praktis dan cepat, gak ngabisin waktu. Bentuknya juga lucu dan stylish kan? Kerja juga makin semangat ditemani kopi enak dan cantik ala cafe. 

Supaya lebih lengkap bagaimana cara penggunaan Piccolo, bisa banget nih dilihat tutorial berikut yaa...

52 comments :

  1. Asik juga ya mba punya mesin Dolce Gusto Piccolo di rumah, Bisa minum kopi sepuasnya gak takut kantong kempes...

    ReplyDelete
  2. Asik juga ya mba punya mesin Dolce Gusto Piccolo di rumah, Bisa minum kopi sepuasnya gak takut kantong kempes...

    ReplyDelete
  3. enak ya praktis & cepat apalagi pakai aplikasi yang bisa membantu

    ReplyDelete
  4. Ibu-ibu mah, tetepan ya mikir anaknya biar bisa menikmati minum bareng. Kalo anak saya seneng banget karena dipikir mesinnya bisa dipake buat main barista-baristaan :))))

    ReplyDelete
  5. Yang namanya ibu-ibu, tetepan mikir gimana caranya biar anak ikutan senang bareng ya. Anak saya seneng banget, dipikir bisa main barista-baristaan pake mesin kopi yang baru :))

    ReplyDelete
  6. Layer-layer kopinya udah sexy cantik kayak di kafe ya mbak. Gue jadi pengen ngomporin temen2 kantor supaya beli patungan. Kan lumayan jadi hemat dibanding ngopi diluar.

    ReplyDelete
  7. Wah kalau rapat pake minuman ala NDG Piccolo bisa-bisa nggak konsen rapatnya:p pengin kreasi minuman melulu hehehe.

    ReplyDelete
  8. Ngopi semakin praktis tanpa perlu keluar rumah

    ReplyDelete
  9. Mudah ya ngebuat nya. Nggak perlu report lagi pengen kopi kelas coffee shop tetapi bisa buat di rumah

    ReplyDelete
  10. Aiishh...si Ibuk pecinta kopi juga rupanya...bisa nih ngafe bareng si rumah Ibuk...

    ReplyDelete
  11. Keren banget ya mbak mesin kopi ini, bisa bikin banyak varian kopi. Mau ngopi pun nggak perlu repot ke kafe, sambil dasteran di rumah pun bisa ya :D

    ReplyDelete
  12. ya ampun, lengkap banget mbak
    makasiiiih ya, tipsnya ntar saya mau praktekin nih :)

    kecuali es batu (di rumah ga ada kulkas), yang belum saya punya cuma gelas bening gitu
    ntar mau cari2 ah, biasanya minum kopi di rumah pake mug sih hehehe

    ReplyDelete
  13. Praktis banget ya, teh. Tapi itu kalau mau dapet kopinya lagi gimana? via online kah? Nuhun.

    ReplyDelete
  14. Wah bs buka kedai kopi nih mbak Oppi

    ReplyDelete
  15. Saya tahu mesin ini februari lalu, saat gathering bareng sama blogger jakarta, jadi nyeduh kopi dulco gusto ini sendiri, untuk secangkir kopi saya harus nunggu kurang lebih 1 menit.. Tapi puas sama rasanya, dan praktis..

    ReplyDelete
  16. Kalau punya mesin kopi kaya NDG, ngga perlu lagi ada budget buat ngopi di kafe ya kaaa. Mau ngopi kapan aja, cuss tinggal pencet :)

    ReplyDelete
  17. Praktis banget mesinnya.. Ukurannya juga mini gitu. gampang dibawa kemana2.. jadi pengen 1.. ngopi cantik saat ngeblog. hahha

    theamazingjasmi.com

    ReplyDelete
  18. Asyikkk... Ibunya trio langsung punya coffee shop pribadi deh, haha...

    ReplyDelete
  19. Pas lagi musim hujan pas ada NDG Piccolo membantu banget ya. Kalau malas keluar karena hujan bisa menikmati minuman hangat bersama di rumah, serasa ada di cafe deh.

    ReplyDelete
  20. Beli patungannya keren abis deh Mbak idenya. Saya usulkan ke temen kantor juga ah! :D

    ReplyDelete
  21. cantik banget ya perpaduan warna kopinya.... jadi pengen ngopi deh hehehe

    ReplyDelete
  22. i always want something like this huhuhu nabung-nabung~

    ReplyDelete
  23. Menikmati waktu senggang bersama keluarga ditemani secangkir kopi yang super spesial, mantap banget, apalagi cara buatnya juga sangat praktis didukung dengan mesin yang handal menghasilkan kopi mantap ala kafe

    ReplyDelete
  24. Praktis dan nikmaaat yaa, me time pisaaan

    ReplyDelete
  25. ngopi cantik di rumah tak kalah dgn di cafe dengan piccolo :D

    ReplyDelete
  26. Asyik ya mbak, mesin NDG Piccolonya busa dibawa-bawa ke kantor ^_^

    ReplyDelete
  27. Aku suka yang praktis-praktis. Dan si mesin kopi yang ini kayaknya lucu juga kalo ada di rumahku, mba :D. Soalnya suami doyan ngopi.

    ReplyDelete
  28. sekarang tiap malem aku bikin green tea latte buat nemenin kerja. hahahaha

    ReplyDelete
  29. Kalau punya mesin ini jadi bisa bikin kopi kayak sekelas cafe ya mba Ophi.

    ReplyDelete
  30. Kalo saya bawa mesin ini ke kantor mah yang ada tekor karena pecinta kopi semua.

    ReplyDelete
  31. Makin asyik bangat bikin kopi ala cafe di rumah ya Mba Ophi dengan Piccolo. Praktis bangat!

    ReplyDelete
  32. Kapan2 ngopi bareng lg ya mbak. Seru bgt ya bikinnya cepet gitu.

    ReplyDelete
  33. Saya juga punya mesinnya. Asik bikin kopi favorit jadi cepat dan praktis :)

    ReplyDelete
  34. aku juga punyaaa iniii... beneran deh, ngopi enak jadi gak mesti ke kafe ya mba Ophiii..

    ReplyDelete
  35. Asyik banget ya teh punya Dolce Gusto di rumah

    ReplyDelete
  36. Mbak Ophi dirimu punya banyak capsule, jadi enak deh bikin kopi teh atau coklat panas di rumah

    ReplyDelete
  37. asyiknya ya, bisa memvaraisikan minuman kopi dg lebih asyik, baik tuk pengemar kopi

    ReplyDelete
  38. Enaknya ngopi dengan Mesin Kopi Dolce Gusto ini takaran gulanya bisa sesuai selera ya mbak :)

    ReplyDelete
  39. praktis banget, ntar lebaran mudik aku bawa juga ah biar ngopi bareng keluarga besar hehe

    ReplyDelete
  40. Waaha keren nih rekomendasinya. Kebetulan pak suami hobi banget ngopi. Cari aaah..

    ReplyDelete
  41. Picollo emang mesin yg cool bgt ya mba, gak usah ke kafe mahal, cukup duduk manis dirumah kita bisa nikmatin kopi ala kafe ini

    ReplyDelete
  42. kalau gini jadi enak ia kalau bisa ngeracik sendiri kopy dirumah, trus bergaya ala-ala barista gitu .. heee

    ReplyDelete
  43. Ukuran mesinnya cucok banget buat masyarakat urban yang suka design minimalis. ga makan tempat. Aku juga mesinnya dibawa ke kantor Mba, haha. Diakuisisi, tp pada rajin beli kapsul sih :)

    ReplyDelete
  44. Aku suka banget sm mesin piccolo ini. Compact dan kopinya bener2 enak. Jadi sayang klo mau beli kopi di luar, hahaha.

    ReplyDelete
  45. Aku gagal fokus sama gelasnya hahahaha

    Nah iya mbak, kalau ke cafe jajannya malah banyak yak..

    ReplyDelete
  46. Aku suka banget layernya si cappucino, cantik banget ya maaaak

    ReplyDelete
  47. asyik juga kalo punya mesin ini , nggak perlu pergi ke cafe lagi minum kopi :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top