Thursday, July 13, 2017

Mendadak Liburan? Tak Perlu Galau Urusan Tiket dan Hotel.

Libur sekolah berbarengan dengan libur lebaran. Kondisi seperti ini ada plus minusnya sih. Sibuk mempersiapkan lebaran dan persiapan tahun ajaran baru, kadang-kadang liburannya jadi hanya berlibur di rumah atau pulang ke kampung halaman saja. Gak kalah seru sih pulang ke kampung halaman.



Trio Krucils juga seneng banget kok ngumpul sama sepupu-sepupunya. Setiap hari lupa istirahat. Seharian main non stop. Saat waktunya kembali ke Jakarta, manyun deh semua. Masih pingin liburan di kampung. "Boleh kok kalau masih mau extend." "Tapi sama Ibuu..." Nah itu yang susah. "Cuti Ibu sudah berakhir dan Ibu sama Ayah harus back to the jungle eh back to work Nak!"

Tapi sejujurnya liburan sekolah plus lebaran kemarin kami sampai lupa untuk menjadwalkan family trip bareng anak-anak. Bahkan menjelang cuti bersama dan rencana pulang kampungpun pekerjaan masih menumpuk. Duuh! Selain itu gimana yaa, di masa liburan,  jalanan ke mana-mana macet, semua tempat wisata ramai dan penuh. Rasanya leyeh-leyeh menikmati suasana pedesaan sudah jadi liburan buat kami. 

Hmm sayangnya Trio Krucils tetap bertanya, "trus kita liburannya kapan bu?" Hahaha jadi berlibur di rumah dan pulang ke Cirebon ternyata bukan liburan. 

"Tunggu tempat wisata sudah mulai sepi ya Nak!"

Lho kok?

Iya, salah satu tips dari kami agar bisa menikmati liburan atau berlibur dengan lebih nyaman adalah berlibur bukan di musim liburan. Bisa sebelum liburan panjang atau sesudahnya. Untuk short trip bisa memilih weekdays ketimbang weekend. Iya kami memang harus ambil cuti dan anak-anak biasanya dipilihkan di masa pelajaran mereka belum padat atau setelah masa ujian sebelum pembagian raport. 
Menurut pengalaman melakukan travelling terutama family travelling selama ini, paling oke memilih waktu berlibur bukan di musim liburan. Perjalanan ke tempat tujuan biasanya tidak terlalu padat, hotel di tempat tujuan juga mulai berkurang pengunjung sehingga lebih banyak pilihan, berbagai obyek wisata mulai menurun peminatnya, yang tidak kalah menarik harga-harga mulai normal atau bahkan turun. Harga tiket pesawat dan tarif hotel biasanya mulai kembali normal setelah menggila di musim liburan. 

Biasanya sih kalau merencanakan liburan seperti ini saya dan ayahnya krucils berbagi tugas. Sesama orangtua bekerja harus bisa berbagi tugas. Mostly saya urusan pesan hotel dan ayahnya yang urusan tiket pesawat. Kami biasa pesan tiket dan hotel secara online. Hmm iya pesan sendiri-sendiri. Kadang kami juga mempertimbangkan promo miles di salah satu penyedia jasa penerbangan. Kalau untuk hotel mudahnya booking online itu bisa melihat review dari para pengunjung yang pernah ke sana dan kita bisa bandingkan fasilitas dan harganya.


Beberapa minggu ke depan Ayah Trio Krucils lagi sibuk banget. Minggu ini tugas ke Malang, Minggu depan ke NTB. Naah saya belum tahu lagi jadwal berikutnya. Jadi tugas menyiapkan liburan dadakan ke depan ini diserahkan ke saya. Budgetnya sebisa mungkin yang minimalis saja ya. Itu pesannya. Lumayan kan kalau hotel dan tiket pesawat bisa irit, selisihnya bisa buat kulineran atau beli oleh-oleh. Naah kalau ini saya sepakat banget deh hahaha.

Rencananya memang mengambil waktu yang semoga tidak ramai orang berwisata nih. Liburan di low season tuh banyak untungnya lho hahaha. *Emak-emak perhitungan*. Kami sih merencanakan 17 Agustus sampai 20 Agustus 2017 nanti. Setelah upacara 17 Agustus kan sudah bebas tuh. Cari penerbangan yang sore atau malam hari jadi sesampainya di tujuan bisa langsung check in hotel dan istirahat. Kami berdua izin ke kantor hanya satu hari di hari jumat (hari kejepit) demikian juga anak-anak.

Saya happy banget saat hunting tiket pesawat dan hotel ternyata  Traveloka punya layanan pemesanan tiket hotel dan pesawat dalam satu paket. Waah bener-bener membantu nih. Saya bisa handle sendiri ini sih. Jadi gampang dan saving time juga. Satu kali kayuh 2-3 pulau terlampaui. Iya saya juga jadi bisa membandingkan antar beberapa destinasi.

Anak-anak maunya main yang ada pantainya. Saya malah pingin ajak mereka ke Singapura atau ke KL gitu. Kasian mereka nih belom pernah merasakan travelling keluar negeri. Suka protes pas Ayah dan Ibunya tugas keluar negeri. Urus paspor anak-anak bisa via online juga lebih mudah sekarang.

Sambil bolak balik ngecek kerjaan saya coba buka websitenya, khusus untuk paket tiket hotel sekaligus pesawat bisa di klik di sini nih. Naah ada banyak pilihan destinasi atau tujuan, kita tinggal pilih salah satunya. Kemarin saya coba hunting yang ke Singapura nih. Waah ternyata banyak banget paket pilihan untuk tiket pesawat dan hotel ke sana.




Untuk memudahkan menyortir pilihan, kita bisa pilih berdasarkan kategori lowest price, highest price, review score, atau hugest popularity nya. Kalau mau cari yang harganya nyaman di kantong ya kita bisa pilih sort berdasarkan kateori lowest price atau kalau kita perduli pada pelayanan atau fasilitasnya bisa berdasarkan highest popularity atau review score.

Nah ternyata nemu tuh yang ada di kategori highest popularity tapi harganya affordable banget. Kita bisa melihat review hotel yang ditawarkan juga sebagai bahan pertimbangan. Selain melihat fasilitas hotel dan gambar realnya, kita bisa baca review dari pengalaman pengguna sebelumnya. Reviewnya juga membantu memberikan gambaran obyek wisata apa saja yang terdekat dari hotel. Naah asyik dan membantu banget kan?

Untuk sortir yang lebih spesifik juga bisa kita lakukan. Misalnya kita mau memberi batasan budget per orang, kita bisa set di "range price" nya. Kalau kita mencari hotel dengan fasilitias tertentu misalnya dengan kolam renang, kita bisa pilih kategori tersebut untuk membantu pencarian yang lebih spesifik. Bahkan jenis hotel dan maskapai juga bisa kita pilih untuk menyortir pilihan secara lebih spesifik. Kalau mau backpakeran atau on budget bisa di hostel, kalau mau yang lebih nyaman bisa di hotel atau resort. Tergantung preferensi kita. 

Ih saya nemu hostel yang satu kamar ada 4 bed, pas banget buat kami berlima. Paksi kan bobo sama Ibu maunya. Ada breakfast pulak. Lokasinya di sekitar Bugis Street. Waah perfecto. :)


Kalau dilihat harga yang harus dibayar juga jadi lebih murah nih kalau pesan dengan model paket tiket dan hotel sekaligus ketimbang memesan terpisah. Pada saat pesan dan akan membayar kita bisa melihat selisih harga baik per orang maupun secara keseluruhan. Selisihnya lumayan lhoo. Bisa buat nambahin beli oleh-oleh. Metode pembayarannya juga banyak pilihan. Bahkan untuk pemesanan hotel ada juga pilihan bayar di tempat. Jadi "mendadak liburan" bisa ternyata yaa.

Kalau boleh saya ringkas sebetulnya mencari paket tiket dan hotel di Traveloka ini cuma ada 4 langkah aja kok. Super mudah!


  • Pertama: Cari Paketnya. Kita bisa memulai pencarian dengan dengan mengisi kemana tujuan kita, tanggal perjalanan, dan lamanya kita akan menginap. Setelah memasukkan tujuan, tanggal perjalanan dan lama menginap, saya misalnya meskipun pesan 5 tiket pesawat 2 dewasa 3 anak-anak, tapi untuk hotel/penginapan mencari 4 bed yang bisa 1 kamar saja. Jadi bisa diisi sesuai kebutuhan
  • Kedua: Pilih Paketnya.  Naah setelah langkah awal tadi kita isi kita akan sampai ke halaman hasil pencarian. Kita pilih deh paket sesuai dengan preferensi kita. Detailnya seperti yang saya ceritakan tadi. Oh iya, kalau mau melakukan perubahan gampang banget kok. Di sana ada menu untuk mengubahnya. Klik aja icon "change", kita bisa ubah jenis kamar atau penerbangan sesuai dengan kebutuhan. Jadi gak kaku, customize as your preference lah!
  • Ketiga: Book Paketnya. Kita bisa lihat sumarry dari trip yang akan kita pesan. Lalu klik select package untuk menerusakan.Llanjut mengisi informasi dan data kita secara lebih detail. Pastikan semua data yang diinput sesuai dan benar ya, kemudian lanjut deh ke pembayaran.
  • Keempat: Proses pembayarannya. Kita bisa pilih metode pembayaran sesuai dengan keinginan kita. Setelah kita menerima tanda pembayaran, kita akan menerima trip voucher melaui email kita sekitar 60 menit saja.

Mudah bukan?

Oh iya, untuk proses pemesanan lewat aplikasi juga step by stepnya kurang lebih sama kok. Kalau saya tidak salah malah ada promo-promo lain khusus untuk pemesanan lewat aplikasi. 

Sudah pernah mencoba pesan paket tiket dan hotel seperti ini belum? Coba deh, gara-gara hunting kemarin saya jadi lihat-lihat paket sejenis di beberapa destinasi. Duuh langsung gatel deh kaki pingin liburan. 



Save jatah cutinya ya guys, masih setengah tahun lagi lumayan. Siap-siap buat liburan akhir tahun. Ssst kalau saya  biasanya curi start kalau akhir tahun liburannya hahah. Biasa seperti yang saya sampai tadi, menghindari peak season. Ada banyak destinasi yang bisa dipilih lho di paket ini, Tidak hanya destinasi dalam negeri ada juga beberapa destinasi luar negeri. Hmm intip-intip juga promonya. Tempting bangeet. Susun jadwal liburannya yaa.

Nah back to lap top nih. Kalau jadi ke Singapore-nya kira-kira Trio Krucils mau diajak kemana ya?

Melihat-lihat Sentosa Island naik monorail Sentosa Express dari Vivo City itu kayaknya pasti Krucils suka. Dulu sudah pernah ke sana dan kayaknya Trio Krucils bakal happy banget kalau diajak ke sana. Hmm bakalan satu hari sendiri nih. Apalagi sekalian mampir di Universal Studionya. Duuuh saya mah melipir dulu ah. *Emak-emak penakut.* Tunggu di luar ajaah :P Tiketnya juga mihil kalau masuk. Kalau takut mencoba wahana-wahananya mah percuma wkwkwk. Kita photo-photo aja kali yaa depan bola dunianya. 

Trus jalan-jalan dan photo-photo menikmati Singapore di kawasan Merlion Park dan sekitarnya, Esplanade, Marina Bay Sands, Singapore Flyer dan  yang wajib nih yang belum sempat dikunjungi ke Garden By the Bay. Nanti tinggal lihat situasi aja, apa hanya jalan-jalan dan ambil photo atau mau mencoba masuk. Kalau Garden By The Bay wajib masuk nih daku mau photo-photo bunga-bunganya yang syantik. 


Naah buat cari oleh-oleh dan cuci mata bisa ke Busgis Street, Little India atau Mustafa Center. Gak ke Orchad Road? Psst lihat-lihat aja boleh deh sambil beli es krim potongnya. Harga-harga di Orchad Road bikin Ibu mules soale :P 

Hmm untuk itinerary bakal disusun lebih rapih lagi sih. Jalan-jalan dulu ke  travel blog ah. Secara sudah lama banget dulu ke Singapura. pasti sudah banyak perkembangannya. Yang penting sudah tahu nih cara pesan tiket dan hotel yang simpel, gak takes time, dan lumayan banyak diskonnya. Kalau mau cek destinasi lain juga masih bisa banget.

Mendadak liburan? gak masalah lagi sekarang :) gak pake galau urusan tiket dan hotel. Semua bisa diurus sekaligus.

15 comments :

  1. Ide bagus berlibur disaat santai, bukan high season, aku mau gitu juga rasanya hahahha..

    ReplyDelete
  2. pengalaman sih kalau mepet2 mahal semuanya ...hu hu hu tapi liburnya itu ya pas high season ...

    ReplyDelete
  3. mba Ophiii sama banget, aku juga gitu last minute baru kepikiran liburan bareng suami dan anak2 aja, tapi sayang waktunya terlalu mepet dan kaka sama si bungsu udah harus daftar sekolah, jadinya liburan ditunda, huhuhu.. tp gpp juga sih, bisa pake traveloka buat ngerencanain dan milih2 dulu, biar puas sama hasilnya..

    ReplyDelete
  4. Saat santai mmg waktu yg plg asik Utk liburan

    ReplyDelete
  5. Traveloka emang bisa diandalkan lah ... mntap...

    ReplyDelete
  6. Bener banget maaakk... paling enak tuh liburan di saat sedang tidak musim libur. Klo pas semua orang libur, duuuhh... berasa sesak napas kalau bepergian kemana2 ;)

    ReplyDelete
  7. Sip lah ya klo udah ada paketan kek gini satu kali kerja dua agenda beres

    ReplyDelete
  8. jalan-jalan jadi lebih mudah dengan tiket online ya mbak

    ReplyDelete
  9. Pengennya liburan kek gitu, pas nggak musim. Biar nggak ramai dimana2. Tapi sekarang menyamakan waktu libur anak2 susah.

    ReplyDelete
  10. wah, asyik ya bisa tetap liburan walau waktu mepet :)

    ReplyDelete
  11. Paling enak emang liburan pas low season tp apa daya... Waktu liburnya yg gak bisa menyesuaikan

    ReplyDelete
  12. wah jadi gagal fokus sama destination Singapore yang disebutin, jadi pengen :(

    ReplyDelete
  13. saya sih selalu memilih low season dan menghindari weekend..
    tp kalau buru2 dan mepet emang traveloka pasti jadi andalan sihh

    ReplyDelete
  14. Traveloka emang oke, saya terbantu banget sama portal ini. Saya selalu andalkan nih portal bisa banget mengerti kebutuhan budget liburan. :-D

    ReplyDelete
  15. Boleh juga nih. Saya lihat yang sepaket (tiket pesawat + hotel) itu harganya emang jauh lebih hemat ya mbak~

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top