Thursday, September 21, 2017

9 Peralatan Rumah Tangga Yang Wajib Dimiliki Pasangan Yang Baru Menikah

Siapa yang masih belum bisa move on dari pernikahannya Yaya dan Hamish? eh atau yang lebih update pernikahannya Bella dan Engku Emran. Duuuh enak ya jadi Yaya sama Bella, habis nikah dan bulan madu pasti gak perlu mikirin soal tinggal di mana. Mereka pasti sudah punya tempat tinggal yang lengkap dengan segala fasilitasnya yaa.



Kalau saya? eh kamu kaliii

Ihh jangan baper gitu lah mblo *eh! 

Tetap semangat!

Turut berbahagia pastinya dengan para newly weds tadi ya. Trus buat yang berencana menikah atau bahkan baru saja menikah memang harus tetap semangat dung. Tentu tak semua dari kita bisa punya kondisi yang sama kayak mereka. Tidak harus sama tapi bukan berarti tidak bisa bahagia juga lhoo.

Membina rumah tangga kan tidak melulu soal ketersediaan fasilitas. Jiyaa bijak kali emak satu ini *kiss. Semua bisa disiapkan kok. Menikah trus langsung masuk rumah baru dengan isinya yang lengkap. Kalau ada yang bisa seperti itu, alhmadulillah rezekinya ya. Tapi kalau tidakpun bukan hal yang buruk kok. Sudah ketemu jodoh aja rezeki yang luar biasa kan? Alhamdulillah again.

Rumah baru untuk pasangan baru. Tidak harus rumah sendiri. Kalau belum sanggup, ya kita jadi kontraktor dulu lah hehehe. Maksunya ngontrak dulu. Sambil cicil-cicil atau nabung-nabung untuk bisa beli rumah. Perjuangan membangun keluarga akan terasa lebih nikmat kalau dijalani bersama. Asalkan kita senada seirama #eaaa, susah senangnya jalani bareng gitu lho :)

Jadi pingin curhat kalau dulu, hmm 11 tahun lalu saat baru jadi pengantin baru. Meski ada rumah mertua di Jakarta, saya yang memang sejak kuliah hingga awal bekerja sudah ngontrak, memilih mengajak suami untuk menikmati rumah tangga baru kami sendiri dengan tinggal di rumah kontrakan kami. Biarpun kecil tapi kan rumah yang kita sewa sendiri (baca gak numpang di rumah mertua). 

Untungnya rumah yang kami tempati tersebut sudah saya tempati bareng adek saya sebelumnya. Jadi gak terlalu pusing untuk mengisinya dengan perlengkapan rumah tangga. Meski belum lengkap tapi lumayan laah, sambil menyicil perlengakapan tambahan. Nah kira-kira, perlengkapan rumah tangga apa saja sih yang harus dimiliki pasangan baru? Supaya jalannya roda rumah tangga jadi nyaman dan lancar tentunya. 

1. Perlengkapan Tidur

Wajib banget nih yang pertama ada dan dimiliki pasangan baru. Atuh lah gak aci, kalau pengantin baru tidur di ubin yang keras dan dingin. Perlengkapan tidur yang wajib ada tentu adalah kasur dan bantalnya. Jangan lupa yaa dipasangi seprei dan sarung bantal yang bersih dan wangi. Kalau untuk ranjang atau bednya itu sih pilihan yaa. Tinggal disesuaikan dengan luas kamar dan budget tentunya. Yang penting kuat ya, mengimbangi semangatnya pasangan baru begituh. *sensor*

2. Peralatan Makan

Hmm mau masak di rumah, langganan catering, atau malah beli makanan jadi, perlengkapan makan harus tetap tersedia di rumah. Piring, sendok, gelas, mangkok, dispenser, kalau bisa juga ada meja dan kursi makannya. Kalau yang suka makan lesehan bisa juga sih makan di bawah gelaran. Lebih syahdu yaa.

Tapi alat-alat makan, rak penyimpan, dan lemari makan harus ada di rumah. Gak mungkin dung ya, pinjam piring dan gelas dari tetangga. Apalagi saat nanti ada tamu, tentu perlengkapan makan minimal seperti piring, sendok, gelas, mangkok harus kita miliki. 

3. Peralatan Memasak

"Aku gak bisa masak." 

"Ahh aku mah gak bakalan ke dapur."

Non sense! Kompor dan peralatan dapur tetap harus ada di rumah. Rice cooker, panci, wajan, pisau, dan perlengkapan memasak yang standar harus juga disiapkan saat kita masuk ke rumah baru dengan keluarga baru.

Mungkin perlengkapan masak ini tidak akan kita gunakan setiap hari, tapi kita pasti membutuhkannya. Meskipun sudah ada dispenser dan kita bisa membuat kopi atau teh dengan air panasnya tapi kita tetap butuh air panas untuk kebutuhan tertentu. Sekedar masak mie instan atau sekedar ceplok telor. 

Meski saat ini memesan makanan semudah memesan ojek online namun tidak 24 jam kan mereka bisa available. Selain itu untuk makanan atau masakan tertentu tentu akan lebih hemat jika kita memasaknya sendiri. Selisih uangnya bisa ditabung buat membeli perabotan yang lebih lengkap kan?


4. Perlengkapan Ruang Keluarga atau Ruang Tamu

Setidaknya tersedia sofa, kursi, dan sejenisnya sebagai tempat kita berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga. Tidak harus yang lengkap, sesuaikan dengan luas ruangan dan kebutuhan. Kita bisa tata sedemikain dengan memilih perabotan yang multi fungsi untuk mengisi ruang keluarga atau ruang tamu ini. 

Iya untuk rumah yang tidak terlalu besar, terkadang ruang tamu dan ruang keluarga merupakan ruang yang sama dengan fungsi ganda. Perabotannyapun bisa dibuat yang multi fungsi kursi, sofa, atau meja bisa dibuat dengan rak penyimpan dibawahnya sehingga tidak memakan ruang. Rak buku bisa menjadi penyekat ruang dan seterusnya.

5. Lemari pakaian

Apapun bentuk dan pilihannya, kita butuh ruang penyimpan baju atau pakaian. Jangan sampai rumah tampak kotor dan berantakan karena baju berserakan. Apalagi baju bersih yang akan kita kenakan layaknya disimpan di tempat yang bersih agar tetap nersih dan nyaman dikenakan. Pemilihan lemari pakaian kita sesuaikan dengan kebutuhan, luas ruangan, dan budget juga tentunya.


6. Lemari Es/Kulkas

Karena kita para Ibu tidak bisa setiap hari ke pasar, maka kulkas menjadi sangat penting di era yang serba praktis ini. Kulkas membantu menjaga kesegaran kebutuhan harian kita yang tidak bisa langsung kita konsumsi atau kita habiskan sesaat setelah membeli. Apalagi untuk wanita bekerja, belanja kebutuhan harian bisa 3 hari sekali atau seminggu sekali. Butuh kulkas untuk menyimpan bahan makanan agar tetap fresh saat hendak diolah atau dikonsumsi. 

7. Kipas Angin atau Air Conditioner

Berapapun besar rumah kita, kipas angin atau penyejuk ruangan akan sangat membantu membuat rumah terasa nyaman. Tidur atau beraktivitas di suasana yang panas, gerah, dan sumpek tentu tidak akan produktif. Tinggal kita bisa memilih apakah kita harus menggunakan penyejuk ruangan atau AC atau cukup dengan kipas angin pada ruangan tertentu.


8. TV dan media hiburan

Meski mungkin kita dan pasangan berada di rumah hanya beberapa waktu saja, namun media hiburan menjadi barang yang cukup penting untuk menunjang kehangatan di dalam rumah. Setelah lelah bekerja di luar rumah, saat kembali ke rumah tentu menyenangkan jika dihabiskan dengan menonton film favorit bersama si dia. Saat akhir pekan dan enggan keluar rumah, menghabiskan waktu dengan mengerjakan hobby di rumah sambil mendengarkan musik tentu sangat menyenangkan.

9. Alat cuci dan setrika


Alat cuci baik untuk mencuci pakaian maupun mencuci perabotan tentu juga penting tersedia di rumah. Jika belum memiliki mesin cuci, setidaknya ember dan sikat cuci serta setrika harus tersedia di rumah. 

Sekarang kan ada laundry kiloan. Tentu saja boleh mengandalkan laundry kiloan tapi tetap harus diingat tidak semua baju atau barang bisa kita cuci di laundry kan? Belum lagi untuk pakaian yang harus siap setiap saat. Sementara mencuci di laundry tentu butuh tenggat waktu lebih.

Jadi sudah punya perlengkapan apa saja nih buat yang siap-siap menuju pelaminan? Salah satu tips agar saat menempati "rumah baru" dengan sang kekasih hati tidak terasa berat adalah dengan menyicil pembelian perlengkapan rumah. Mulai aja dari sekarang, perlengkapan atau perabotan kan gak ada expire datenya :).

Jadi mulai deh bikin list kebutuhan perlengkapan rumah yang wajib dimiliki nanti. Kemudian sering-sering deh kepoin toko-toko alat rumah tangga. Paling praktis sih alat toko online ya. Apalagi kalau toko onlinenya lengkap dan serba ada. Kita juga bisa memanfaatkan saat ada promo-promo tertentu. Yang lagi hunting peralatan rumah tangga, bisa banget nih beli di sini

Gak cuma buat calon pasangan baru yang mau mengisi rumah baru dengan peralatan rumah tangga, para moms yang mau mengganti atau melengkapi koleksi peralatan rumah tangga bisa juga klik dan mulai berburu. 

Happy shopping :)

9 comments :

  1. iya yah teteh bella sama neng yaya mah ga akan mikirin printilan begini y mba abis nikah jenjreng istana dengan full perabot udin tersedia merek tgl leyeh manja 😂

    ReplyDelete
  2. wah sebelum punya pasangan, saya mau nyicil dulu. walaupun parabotannya di tarok di kontrakan, hehehe

    ReplyDelete
  3. Nomor 7 dan 8 baru punya setelah melewati beberapa tahun setelah menikah....

    ReplyDelete
  4. Aku dan Pak suami termasuk yg blm punya lengkap mbaaa ophiii. Tapi setelah akad, luar biasa masya Allah. Terharu sampe sofa ku juga dikasih 😍

    ReplyDelete
  5. ribet juga yah kalo udh berkeluarga.. jadi merinding harus beli ini itu :D

    ReplyDelete
  6. Hahahah..jadi ingat jaman-jaman baru berumah tangga. Emang mesti satu-satu belinya, syukur-syukur ada ngasih kado tersebut :D

    ReplyDelete
  7. yang paing penting itu peralatan masak alias kompor, kalau tidur biasa dilantai, susuk juga dilantai, naruk baju juga bisa dilantai. kalau mau masak ya harus pakai kompor :0

    ReplyDelete
  8. Saya jadi inget-inget lagi barang pertama yang dipunya setelah nikah itu apa, ya? :D

    ReplyDelete
  9. Kebetulan lg mau pindahan rumah hehe, makasi info nya kakak!

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top