Saturday, November 25, 2017

3 Pilar Wujudkan Gaya Hidup Sehat

Gerakan Indonesia Sehat sebenarnya sudah dikampanyekan sejak tahun 2016 lalu, dan kembali digaungkan guna terus mendorong agar masyarakat Indonesia menjalankan gaya hidup sehat dalam aktivitas kesehariannya. Le Minerale salah satu produk air mineral dalam kemasan dengan komitmen untuk terus mendorong pola hidup sehat masyarakat menggandeng Ikatan Dokter Indonesia dengan mengusung Gerakan Hidup Sehat melalui 3 pilar. Move Right, Eat Right, & Drink Right. 
 


Le Minerale merupakan air mineral dalam kemasan yang berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih dengan kandungan berbagai macam mineral alami yang baik untuk tubuh. Le Minerale diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya, yaitu salah satu anak perusahaan dari Mayora Group.

Kamis, 16 November lalu bertempat di Blue Jasmine Resto Jakarta Selatan saya berkesempatan untuk hadir dalam acara Press Conference atau Pers Briefing Gerakan Indonesia Sehat. Acara ini dihadiri oleh tiga orang narasumber yaitu, Febri Satria Hutama, sebagai Marketing Manager RTD Coffee & Water PT Mayora Indah, Tbk., dr. Ulul Albab SpOG, representative dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Reisa Broto Asmoro selaku Brand Ambassador Le Minerale. Mom of Trio senang sekali bisa menjadi bagian “kecil” dari Gerakan Indonesia Sehat ini.

Pak Febri menjelaskan bahwa Le Minerale berkomitmen untuk terus menggalakkan Gerakan Indonesia Sehat dengan mengusung 3 pilar yakni, move right (olahraga secara teratur), eat right (konsumsi makanan bergizi seimbang), dan drink right (konsumsi air minum yang mengandung mineral alami). Tiga pilar ini harus dijalankan secara seimbang agar kita bisa merasakan manfaat pola hidup sehat bagi kehidupan sehari-hari apapun aktivitas dan profesi kita.

Kehidupan masyarakat zaman now yang makin dinamis dan global kadang membentuk pola hidup yang tidak sehat. Buktinya, akhir-akhir ini makin banyak kasus gangguan kesehatan zaman now seperti stroke, tersumbat atau pecahnya pembuluh darah, tekanan darah tinggi, kolesterol maupun diabetes dan terjadi pada mereka yang masih muda. Gangguan kesehatan yang berasal dari pola hidup yang tidak sehat, terutama pola makan/minum.

Sebagai agent of change, masing-masing dari kita harus berperan aktif mengerakkan dan menyadarkan orang-orang lingkungan kita akan pentingnya pola hidup sehat. Sebagai Ibu, tentu peran kita sangat penting bagi pola hidup sehat di keluarga kita.

Menurut Pak Febri, ada 3 macam persoalan pola hidup sehat pada masyarakat. Yang pertama, mereka yang tidak peduli soal gaya hidup sehat meski katanya pingin hidup sehat. Yang kedua, mereka yang ingin hidup sehat namun tidak tahu bagaimana caranya. Dan yang ketiga, mereka yang ingin hidup sehat namun salah kaprah atau menjalankan pola yang tidak tepat. Karenanya edukasi kepada masyarakat harus dilakukan secara kontinyu.

Selain itu, edukasi dilakukan secara fun dan menyenangkan. Le Minerale mengadakan Le Minerale Water Run 2017 pada tanggal 26 November 2017 yang akan datang dengan konsep "Fun Run" yang diselenggarakan di FX Lifestyle Center Sudirman pada hari Minggu, 26 November 2017. Water Run ini terdiri dari 2 konsep yaitu 5K  Fun Run dan 2K Family Run.

Sebagai bagian dari kampanye Gerakan Indonesia Sehat ini, water run akan menjadi ajang yang fun untuk mengedukasi pentingnya hidup sehat yang salah satunya adalah move right yakni mewujudkan badan yang sehat dengan berolahraga secara teratur. Pak Febri menegaskan bahwa water run ini tidak semata-mata sebuat kompetisi tetapi lebih pada media edukasi secara fun sekaligus bermanfaat.

Aktivitas ini juga akan dilengkapi dengan kegiatan cek kesehatan gratis oleh IDI untuk para peserta. Untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya, sahabat Mom of Trio bisa mengunjungi: http://gerakanindonesiasehat.id

3 Pilar Gerakan Indonesia Sehat


Kita yang ingin menggerakkan hidup sehat wajib untuk menyebarkan informasi yang memadai kepada seluruh masyarakat melalui medianya masing-masing.

Sahabat Mom of Trio mau kan hidup sehat? Pastinya yaa!, yuk kita simak lebih lanjut apa sih 3 pilar untuk mewujudkan gaya hidup sehat:

Move Right


Pilar yang pertama menjelaskan jika dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, jangan lupa untuk memenuhinya dengan aktivitas fisik yang bermanfaat pada kesehatan. Kebutuhan aktivitas fisik bisa digambarkan dalam sebuah piramida. Pada level 1 di bagian bawah piramida yang paling dominan adalah aktivitas sehari-hari yang dijalankan setiap hari sekitar 30 menit seperti berjalan, naik tangga, dan aktivitas harian lainnya yang membuat tubuh kita bergerak. Hmm alhamdulillah nih, saya masih rutin lari naik turun tangga di stasiun dari rumah ke kantor setiap hari, ternyata bagus buat kesehatan fisik.

Aktivitas gerak seperti senam, jogging, bersepeda dan olahraga aktif seperti tenis, bola basket, sepak bola berada pada level berikutnya dan sebaiknya bisa kita lakukan secara rutin 3-6 kali seminggu selama sekitar 20 menit. Selanjutnya latihan kelenturan berupa peregangan yang dilakukan 3-7 kali seminggu selama sekitar 3 menit.

Adapun latihan kekuatan seperti latihan beban bisa dilakukan 2-3 kali seminggu selama 2 set. Naah jangan lupa juga hak badan untuk rileks yang bisa diisi dengan menonton TV atau Film, membaca buku, Nah blogging juga bisa banget jadi me time untuk rileks buat saya.

Jasmani yang bugar dan olahraga yang dijalankan dengan teratur dan rutin sesuai kelompok usia akan memberikan manfaat maksimal pada setiap levelnya. Untuk usia pra sekolah dan sekolah, olahraga teratur akan membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, dan intelektual, meningkatkan daya tahan tubuh yang lebih prima, dan menunjang konsentrasi belajar.

Bagi kita (ciyee, saya kaliii) yang berada di usia kerja produktif, olahraga rutin akan mendorong kualitas fisik yang mendukung produktivitas kerja dan membantu fokus kerja. Sebaliknya juga mengurangi stress menghadapi tugas rutin dan justru menjadi relaksasi tersendiri di tengah rutinitas kerja yang penat. Bagi usia lanjut, olahraga menghambat penyakit degenerasi dan secara tidak langsung meningkatkan usia harapan hidup.

Eat Right


Makan makanan yang berigizi secara seimbang. Porsi ideal satu kali makan itu komposisinya 30% makanan pokok, 30% sayuran, 20% lauk pauk dan 20% buah-buahan. Untuk konsumsi buah dan sayuran dianjurkan agar setiap harinya mengonsumsi 300-400 gram untuk anak-anak dan 400-600 gram untuk remaja dan dewasa.

Bagaimana dengan pedoman konsumsi gizi seimbang dalam sehari? Asupan protein baik nabati maupun hewani sebanyak 2-3 porsi, demikian juga dengan asupan buah. Sedangkan untuk asupan sayur 3-5 porsi. Untuk makanan pokok diasup 3-8 porsi. Jangan lupa minum air setiap hari paling sedikit 2 liter. Sebaiknya air tersebut mengandung mineral alami yang baik untuk tubuh. 


Selain itu yang juga penting diketahui, mengonsumsi vitamin sangat penting mengingat fungsinya sebagai pengatur yang bekerja sama dengan enzim dalam beberapa reaksi kimia untuk pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan dan reproduksi pada tubuh manusia.

Drink Right


Konsumsi air minum dengan jumlah yang memadai sangat penting bagi kesehatan. Air sebagai sumber mineral sangat baik untuk pencernaan, metabolisme tubuh serta membantu memaksimalkan penyerapan makanan dan vitamin dalam tubuh.

Kandungan air minum dengan mineral alami memiliki fungsi yang sangat signifikan dalam proses metabolisme tubuh seperti magnesium yang membantu proses pencernaan protein, sodium mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, potasium membantu fungsi otot dan syaraf, kalsium menjaga kesehatan tulang dan gigi serta bikarbonate memelihara keseimbangan PH darah.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Pak Febri, dr. Ulul juga menjelaskan pentingnya penerapan ketiga pilar secara bersamaan bagi kesehatan, “Untuk memiliki pola hidup yang sehat, setiap individu perlu melakukan olahraga yang cukup dan teratur setiap hari agar tubuh tetap segar dan proses penuaan dapat diperlambat. Selanjutnya, menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuhpun diperlukan dengan menjamin gizi seimbang untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Yang tidak kalah pentingnya adalah asupan air mineral yang berfungsi sebagai kofaktor dan katalisator bagi kerja organ-organ tubuh manusia.” ujar beliau. 



Lebih lanjut, dr. Ulul menggarisbawahi pentingnya pilar drink right sebagai faktor dalam menunjang gaya hidup yang sehat bagi setiap orang. Sebagai nutrien yang penting bagi tubuh, asupan air dengan kandungan mineral yang cukup akan sangat berpengaruh terhadap optimalisasi proses kimia dalam tubuh. Untuk mendapatkan jumlah yang cukup, selain dari buah-buahan dan sayuran, para ahli juga menyarankan untuk mengkonsumsi air mineral.

Ada 3 pesan kesehatan terkait dengan drink right ini yaitu:

1. air minum yang berkualitas mengandung mineral yang baik untuk tubuh;

2. air minum yang berkualitas tidak berwarna, tidak berbau dan mengandung mineral yang diperlukan bagi tubuh;

3. air adalah sumber asupan mineral yang penting selain dari buah dan sayuran.

Dr. Ulul meyakinkan bahwa air minum dengan kandungan mineral alami seperti air minum Le Minerale sangat baik untuk memenuhi kebutuhan asupan mineral bagi tubuh selain karena kandungan mineral alami dan memenuhi kualitas air yang baik yang tidak berwarna dan berbau, Le Minerale juga memenuhi kandungan ph air yang baik di kisaran 6,5 sampai 8. Le Minerale ada pada kisaran ph 7.

Hayooo sahabat Mom of Trio, sudah well informed belum niih dengan beragam info gaya hidup sehat tadi? Jangan lupa ya kalau sudah tahu, dipraktikkan dan konsisten menjalaninya. Hmm selfnote juga sih buat saya pribadi niih.

Nah kalau Reisa, Host di Acara Dr OZ Indonesia justru sharing tentang pola hidup sehat yang sudah rutin dijalankannya di tengah kesibukannya bahkan saat dalam kondisi hamil seperti sekarang ini. Rutinitasnya yang padat memang menuntut dokter cantik ini untuk berusaha lebih. Tapi beliau memang konsisten menjalankan move right, eat right, dan drink right.

Bahkan saat hamil, Reisa menyempatkan melakukan olahraga ringan. Untuk asupan gizi bahkan jadi perhatian khusus guna menjamin kebutuhan nutrisi bagi janinnya. “Untuk membantu tubuh tetap sehat dan tidak rentan terhadap penyakit, saya juga memastikan bahwa air minum yang saya konsumsi mengandung mineral alami yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti Le Minerale.” jelas Reisa. 


Reisa juga membiasakan mengonsumsi Le Minerale dengan jumlah yang cukup. Kebiasaan ini juga secara tidak langsung ditularkannya pada putrinya. Hmm sepanjang narasumber menyampaikan materi, saya memang penasaran sekali pingin pingin bertanya bagaimana tips agar anak-anak mau dan gemar minum air putih.

Soalnya PR yang chalenging banget nih supaya Trio Krucils mau minum air mineral atau air putih sebanyak-banyaknya setiap hari. Setiap hari mengecek botol minum mereka, “siapa yang minumnya habis hari ini?”, “Siapa yang masih banyak minumnya di botol?”

Sudah mencoba mengangkat tangan beberapa kali di sesi tanya jawab, tapi karena posisi saya di bagian samping panggung narasumber rupanya tidak terlihat moderator, selain memang peserta conferrence sangat antusias dan banyak yang mengajukan pertanyaan. Untung saja, pertanyaan saya dibahas pembicara saat ada pertanyaan yang terkait.

Oh iya, kembali ke tips mengedukasi anak agar gemar minum. Hal ini bisa kita lakukan dengan mengajak dan mencontohkan mereka dengan cara yang menyenangkan. Misalnya Reisa sering mengajak anaknya lomba minum air putih. Kompetisi yang menyenangkan ini memicu sang anak untuk mengonsumsi banyak air minum. Ketika mereka sudah terbiasa minum dengan jumlah tertentu meraka akn kehausan saat kurang minum sehingga dengan sendirinya akan minum didorong oleh rasa hausnya.

Dr. Ulul juga menambahkan bahwa penting untuk membiasakan memberi bekal minum air yang mengandung mineral alami untuk anak-anak sekolah. Gerakan ini bisa diusung oleh orang tua, pendidik, bahkan juga oleh dunia usaha seperti Le Minerale untuk mengusung gerakan minum air yang cukup bagi anak-anak sekolah. Sepakat banget nih dok!

Oke jadi sahabat Mom of Trio, yuuk jangan ragu jadi bagian dalam Gerakan Indonesia Sehat, Start Now!

3 comments :

  1. ini yang air minum
    kayak ada manis manis nya itu ya Tante?

    hehhee

    ReplyDelete
  2. Ternyata menjaga kesehatan itu mudah ya, cukup lakukan 3 kegiatan itu saja juga sudah cukup. :D

    ReplyDelete
  3. Terima kasih informasi sehatnya mbak, semoga saya bisa menerapkan 3 aktivitas sehat itu.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top