Wednesday, November 15, 2017

10 Tips SEO untuk Meningkatkan Page View ala Echa Imutenan [Blogger Tangsel Plus Meet Up]

tips-agar-pv-tinggi

Senengnya bisa belajar tentang SEO dan Page View (PV) dan kumpul bareng para Bloggers Tangsel Plus kemarin. Acaranya memang spontanitas dari percakapan di wag Blogger Tangsel Plus yang isi-nya para blogger yang berdomisili di Tangerang Selatan, Tangerang, dan sekitarnya. Berawal chit chat via wag dan diskusi ngalor ngidul akhirnya jadi juga ya meet up kemarin.



Sempat pake drama pindah tempat berkali-kali pulak hahaha. Seru aja, dinikmati aja. Saya sih datangnya agak telat dikit , karena sengaja sesampainya di BXChange saya langsung ke musholla untuk sholat ashar dulu. Kalau sudah sholat kan enak tuh, supaya gak terganggu pas menerima materi. Tapi untungnya pas gabung masih nyambung nih, secara baru saja membahas poin pertama.

Jujur saya kepo maksimal juga kok bisa yaa Echa ini dapet PV yang woww bingiits dan stabil pulak setiap bulannya. Hmm gak heran juga kalau performance blognya Echa juga selalu wokeh banget. Meski isi blognya hampir semua sponsored post tetapi caranya mengemas postingan dan juga konsistensi mempraktikkan SEO merupakan rahasia kesuksesan Echa. Rahasia yang gak jadi rahasia lagi karena Echa berkenan berbagi dengan kami. Makasih Echaa *ketjup bassaaah*

Oh Iya Echa is one of the most favorit Blogger Perempuan versi saya Lhoo. Baca di sini deh ulasannya.

Naah apa saja sih Tips SEO ala Echa? Siap-siap yaa catet dan praktikkan! #selftalk, #selfreminder

1. Mapping blog yang kita miliki, kalau bisa arahkan ke satu niche.

Jadi sangat penting untuk mengenali dan menyayangi blog kita. Kenapa? karena dalam hal blog merupakan aset yang harus kita jaga. Mengenali niche dan kemudian mengarahkan blog ke salah satu niche setidaknya membangun image kita sebagai blogger dengan kekhususan tertentu. 

Namun demikian jika blog kita tidak berniche khusus, tapi blog gado-gado atau semacam lifestyle maka tetap usahakan agar setiap tulisan di arahkan pada satu niche utama atau isu tertentu meski yang sedang dibahas mungkin bukan tema yang sama. Misalnya jika kita ingin dikenal sebagai blogger parenting, maka meskipun kita tengah membahas otomotif kita tetap menyajikan tulisan dengan gaya penulisan kita dan tidak meninggalkan aspek parenting atau family life di dalamnya. Ambil sudut pandang parenting dalam menulis otomotif. Misalnya bagaimana memilih mobil yang oke agar kita dan keluarga terutama dengan anak balita merasa nyaman selama perjalanan dan seterusnya.

Cara mengenalinya kecenderungan blog kita bisa dilihat dari keywords pengunjung atau pembaca blog kita. Ambil rata-rata atau kecenderungannya dan arahkan blog kita ke tema yangs ering dicari pengunjung ke blog kita tersebut. Untuk mengeceknya kita bisa melihat di dashboard, pada bagian statistik (untuk platform blogspot). 

Mengenai keyword ini juga akan membantu jika kita memasang adsense dan memperbaiki rasio pentalan atau bounce rate kita. Saat orang mencari infomasi tentang "breastpump" misalnya lalu mampir ke blog kita. Biasanya iklan adsense yang muncul juga tentang breastpump dan ini akan menarik pembaca untuk juga mengklik iklannya. Jadi selain mendapat PV kita juga bisa mendapat klik ads. 

2. Template yang seo friendly/mobile friendly


Kalau yang ini kayaknya semua sudah sepakat ya, Kenapa kita harus menggunakan template yang mobile friendly? Karena mayoritas orang menggunakan gadgetnya untuk mencari informasi. Jadi kemungkin pengunjung blog yang menggunakan gadget lebih besar sehingga kalau blog kita belum mobile bisa-bisa ditinggalkan pembaca karena loadingnya lama atau penampilannya kurang menarik. Pastikan saat membeli template untuk mengeck apakah template tersebut sudah mobule friendly atau belum. Jika menggunakan template bawaan maka pilih juga yang mobile friendly dan jangan lupa menyetingnya yaa.

3. Cari keyword yang sering dicari pembaca dan coba terapkan menjadi keyword di blog kita


Kalau bahasanya Echa, pakai keyword planner. Jadi sebelum melakukan postingan lakukan riset keyword terlebih dahulu. Bisa coba dicek melalui:


Atau yang paling simpel masukkan kata di google nanti akan muncul keyword yang umum dicari. Pilih yang
banyak dicari tapi yang sedikit saingannya. Kenapa? supaya tulisan kita bisa dipilih pembaca.

Keyowrd sendiri ada macam-macam. Ada yang pendek (short tail), ada yang panjang (long tail), keyword abadi atau keyword musiman. Semua punya kelebihan kekurangan masing-masing.

Echa menyarankan untuk memilih keyword yang abadi. Karena akan lebih sering dicari pembaca sehingga statistik blog relatif stabil naiknya. Untuk keyowrd musiman bisa jadi menaikkan PV dalam waktu cepat seperti membahas isu-isu viral tetapi biasanya akan ditinggalkan saat sudah tidak ngetrend atau panas lagi. Kondisi ini tidak baik untuk bounce rate kita. 

Yang harus kita ingat saat memilih keyword juga adalah bahwa keyword tersebut akan dicari oleh pembaca organik bukan sesama blogger. Karena tujuan kita menulis adalah untuk berbagi kepada khalayak ramai. Bukan hanya sesama blogger. Merekalah sasaran blog kita. Ini yang harus kita camkan di mindset kita.
-

4. SEO sederhana dalam postingan

Praktikkan SEO sederhana dalam postingan kita:

  • menaruh link di awal dan di akhir tulisan, 
  • sebarkan keyword di awal, di tengah, di akhir postingan,
  • biasakan menulis yang panjang di blog kita dalam kisaran 1000-1500 kata, atau paling minimal 750 kata, 
  • masukkan juga meta deskripsi dan jangan terlalu panjang cukup semacam ringkasan dari tulisan kita sepanjang 2 baris dan jangan lupa masukkan juga keyword di sini.
  • sesuaikan judul dan url postingan. Untuk platform blogspot kita bisa lakukan dengan mengubah link dari auto ke custom. Untuk judul dan url harus dimasukkan keyword. Sebaiknya url dan judul tidak terlalu panjang. Jika kita tidak customized url postingan akan terpotong dengan sendirinya karena hanya memuat  4 kata saja. 
  • ubah judul image sesuai dengan keyword dan juga atribue imagenya
  • buat subheading dalam postingan dan masukkan keyword di dalamnya
  • masukkan juga internal link dari postingan kita yang lain. beri pengantar kalimat agar pembaca tertarik mebuka link tersebut misalnya: 
Baca Juga Konten Makin Menarik dengan Gambar Yang Ciamik
  • masukkan  link tulisan kiya ke webmaster google,  dan submit link google dll. https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url https://www.google.com/webmasters/tools/googlebot-fetch

Untuk SEO sederhana ini Echa pernah menulis juga tentang 5 hal yang harus dilakukan sebelum publish postingan blog. Bisa dibaca langsung yaa, karena lebih lengkap plus contoh-contohnya. 


5. Share postingan

Boleh-boleh saja share postingan ke grup sesama blogger namun khusus untuk mendatangkan PV yang terdeteksi oleh GA (Google analytic) sebaiknya kita share ke temanatau group yang berbeda-beda, karena postingan yang dilihat oleh IP yg sama tidak akan terdeteksi oleh GA. Share juga bisa dilakukan di semua media sosial yang kita punya, facebook, twitter, IG, WA atau komunitas lain yang kita ikuti.


6. Gunakan FB Ads

Ada 2 cara menggunakan FB Ads. Syarat pertama untuk membuat FB Ads adalah memiliki FB Page. Ayo yang belum punya, buruan bikin yaa. Oh iya FBPagenya juga harus ngelink ke instagram yaa. Jadi pakai instagram yang business. 

- Boosted post  melalui FB Page

Pengunaan ads yang ini kurang efektif untuk mendatangkan PV atau lalulintas ke postingan/blog kita meskipun bisa kita gunakan untuk menaikkan jangkauan atau reach. Gunakan FB Ads yang satunya yaitu

- FB Ads managerhttps://www.facebook.com/ads/

Cara kedua ini lebih efektif. kita bisa buka di komputer/laptop atau PC dan bisa juga mendownload aplikasinya di smartphone. Tetapi untuk yang baru belajar sebaiknya gunakan PC agar bisa lebih mudah melakukannya. 

Yang harus diperhatikan adalah mapping siapa pembaca postingan kita yang kita tuju:  demoghraphy, interest (minat yangcocok), populasi, jangka waktu dan seterusnya.Pelajari retargeting, audience, look a like, conversion tracking. Proses trial and error dan mencoba-coba akan membuat kita semakin paham bagaimana mengoptimalkan FB Ads ini. Karena semakins ering kita gunakan kita akan semakin paham target yang kita tuju sehingga kemungkinan keberhasilan penaikkan PV akan lebih besar. 

Kunci untuk FB Ads ini juga adalah practice makes perfect kayaknya. jadi jangan berhenti di satu postingan saja. Terus mencoba dan menemukan polanya. Selain itu jangan lupa untuk ,memilih yang mendorong lalu lintas ke web/blog kita, karena di sana akana da beberapa pilihan.

7. Blogwalking

Sering-seringlah blog walking dan meninggalkan nama dan URL kita. URL blog yaa, bukan URL postingan. BW akan membantu menaikkan DA/PA kita.  Salah satu tipsnya sering blogwalking ke blog atau website yang memiliki DA/PA yang tinggi juga akan menaikkan DA/PA kita lhoo. Yuuk rajin-rajin  BW :)

8. Bersihkan broken link secara kontinyu

PR banget niih saya suka pusing dengan urusan membersihkan broken link. Padahal ternyata penting melakukannya secara berkala. cek di www.brokenlinkcheck.com/ lalu berdasarkan data dari sana kita bersihkan link-link tersebut di blog kita. Capeek? Iya sih tapi memang harus begitu.

Oh iya ini tips tambahan dari saya, untuk menghindari masuknya link hidup yang kemungkinan besar akan menjadi broken link saya sengaja memoderasi comment yang masuk. hasilnya cukup lumayan menjaga kestabilan DA saya. Karena saat ada yang memasukkan link hidup atau spam saya bisa langsung mendeletenya tanpa mempublish link tersebut.


9. Stop usil atau nyinyir ke sesama blogger

Stop JULID kata Echa. gak perlu dibahas panjang yaa. Sudah tahukan maksudnya? Iya, pliss jangan nyinyir aja gitu. Sesama bus kota dilarang saling mendahului #Eh. Karena hakikatnya sesama blogger harus saling mensupport kan ya? Ada waktunya kita membutuhkan bantuan blogger lain lhoo. Jadi, be have ya cyiiin :)


10. Konsisten menjalankan tips2 SEO tersebut

Naah ini PR paling besarnya. Seberapa serius kita mau mempraktikkannya dalam kegiatan blogging kita. Kunci kesuksesan Echa adalah karena konsistensinya dari beberapa tahun lalu menjalankan tips-tips ini. Itulah tak heran mengapa Echa masuk jajaran blogger hits yang selalu dilirik agency atau brand. Hmm yang pasti dalam hal monetize blog, Echa termasuk contoh sukses yang tidak lain berangkat dari konsistensinya menjalankan SEO dalam postingannya.

Oke bubar dari meet up jangan lupa dipratikin yaa. Jangan belajar doang #selftalk #selfreminer

Hiks jleb banget nih ke sayaa. Ophiiii  ayooo, Just Do it! Kalau kamu mau Duit #eh....

Selamat mempraktikkan ya sabahats...

Thanks to Echa for sharing, *ketjup basaaah lagi* Jazakillah Khair ya Say :)
Thanks juga buat teman2 Blogger Tangsel Plus to make it happens...

tips-agar-PV-naik
Blogger Tangsel Plus Meet Up & Sharing Echa, Photo by Mba Tuty/Mas Ono


12 comments :

  1. Yeeaaay udah tayang aja niih. Makasih rangkumannya yaaa. Sambil inget2 lagi buat praktik

    ReplyDelete
  2. Tipsnya oke bangettt, jd agak nyesel nih punya banyak blog dan ngga fokus ke satu niche blog. tp yaudahlah, seru banget ya kopdarnya, sayang gabisa ikut :(

    ReplyDelete
  3. Alamaaak, bnyk nian yg hrs bunda pelajari nih. Gak boleh lg pake istilah Slow but Sure,kudu pasang kuda-kuda.Ophieeee..beneran bunda bertanya pd diri, apa bunda bisa mengejar kekurangan bunda yg bejibun ini. Mantaaap postingannya, Phie. Pasti bunda berkunjung lg utk menyimak lagi.

    ReplyDelete
  4. keren mba aku baca makin tahu akan blogging yang paling ciamik dan bisa bikin pembaca betah berlama-lama dirumah web kita ya..

    ReplyDelete
  5. aiiih seru ya Ophi, alhamdulillah bisa belajar bareng Echa senang banget!

    makasih yaa postingannya ketjeh baday

    ReplyDelete
  6. Ramenya, seru sharing bareng2 gini. Dulu aku tiap hari ke BXC, sekarang super jarang ke Bintaro lagi. Ini aku baca beneran satu2 post blognya, makasi lho Mba udah ngeresume. Semoga kupraktekin beneran ilmunya, hehe.

    ReplyDelete
  7. Mba, aku makin baca makin bingung, wkwkw. Karena bahasanya awam banget buat aku, tapi malah jadi semangat belajar !!! Makasih ya mba ^^

    ReplyDelete
  8. Aku baru mau ganti template soalnya sulit dibuka di mobile. :'D Mbak Echa memang keren banget dah. :D Tips-tipsnya sangat berguna buat para blogger.

    ReplyDelete
  9. Suka kesel kalau buka blog dan cuma loading doang waktu dibuka di hp. Eh, blogku juga gitu ternyata, :'D Pengen ganti template.

    ReplyDelete
  10. makasih tips-tipsnya mba, tap PR bagi saya adalah konsisten nulis dulu karena yang paling penting update konten kan? hihi.

    ReplyDelete
  11. eaaa klo bahas seo endbre endebra aku langsung puyeng wkwkwk masih belum konsisten nerapin yg begininan mba ya alhasil blogku cuman gitu doank STD pisan :D makasih rangkuman ilmunya mba aku mau coba lagi aplikasikan ah

    ReplyDelete
  12. Mbaca ini aku jd ingat... Broken link ku bbrp bln blm tak tengok. Makasih mba..

    Tips2 nya berguna bnget

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top