Monday, December 11, 2017

Ragam Baby Carrier yang Bagus untuk Si Kecil Sesuai dengan Usianya


gendongan-bayi-bagus

Sama halnya dengan orang dewasa ada kalanya bayi harus diajak jalan-jalan keluar untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan mereka. Hal ini diupayakan untuk membuat si kecil terbiasa dan dapat bersosialisasi dengan orang lain. 

Banyak cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan sering mengajak si kecil untuk jalan-jalan pagi atau dengan mengajak mereka jalan-jalan sambil berbelanja ke mall. Untuk mempermudah dalam mengajak mereka jalan-jalan maka pastikan juga memiliki baby carrier yang bagus untuk si kecil, sarana yang satu ini digunakan untuk menggendong buah hati.


Banyak yang lebih mengenalnya dengan nama gendongan bayi, dalam berbagai bentuk dan juga fungsi. Alat tersebut nantinya akan mempermudah di dalam mengajak si kecil untuk jalan-jalan keluar. Baik itu di sekitar rumah atau untuk perjalanan jarak jauh. 

Waah ngomongin baby carrier atau gendongan jadi ingat beberapa tahun lalu saat Trio Krucils masih kecil-kecil. Alhamdulillah baby carrier yang saya pakai buat Ka Alinga super awet dan nyaman banget. Awet sampai bisa saya gunakan juga untuk Ka Zaha, bahkan Dek Paksi. Meskipun punya stroller tapi saya lebih sering menggendong mereka. Stroller kami agak besar dan lingkungan di sekitar kurang begitu nyaman menggunakan stroller. Palingan dipakai kalau ke mall.

Dengan baby carrier yang nyaman, bahkan saya bisa bergantian dengan Ayahnya krucils saat menggendong mereka tanpa takut baby kenapa-kenapa. Apalagi saat Ka Alinga dan Ka Zaha kecil yang usianya tidak terlalu berjauhan. Saat si Ka Al masih butuh perhatian saya biasanya Ayahnya mau juga menggendong Ka Zaha. Jujur saya takut menitipkan anak-anak apalagi masih bayi ke Ayahnya. Tapi kalau digendong dengan baby carrier, lumayan kekhawatiran saya bisa diabaikan. Selain menggunakannya praktis, aman, juga nyaman buat baby. Jadi Ayah yang canggung sekalipun bisa menggendong baby.  

Gimana cara mendapatkan baby carrier yang oke? Kita bisa membelinya secara mudah di pasaran. Hanya saja khusus untuk pemilihannya alangkah baiknya membeli yang paling aman dan juga nyaman digunakan. Pastikan juga untuk memilih yang sesuai dengan usia si kecil. Sehingga lebih nyaman untuk dipakai.

Sebelum membelinya ada baiknya kita juga mengetahui jenis-jenis baby carrier yang bagus disertai dengan penggunaannya. Maklum zaman now, bahkan gendongan bayi atau baby carrier juga ikut kekinian dan banyak ragam macamnya. Dengan mengenal jenis dan penggunaannya kita bisa memilih lebih tepat sesuai kebutuhan kita. Banyak jenisnya yang ada di pasaran, berikut ini diantaranya, yaitu:

1. Wofen wrap 

Jenis yang satu ini dikenal juga dengan nama kain tenun biasa, yaitu bentangan kain tipis yang biasanya berbentuk persegi panjang dan dipakai untuk gendongan secara tradisional. Banyak diantaranya yang merasa lebih nyaman menggunakan jenis kain yang satu ini karena memang lebih ringan untuk digunakan. Umumnya bisa dipakai untuk usia berapapun, mulai dari buah hati lahir hingga memasuki usia 3 tahun. Hanya saja diperlukan keahlian khusus untuk mengaplikasikannya dalam menggendong si kecil.



2. Kain elastik,



Jenis kain lainnya yang juga masuk dalam gendongan tradisional diantaranya adalah kain elastik ini, lalu apa yang membedakannya? Umumnya jenis kain yang satu ini jauh lebih empuk dan juga nyaman digunakan oleh bunda dalam menggendong bayi. Bisa digunakan untuk menggendong buah hati dari usia 0 hingga berat badannya mencapai 7-8 kg, jangan gunakan pada buah hati dengan berat badan dia atas tersebut karena sudah tak mampu menampungnya secara aman.

3. Ring sling


Dikenal juga dengan nama one shoulder carry, untuk alat yang satu ini bisa dipakai menggendong si kecil ketika usianya sudah menginjak 6 bulan atau lebih, karena mereka sudah bisa berpegangan kepada bunda, selain itu juga lebih aman untuk tubuh mereka karena tulang-tulangnya sudah mulai kuat. Kebanyakan bunda menggunakannya untuk jalan-jalan jarak jauh, karena lebih praktis dipakai.



4. Pounch


Jenis lainnya yang juga cocok digunakan untuk buah hati yang sudah memasuki usia di atas 6 bulan adalah pounch, ciri khasnya adalah berasal dari sebuah kain berjahit. Hanya saja kurang disarankan bagi para wanita yang memiliki masalah pada tulang belakang ketika akan menggunakan alat gendong ini, karena sepenuhnya beban akan menekan bagian tulang belakang.



5. Soft structure carrier


Seperti namanya gendongan bayi yang satu ini memang memiliki struktur yang sangat lembut sehingga nyaman untuk digunakan, nilai plus lainnya adalah dapat digunakan menggendong pada berbagai sisi, diantaranya adalah bagian depan, samping maupun belakang tubuh. Cocok dipakai oleh bayi dengan rentan usia mulai 4 bulan.

Naah Beberapa pilihan baby carrier yang bagus tadi, bisa banget jadi solusi untuk mempermudah Mommies dalam merawat si kecil. Lumayan membantu lhoo supaya si kecil bisa merasa nyaman dalam gendongan kita

2 comments :

  1. aku masih pakai jarik nih mba sampai anak kdua, jalan kmana aja. hihi dan nggak nyobain lagi gendongan2 yg hits di kalangan buibu..mungkin masih masuk yg nomor 2 di aku

    ReplyDelete
  2. Ternyata namanya ada macam-macam, ya? :D Aku paling nyaman pakai yang gendongan kangguru itu.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top