Monday, May 5, 2014

Bermain Untuk Tumbuh Kembang Anak

Bemain dan dunia anak, dua hal yang tidak terpisahkan. Banyak riset yang menunjukkan bagaimana pentingnya bermain bagi tumbuh kembang anak dari aspek fisik maupun psikologis. Bermain artinya melakukan sesuatu untuk bersenang-senang. Dalam kehidupan anak-anak, bermain merupakan hal penting karena menjadi sarana pendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan mental. Dalam konteks “mengasuh-mendidik”, perlu dirancang agar aktivitas bermain secara prinsip mendukung gerak otot besar dan kecil, serta merangsang aspek fisik dan emosi, baik secara mandiri maupun berkelompok. Bermain dalam kegiatan kelompok lebih efektif karena secara langsung melibatkan gerak semua otot dan tetap ada kesempatan untuk beraktivitas mandiri.



Melihat bagaimana sudut pandang anak memandang berbagai kejadian dengan mata kanak-kanak mereka dalam KIDS TODAY PROJECT, seperti tengah berada dalam tubuh mungil itu dan turut memaknai setiap peristiwa dengan kejujuran, kepolosan , kebahagiaan dan sekaligus pengharapan. Sudut pandang yang mungkin telah begitu lama hilang dari diri kita. Hilang karena kita terlanjur memaknai segala hal dengan egoisme kedewasaan kita. Lalu saya teringat pada tiga buah hati saya, Alinga (6,5 tahun), Zaha (5 tahun), dan Paksi (2,5 tahun).


Semoga saya akan tetap memberikan ruang yang cukup dan seluas-luasnya bagi mereka untuk menikmati dunia mereka, dunia bermain. Meskipun di sisi lain saya harus tetap menjaga ritme keseharian mereka dengan nilai-nilai yang tak kalah penting untuk tetap bisa menyiapkan mereka menjadi pribadi tangguh di masa depan. Semoga dalam kegiatan sehari-hari mereka, saya tidak merebut keindahan dunia bermain dari mereka, justru menjadikan bermain sebagai cara yang menyenangkan untuk menanamkan nilai-nilai tersebut.

Sesungguhnya saya merasa beruntung dengan usia yang berdekatan, membuat mereka bisa melakukan aktivitas bermain secara bersama-sama/berkelompok, yang selain berpengaruh terhadap perkembangan motorik juga terhadap pembentukan sikap sosial. Bermain harus menjadi bagian besar dari keseharian anak-anak di luar rutinitas sekolah yang juga masih bernuansa bermain. Bermain di dalam rumah dan di luar rumah. Bermain dengan teman-teman mereka di luar, maupun bermain bersama bertiga.


Saya sangat terbiasa, menemukan mereka dengan lecet kaki atau tangannya, entah karena terjatuh atau hal-hal kecil akibat keaktifan mereka bermain di luar. Saya tak bisa membatasi dan menahan mereka untuk mengekspresikan diri. Selama masih dalam batas kewajaran resiko jatuh, lecet, terluka ringan dan sejenisnya seolah sudah menjadi menu harian dari tiga bocah kecil nan aktif tersebut. Belum lagi masalah baju yang kotor, keringat, kaki, tangan dan badan yang kotor karena bermain di luar. Ahh bukankah itu bagian dari keindahan bermain, biarkan saja. Banyak solusi yang sangat sederhana untuk mengatasi hal tersebut. Tersedia deterjen pencuci pakaian yang tidak hanya menghilangkan noda bahkan membunuh bakteri, serta sabun cuci tangan dan badan yang juga tak kalah canggih.

Saya selalu teringat masa kecil saya sebagai anak kampung yang menikmati masa bermain dan aneka permainan yang jauh lebih beragam dan lebih seru dari anak-anak saya sekarang. Saya menjadi lebih permisif jika mengingat bagaimana masa-masa bermain begitu berkesan bagi saya. Saya tak jarang melibatkan diri menjadi bagian dari aktivitas bermain mereka dan rasanya tak kalah membahagiakan ternyata, coba dan buktikan saja . Lebih dari semua itu, pancaran kebahagiaan di mata mereka, ekspresi, gelak tawa mereka sungguh kebahagiaan tak terkira bagi saya, what such priceless moment


8 comments:

  1. Bermain memang seru. Apalagi buat anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh-kembang. Gak cuma sehat untuk fisiknya tapi juga mentalnya. TFS, Mak. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mak, bermain kan dunianya mereka... makasih sdh mampir mak

      Delete
  2. wahhh... kalo dah ngomongin anak pastinya setiap ibu speachless ... haru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hii bener bangetttt... makasih sdh mampir

      Delete
  3. Mudah2an kita smua slalu diberi ksehatan fisik dan mental agar bisa menemani anak kita bermain ya mak dan melihat se nyum mereka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin Ya Rabb.. doa yang sama yang selalu saya panjatkan mak. Apalah yg bisa kita citakan selain tetap diberi waktu dan kesehatan melihat mereka tersenyum ...

      Delete
  4. Senangnya anak2 kalau dibiarkan main di tempat terbuka ya MAk
    Ini lomba ya?
    Moga menang ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, bebas berekpresi dan berlarian. Iya ini lombanya Rinso KIDS TODAY PROJECT Mak, ayoo ikutan mak :)

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.