Monday, May 26, 2014

Percobaan Ilmiah Sederhana: Koin Mengapung di atas Air

Dengan antusias, Ka Alinga (6,5thn) mengajak saya dan adik-adiknya menyaksikan peragaan yang akan dilakukannya. "Ayoo bu, liat sini aku mau memperagakan percobaan ilmiah, koin mengapung di atas air.." Tentu saja saya segera mengikutinya dengan antusias. Sejak ikut "science club", sebagai salah satu kegiatan ekstra kurikuler di sekolahnya, Ka Al kerap membawa hasil karya "science"nya ke rumah..tampak bangga dan senang  sekali dengan karya-karyanya tersebut. 

Dulu sebetulnya saya lebih memilihkan "menari" sebagai ekstra kurikuler. Maksudnya supaya dia lebih berani tampil di depan publik, karena Ka Al sangat pemalu. Dia sendiri awalnya bilang mau ikut kelas melukis saja. lalu tiba-tiba dia lapor kalau dia memilih kelas science. Usut punya usut, ternyata karena beberapa teman dekatnya di sekolah juga mengambil kelas ini.

Minggu ini rupanya kelas science mengajarkan percobaan ilmiah bagaimana membuat sebuah koin uang logam bisa tetap mengapun di atas air. Hmm sayangnya Kaka tak bisa menjelaskan dengan pasti apa alasan ilmiah di balik kejadian ilmiah tersebut *halaaah*, yaa saya juga tak begitu paham kenapa :D maklum bukan anak IPA hihihi *ngeless*. Iya mungkin penjelasannya terkait denfgan berat bersih koin dan tissu, tap gak tahu deh... ada yang tahu kenapa???? boleh di share yaa.

Oh iya berikut langkah-langkah percobaan ilmiah tersebut yaa.. Supaya memudahkan petunjuknnya saya lengkapi dengan gambarnya. Sebetulnya saya rekam juga di video bb saya, tapi terlalu besar untuk di uplod ke youtube. *Halaaah ngeles lagi*. Sederhana dan bisa dipraktikkan dengan krucils di rumah, saya ringkas dalam 6 langkah :
langkah 1 dan 2


langkah 3 dan 4


Langkah 5 dan 6
 Selamat mencoba....

40 comments:

  1. wow... keren nih percobaannya! bikin penasaran soalnya :)

    ini jawaban ngasal saya hihihi --> mungkin awalnya berat koin uang logam di atas tisu, di atas mangkok air, menjadi dibebankan merata ke seluruh permukaan air, sehingga koin mengambang.
    terus, ketika tisunya diambil perlahan hingga menyisakan uang logam yang mengambang di atas air... hmm... itu kenapa ya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. whahahahah nah itu pertanyaan saya juga... coba deh dipraktikin langsung barangkali menemukan jawaban ilmiahnya hihihi

      Delete
  2. wahahahahaa ternyata koinnya mengapung gara2 ada tisu nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhoo tisu yang dibawahnya diangkat dan dibersihkan juga mas, dan setelah dibersihkan tisu2nya, koinnya tetap mengapung.

      Delete
  3. Keren.nih kak Al..saya juga bukan anak IPA hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya dia penasaran dan mencoba berkali-kali mak, dan akhirnya berhasil baru deh diperagain did epan sy .. *toss ah...bukan anak science tp pengamat ajah

      Delete
  4. kalau ada prakteknya begini, biasanya anak-anak suka cepet ngertinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, malah dia praktikin sendiri tuh di rumah...diulang penasaran smp akhirnya berhasil

      Delete
  5. kunjungan perdana dan salam perkenalan, silahkan berkunjung balik, barangkali berminat saya punya banyak vcd pembelajaran anak2, sangat cocok sekali untuk mengasah kecerdasan dan kemampuan anak serta membantu mendidik ,membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan ditunggu kunjungan baliknya, mohon maaf bila tdk berkenan ^_^ terima kasih

    ReplyDelete
  6. izin nyimak aja bu, salam perkenalan

    ReplyDelete
  7. Wah, menarik coba peragain ah sama anak2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, sederhana mak, bisa coba dipraktikin sm anak2

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. cukup menambah wawasan dan keteramilan anak , , ,

    ReplyDelete
  10. kereenn.. kayak nya sih,, karena awalnya ada tisu, jadi ada udara yang tersissa di bawah koin sedikit jadi bikin ngambang. #analisis_ngasal. salam kenal mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga. kayaknya mmg bgt ya logikanya

      Delete
  11. Wah subhanalloh... kereeen banget.. mau coba ahh.. sama keponakan.. terima kasih mbak..

    ReplyDelete
  12. Wuoh.. permainan ini bisa ga ya dipraktekkan ke anak umur 3 tahun, nyoba ah. Siapa tau udah gedenya jadi peneliti

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah boleh dicoba mbak...mereka pasti curious banget deh

      Delete
  13. Anak pasti seneng banget kalau dijaka buat percobaan kaya gini.. jamaku dulu percobaan yang paling keren cuma numbuhi kacang hujau aja hahah dan itu udah ngerasa keren sedunia wkwkwwk

    ReplyDelete
  14. bagus sekali bunda eksperimennya..salam kenal bunda.

    ReplyDelete
  15. Wah keren, bisa di pamerin ke adik ku ni, siapa tau dia tertarik sama ilmu ipa. Salam kenal mbak!

    ReplyDelete
  16. Wah keren, bisa di pamerin ke adik ku ni, siapa tau dia tertarik sama ilmu ipa. Salam kenal mbak!

    ReplyDelete
  17. Wah keren, bisa di pamerin ke adik ku ni, siapa tau dia tertarik sama ilmu ipa. Salam kenal mbak!

    ReplyDelete
  18. Wah keren, bisa di pamerin ke adik ku ni, siapa tau dia tertarik sama ilmu ipa. Salam kenal mbak!

    ReplyDelete
  19. Wah keren, bisa di pamerin ke adik ku ni, siapa tau dia tertarik sama ilmu ipa. Salam kenal mbak!

    ReplyDelete
  20. Wah keren, bisa di pamerin ke adik ku ni, siapa tau dia tertarik sama ilmu ipa. Salam kenal mbak!

    ReplyDelete
  21. kayaknya, ini perlu dicoba deh ama Kak Nawra

    ReplyDelete
  22. Wah, ide bagus. Kenapa ya kok bisa ngapung gitu? Penasaran juga ; )

    ReplyDelete
  23. Wuoh.. permainan ini bisa ga ya dipraktekkan ke anak umur 3 tahun, nyoba ah. Siapa tau udah gedenya jadi peneliti

    ReplyDelete
  24. wah...kreatif juga ya anaknya ....

    ReplyDelete
  25. Congrat to Ka Al ya bu.. atas berhasil mempraktekan ide kreatifnya.
    Saya turut penasaran deh.. dan berhasil juga dipraktekan anak saya, bukan bapaknya. Hahaha....

    Ada sedikit penjelasan si kenapa bisa mengambang. Kira2 begini alasannya:

    Koin itu bisa melayang walaupun massa jenis dari koin lebih berat dibandingkan massa jenis dari tissue. itu semua bisa terjadi karena tekanan yang diberikan oleh massa jenis koin (lebih berat dari tissue) sudah diwakili oleh tissue yang tenggelam dalam air. Sehingga koin dapat melayang. Hehehe...

    Salam semangat science deh buat ananda Ka Al..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.