Friday, October 10, 2014

Alhamdulillah...Rejeki Tak Kan Kemana: Kisah di Balik LapTop #BerkahNgeblog

Aihhh saya mau agak lebay dikit aaah...alhamdulilah niih secara hepi bingits begitu. Bukan soal hadiahnya semata, tapi bisa memenangi lomba blog sebagai juara pertama itu sesuatu banget buat sayah. Meski bukan sekali ini (alhamdulillah) saya memenangi lomba blog atau giveaway, namun ini kali pertama jadi juara pertama. *harap maklum kalo norak* Penilaiannya utama dilihat dari sisi menariknya tulisannya atau dari panitianya sejak awal menyebutkan bahwa pemenang pertama merupakan tulisan yang paling menarik. Hihiyyyy alhamdulillah.


Hmm trus ini pake ditulis segala ceritanya mau pamer atau lelebayan gitu??? *Hihi minjem basa sunda yaaa*. Alhamdulillah mudah-mudahan bukan mau lebayyy atau pamer sik. Ada kisah di balik kisah si pemenang pertama lomba #NOPalsuBlogCompetition yang diadakan oleh Toyota Indonesia ini.

Saya bersemangat mengikuti lomba ini karena memang punya modal cerita pribadi yang sangat aktual dengan tema lomba. Sependek pengetahuan saya, dari beberapa kali mengamati lomba atau giveaway, kemungkinan untuk  menghasilkan tulisan yang lebih oke dan membumi atau sesuai tema yang diminta adalah saat kita benar-benar punya modal cerita pribadi yang terkait dengan tema lomba. Jadi lebih enak dan mengalir kayaknya saat menulis, yaa gak terlalu iklan gituuu... atau terlalu lebayyy karena mau menang tapi lebih karena kita punya bahan yang cukup kuat untuk menulis. 

Jiyaaaah gaya banget yaa penjelasannya :p *maap ini dari sependek pengetahuan saya yaa, *sungkem sama para senior blogger yang sudah sering merajai lomba-lomba, dari kemenangan mereka jugalah saya belajar J.


Dan jujur meski selalu ada harapan untuk menang, saat itu saya lebih “nothing to loose” saat men-submit tulisan tersebut untuk ikut lomba. Jujur salah satunya karena saya tidak berhasil memenangi beberapa lomba yang baru saja saya ikuti dengan getolnya hahaha...*ketahuan deh banci lomba, habis gimana yaa...lomba-lomba itu kadang memunculkan sejuta ide di kepala dan membuat saya ingin menuangkannya dalam tulisan, rasanya asalkan saya cukup waktu maunya siiih semua saya ikuti :P

Singkat kata saya sudah tahu bahwa pengumuman pemenang  blog ini akan dilakukan dalam acara puncak penutupan IIMS aliat Indonesia Interational Motor Shows, di Kemayoran tanggal 28 September. Waah saya sudah punya jadwal sejak bulan Mei, di tanggal tersebut saya lagi jalan-jalan sama krucils ke pulau Belitung. Ah...GR amat sih bakal menang, ya sudah submit saja.

Waktu berlalu dan saya sudah lupa kapan tepatnya pengumuman lomba yang satu ini, *maklum banci lomba, ada beberapa lomba juga yang tengah saya ikuti pada waktu yang hampir bersamaan (dan tidak menang hehehe). 


27 September, siang itu saya baru saja mendarat di Bandara Tanjungpandan Belitung, menuju Hotel Billiton tempat kami menginap. Karena belum bisa check in, saya keliling melihat-lihat suasana hotel yang ternyata termasuk cagar budaya di Belitung, karena bangunan hotel merupakan peninggalan zaman Belanda. Saking repot sama krucils dan masih agak capek saya lupa menyalakan kembali handphone. saat tengah menunggu proses penitipan barang dan lain-lain, saya iseng menyalakan kembali handphone. tanda bintang pada kotak surat, lalu saya buka. Sms dari panitia lomba an Petra, bahwa  tulisan saya masuk dalam 10 tulisan paling menarik. Untuk mengetahui pemenang utama dan penyerahan hadiahnya saya diundang hadir di penutupan IIMS besok. Hmm antara senang dan bingung, karena dipastikan tidak bisa hadir.

Saya lalu menghubungi mba Petra bahwa saya tidak bisa hadir pada acara dimaksud. Pertanyaan inti saya: "apakah ketidakhadiran mempengaruhi penilaian atau penjurian terhadap tulisan yang sudah masuk nominasi?" Hikss saya baru sadar kok pertanyaan saya kePeDean banget yaak, seakan-akan memang bakal menang. :P Mba Petra menyampaikan bahwa ketidakhadiran tidak mempengaruhi penilaian, sekiranya tidak dapat hadir disarankan untuk diwakili. Hmm saya bingung, siapa yaa yang bisa diminta mewakili. Akhirnya saya pasrah, toh masuk nominasi 10 tulisan menarik saja berarti bisa menjadi 10 pemenang ke -2 dan mendapat hadiah BOLT, lumayan. Saat itu saya sudah berpikir posistif bahwa setidaknya saya punya harapan memenangi 10 hadiah kedua hihihi *pasrah dan PeDe*.


Keesokan harinya, saya sempat melihat timeline akun twitter Toyota dan melihat poto 3 orang (1 perempuan 2 laki-laki) dengan caption, inilah pemenang lomba #NoPalsuBlogCompetition. Hmm antara pasrah dan senang, saya mensyukuri hadiah BOLT. Saya benar-benar menerima kenyataan itu, *yang ternyata belum menjadi kenyataan, masih dugaan*.

Hari senin saya masih di dalam taksi dari bandara menuju rumah di Ciputat. Menemani 3 krucils yang tertidur lelap di kursi belakang taksi. Dek Paksi dalam pelukan tangan kiri, Ka Zaha merebahkan kepalanya di paha kanan, dan Ka Alinga yang terkantuk-kantuk di ujung kanan sampai akhirnya tak bisa menahan kepalanya dan rebah di kaki Zaha. Meski juga mengantuk, namun mata sulit terpejam terlebih saya sedang menikmati sakit kepala.

Mengisi waktu saya membuka handphone. Sebuah sms dari mbak Petra yang meminta saya sms balik saat saya sudah bisa dihubungi. Segera saya sms. Beberapa menit kemudian, saya agak terkaget-kaget dan sedikit tak percaya mendengar suara mbak Petra di sebrang sana yang memberi saya selamat. "Jadi, saya pemenang ke berapa mbak?"  HIksss saya masih belum nyambung, maklum setiingan di pikiran saya masih pemenang kedua mendapat BOLT. "Iya Ibu pemenang pertama bu.." "Ooh," saya masih bingung dan belum percaya dengan pendengaran saya. "Hmm soalnya saya lihat kemarin di timeline twitternya Toyota, sudah ada poto pemenangnya mbak, perempuan kok". "Ooh itu saya bu, mewakili Ibu, karena kan untuk dokumentasi jadi harus ada perwakilan yang mewakili" . Ahhh ternyata, lalu sekonyong-konyong, kantuk saya hilang (sayangnya sakit kepalanya tidak hilang), lalu dunia serasa lebih cerah, bunga-bunga sakura berterbangan di sekitar saya. *ngayallll, banguuuun*. "Selamat ya buu..."  "Bener ya mbak, aduuh makasih saya surprise banget niih".  Masih senyam senyum sendiri, si Ayah menimpali dari kursi depan taksi. "jadi, juara pertama nih bu?? dapet apa", "Lap top yah alhamdulillah".

Sekitar seminggu kemudian pengambilan atau penyerahan hadiah dilakukan di kantor PT. TAM di Sunter. Mba Erna dan Mba Manda dari Divisi CSD yang menemui saya, menyerahkan laptop dan boneka ala shaun, icon No Palsu. Terima kasih Toyota,  kita berpoto dulu aah untuk kenang-kenangan.

Hmmm mungkin ada yang mau tahu mana sih tulisannya, ada di sini yaa. Mbak Manda dari Toyota menjelaskan kalau tulisan yang menang dinilai paling menarik ceritanya, tidak bertele-tele, tidak terlalu panjang namun mengena pada tema yang diusung panitia. Alhamdulillah rejekinya si Ayah juga ini mah. Eh iya...itu harganya berapa ya si leppi, kudu dicek...bukan apa-apa meski kemarin gak nanggung pajak hadiahnya, tapi jangan lupa zakatnya. *semangattt*

66 comments:

  1. Pas Fenny menang jadi pemenang satu-satunya berhadiah smartphone itu juga modal cerita pribadi mak, kalau yang [belum] langganan juara kayak kita tuh memang berasa banget ya happynya :D btw, selamat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya...mungkin agak lebay tp gimana yaa, rasanya mmg happy banget ya say...xixixi

      Delete
  2. Selamat ya mbak, bagus banget tulisannya. Pantes jadi juara ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak Ika... aduuuh jd malu niih dibilang bagus sm yang langganan juara...makasih yaa *semangattt*

      Delete
  3. Wah hahaha lucu teh, kebawa deg2an deh. Selamat yak. Mudah2an laptop barunya bawa rejeki lebih banyak lagi. Amin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... makasih yaa, amiin...mudah2an manfaat itu laptop dan bikin berkah

      Delete
  4. Selamaat, selamaattt :)) Rezeki memang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa ya mak. Intinya, kita kudu berusaha dan bersyukur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak...iya alhamdulillah...kudu usaha dan jangan lupa bersyukur, betul banget mak nurul

      Delete
  5. Selamat, berkah ngeblog dapat hadiah, harus disyukuri ya mak

    ReplyDelete
  6. How nice... jadi semangat ngeblog terus...

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah Mak.. hihi
    selamat ya.. semoga diikutin menang-menang selanjutnya

    ReplyDelete
  8. kereen, selamat ya mba, jadi makin semangat ngblognya :D

    ReplyDelete
  9. selamat ya mak.. ikut seneng.. ^_^

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah
    Selamat ya Jeng
    Semoga makin semangat ngeblognya
    salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, makasih pakde...kalau pakde mah sudah langganan juara yaa...saya pan belajar banyak dr para jawara spt pakde

      Delete
  11. wow selamat mak... menuliskan pengalaman pribadi untuk lomba itu lebih asik ya gampang, gak perlu terlalu ribet nyari literature dan menang...rasanya luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, mengalir begitu saja...makanya rasanya hepiii bgt :P *masihlebay*

      Delete
  12. Selamat ya Mbak. Semoga berkah dan memacu semangat menulis terus! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, mudah2an berkah mas...*semangattt*

      Delete
  13. Alhamdulillaaah senengnya, seru baca cerita share pengalamannya :)

    ReplyDelete
  14. emang bagus koq tulisannya mak...selamat sekali lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak rodame... sy belajar dr mak rodame juga si langganan juara hehe

      Delete
  15. Alhamdulillah,
    Ikut lomba dan berharap meang itu wajar dan saya pun demikian. Minimal bisa utk penyemangat utk nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa alhamdulillah, semoga bukan jadi alasan utama menulis yaa...tp klo bisa dapet kayak gini, kenapa tidak ya???pun jadi makin semangat nulisnya

      Delete
  16. Huuaaaa...kereeennn.....
    Selamat ya mbak...makin smangat ngeblog pastinya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya mak muna...harusnya makin semangat

      Delete
  17. Wah, keren. Selamat, ya. Laptopnya keren banget! ^^ Ikut lomba blog untuk mengasah keterampilan. Kalau tidak menang, tetap ada efek jangka panjang yang menguntungkan. Semangat! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Haya, alhamdulillah. kalaupun tak menag...jadi lebih terlatih memang harus mengumpulkan jatah kalah dulu supaya tersida jatah menang ya mak...*semangat*

      Delete
  18. Selamat...lanjutkan ikut lomba2 ^^

    ReplyDelete
  19. Selamat kak , dan tingkat kan terus ya kak ziadah..

    ReplyDelete
  20. seeep daaah... emang hebat bi opia mah... teope begete

    ReplyDelete
  21. Wah senangnyaa... tapi saya kira hadiahnya mobil hehehe selamat Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...potonya hampir menipu ya maak...amiiin sapa tahu nti bisa dapet mobil ya maaak...makasih

      Delete
  22. Selamat Mbak Opie...turut senang... aku juga pengen bunga sakura bertebaran didepan mata, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah makasih say, iya serasa di negeri sakura tuh hihihi

      Delete
  23. Selamatt makk selamaatt ^^
    pengalaman pribadi memang jauuhh lebih berkesan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi makasih mak....iya lbh mengena gitu mak

      Delete
  24. selamat ya maak.. semoga mobil yg dibelakang segera menyusul :D

    ReplyDelete
  25. Selamat ya Bi Oph. Ikut seneng, ikut bangga. Hugs ^_^

    ReplyDelete
  26. Waah profisiat banget ya mak...kereeen (y)

    ReplyDelete
  27. wahh alhamdulillah keren dah mbak Ophie nie mantep abis dah ^-^.9 blajar dari para masternya

    ReplyDelete
  28. waktu baca tulisannya mak Ophi, yakin deh bakal menang... soalnya based on true story gitu... selamat ya, mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih say...mungkin karena mmg punya modal cerita yang nyata jd pede gitu yaa :P

      Delete
  29. Hiks, terharu bacanya. Mungkin giliranku suatu saat nanti ya. Amin :')

    ReplyDelete
  30. inspiratif banget,, jadi semangat ngeblognya ~_*

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.