Thursday, April 23, 2015

Demi Sehat, Berani Lebih Ribet dan "Aneh"

Saat memulai #BeraniLebih mengatur pola makan, tidak sedikit muncul  pandangan aneh, cibiran, atau sangsi terhadap apa yang tengah saya usahakan. Saya tidak jarang menghadapi sikap yang cenderung mengintimidasi terhadap pola makan yang saya jalankan.  Food combining,  pola makan yang dilakukan guna mendapat kondisi ideal tubuh atau homeostatis. Homeostatis adalah kondisi di mana seluruh fungsi tubuh berjalan dengan sempurna. Hal ini dilakukan tidak hanya dengan memperhatikan asupan yang kita makan terutama kombinasi zat makanan dan waktunya, namun juga bagaimana kita mencerna makanan.

Pola Dasar Food Combining, sumber gambar FB Group FCI
Pagi hari saya hanya mengonsumsi buah secara ekslusif sampai jam 12 siang sehingga sajian snack saat meeting saya skip. Saya dengan kesadaran diri malah membawa bekal sarapan buah sendiri ke ruang meeting. “ih...rugi amat sih”, “aih apa kenyang...”,  “eeh pagi-pagi makan buah/ngejus buah, gak sakit perut?”. Belum lagi jika meeting di luar. Saat yang lain coffee break, saya fruit break ajah.


Untuk makan siang dan makan malam,  biasanya  menu lengkap meliputi unsur karbohidrat, protein hewani,  protein nabati, serta sayuran. Naah, saat saya memilih menu versi karbo, maka saya akan menyisihkan protein hewani. Saat saya memilih versi  protein hewani, maka nasi yang saya skip. Sayapun hampir selalu membawa bekal tambahan berupa sayur mentah sebagai lalapan. Ini tidak lazim bagi kebanyakan orang, sehingga dianggap “aneh”.
sarapan pagiku - ekslusif buah segar

Bagi saya yang sebelumnya terbiasa makan cepat, jika perlu tak pakai dikunyah :D, yang paling menantang dari praktik food combining adalah kita harus menikmati proses makan dengan mengunyah makanan secara pelan-pelan dengan minimal 30 kali kunyahan dan memastikannya bercampur dengan enzim di dalam mulut. Pun sejujurnya tentang bagaimana kita seharusnya makan dan memperlakukan makanan ini masih menjadi PR besar bagi saya hingga hari. Tetapi saya mencoba #beranilebih menginvestasikan waktu saya untuk menikmati makanan yang saya asup. Karena tubuh saya berhak mendapat yang terbaik dengan cara yang terbaik.
air hangat +  jeruk nipis peras, my morning booster
Yang paling dianggap aneh adalah memulai hari dengan segelas air hangat yang yang ditambahkan perasan jeruk nipis atau lemon. Meminumnya saat mulut masih kering sebelum wudhu atau sikat gigi, pelan-pelan dan membiarkannya bercampur dengan air liur di mulut dan baru menelannya. “Ihh gak sakit perut apa??”, “kamu kan punya maag?”, “ Aneh!!”. Saya juga mulai berani melewatkan segala makanan pabrikan, ihh susah apalagi membiasakannya pada trio krucils saya. Perlahan, insyaAllah kami bisa, kami harus #beranilebih menjaga tubuh.

menu makanku
Hmm kok sampai segitunya supaya kurus?”. Mostly orang menganggap saya tengah diet untuk mengurangi berat badan. Padahal saya tidak kelebihan berat badan. Sejak melakukan pola makan sehat inipun berat badan saya stabil saja. Tapi yang jelas  gelambir lemak di beberapa tempat yang tidak seharusnya sudah jauh berkurang  dan itu saya anggap sebagai bonus semata. Bonus karena tujuan dan motivasi awal memang untuk menjaga tubuh dalam kondisi sehat. Yup sejak 4 bulan ini, saya sudah bisa “say good bye” pada vertigo, migrain, maag, alergi, batuk, dan pilek yang rutin datang. Obat-obatan pun sudah tak pernah tersentuh. Bahkan alhamdulillah mbah pijat langganan saya sudah  4 bulan lebih tak datang ke rumah. Sehat itu buat saya ternyata berangkat dari  pola makan, Untuk sehat kenapa tidak #beranilebih??? lebih ribet sekalipun, anti mainstream sekalipun.

Total 497 kata.

Facebook: OPhi Ziadah
Twitter: @ophiziadah
IG: @ophiziadah
G+ : Ophi Ziadah



38 comments:

  1. keren mak...hidup sehat mmg tricky ya jmn skrg...mau sehat ada saja yg komen hehe...tp gpp, karena mnjga kshtan adalah tgg jawab dri sendiri, jalankan terus mak! :-)

    soal yg mngunyah mknan lbh lama itu saya setuju bgt mak..saya jg lgi bljar lbh sabar mngunyah mknan nih hehe..krn mngunyah mknan terburu buru jg bs memicu asam lambung.

    sukses! salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mak...
      salam kenal juga yaa, makasih sudah mampir :)

      Delete
  2. waaahhh...sehat sekali mak...
    aku pernah waktu itu beberapa kali menerapkan food combining atas rekomen temen, tapi cuma tahan beberapa hari doang...lebih ke males sih susah kalau sudah lapar mak hahhaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ada yang salah dengan pola FCnya mak...karena dalam FC tdk ada takaran makan, sarapan buah, makan siang dan makan malam ya harus sekenyangnya...yang perlu dilihat hanya kombinasinya. krn klo lapar nanti malah ngemil yang enggak2...jadi pas makan harus kenyang itu prinsipnya

      Delete
  3. ribet sedikit gpp yg penting sehat ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang ngeliatnya ribet...tp lama kelamaan sy soh enjoy aja mak.
      Godaan utk cheating selalu ada tp ya sudah hadapi saja.
      Kapok sm Sakit2 yg dulu akrab

      Delete
  4. Aku udah lepas FC karena berangkat haji. Di sana mau makan sayur mentah mahal dan itu2 aja. Kalo buah sih muraaah. Tetep jeniper dan sabu2 sih sampe sekarang. Cuma maksi dan makmal yg gak konsisten.

    Jadi... two thumbs for you mak Ophi :)
    Moga sukses lombanya jugaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an sih konsisten terus mak hidayah. So far sy blm mengalami tantangan kyk yg mak hadapi. Saat tugas keluar kota kadang terpaksa harus cheating krn tdk bisa memilih tp sy selalu bawa jenj dan timun kemana2.

      Delete
  5. Kalo aku bukan masalah berani ga si mak cuma malesnya itu lho hehehe... trs rasanya klo sarbu pagi tu jd lemes gtu padahal pagi jadwal ngajar penuh. Gimana tu caranya mak biar ga lemes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarbu itu harus smp kenyang mak. Buah sifatnya cepat kenyang dan cepet lapar sehingga sarapan buah memang gak cukup satu kali smp jam 12. Saya biasanya smp 3 ronde. Jadi makan buah terus smp jam 12, jangan sampai lapar apalagi lemas. Variasikan juga jenis buahnya. Yg disarankan adalah buah yang manis dan matang pohon.

      Delete
  6. kereeenn bertahan dengan hidup sehat.
    aku hanya menjalankan beberapa minggu aja minum air jeruk nipis peras. Selanjutnya balik maning ke air putih aja. gara2 baca kl keseringan bikin email gigi menipis. aku stop aja.

    untuk buah sedang diusahakan lebih banyak.
    pernah sarapan buah doang.. eee jam 10 yaa makan nasi. wkwkwkw :D

    nice share maaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha dulu waktu blm paham FC sy juga begitu pagi sarbu tp siangan sikit maem yg lain... tp setelah paham konsepnya lbh mudah mempraktikkan krnnya. Utk Jeniper, sebaiknya setlah minum jeniper jangan langsung menggosok gigi mak. Kasih jarak

      Delete
  7. saya belum full menerapkan FC mak, pagi2 sih buah sebelum sarapan insyaallah diusahakan...semangat sehat mak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mak kania. Pelan2 semoga segera bs full karena efek.ke tubuh benar3 terasa klo sdh ful dan sesuai juklaknya

      Delete
  8. Mantab mak ophi mah fc nya..
    Gk pa2 deh ribet ya mak..yg penting sehat..
    Daku mulai ngurangin porsi nasi sih..biasanya sepiring menggunung..berkrang separuh..pelampiasannya ke buah...
    Yeayy..semangat sehat ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...
      Eh tapi maem buahnya jangan sesudah makan mak...
      Sebelum makan beri jeda sebentar.

      Delete
  9. Aku suka nyinyir kalau baca beginian tp bukan nyinyiri ybs loh, tp menyinyiri diriku sendiri. Miris, tepatnya wkwkwkkk. Soalnya dirumah ukuran jumbo semua. Aku coba FC nggak ada yg mau, alesannya di sekolah ribet kalau ke kamar mandi soalnya jam 6 udah berangkat. Sore maunya ada gorengan. Dah gitu ada utusan khusus eyangnya yg bbrp hari sekali nyetok susu sapi & harus habis. Siapa sih yg nggak pengin slim? Wwkkkkk syedih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah... mak lusi harus #beranilebih lagi dari sayah hehehe...tantangannya lebih berat. Tp mungkin motivasinya kurang kuat sy lupa cerita di atas eh tapatnya krn terbatas jumlah kata klo sy bergerak dan berani memutuskan berFC ken berminggu2 sakit kepala dan spt kena sinus. Yg ternyata bukan sinus tp alergim yg obatnya tisaknada hanya bs dicegah dg pola makan sehat. Ya sudah dr situ sy bismillah

      Delete
  10. Waaah barakallah Mak ..... mudah2an bisa menjalankan FC seterusnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin makasih mak Niar...iya semoga konsisten terus..semangaaat

      Delete
  11. heheh saya belum bisa coba FC, badanku masih kurus... sukses ya mak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha yang kurus maupun yang kelebihan berat badan sebetulnya dengan FC yg benar malah mendekatkan tubuh ke berat ideal lho mak. Banyak testimoni dr yg kekurangan berat badan juga soale

      Delete
  12. mak, kalo untuk puasa gimana mak? biar bisa full pas sahur n ga lemes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sahurnya bangun langsung air hangat + jeruk nipis peras. Lanjut makan buah trus boleh ditambah makan boleh versi protein hewani boleh jg versi karbo. Pilih salah satu kombinasi saja. Bukanya air putih suhu ruangan trus Lanjut makan buah. Sholat maghrib baru lanjut makan.

      Delete
  13. Hebat dirimu Mak Ophie...hidup jadi lebih sehat yaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. usaha sehat mak Lies... efeknya terasa sendiri soale, makasih mak

      Delete
  14. Food combining ini memang menarik dan membuat sehat, ya. Tapi saya rasanya malas menjalankannya karena tidak punya teman di rumah :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya awalnya juga sendiri, sekarang sudah berdua suami. Mudah2an anak2 juga bisa tertular.
      memang motivasinya harus kuat mak

      Delete
  15. Inspiratif banget maaaak...
    Aku di rumah udah sarapan buah, tapi kalo siang, beuh, masih apa aja dimakan. Ngemil mulu jugak. Dasar tukang makan banget sih x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... ngemil, itu tantangan tersendiri juga mak. dalam FC ngemil sebenernya boleh, tp ngemilnya ya... yang sehat juga, sayur hehehe... atau alpokat n bengkuang yg kategorinya sayur dlm per FC-an...
      kacang2an selain kacang tanah juga bisa jadi cemilan. yang jelas jangan cemilan pabrikan deh

      Delete
  16. keren mak. aku kok maju mundur cantik ya buat mulai ber-FC. bantuin dorong doong :D

    ReplyDelete
  17. Push push...dorong mak riweuh... maju maju cantik

    ReplyDelete
  18. aku belum berani nyoba fc lagi setelah jatuh sakit beberapa kali karena mencoba fc.. kurang tabah kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah kok bisa ya mak Ade, memang untuk yang kondisi badan dan sistem cernanya sudah "rusak" karena sebelumnya salah pola makan atau buruk asupan makannya, biasanya ada proses detok mak..
      tapi setelah itu akan dengan sendirinya memperbaiki kondisi badan.
      Mak Ade sudah sesuai dengan Juklak yang benar belum..karena memang ada yg sudah merasa ber FC padahal belum sesuai dengan juklaknya..jd memang harus menyeluruh, tidak setengah2 ber FC..
      semoga sehat terus ya mak..karena ikhtiar setiap orang dan jalan yang dietmukan bisa jadi berbeda meski tujuannya sama, yakni SEHAT

      Delete
  19. Saluut Bi. Aku nggak bisa sedisiplin ini. Eh belum bisa dink, jangan bilang nggak bisa ya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga masih belajar disiplin lhoo...
      Butuh kemauan yg kuat...
      Mgkn alasan sehat itu alasan terkuat aku yaa.
      Sehat smp tua...spy bs liat anak2 besar...insyaAllah amiiin

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.