Wednesday, June 17, 2015

Fun Blogging: Ngeblog Makin Fun

Meski sudah woro-woro dari seminggu sebelumnya tetep deh drama pagi gak bisa dihindari. Malam hari sebelum tidur bahkan izin sudah disampaikan ulang. “Ibu izin ya sayang, hari minggu besok Ibu mau pergi, belajar sama temen-temen Ibu yang pintar ngeblog, supaya Ibu pintar juga kayak mereka." Bangun tidur Ibu sudah menyelesaikan kewajiban, memasak dan menyiapkan sarapan dan makanan buat trio krucils dan Ayah selama Ibu pergi. Semua malas-malasan bangun, kecuali Ibu tentunya. Ya sudah yang penting Ibu sudah izin ya. Pagi Ibu sudah rapih, siap pamitan sama trio krucils yang masih malas-malasan di kasur bercanda sambil main Ipad. Diajak mandi, dicuekin. Diajak turun sarapan, ogah. Ya sudah, Ibu pamit lagi yaa, seperti Ibu bilang semalam, Ibu minta waktu hari ini mau belajar. “Ibuu ngapain sih pake belajar segala kayak anak kecil, bla bla bla...” Kakak-kakak masih tak rela. Dek Paksi bahkan merajuk dan menangis minta ikut. 
Yaaay seruuu...dapet goody bag juga dari Tokopedia


Sempat bertanya sama Cikgu Haya Aliya Zaki dan Shinta Ries, “bolehkah membawa anak?”. Jujur saat menanyakan ini sebetulnya juga tak yakin. Apa iya Dek Paksi bakalan betah di sana?? Sebetulnya sih boleh saja, tapi dengan pertimbangan tempat yang tidak cocok untuk anak-anak – banyak tangga – dan lamanya waktu acara, rasanya riskan membawa Dek Paksi. Hmm akhirnya dirayu dan negosiasi ulang. “Hmm Dek Paksi boleh ikut, tapi ngantar aja yaa. Nanti Dek Paksi pulang lagi sama Ayah. Soalnya Ibu belajarnya lama. Nanti bosan..” Lemah lembut Ibu menyampaikan proposal akhir. “Iya, Dek Pakci ngantel aja, nanti pulang lagi cama Ayah, tapi nanti beli ekim ya Bu..” “oh iya boleh beli ekim, tapi mamam dulu yang banyak yaa.” Deal!, alhamdulillah.
Trio Cikgu In Action
Tanpa kesulitan karena sudah ada bayangan di mana lokasi dari Fun Blogging 5 yang bakal saya ikuti. Sampailah kami di tempat. Kembali pamitan untuk belajar pada Dek Paksi dan langsung masuk ke gedung yang di bagian depannya tertulis jelas "Communicasting Academy". Yup, penyelenggara Fun Blogging Academy, Trio Cikgu begitu saya menyebutnya: Haya Aliya Zaki, Shinta Ries, dan Ani Berta memang kali ini mengadakan acara Fun Blogging gelombang ke 5 di salah satu pusat pelatihan di bidang komunikasi dan broadcasting. Posisinya sangat strategis di Jalan Arteri Pondok Indah, bagi yang menggunakan kendaraan umum sekalipun tidak akan kesulitan. Salah satunya dilewati Koridor 8 Bus Transjakarta jurusan Lebak Bulus - Harmony. Ada angkot dan juga Kopaja yang lewat sini. Yang jelas posisinya tak jauh dari Masjid Raya Pondok Indah atau Pondok Indah Mall deh.
Mejeng rame-rame di TV Presenter Room,
Poto milik Mak Liswanti

Saya datang tepat waktu. Meski begitu acara belum dimulai karena masih menunggu beberapa peserta. Kami belajar di lantai 3. Hmm lumayan yaa, untung tidak ber-high heel. Oh iya Fun Blogging ini bertema “Dari Hobi Menjadi Profesi”. Saya gak sabar dan tertarik sekali untuk bisa mengembangkan hobby blog saya menjadi sarana menambah pundi-pundi *mata ijo*. Kenapa tidak?? Toh sangat memungkinkan dan bukan hal yang mustahil. Kalo para Cikgu sudah membuktikannya kenapa tidak melakukan hal yang sama kan?? *semangatttt* Sambil terbayang wajah trio krucils, siapa tahu bisa ngeblog di rumah deket mereka tapi tetep berpenghasilan seperti atau bahkan lebih dari penghasilan saya sebagai PNS saat ini. *amiiin*
ala2 radio announcer

Acara kemudian dimulai, sesuai dengan jadwal sesi pertama dibuka oleh Haya Aliya Zaki. Materinya ditekankan ke arah content, "How to Write Great Content", bagaimana sih membangun konten yang berenergi, berisi dan menimbulkan engagement kepada pembaca. Buanyaak deh catatan saya di sesi ini. Beberapa catatan teknis mirip sih dengan teknis merumuskan norma undang-undang, semacam pentingnya tanda baca. Tanda baca menentukan makna kalimat. Antara titik dan koma atau tanpa tanda baca akan menimbulkan arti yang berbeda. Hal kecil yang wajib kita perhatikan untuk membuat tulisan kita sampai kepada pembaca sesuai dengan pesan yang seharusnya. Yang paling saya ingat sih catatan berikut ini niih, -secara saya tuh suka malas mereview draf yang sudah saya tulis dan akhirnya banyak typo atau kalimat yang belum nyambung hehehe. Ini catatan dan tips yang ngepas banget buat saya: “tulislah draf pertamamu dengan hati, lalu baca ulang dengan pikiran.” haisshhh kena banget kan??


Sesi kedua, saya siap-siap memasang telinga. Saya tak terlalu banyak mencatat, bukan karena tidak penting tapi karena banyak hal yang akan membuat saya agak-agak “lost in translation” dengan bahasa teknis yang disampaikan Cikgu Shinta Ries untuk tema "Advancing Your Blog Platform". Kebayang kan materi kayak apa yang akan Cikgu sampaikan? Saya mengandalkan bahan yang akan dibagikan via email. Sekarang dengarkan saja dengan penuh konsentrasi, begitu pikir saya. Sesi kedua ini tak kalah penting untuk membangun blog yang bisa menghasilkan tentu saja sudut pandangnya adalah sudut pandang teknis. Bagaimana supaya blog kita nyaman dilihat pengunjung, ramah SEO, bisa punya DA yang bagus. Naah yang terakhir nih, PR saya banget. Apaan tuh DA?? Ternyata adalah kepanjangan Domain Authority. Jadi kalau sebelumnya saya mengetahui ada alexa rank atau page rank, yang menjadi indikasi rangking blog kita ternyata ada “teknik pengukuran” yang paling update, yakni domain authority tersebut. DA ini menajdi salah satu faktor pertimbangan bagi klien yang akan memberikan job review kepada kita. 

Mejeng di ruang VIP
Sesi terakhir "How to Monetize Your Blog through Personal Branding" yang diisi dengan penuh canda tawa, sekaligus hangat oleh Ani Berta. Selain diselingi gurauan, Ani Berta dengan auranya membagi pengalamannya di dunia blog hingga mendapatkan pundi-pundi dolar yang sangat signifikan dan berkesempatan berkeliling Indonesia dan tentu saja berkontribusi pada dunia pendidikan dan sosial. Salah satu tips jitu yang disampaikan adalah bagaimana kita memaksimalkan sosial media dan networking untuk membangun brand dari blog kita. Ani menceritakan bagaimana ketelatenan dan kesepenuhhatiannya membangun jaringan dan branding dengan memberikan yang terbaik lewat tulisan-tulisan di blog telah membawa langkah yang sedemkian jauh dan bermakna. Sangat inspiratif buat saya. 

dilatarbelakangi Communicasting Academy, bareng Mba Melisa,
Poto milik Mak Evrina
Selain tiga materi utama, kami peserta Fun Blogging 5 juga mendapatkan 3 materi ekstra. Yang ketiganya bakal mendatangkan pundi dari ngeblog juga jika kita berminat. Ada Kredit Go Go, Tokopedia, dan tuan rumah sendiri Communicasting Academy. Presentasi dari Kredit Go Go dan Tokopedia membuka wacana saya bahwa memang menjadikan blog sebagai tempat mendapatkan penghasilan sangat memungkinkan. Kedua sponsor ini juga telah dan akan menjadikan para blogger sebagai rekan kerja dalam mempromosikan bisnis e commerce mereka. Keduanya memang perusahaan e commerece, Kredit Go Go lebih fokus pada semacam e- commerce bidang keuangan dan perbankan sedangkan Tokopedia merupakan on line marketplace yang menghubungkan konsumen dengan produsen dengan lebih mudah dan aman. 

Naah Communicasting Academy sendiri merupakan pusat pelatihan yang bertujuan membentuk seorang profesional di bidang komunikasi dan penyiaran. Beneran deh, salah satu keseruan Fun Blogging kali ini adalah karena kita bisa mendapat informasi tambahan tentang Communicasting Academy yang disampaikan dengan seru dan ceria oleh Mbak Melisa Cipow (mudah-mudahan gak salah spellingnya yaa). Iya Mba Melisa seru, ceria, kocak dan ramah banget. Bikin kita jadi betah berhaha hihi di sana. Bahkan di akhir acara kami diajak touring di gedung berlantai 5 ini. Ngapain?, yaa pastinya melihat berbagai fasilitas pelatihan yang lengkap dan sangat up to date dengan kebutuhan industri media saat ini. 

Meski bentuknya pelatihan, tapi akan terasa seperti sedang terlibat dalam suasana kerja yang sesungguhnya. Yup ada ruangan siaran radio, ruang studio TV, bahkan kami diajak masuk ke ruang VIP. Haisshhh serasa lihat ruangan Princess Syahrini yang mewah dan glamour ituuuh. Ternyata ruang VIP ini disediakan bagi public figure atau pejabat yang ingin belajar di sini namun dengan suasana yang lebih privat. Program apa sih yang ditawarkan?? Kamu bisa memilih sesuai dengan minat, bakat dan kebutuhan lhoo ada TV Presenter, Radio Announcer, TV Reporter, Interviewer, Master of Ceremony, dan Public Speaker. Sangat pas dengan kebutuhan industri media yang sedang nge-hits saat ini. 

Last but not least, yang membuat Fun Blogging 5 ini makin berkesan buat saya adalah karena finally saya bisa kopdar dengan beberapa blogger (banyak yang sudah kondang lagi, colek Mak Elisa Koraag, Evrina, Emak Riweuh, Liswanti, Winny, Anne, dan lain lain) tentu saja selain para Cikgu. You know what, my very first kopdar ini berkesan banget, seruuu dan saya makin semangat deh berbagi melalui blog. Jadi jangan ketinggalan yaa untuk next Fun Blogging, karena semua alumni akan berkumpul di FB Group tempat berkomunikasi, belajar, dan berbagi. Dalam FB Group tersebut juga akan selalu ada kesempatan-kesempatan mengembangkan diri dan pundi-pundi yang diinformasikan oleh para Cikgu.

Sampai di rumah saya disambut dengan pelukan dek Paksi. Saya mendapat pertanyaan dari Dek Paksi, “Ibu cudah belajalnya?”. Dengan dada penuh rasa bahagia dan terharu, mantap saya menjawab, “Alhamdulillah sudah sayang, waah makasih yaa Ibu dah boleh belajar, kamu pinter dan jempol deh” Peluuuuk, ciummm banyak banyak banyak. Love You sayang... Ibu belajar banyak hal hari ini dengan fun. Jadi...ngeblog kayaknya bakal makin fun nih.

23 comments:

  1. Wah..acaranya seru dan banyak manfaatnya ya mbak...
    Seandainya saya bisa ke sana..heu...heu..
    BTW makasih sudah sharing ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget say...
      Klo tempat n waktunya pas...
      Bisa ikutan...
      Manfaat bgt...bikin ngeblog lbh tearah

      Delete
  2. Wah asik yah semakin kece aja ilmu blognya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mak semoga sih begitu, tp harus dipraktikin jd gak cuma teori ajah nih *lirik daraf yg numpuk

      Delete
  3. senangnyaa bisa ketemu dirimu, mak. semoga kita bisa ketemu lg yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin, daku juga senang mak. sayangnya padet ya kmrn materinya jd ga bs ber haha hihi lamaa... tahu2 dah soree

      Delete
    2. akhirnya bisa ketemu sama mak Ophi, jadi ini tho mom of trio hehe, seru banget ya mak acaranya, kapan2 kita kopdaran lagi ya

      Delete
    3. Hahahaha iya mak ev...
      Ini lah akuuh mom of trio xixixi *benerin jilbab*
      Aku sih gak pangling sama dirimu maak. Secara persis sm poto2 di dunia maya hehehe.
      Hmmm ini toh mak Ev yg kreatippp ituuuh hehehe

      Delete
  4. Waah dek Paksi pasti seneng banget bunda yg ditunggu-tunggu akhirnya pulang juga hehehe. Sun sayang bwt dek Paksi yaaa. Senang bisa ketemu denganmu mak Ophi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi makasih ateu...
      Sun sayang juga dr dek Paksi

      Delete
  5. Seru ya Mbak Ophi...bisa mngikutin acara fun blogging...semakin banyak ya nambah ilmu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah nambah banyak ilmu2 perbloggingan mbak..
      Seneng bs ikutan

      Delete
  6. Seruuuuu ya mak. Di Banda Aceh gak pernah ada kegiatan blogger kayak begini, hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seruuu... ayo mak eki bikin atuh acara kayak gini hehehe... blogger Aceh kayaknya banyak juga yaa

      Delete
  7. Kapan nih fun blogging di Semarang, pengenn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger semarang kan banyak juga ya mak... ayo mak irits bikin atuh proposal ke para cikgu hehehe. Seru dan nambah ilmu

      Delete
  8. Hooh hooh yang Semarang kapan ya? Pengeeennn banget. Sambil nunggu ada acara ini bisa sambil belajar dari cerita Mbak ophi nih. Sambil benahin blog juga. terima kasih untuk sharingnya ya Mbak.

    ReplyDelete
  9. Hooh hooh yang Semarang kapan ya? Pengeeennn banget. Sambil nunggu ada acara ini bisa sambil belajar dari cerita Mbak ophi nih. Sambil benahin blog juga. terima kasih untuk sharingnya ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sering ngintip blognya para cikgu ini buat mempercantik content dan tampilan blog mak Ika, coba deh mampir ke blog mereka

      Delete
  10. Mba terima kasih sudah hadir ya, semoga bermanfaat dan jangan kapok ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 teh ani.... insyaAllah bermanfaat. Makasih sdh bagi2 ilmu

      Delete
  11. asiiiik, iri ih bisa ikutan..:) moga2 saya bisa ikut fun blogging suatu saat biar ilmu ngeblognya makin banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak alhamdulillah banget akhirnya bs ikutan. Smoga lain kali bs ikutan yaa

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.