Monday, July 13, 2015

Dengan Cermati, Memilih Pinjaman KPR Menjadi Lebih Mudah

Jujur, saya sudah merasa nyaman dan bersyukur bisa tinggal di rumah yang sekarang. Yang sekarang, memang dulu tinggal di mana? Jujur lagi, sebelum tinggal di rumah ini, setelah menikah setidaknya saya sudah tiga kali pindah rumah. Awal menikah saya dan suami masih tinggal di rumah kontrakan yang sejak zaman kuliah sudah saya tempati beserta adik dan beberapa teman. Tak lama setelah itu saya berkesempatan kuliah keluar negeri. Semua barang kemudian dipindahkan ke rumah yang dibeli secara cicil oleh suami saya. Yup hanya menyimpan barang-barang, karena baik sebelum berangkat maupun setelah kembali dari Melbourne saya kemudian tinggal di pondok mertua indah. Utamanya karena alasan anak. Hiks iya ibu dan ayah mertua,  saya titipi anak saya yang saat itu masih bayi.


Seenak-enak di rumah mertua, kami kemudian memberanikan diri untuk mandiri. Pindah ke rumah yang dicicil suami. Maklum saat itu masih single, rumah yang dipilihpun ukurannya agak kecil. Iya, kata suami disesuaikan juga dengan penghasilan dan kemampuan membayar uang muka. Ternyata tidak lebih dari dua tahun kami menempati rumah tersebut. Saat anak saya yang kedua lahir, kami mulai merasa bahwa rumah ini kurang memadai. Bukan hanya dari besar atau luasnya. Ternyata oh ternyata, air tanahnya tidak bagus. Padahal air merupakan pertimbangan penting memilih lingkungan tempat tinggal.

Sambil mencari pembeli yang berminat dengan rumah ini. Kamipun mulai mencari rumah idaman lain. Banyak pilihan ternyata. Masalahnya dengan kondisi keuangan kami, tentu banyak hal yang harus kami pertimbangkan karena kami tidak mungkin membeli secara cash. Mungkin yang sedikit membedakan, saat itu kami bisa menggabungkan sumber penghasilan untuk bisa menaikkan jumlah pinjaman dari bank. Saya sarankan teliti dan pertimbangkan sebaik mungkin dengan siapa kita akan bermitra untuk memiliki rumah. Cermati dengan baik penawaran dari masing-masing bank.

Setiap bank memiliki model penawaran KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang berbeda-beda. Jangan sampai salah memilih. Ibarat jodoh, agak sulit kita berpisah atau berpindah-pindah bank saat akad sudah ditandatangani. Bisa sih, tapi banyak persyaratan yang harus dipenuhi belum lagi kena penalti.

Untuk KPR, ada bank yang mensyaratkan sistem downpayment atau uang muka yang rendah, tapi perhatikan cicilan bulanannya. Sebaliknya, mungkin ada yang agak tinggi, namun kita bisa mempersingkat waktu pengembalian. Besarnya bunga antar bank dan jenis penerapan bunga juga harus menjadi perhatian berikutnya. Untuk yang ingin aman, bisa memilih bank dengan bunga yang flat namun biasanya beberapa bank dengan sistem floating juga memberikan promo bunga yang rendah dan menarik untuk beberapa tahun pertama.

Jadi bingung??? Jangan... karena saat ini jauh lebih mudah bagi kita konsumen untuk bisa mempelajari profil dan penawaran dari masing-masing bank. Caranya??? Cermati  profil dan penawaran masing-masing bank yang menawarkan KPR. Hmm harus datang ke masing-masing bank dan bertanya pada marketing mereka??? *fyuhhhh lap keringat*. Dulu sih zaman saya hunting rumah ya begitulah yang terjadi.

Sekarang?? cukup duduk di depan komputer atau lap top lalu ketik cermati dot com. Setelah itu kita bisa melihat berbagai pilihan informasi yang kita butuhkan. Pilih  sesuai dengan kebutuhan. Untuk mencari informasi KPR, klik pinjaman, lalu pilih Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR.  Selanjutnya kita bisa melakukan langkah-langkah untuk membandingkan, memilih,  dan mengajukan KPR secara mudah dan cepat.

Membandingkan, memilih dan mengajukan KPR di satu tempat

Kita bisa memilih apakah mencari Rumah, Apartemen, atau Ruko. Pilih sesuai kebutuhan. Saat ini misalnya, untuk KPR yang membiayai pinjaman rumah terdapat sekitar 58 Bank. Kita bisa melihat daftarnya untuk membandingkan satu sama lain. Ada setidaknya tiga indikator yang bisa membantu kita membandingkan dan memilih yaitu: besarnya bunga, lamanya periode fixed, dan uang muka minimum. Jika ada profil atau penawaran yang tampaknya menarik dan sesuai kita bisa klik informasi selengkapnya untuk mendapat info lengkap tentang penawaran tersebut lengkap dengan simulasi dan infomasi berbagai biaya lainnya. Pelajari dengan baik agar kita bisa membandingkan dengan benar.

Untuk membantu penyaringan kita bisa menggunakan feature "Penyaringan KPR" yang ada di bagian kiri website. Kita bisa menemukan pilihan lebih spesifik dengan menentukan beberapa batasan atau indikator sesuai dengan yang kita cari. Apakah kita akan mencari rumah baru atau second.? pilih salah satunya. Kemudian berapa jumlah kredit, tenor kredit, status pembiayaan, luas tanah/bangunan ,dan periode fixed. Misalnya kita ingin mencari rumah baru, dengan jumlah kredit 600 juta rupiah dengan tenor sekitar 15 tahun untuk pembiayaan pertama, dengan luas bangunan di atas 70m2 dan dengan periode fixed satu tahun. 

Setelah dilengkapi semua kriteria, akan muncul berapa jumlah bank yang sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Untuk kriteria tadi misalnya, hasilnya terdapat 29 bank yang sesuai dengan kriteria. Selanjutnya kita bisa benar-benar mencermati penawaran masing-masing bank. Kita pertimbangkan masak-masak dan KPR bisa kita ajukan secara online.

Luar biasa mudah dan lengkap bukan?Memang CERMATI sangat membantu para pencari informasi finansial karena CERMATI merupakan perusahaan start-up yang bergerak di bidang teknologi finansial. Sehingga fokus perusahan ini adalah menjadikan informasi finansial lebih mudah diakses dan lebih berguna bagi setiap orang dengan menggunakan platform teknologi. Kalau masih belum yakin, ayoo buruan kunjungi websitenya dan buktikan sendiri. 


19 comments:

  1. Masih bingung dengan cermati ini. Dia hanya menyediakan informasinya saja ya? Bukan penyedia KPRnya kan

    ReplyDelete
  2. Iya dia penyedia informasi mak. Klo penyedianya tetap bank2. Tp bisa diajukan melalui cermati mak. Jd mrk menghubungkan konsumen dg produk2 perbankan dan keuangan

    ReplyDelete
  3. Web yang bagus ya mbak untuk membandingkan produk2 perbankan. Jadi gak salah pilih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sangat membantu untuk referensi kita mencari informasi finansial yang kita butuhkan

      Delete
  4. Iya, Mak, Cermati memang membantu banyak orang yang butuh informasi perbankan dan finansial. Aku juga nanti kalo butuh advise mengenai perbankan dan finansial, pasti langsung obrak-abrik Cermati...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak banget informasinya mak. jadi cukup satu tempat kita bisa dpt info yg kita butuhkan

      Delete
  5. cermati.com memang sangat membantu ya mbak

    ReplyDelete
  6. bener mak, dulu juga waktu nyari2 rumah harus satu satu datang k bank minta penjelasan, sekarang mah tinggal duduk manis konsultasi depan komputer ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya sekarang mestinya jauh lebih mudah ya mak..inget dulu kudu muter2 hahaha *nostalgia

      Delete
  7. Salam kenal mak.. memang skrg informasi apa saja bsa dgn mudah didapat, termasuk juga untuk urusan perbankan yg disediakan cermati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul...sangat membantu kita yang tidak punya waktu untuk keliling cari info hahaha

      Delete
  8. Saya belum ingin membeli rumah dari KPR. Takuut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk beberapa orang yang tak bisa membeli secara cash, sperti sayah hehehe. KPR sangat membantu mak. Klo ga nyicil gak akan punya rumah karena harga properti naik terus

      Delete
  9. Apakah cermati nanti bisa membantu proses sampai deal mbak? Kadang kan ditolak sana-sini dulu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicoba mbak..kalo mereka punya jaringan dg bank-bank tersebut harusnya jadi lebih dipertimbangkan yaa

      Delete
  10. pengen juga kpr tapi...kayaknya kudu nunggu cicilan lainnya lunas --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo nunggu terlalu lama harga propertynya makin melambung mak. Mmg mestinya sih didahulukan KPR. Klo kayak kendaraan lambungan harganya gak sebombastis property

      Delete
  11. bener bener harus cermat ya emang kalau kita kredit ya mba,,,aku juga jadi buka buka cermati itu biar tau lbh dalem soal keuangan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.