Monday, August 17, 2015

Kemeriahan HUT RI ke-70 di DPR

Menyambut HUT RI yang ke 70 tahun ini serasa ada nuansa yang berbeda dari peringatan HUT RI sebelumnya di DPR. Rencana berbagai kegiatan menyambut ulang tahun RI yang ke 70 kali tampak lebih meriah. Mulai dari pembukaan -kembali- museum DPR yang sempat ditinjau bersama oleh Pimpinan DPR dan Presiden Jokowi pada tanggal 14 Agustus selesai pembukaan masa sidang DPR, pembacaan pidato kenegaraan dan penyerahan RAPBN.

Credit: Laily Fitriani



Pada tanggal 16 Agustus dilakukan berbagai kegiatan lomba layaknya peringatan HUT. Menggelar pesta rakyat di komplek DPR Senayan,  selain lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak usia TK dan SD yang diikuti sekitar 600 anak, ada lomba catur simultan yang dikomandani salah satu anggota DPR yang merupakan atlit catur nasional, Utut Adianto. Nah lomba yang paling seru dan menarik perhatian adalah lomba panjat bambu betung. Yang membuat makin meriah adalalah berbagai stand jajanan gratis.

Credit: Laily Fitriani

Ide lomba panjat bambu betung ini diusulkan wakil ketua DPR Fadli Zon. Awalnya memang diusulkan lomba panjat pinang. Namun lomba panjat pinang sudah biasa dilakukan sehingga jika ingin memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia atau MURI harus ada lebih dari 2000 batang pohon pinang untuk dipanjat.

Credit: Laily Fitriani


Waah banyaknya...itu jika ingin memecahkan rekor sebelumnya. Wakil ketua Fadli Zon kemudian mendapat ide untuk mengganti batang pinang dengan bambu betung. Nah untuk yang ini memang ide orisinil dan belum pernah ada sebelumnya. Akhirnya lomba panjat 70 batang bambu betung dipilih sebagai lomba HUT RI tahun ini sekaligus memecahkan rekor MURI.

Lomba terbuka untuk umum. Satu batang pohon diikuti oleh 5 orang peserta. Hadiah yang disediakan panitia juga cukup menggiurkan mulai dari tas,  barang elektronik, sepeda hingga sepeda motor. Semua hadiah merupakan "patungan" dari 10 Fraksi di DPR dan sponsor dari Bank Mandiri.

Credit: Laily Fitriani

Lomba dibuka langsung oleh Pimpinan DPR Setya Novanto, Fachri Hamzah dan Fadli Zon. Dihadiri langsung oleh Jaya Suprana dari MURI. Lomba panjat 70 batang bambu betung ini resmi melahirkan rekor baru di tingkat nasional, bahkan di tingkat internasional. Mengingat lomba panjat bambu betung merupakan lomba pertama dari ide orisinil. Kemeriahan sangat terasa saat 70 batang bambu betung mulai dipanjat secara bersama-sama oleh masing-masing 5 orang peserta. Hadiah yang menggiurkan memicu semangat para peserta.

Lomba panjat 70 bambu betung ini sangat meriah dan menarik minat masyarakat umum mengingat lomba terbuka untuk umum. Suasana ramai dan riuh sangat terasa di lapangan golf mini samping gedung Nusantara saat lomba dilaksanakan. Setidaknya pesta rakyat betul-betul terlaksana dalam momen ini.

Credit: Laily Fitriyani

Kemeriahan peringatan HUT RI di Senayan masih akan berlanjut. Pada 17 Agustus, akan ada upacara bendera bersama pimpinan dan anggota DPR beserta seluruh pegawai di lingkungan DPR/DPD/MPR RI. Upacara bendera biasanya hanya diikuti oleh para pegawai di lingkungan Setjen DPR/DPD/MPR RI saja. Namun kali ini akan diikuti juga oleh beberapa pimpinan dan anggota DPR.

Beberapa hari selanjutnya masih akan ada kegiatan lain seperti donor darah, pameran photo dan ditutup dengan pagelaran  wayang kulit yang akan mendatangkan dalang Enthus Walikota Tegal.

Dirgahayu Republik Indonesia,  peringatan dan kemeriahan menyambut hari ulang tahunmu semoga bukan sekedar kamuflase namun memberi makna lebih akan kesadaran warga bangsa ini untuk selalu mawas diri dan meningkatkan diri menjadi lebih baik setiap waktu.

Tulisan disertakan dalam Lomba Blog HUT RI ke 70 Kemkominfo

33 comments:

  1. 70 tahun Indonesiaku semoga merdeka dalam arti yang sesungguhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin semoga ya mak...masih banyak PR utk bisa merdeka yg sesungguhnya

      Delete
  2. seru tuh lomba panjat bambunya, ramee, hadiahnya juga bikin ngiler :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Rame bangeeeet...
      Hadiahnya juga uhuyyy motor n sepedanya ituu... Blm lagi barang elektronik

      Delete
  3. ya ampuun seru amaat yaa, bener2 pesta rakyat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak rame pake banget... Biasanya yg ngumpul di senayan kan politisi pejabat ini banyak masyarakat umum. Dan bukan lg demo hahaha

      Delete
  4. Waaah...
    Hadiahnyaaa

    Ini asli permainan tradisional Indonesia yah.
    Budaya kita keren-keren.

    Tinggal kita promosikan dengan baik yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hadiahnya bikin mupeng nih... Lumayan bingiitss

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Wahhahhahahahha ngakak banget deh :D Asik banget acaranya :D

    ReplyDelete
  7. Panjat bambunya keren banget. Apalagi sekaligus 70 bambu. Pasti rame dan seru banget ya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak...makanya masuk MURI seru dan rameee

      Delete
  8. Replies
    1. Di sana bikin panjat apa dung mak Indah... Jangan panjat apartemen yaaks.

      Delete
  9. Seru banget ya apalagi hadiahnya lumayan lah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mba... Lumayan ada motor sm sepeda lho...ga k digantung di atas motornya

      Delete
  10. Yang seru kayaknya lihat panjat bambunya ya :)

    ReplyDelete
  11. Serunyaaa... berasa ikutan jadi penonton. Ini masyarakat bebas nonton ya mbak, nggak harus dapat undsngan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas mak... Ga harus undangan. Pesertanya juga bebas yang penting daftar

      Delete
  12. Hadiah panjat pinangnya kira2 apa ya #pnasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panjat bambu betung bukan panjat pinang..hadiahnya macem2

      Delete
  13. Replies
    1. 70 batang bambu masing 5 orang jadi berapa orang deh tuh... Ramee blom lagi yg nonton

      Delete
  14. Panjat pinang memang sangat disukai karena ada unsur hiburan dan banyak hadiahnya
    Terima kasih sajiannya yang menarik
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini panjat bambu betung lho de... Klo pinang ga bs masuk muri

      Delete
  15. Lomba paling seru saat HUT RI tu Panjat pinang. Liat mereka yang ikut berusaha naik itu bikin greget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gak kalah seruuu. Sama deh kyk panjat pinang hahahah

      Delete
  16. wah biasanya pinang yang dipanjat ini bambu mana tinggi banget tiangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanya ini masuk muri..krn baru kali ini pake bambu betung

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.