Friday, September 4, 2015

Segarnya Olahan Ikan di RM Paotere Makassar

Ke Makassar tanpa menyempatkan diri menikmati olahan seafoodnya terutama Ikan dan spesifiknya lagi Kepala Ikan rasanya kurang sempurna. Makassar punya beragam masakan ikan berkuah dengan berbagai cita rasa yang masing-masing khas dan sangat menggoda untuk dinikmati. Selain itu tentu saja Ikan bakar, beragam jenis ikan laut.


Salah satu tempat recommended untuk menyantap ikan segar dengan cita rasa yang otentik adalah mendatang sebuah rumah makan di daerah pelabuhan tradisional di kota Makassar. Paotere, demikian nama rumah makan yang meski sederhana namun sudah dikunjungi banyak nama terkenal seperti SBY dan para selebritis negeri.

Paotere yang menyajikan ikan-ikan segar dan seafood lainnya yang siap kita pilih untuk dibakar dan disantap. Saya tidak hafal nama-nama ikan laut tersebut, tapi saya tahu beberapa kakap, bawal, kuwe, bandeng. Biasanya ada udang dan cumi. Sayangnya hari itu kami datang agak larut, hanya tersisa ikan. Pun di musim kemarau ini agak sulit mendapatkan udang dan cumi. 



Baiklah itu tidak mengganggu selera, perut yang lapar dan harumnya ikan segar yang terbakar... kombinasi yang sangat sempurna untuk menyantapnya. Hajjjaaarr... Saat kami duduk menunggu Ikan-ikan pesanan selesai dibakar, datanglah mangkuk hijau dengan sayur bersantan. Ups rasanya kami tak memesan sayur lodeh?? owh ternyata hidangan pembuka sebelum makan ikan di sini. Lalu tersajilah beberapa sambal segar, ada sambal kacang, sambal rica berupa irisan tomat hijau yang segar dan potongan cabai, lalu sambal kecap. Yang tak kalah menggoda adalah otak-otak yang montok dengan rasa ikan yang lezat dan sambalnya yang mantap.



Keseruan lainnya adalah saat gelas minuman yang dipesan datang, ukuran gelas yang jumbo membuat kami tertawa. Woww gelas apa gentong hahaha. Berbagai hidangan ikan mulai disajikan. Ikan-ikan laut yang dibakar tanpa bumbu layaknya di tempat lain. Polos, namun justru dengan tanpa bumbu sari manis dari ikan-ikan laut itulah yang saya temukan di lidah, mantap. Saya percaya, ikan sebetulnya sudah memiliki cita rasa yang nikmat tanpa dibumbui sekalipun. 


Saya sudah sering membuktikannya. Kali ini saya kembali mendapati manisnya daging ikan bandeng, kakap, dan kue yang manis. Rasa manis datang dari kesegaran ikan. Pas dicocol dengan salah satu jenis sambalnya. Boleh juga coba memadu madankan sambal-sambal tersebut. Tapi kesegaran sambal yang tidak menutupi rasa manisnya ikan. Justru menjadi paduan rasa yang sulit dilupakan di lidah. 


Mari kita lanjut ke hidangan berkuah. Ikan-ikan yang dimasak di dalam kuah segar dengan berbumbu mininalis yang bening. Rasanya segarnya kembali tak mengurangi kemanisan ikannya. Kembali kita dibiarkan menyesap rasa asli dari ikan-ikan yang segar itu, rasa manis yang subhanaAllah, Ladziiiz. manisnya ikan bandeng dalam kuah asam segar, Pallu Mara. Sop kepala ikan kakap yang tak boleh dilewatkan. Hmmm, jadi jangan lewatkan segarnya olahan ikan di Makassar, mampir di Paotere. 


18 comments:

  1. wah yummy banget tuh.... menggoda selera...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yummy pake banget mas...
      Ikannya deh kayaknya rahasianya yg bikin menggugah selera

      Delete
  2. Waduh... menggoda nih. Penasaran dengan rasanya. Dan itu, yang ijo-ijo itu, segeeeeer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ijo2 rasanya seger2 asem gitu mak nia. Cucok buat di cocol ikan yang juga seger...

      Delete
  3. I loooooooovvveeeee seafood ..apalagi deket pelabuhan pasti ikannya seger2 banget ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba...
      Klo aku bilang rahasianya di ikannya yang bener2 seger deh. Makanya rasanya manis meski gak dibimbui

      Delete
  4. wowowow...
    kayanya enak banget kui ...
    pengen coba tapi jauh , mungkin lain waktu..
    salam kenal
    sutopo blogger jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha enak pake banget mas.
      Makasih sdh mampir.
      D
      Salam kenal juga yaa

      Delete
  5. Wah3x bunda tuh paling suka sama sop or gulai kepala ikan kakap. Kapan ya, diundang ke sini? (??)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Iya bunda klo di sini kepala ikan kakapnua bukan digulai tp dibumbu beninh gt...seger kuahnya bun

      Delete
  6. waaah... aku suka banget seafood maakk.. mana kayaknya seger banget lagi ikannya slurp!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger pake banget mak...
      Ini surganya seafood lover.sbnrnya slain ikan banyak pilihan lain klobgak kehabisan

      Delete
  7. waaahhh stop mbaa... jgn bikin aku yg lg hamil ini jd ngidam ini dan pgn kesana :D... resto makasar di jkt rasanya so-so smua... blm ada yg semantap resto aslinya di makasar -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Ampyuuuin ada bumil ug ngidam.
      Mungkin karena ikannya yaa. Kan di paotere tuh ikannya seger2 banget n lautnya mgkn mash bersih.
      Beda sm ikan jakarta

      Delete
  8. Penasaran gimana rasa ikan kakap...kenapa mahal..sayang aku alergi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya mantap mak ade... Wah sayang ya punya alergi... Semua jenis ikan kah alerginya?

      Delete
  9. busetttt ngileeerrrr....
    kepala kakapnya ga tahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lempar tisuuu... Awas jangan lupa dilap yaa xixixi

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.