Monday, October 19, 2015

[Review] Batu Tapak Camping Ground

Saat saya posting tentang keseruan Camping Cantik di Batu Tapak Cidahu Sukabumi, ada yang meminta review Batu Tapak Camping Ground. Nah sebetulnya info lengkap dan terupdate tentang Batu Tapak Camping Ground bisa langsung dilihat di website http://campground.batutapak.com/. Tapi tidak ada salahnya saya share berdasarkan pengalaman saya dan keluarga camping di sana akhir Agustus lalu.



How to get there:

Setidaknya ada dua cara untuk bisa sampai ke sana. Bisa dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Saya, dengan berbagai pertimbangan kemarin akhirnya memutuskan ke sana dengan kendaraan pribadi. Maklum trio krucils plus mbah Uti, kayaknya akan agak repot jika menggunakan transportasi umum. Karena bawaan mereka, meski hanya satu malam dua hari tapi pasti mereka masih kesulitan membawa tas ransel masing-masing. Pas di depan rumah, bergaya sih dan seneng banget tuh membawa tasnya masing-masing. Baru 5 menit. "Ibuu aku capek, tasnya berat." Hahayyy...

Dari Ciputat kami mengambil jalan melalui Parung. menghindari kemacetan di Tol JORR TB Simatupang menuju Tol Jagorawi. Tapi kami kemudian masuk Tol Jagorawi melalui Pintu Tol Sentul. Keluar di Tol Ciawi. Ambil jalur Sukabumi. Sampai ke Cidahu. Dari Cidahu ke arah Batu Tapak sekitar 14 Km. Saat itu jalanan agak rusak, berbatu, dan berdebu. Ruas jalanpun cukup sempit padahal cukup curam, menanjak, dan berkelok. Kabar gembiranya bulan Sepetember akan dilakukan perbaikan jalan menuju Batu Tapak tersebut. Jadi kayaknya jadi lebih nyaman ke sana.

Nah untuk yang menggunakan transportasi umum, bisa menggunakan bus atau kereta. Jadi gunakan bus jurusan ke Sukabumi. Dari terminal Sukabumi cari angkutan kota (angkot) ke Cidahu. Nah dari Cidahu, kita bisa sewa angkot untuk mengantar hingga ke Batu Tapak camping groundnya. Banyak kok angkot yang mau, karena selain Batu Tapak Camping Ground, banyak juga yang berwisata ke objek wisata alam pegunungan Halimun di kaki Gunung Salak. Apalagi hari libur, pandai-pandai menawar yaa.

Nah alternatif terakhir ini sebetulnya yang paling seru dan bikin "petualangan" lebih paripurna. Hahayyy apa seeh??. Yup, menggunakan kereta api. Kalau saya, bisa menggunakan commuter line dulu. Dari Stasiun Sudimara ke Stasiun Tanah Abang. Dari Tanah Abang ke Stasiun Bogor. Tentu bisa disesuaikan yaa dengan rute masing-masing. Nah dari Stasiun Bogor kita bisa naik kereta api ke Stasiun Cicurug Sukabumi. Ihhh kebayang seru-nya. Jangan lupa cek jadwalnya yaa. Dari stasiun naik angkot ke Cidahu dan selanjutnya sama ya, sewa angkot  atau minta angkot sekalian antar ke lokasi.


Facilities: 

Apa saja yang bisa kita dapatkan di Batu Tapak Camping Ground?

Lokasi camping yang sejuk, adem, luas, dengan countur alam yang seru. 

Mengingat lokasi bebukitan, dengan batu-batu besar yang unik. Itu mungkin kenapa disebut Batu Tapak yaa. kamu bisa memilih (jika masih banyak yang kosong) di lokasi mana kamu mau tendamu didirikan. Untuk yang keluarga sebaiknya sih di atas dan bagian depan. Untuk mereka yang berjiwa  muda dan petualang, bisa minta lokasi tenda di bawah deket sungai dan air terjun mini yang sengaja dibendung sehingga pengunjung bisa mandi dan bermain air.

Pemandangan dan lingkungan alam yang wow.

Posisi camping ground memungkinkan kita menikmati beberapa pemandangan alam yang wow. Salah satu view yang bisa kita nikmati dari area camping adalah pemandangan dari kejauhan Gunung Gede dan Pangrango, plus hijaunya hutan alam serta kampung Cicurug. Saat malam hari pemandangan tak kalah syahdu. Posisi camping ground memungkinkan kita melihat luasnya alam raya nan indah dari kejauhan. Hmmm damai.


Nah yang tak kalah seru, di sisi yang lain kita akan mendapati rimbunnya hutan damar di kaki pengunungan Halimun di Gunung Salak. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menangkap keanggunannya. Nah di kaki pegunungan Halimun ini pula ada air terjun (bukan mini). Air terjun Undak Dua namanya. Yup harus turun ke bawah lembah, menyeberang sungai lalu menyusuri jalan setapak, menembus hutan di lembah Cangkuang untuk mencapainya. Ah tapi worth it kok...Trio Krucils aja bisa ke sana. Kamu pasti bisa dung.

Musholla

Meskipun bisa sholat di dalam atau sekitar tenda, namun di sana tersedia juga Musholla. Laetaknya di atas bagian depan. Sebelah kiri gerbang masuk. Tempat wudhu dan toilet juga tersedia di sana. Jadi tak usah khawatir kesulitan melaksanakan ibadah sholat.

Kamar mandi dan toilet

Nah ini dia yang wajib diinfokan. Ada banyak kamar mandi dan toilet di lokasi camping ground. Saat kami camping kemarin, tidak banyak pengunjung. Kami dengan leluasa memilih kamar mandi dan toilet yang terdapat di beberapa titik. Seingat saya ada lima lokasi dan masing-masing terdiri lebih dari lima kamar mandi dan toilet. Bahkan untuk yang VIP, tersedia kamar mandi dengan air panas. Hmm beneran kayak di hotel ya. Posisinya memang dibuat agak tersembunyi agar tidak mengganggu. Namun penerangan yang cukup membuat kita tetap nyaman.

Restoran/Cafetaria

Ada restoran atau cafetaria yang buka selama 24 jam. Lumayan beragam pilihan makanan yang ditawarkan. Bahkan kami sempat memesan bakwan padahal tidak ada di daftar menu. Malam-malam, minum teh hangat dan menikmati bakwan di udara dingin pegunungan dengan pemandangan kerlap-kerlip lampu dari perkampungan nun di bawah sana. Ahhhh mantap.


Cafetaria ini membantu sekali untuk mereka yang tidak membawa peralatan masak sendiri. Meskipun sangat dimungkinakan membawa peralatan masak dan memasak sendiri di area camping. 

Games

Terdapat beberapa wahana permainan terutama permainan outbond seperti flying fox, paint ball, two line bridge dan banyak lagi. Meskipun kita tidak mengambil paket out bond, kita bisa membayar untuk wahana tersebut secara personal misalnya flying fox.

Parkir

Tersedia parkir yang memadai untuk kamu yang membawa kendaran pribadi.

Price: 

Sewa peralatan tenda untuk dua malam, terdapat beberapa paket antara lain: 

  • New Tent Pleton         Rp. 1.250.000,- / paket
  • Tent Pleton             Rp.   900.000,- / paket
  • Tent Semi Pleton        Rp.   700.000,- /  paket
  • Tent Charly (7 persons) Rp.   400.000,- /  paket
  • Tent Dome (2-4 persons) Rp.   150.000,- / paket
  • Sleeping Bag            Rp.    30.000,- / paket
  • Spon Mattress           Rp.    15.000,- /  paket
  • Skin Foam Mattress      Rp.    30.000,- /  paket
  • Pillow                  Rp.    15.000,- /  paket
  • Electricity (1000 W)    Rp.   500.000,- /  paket
  • Neon Light (20 W)       Rp.    35.000,- /  paket
  • Tarpaulin (4 x 4 m)     Rp.   150.000,- /  paket
  • Tarpaulin (4 x 8 m)     Rp.   350.000,- /  paket
  • Tarpaulin (8 x 8 m)     Rp.   450.000,- /  paket
  • Tarpaulin (10 x 10 m)   Rp.   500.000,- /  paket

Ada juga paket VIP.
  • Dome (6 Persons, 3 beds) Rp. 800.000,-/malam
  • Dome (4 persons, 2 beds) Rp. 600.000,-/malam
  • Dome (2 persons, 1 bed)  Rp. 400.000,-/malam

Fasilitas untuk paket VIP sebagai berikut:
– kasur ukuran queen lengkap (160×200 cm) 
– termos air panas
– air mineral
– kopi, teh, dan gula
–  sarapan
– satu set meja kursi
– mandi air panas

Biaya Lokasi :

Rp. 20.000,- / orang / malam
Rp. 30.000,- / orang / 2 malam
Rp. 50.000,- / orang / malam untuk outbond training 

Catering:

Rp. 15.000,- / porsi (welcome drink)
Rp. 35.000,- / porsi (nasi kotak)
Rp. 20.000,- / porsi (nasi bungkus)
Rp. 50.000,- / porsi (buffet)
Rp. 12.500,- / porsi (snack)

Mereka juga menyedian transportasi untuk antar jemput ke lokasi. Ada Tronton 3/4 dan Bus 3/4. Biasanya untuk rombongan besar sekitar 25 orang.

Harga yang tertera sesuai yang kami peroleh per Agustus 2015 yaa. Kami waktu ikut ambil paket VIP untuk 6 orang. Ternyata lega banget untuk 6 orang dengan 3 krucils. Sebetulnya mungkin cukup ambil yang Paket 4 orang karena kasur yang disediakan sangat lega dan besar ukuran queen, 160 x 200cm..



Contact: 
Yulius Fanumbi
(Camping Site Manager)
Email:
yulius_fanumbi@batutapak.com
batutapak@gmail.com

Camping Site:
Jl. Raya Cangkuang km 12 Cidahu
Javana Spa – Sukabumi
Phone:  0813 1682 9877  /  0877 8072 5576


31 comments:

  1. Hiks....seandainya deket weekend ini langsung seh ngacir kesana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiuwww yoook ngaciiir kapan2 ke siniiih. janjian kita hahaha

      Delete
  2. waktu sma pernah hiking ke cidahu. Seruuu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. weees ternyata anak gunung juga nih mak Tetty...adeem yaaa apalagi dulu kali yaa

      Delete
  3. Di sukabumi ya, ah semoga bisa meluncur kesini sama keluarga.

    ReplyDelete
  4. Tempatnya seru nih, jadi pengen kesini kapan-kapan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru mba...kapan2 sama keluarga ke sini...

      Delete
  5. Seharga hotel ya? Tapi bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih mak lus...tp menurut aku lebih ramah di kantor dibanding beberapa camping ground yang lain.

      Delete
  6. Nanti kalau bintang udah agak gedean dikit, smg bisa ngajak camping kesana. keknya seru banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ajakin bintang hiking dan main di kali atau ke air terjuun seruuu

      Delete
  7. ASyik tempatnya ya mbak, didukung fasilitas lengkap, sayang jauh dari JOgja yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada yang sejenis di yogya mbaa

      Delete
  8. Nyesel deh baca postingan ini, jadi mupeng kan, kan, kaaaan :)

    bukanbocahbiasa-

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. iya lengkap fasilitasnya ala hotel jugaa

      Delete
  10. Duh jadi kangen, pengen ngenmping lagiii hikkss

    ReplyDelete
  11. komplit, tempat paling di rekomended buat sahabat dan keluarga

    ReplyDelete
  12. Ihhhh keren >.< kalo dekat langsung ke sana nih u.u

    ReplyDelete
  13. wah seru ya mbak, aku suka ogah kalo camping karna mikirnya ribet, cari toilet susah, apalagi kalo bareng keluarga, kalo tempatnya kayak gini mah enak banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah ini mah kemping manja say... kemping gak mau susah hahaha

      Delete
  14. Asik banget tempatnya ya, mbak
    kemping seruuu itu namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mel...ayo mel ke sini skalian hiking ke gunung salak

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.