Monday, October 26, 2015

Untuk Sebuah Nama

Waduh itu judul kayak judul film zaman baheula deh. Apa maksudnya nih? Maksudnya kita mau membahas tentang nama. Nama siapa ya? Bagaimana kalau nama trio krucils saja? Iyes, kita bakalan membahas sesaat tentang makna di balik nama dari Trio Krucils. Penting banget gak sih?? Yaa gak penting-penting amat sih, jadi yuuk santai aja bacanya. Silahkan sruput kopi atau tehnya dan kita lanjuut. Sodorin rengginang.


Memberi nama pada anak, terutama anak pertama pasti menyimpan "sejarah" tersendiri bagi para orang tua. Biasanya selalu ada makna dari nama yang kemudian disepakati menjadi identitas pengenal sang anak. Yup, biasanya, mungkin ada yang tidak punya reasoning apapun, spontanitas atau bahkan seadanya? mungkin saja bukan?

Biasanya karena orang tua merupakan dua sosok dengan latar belakang, karakter, dan pengetahuan yang sedikit banyak berbeda maka masing-masing punya ide tersendiri untuk nama sang anak. Cara yang paling aman adalah berkompromi. Entah dengan membuat kesepakatan menggabungkan nama dari usulan dua pihak atau misalnya kesepakatan jika laki-laki ayahnya yang memberi nama sebaliknya jika perempuan sang ibu yang memberi nama.

Dalam kasus Trio Krucils, sebetulnya kami memiliki dua kesepakatan. Pertama, kami ingin memberi "semacam last name" pada anak-anak kami dengan menggabungkan unsur nama kami berdua. Hasil rembukan dan musyawarah untuk mufakat *jiyaaah lebay*, diketoklah *tok tok*,  last name ZIAYUDI. Zia dari nama belakang saya, Yudi dari nama belakang ayahnya. Lumayan kece kayaknya, plus unik. Hadeeh maapkeun kalo kepedean begini.

Kedua, Jika anak kami laki-laki maka hak untuk memilihkan nama ada di tangan ayahnya, sebaliknya dengan yang perempuan menjadi hak prerogatif ibunya. Eits tapi tidak menutup kemungkinan masing-masing mengusulkan pada pasangannya jika memiliki ide tertentu. Kan kita demokratis cuuy. Jadi sebisa kami berkompromi aja sih.

Memilihkan nama anak memang gampang-gampang sudah. Ujung-ujungnya sih kok kayaknya nama yang terpilih itu memang sudah "jodoh" si anak. Kami bahkan hunting nama bayi dari berbagai sumber saat mencari ide untuk nama anak. Wuihh nama anak zaman ayeuna memang cetar. Selain sangat variatif, modern, eleikhaan, juga global banget. Hadeeh apa sih nih :D.  Jadi siapa dan ada apa di balik nama trio krucils? panjang amat pengantarnya. Harap maklum lagi giat menulis.




Alinga Nasywa Ziayudi

Putri pertama, kami sepakati kami beri nama demikian. Bukan tanpa makna. Ini nama mostly usulan penuh dari saya. Tapi ayahnya tetap memberikan pertimbangan terutama untuk nama depannya. Alinga. Kami sepakat bahwa meski spellingnya A-L-I-N-G-A, namun pronouncenya -Alingga - dengan double G, Just like you pronounce Kanguru, Kongo, Tango, Mango etc. Hmm ini yang kemudian hari sering menjadi masalah. Saat ditanya, menyebutkan, atau menuliskan nama si kakak, sering atau hampir selalu ada yang salah kaprah. Memangnya  G-nya cuma satu? iya cuma satu.

Alinga itu kami ambil dari bahasa aborigin. Secara Ka Al, numpang lahir di Melbourne. Maka untuk mengenang hal tersebut kami sepakat ingin memberi nama yang mengingatkannya pada kota yang cantik ini. Alinga artinya bintang di tata surya yang diasosiasikan sebagai matahari. Karena kami berharap Alinga akan menjadi matahari bagi kami. Nah Nasywa dari bahasa arab yang artinya kebahagiaan. Jadi lengkapnya, dia adalah matahari kebahagiaan bagi kami. Yang semoga akan menjadi pencerah, penghangat, dan penerang hari-hari kami. Pun bagi sekitarnya. Amiin.



Zaha Tantra Ziayudi

Nah untuk anak kedua yang lahir hanya berjarak 1,5 tahun dari Ka Al, kami sepakat ingin memberikan nama Zaha Tantra. Orang sering mengasosiasikannya dengan Zahra atau Zahwa. Saat ditanya, menyebutkan, atau menuliskan nama Ka Za, hampir selalu ditanya ulang Zahra? atau Zahwa. Hmmm bukan! Zaha, Z-A-H-A. Ada maknanya? tentunya saja. Zaha, saya ambil dari nama seorang Arsitek perempuan ternama dari Irak yang mendapatkan banyak penghargaan atas karyanya, Zaha Hadid. Harapannya  jika kelak tidak menjadi arsitek perempuan yang membanggakan, Ka Za bisa terinspirasi dengan sosok wanita pertama peraih "Nobel" aristektur ini.

Tantra, diambil dari bahasa India atau bahasa sansakerta. Artinya pemerintahan. Jikapun Ka Za bukan menjadi aristek rancang bangun ruang, siapa tahu Ka Za menjadi arsitek bidang pemerintahan. Menjadi sosok yang mempunyai sumbangsih dalam rancang bangun pemerintahan negara ini. Amiin. Ide nama ini juga secara tidak langsung berasal dari fakta saat sedang hamil Ka Za, Ayah trio krucils menjalani masa belajar/training di India. Jadi ada inspirasi dari India juga sih.



Paksi Akhtar Ziayudi

Nah si ganteng, syayangnya Ibu ini, nama depannya dipilihkan sang ayah. Ibu tak bisa menawar karena itu hak prerogatif ayah. Kalau kata ayah alasan memilih nama tersebut karena nama itu unik dan jarang dipakai. Ayah ingin mengambil nama "Indonesia" asli, berakar dari budaya dan sejarah Indonesia. Asalnya dari bahasa kawi atau Jawa Kuno. Paksi diartikan sebagai burung, sayap, laki-laki, kesatria, atau prajurit. Kami sepakat lebih memaknainya sebagai Kesatria. Makna di balik nama ini adalah, sosok yang berani, penuh tanggung jawab, loyal dan disipilin. Itulah kemudian kami memasangkannya dengan kata Akhtar.

Akhtar dari bahasa arab yang artinya yang terpilih. Kata ini, sejatinya usulan dari saya. Tidak lain karena kisah yang luar biasa yang dialami Dek Paksi di awal kehadirannya di dunia. Dan saya percaya, Dek Paksi merupakan Kesatria Terpilih bagi kami hingga Allah memberikan kesempatan kami bisa membesarkannya hingga hari ini. Semoga ia benar-benar kelak menjadi Kesatria Terpilih yang mencintai Allah dan Rasulnya, pendamai di antara sesama. Amiin.

Ketiga nama yang terpilih sungguh lahir dari proses pemilihan yang cukup panjang. Alinga merupakan keputusan dari pilihan saat itu antara dua nama Alinga atau Yara. Yara merupakan sungai besar yang menghidupkan kota Melbourne. Untuk Zaha entah mengapa saya tak meragukan diri memilih nama ini dari banyak daftar nama lainnya. Dek Paksi terpilih dari beberapa pilihan nama seperti Pasha, Rafshanjani, atau bahkan Tahrir.

Namun, ada kesamaan dari ketiga nama anak kami. Ketiganya merupakan nama yang unik *uhukk. Iya karena sangat jarang ditemukan nama yang sama persis dengan mereka bertiga, terutama nama depan dan nama tengah. Tidak lain karena kami berdua sebenarnya tipe pribadi yang anti mainstream. hehehe nggayanyaa :P... setidaknya kami menghindari nama pasaran, begitu sih sederhananya. Lalu ditimpuk rame-rame

Apapun nama yang terpilih untuk seorang anak, hakikatnya ada makna, kisah, harapan, dan doa yang tersimpan di dalamnya. Itulah mengapa ada sejarah untuk sebuah nama. 




26 comments:

  1. Itulah mengapa ada sejarah untuk sebuah nama. Bagaimana untuk nama2 yang beberapa waktu lalu eksis di beritakan seperti saiton, malaikat, tuhan dan lain sebagainya... Pasti sejarahnya juga unik2 ya mbak... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.... Yang "tidak lazim" sekalipun pasti ada kisahbdan sejarah di balik namanya.

      Delete
  2. ika anak kami laki-laki maka hak untuk memilihkan nama ada di tangan ayahnya, sebaliknya dengan yang perempuan menjadi hak prerogatif ibunya.

    ooo gitu ya mak, pantesaaaan...seminggu setelah anak pertama lahir suami teh masih mikiiiiir aja sapa nama buat anak.sy udah dregetan aja, padahal saya udah ngajuin nama. bagi ayah mah bangga ya punya anak laki teh jadi pengen naman yg sempurna kali ya...

    nama anak kedua jg menggabungkan nama saya dan suami, soalnya kalo digabungkan teh kedengarannya sederhana dan unik aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kesepakatan kami mak kania. Tergantung kesepakatan saja. Biasanya memang ayah yg cendrrung diberi kewenangan memberi nama.
      Tapi sbg ayah punya anak laki2 itu membanggakan jd milih namanya pun harus pas...

      Delete
  3. Kalo soal nama, aku pasarah sama suami hahaha. Sebelum anak-anak lahir, dia udah rancang siapa-siapa aja namanya kalo anak yg lahir laki-laki atau perempuan. Btw, aku paling suka yang Alinga. Kayaknya belum pernah denger. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pasrah ya mba. Pastinya semua org tua pingin memberi nama yg terbaik yaa.
      Alinga ada juga sih yg sama tapi jarang dan gak persis. Ada lingga atau arlingga ...

      Delete
  4. Waah baru tahu nama belakangnya tio krucils ternyata gabungan dari nama mbak Ophie sama suami ya. Keren ya gabunginnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Dibuat sekeren mungkin mbak *lalu ditimpuk mb nunung

      Delete
  5. Suka nama yg paksi keliatan sexy rasa indiaahh hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha cekci ya auntiee...
      Cekci koncumci aca aca....

      Delete
  6. arti sebuah nama. :) mang untuk anak harus nyari nama yang punya arti bagus nih. jangan sampe dinamain syaiton, tuhan, dll seperti yang akhir2 ini rame di dunia maya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha meskipun mungkin ada kisah juga dibalik penamaan mrk. Mungkin spontanitas atau justru ada maksudnya

      Delete
  7. Paksi Akhtar...

    Ksatria Terpilih

    Keren, Mak.

    Anak soleh, insyaa Allah.

    Buat kakak-kakaknya juga, namanya keren-keren...

    ReplyDelete
  8. Ibu dan bapakku memberi nama kakak dan adik perrtama dengan sebuah moment..etapi waktu di desak kenapa saya engga, ada koook momentnya dan artinya malah lebih bagus..hihii. Kak Al, suka kalau ada yang dipanggil dengan kak Al, seksi kedengarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... penasaran yaa. Namaku artinya m maksudnya apa ya?
      Hihi cekcih yak auntiee

      Delete
  9. saya juga memberi nama anak pertama karena sebuah moment, momen dimana saya harus kuat dan menang melawan semuanya..hihiii padahal melawan macetnya jakarta..hihiii yup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya apa tuh...
      Momem nya macetnya jakarta?
      Wah pasti unik nih... Sdh dikutkan GAnya?

      Delete
  10. Aku juga suka memberi nama unik, abis itu nyesel karena kepanjangan -_-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Klo 3 kata masih sedeng kayaknya mak... Mang berapa kata?

      Delete
  11. Secara saya diberi momongan agak telat, hampir tujuh tahun, sobat, so pemberian nama memberi kesan melow-melow nikmat. Berbekal buku saku kecil, pemberian sahabat, pilihan jatuh ke "Nabila Yasmin Pohan". Sama seperti Mak Ophi, ada kisah dibalik sebuah nama

    Ngiming-ngiming,, ikutan ahh, GAnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik namanya mak...
      Aku suka nama yasmin atau jasmine...
      Waah pasti dalem nih kisah di balik namanya
      Ayoo ikutaaan...

      Delete
  12. Akhirnya sekarang saya tau juga arti nana trio krucil.. dari dulu penasaran banget sama nama nana mereka, akhirnya sekarang tau deh :)

    Thanks ya Mba udah join, namanya memang unik loh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya itu makna di balik nama mereka.
      sama2 yaa...sukses juga utk GAnya

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.