Wednesday, November 18, 2015

Blogging With Heart #NgeblogItuAsik


Kemarin malam ada diskusi seru di salah satu komunitas blogger yang saya ikuti tentang apa tujuan atau motivasi ngeblog. Ternyata masing-masing blogger punya motivasi dan tujuan yang berbeda saat pertama kali ngeblog. Ada yang sekedar menjadi ajang curhat pribadi; ada yang memang bentuk aktualisasi diri; semacam rekam jejak pribadi; catatan perjalanan hidup; cara untuk berbagi; tapi bisa jadi memang sedari awal ingin menjadikannya sebagai profesi untuk mengumpulkan pundi dan rezeki. Sah-sah saja. Diskusi sejenis juga ternyata dibahas kemarin di blog Mak Chi, Myra Anastasia.

Ada yang inspiring dari Pakde Cholik, blogger senior -beneran senior -, Beliau bilang "Ngeblog itu niatkan sebagai ibadah, soal ini dan itu ngikut sendiri." ini dan itu, maksudnya sih efek samping eh efek dambaan dari ngeblog, iya pundi-pundi dan materi. Aduuh saya jadi adem deh dengan jawaban bijak dari Pakde.

Eh kalau saya dulu ngapain ya ngeblog? awalnya ngeblog jadi semacam terapi jiwa. Mencari dunia lain yang membuat saya merasa nyaman di luar dunia kerja saya saat ini. Saat merasa jenuh dan "gurung gusuh" menghadapi hiruk pikuk panggung politik di depan mata. Saya merasa butuh refreshing di sela rutinitas. Alhamdulillah saya ketemu saya aktivitas blogging. Murah meriah dan akhirnya ternyata sangat mengasyikkan. Bener-bener Me Time yang menyenangkan dan gak bikin dompet jebol.

Sebagai blogger yang memiliki aktivitas utama lain yakni pegawai dan Ibu dari tiga anak saya, awalnya saya sempat minder saat bergabung dengan beberapa komunitas blogger. Saya bisa gak ya, ngeblog dengan konsisten seperti mereka.  Ternyata di sana banyak sekali blogger-blogger keren, blogger yang sudah punya nama, blogger profesional, blogger yang diburu berbagai brand, blogger inspiratif, atau blogger seleb. Lalu blogger apakah aku? *sambil nyumput. Belum lagi saat awal-awal ngeblog, banyak yang agak nyinyir. "Ngapain sih phi pake ngeblog segala. Kayak kurang kerjaan? emang ada duitnya? Kamu kapan ngerjainnya?" dan seterusnya.

Dua sisi ini sempet bikin saya galau. Ah! tapi saya memutuskan untuk move on dan gak lama-lama bergalau ria. Ngapain juga kan? Saya memutuskan meskipun saya mungkin belum sampai ke titik di mana para blogger keren, inspiratif, seleb, dan seterusnya itu berada, tapi saya akan terus bergerak. Saya akan terus ngeblog, insyaAllah. Toh motivasi awal saya terbukti terpenuhi. Saya merasakan ada yang plong, enak, nyaman saat saya asyik menyusun kata-kata dalam postingan. Saat ada respon,  komentar, atau saat melihat angka viewer tuh rasanya gimana gitu?

Nah buat teman-teman yang kayak saya juga, ngeblognya belum lama atau punya aktivitas utama lain, saya mau sharing hasil dari perenungan yang menguatkan bahwa Ngeblog itu asyik kok. Hasil belajar dari sedikit pengalaman saya dan dari mereka para blogger yang sudah terjun duluan di dunia blogging. Ini catatan saya:

Lakukan dengan Hati

Jadi  yang paling penting, lakukan dari hati. Apa yang dari hati akan sampai ke hati. Melakukan dengan hati juga membuat kita bisa menikmatinya. Kalau menulis untuk lomba atau review, bisa gitu dengan hati? Kalau saya bilang justru enaknya sambil diresapi dengan hati. Gak melulu fokus sama target ingin menang atau karena kewajiban menyelesaikan tugas.  Target menang bikin kita gak tenang. Iya kalau menang, kalau kalah kan sakitnya tuh di sini. Jadi walaupun misalnya belum beruntung, toh kita sudah melakukannya dengan senang hati. InsyaAllah ada manfaat tidak hanya untuk kita tapi juga untuk yang membaca.

Nikmati Prosesnya.

Iyess, saya menikmati prosesnya. Melakukan hal yang kita senangi itu semacam penyemangat di tengah gersangnya hari. Halaah apa pula. Selama ini ngeblog dijalani sebagai proses belajar juga. Iya saya bilang belajar. Learning by doing. Nah mereka para senior blogger, seleb blogger, blogger inspiratif dan seterusnya itu juga dulunya pasti berproses dung ya. Gak instan, mereka mengalami jungkir balik juga sebelum eksis seperti hari ini. Tapi, mereka tuh gak pelit lho membagi ilmu, informasi, bahkan rezeki. Intinya asal kita mau belajar, insyaAllah bisa terus maju kok. Ngeblog dari sekedar curhat pribadi, aktualisasi diri, lalu mulai bisa berbagi, dan insyaAllah terjalin koneksi untuk mengumpulkan pundi-pundi. Asal kita mau berproses. Yang menyenangkan adalah  karena semua proses dijalani dengan senang hati. 

Berproses itu antara lain dengan Mau Belajar dan Tidak Menutup Diri. Ngeblog itu bukan hanya untuk mereka yang sudah piawai menulis atau memang profesinya penulis. Ngeblog itu bukan hanya milik mereka yang mumpuni dengan segala macam teknis blogging. Ya itu tadi, asal mau belajar, banyak kok ilmu menulis untuk memperkuat konten yang bisa kita pelajari sambil jalan ngeblog. Banyak yang mau sharing kepintaran dan kepakaran mereka dalam menulis. Naah tinggal kitanya nih, mau apa enggak? saya sih mau, kan supaya ngeblognya makin asyik.

Untuk teknis blogging, tinggal ketik di google hal yang ingin kita tahu. Berderet deh info yang ingin kita cari. Eh tapi kalau saya tuh suka pusing deh kalau baca tutorial teknis blogging yang advance, jadi saya lebih suka baca tutorial blogging yang ramah sama emak-emak yang basically gaptek kayak saya. Naah untuk yang senasib kayak saya, saya bisa rekomendasikan blognya Mba ShintaRies atau Annisast. Lumayan banyak juga Emak Blogger lain yang suka sharing tutorial blogging yang simpel dan mudah saya terapkan.

Oh iya, saya pernah lho mengadakan Giveaway  (satu-satunya Giveaway yang pernah saya adakan di blog ini, mudah-mudahan bukan yang terakhir) yang tujuannya untuk mendapat masukan perbaikan terhadap blog saya. Baik konten maupun tampilan. Waah banyak masukan membangun. Sebagian besar kemudian jadi catatan saya. Perlahan saya mulai mendandani tampilan blog dan menguatkan konten dan memperbaiki konsep blog saya. Makasih teman-teman yang sudah ikutan GA saya dan memberi masukan berharga. By the way - bus way, gimana penampilan blog saya sekarang? gak bikin sakit mata lagi kan? hahaha.

Lihat dung itu header blognya, itu karya saya sendiri lho, Hahaha *segitu aja bangga. Lumaya deh, belajar dari blog teman lain dan langsung praktikin bikin header blog dengan aplikasi Picsart. Puas kalau saya mah, maklum tingkat kegaptekan saya berkurang sedikit. InsyaAllah nanti saya juga buat postingannya ah. Tutorial membuat header blog dengan aplikasi Picsart. Khusus pemula kayak saya hehehe.

Ada yang mau? Blogging is sharing, asyiik kan ngeblog itu. Mendapat manfaat dari sharing teman lain, lalu jangan berhenti di kita. Kita sharing supaya makin banyak yang juga merasakan manfaatnya. InsyaAllah. Jadi asal tidak berhenti dan mau belajar pasti akan ada progress. Baik dalam hal teknis terutama dalam hal konten. Jangan minder dan menutup diri. Ngeblog itu asik lho... jadi dibikin seru aja.

Tulis aja, sekarang!

Trus selanjutnya gimana? Selanjutnya ya mulai menulis. Tulis saja! jangan banyak pertimbangan ini dan itu. Mulai menulis sekarang! Nah ada tips keren dari Cikgu saya di Fun Blogging 5.  "Tulislah Draf Pertamamu dengan hati, Lalu Baca Ulang dengan Pikiranmu." Pas banget ya sama tema postingan saya hari ini. Blogging with Heart, Gimana gak makin asyiik coba ngeblognya. 


Jadi tulis saja apa yang ingin kita tuangkan saat itu, apa yang kita rasakan, apa yang kita bayangkan, apa yang kita mau. Setelah selesai, baru kita baca lagi. Sudah pas kah dengan yang kita maksudkan? Lalu jangan lupa perbaiki susunan dan pilihan katanya supaya lebih enak dibaca. Bisa jadi saat menulis dengan hati tadi kita masih terlalu emosional atau terlalu lebay *uhuk. Nah begitu juga dengan segala macam typo.  Membaca ulang sekaligus mengedit dan memperbaiki draf awal kita.

Kalau pengalaman saya, menulis draf pertama saat ide muncul di kepala itu bisa di mana saja. Saya sering menulis draf awal saat menunggu kereta di stasiun bahkan sambil desak-desakan di kereta. Memanfaatkan waktu dan ide yang muncul saat itu. Baik saat berangkat maupun pulang dari kantor. Kadang saat break makan siang dan bisa menyentuh gadget. Jujur sampai ke rumah, anak-anak sudah membuat aturan yang harus saya patuhi  No gadget! No lap top!. 

"Ibu gak boleh main henpon, Ibu main cama aku aja... Kalau enggak henponnya aku ambil." Yup, kalau ketahuan langsung henpon disandera, diumpetin sama Dek Paksi. Kalau curi-curi buka laptop. Langsung ditutup laptopnya atau dipencet-pencetin. "Ampuun, nyerah Ibu,  Dek! Maapin Ibu yaaks...Yuk kita main". Lanjut ngelonin mereka. Biasanya saya curi-curi waktu subuh saat mereka belum bangun. Untuk mengedit dan finalisasi draft hanya bisa dilakukan di lap top karena butuh fokus lebih. Ini lebih enak saat jam break atau sebelum pulang kantor. Kita yang paling tahu kegiatan keseharian kita. Jadi kita yang bisa menempatkan dan mengelola waktu kita sendiri.
 
Jalin Pertemanan

Bahasa kerennya jejaring atau networking. Bergabung dengan berbagai komunitas blogger merupakan salah satu cara belajar yang efektif buat saya.  Sebagian besar proses belajar saya tentang ngeblog berasal dari ilmu yang tak henti dibagi oleh teman-teman di berbagai komunitas yang saya ikuti. Meskipun saya belum bisa mengikuti berbagai acara yang sifatnya offline. Tapi tidak sedikit yang dibagikan secara online. 

Selain sebagai ajang mencari ilmu. Jejaring dan pertemanan membuat kita menjadi bagian dari komunitas yang bisa saling mendukung, meski belum pernah bertemu muka. Komunikasi yang terjadi juga menumbuhkan aura kebersamaan, silaturahim, dan persaudaraan.  Seru deh, nambah teman, nambah saudara, nambah rezeki hihiyyy, Ngeblog memang asyik.  Bukan hanya ilmu, teman, dan saudara yang nambah lho, di komunitas ini banyak yang berbagi info peluang. Jadi jangan ragu, ayoo berjejaring. Saya mengikuti beberapa komunitas, alhamdulillah bermanfaat banget.

Blog Walking
Sekarang banyak event off line yang bisa diikuti untuk mengupgrade ilmu blogging kita, baik konten maupun teknis. Tapi kendala waktu dan aktivitas rutin utama seperti yang saya alami merupakan tantangan tersendiri. Alih-alih stuck, selain bergabung di komunitas, saya juga  memilih belajar dari dunia maya. Tidak jauh-jauh, dari para blogger yang juga bergabung di berbagai komunitas blogger tadi. Yup, saya blog walking dung ke blog mereka. Selain para blogger memang rajin berbagi di blog mereka. Kita juga bisa banyak belajar dari gaya dan kekhasan mereka menuturkan kata demi kata dalam postingan mereka.

Awalnya saya lebih menjadi silent reader, eh tenyata rugi lho. Jadilah saya mulai aktif meninggalkan komentar di postingan mereka. Selain memperluas pertemanan yang biasa disebut networking, secara teknis blog walking dan meninggalkan komentar ternyata punya efek positif juga untuk blog kita. Inipun saya tahu dari diskusi di berbagai komunitas blogger dan postingan para suhu blogger.

Saya memang belum merasa maksimal dalam blogwalking. Lagi-lagi kendala waktu tapi yang penting ada konsistensi. Jurus dari Mak Myra nih, setuju banget kalau konsistensi ini menjadi syarat utama untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kita ngeblog.  Tapi, jangan merasa terpaksa, jalani dengan hati saja. Tidak harus setiap hari, tapi memang harus rutin. Jangan byar pet - byar pet kayak listrik di daerah terpencil. Beneran ini catetan buat saya pribadi juga.

Konsistensi menulis dan blogwalking sangat membantu performa blog. Salah satu yang paling sederhana buat blogger pemula kayak saya ya melihat dari alexa rank dan domain authority. Dulu  saat pertama kali migrasi dari blogspot ke dot com Alexa rank saya itu ada di angka juta-juta, kalau tidak salah tiga jutaan. Padahal sebelum migrasi, masih dengan domain blogspot angkanya sudah mulai ramping karena sudah mulai melakukannya secara konsisten.

Rasanya mau nangis, eh tapi lalu bismillah mulai konsisten lagi. Usia blog saya dengan domain dot com ini belum satu tahun, sekarang sudah di angka tiga ratusan alexa ranknya. Alhamdulillah, perlahan tapi sepanjang ada konsistensi pasti ada peningkatan. Untuk domain authority atau DA, pertama kali mengecek sudah berdomain dot com. Saat itu ada di angka 12 sekarang sudah di angka 18, not bad lah yaa. Keep moving on. Semangat!! kan #NgeblogItuAsik

Pliss jangan diketawain ya, memang saya baru ada di titik itu. Tapi hitung-hitungan teknis seperti itu bukan segala-galanya buat saya. Bahkan suhu blogging yang ilmu teknisnya mumpuni menyatakan keep writing, keep blogging, soal alexa rank, DA, PA, PR itu otomatis mengikuti kok kalau kita terus menulis dan bermanfaat bagi pembaca. Jadi jangan juga jadi minder dan menghambat semangat ngeblog kita. Saya yakin juga sih mereka para blogger yang sukses itu juga mengalami dan menjalani masa berproses. Bahkan saat mereka sudah ada di puncak seperti sekarang. Pasti ada tantangan tersendiri juga.

Ikut Berkompetisi.

Ikut kompetisi menulis atau contest blog itu salah satu sarana saya meng-upgrade diri. Menang alhamdulillah, kalau gak menang, nangis di pojokan. Ya enggak lah, ibaratnya kalau kalah itu kita lagi menyiapkan bangunan kemenangan kita. Satu kali kekalahan satu pondasi untuk membangun kesuksesan. Jiyaah menghibur diri apa gimana nih? Enggak kok beneran, saya tak selalu menang ikut lomba-lomba. Tapi sudah pernah merasakan menang. Seneng banget. Mulai yang hadiahnya sederhana hingga alhamdulillah yang lumayan banget. Bukan cuma hadiahnya sih menurut saya. Mengikuti kompetisi itu banyak keuntungannya.

Nih saya sebutin, melatih mental kita. Semakin sering mengikuti lomba, semakin pede. Trus melatih kita menulis dengan batasan: baik batasan tema, waktu, bahkan batasan kata. Saya pernah mengikuti lomba yang dibatasi maksimal 300 kata. Ya Tuhan,  draf awal saya ternyata sampai 700 kata. Jumlah kata yang  harus dibuang jauh lebih banyak dari pada yang harus dipertahankan. Lalu mulailah proses edit. Ternyata bisa tuh, pas 300 kata. 

Jadi ternyata banyak kata-kata yang terlalu berlebihan, terlalu panjang, terlalu lebay atau tanpa sadar saya ulang-ulang. Jujur kalau sudah nulis saya suka lupa berhenti. Hahaha... Iya sejatinya postingan saya dulu panjang-panjang. Nah mengikuti contest-contest dengan batasan kata membuat kita belajar memperbaiki konten dengan memilih kata yang pas dan tidak berlebihan. Efeknya juga seperti melatih kita menulis lebih precise dan tepat sasaran tanpa bunga-bunga yang terlalu berlebihan.

Lomba-lomba juga membuat kita terstimulasi untuk mencari ide. Memikirkan cara yang pas untuk bisa memenuhi kriteria yang diminta panitia. Semakin sering mengikuti lomba semakin kreatifitas kita terasah. Satu hal lagi, ngontest juga sarana yang bagus untuk belajar lho. Utamanya belajar kepada kompetitor kita. Waah kenapa ya saya kalah, kenapa mereka menang? Kepoin deh tuh tulisan mereka. 

Owwh ternyata mereka lebih kuat konsepnya, mereka menulis dengan cara yang unik, sudut pandangnya tidak umum, atau mereka menampilkan gambar dan infografis yang keren. Lalu nyumput di pojokan menangisi nasib, kenapa gue gak bisa kayak gitu?? Ya bolehlah kecewa, tapi jangan lama-lama deh. Gak baik!! Hayuuk lah kita belajar, bahkan dari kompetitor sekalipun. Kompetitornya sesama teman blogger juga. Jadi dibikin seru aja.

Naah masih berpikir bahwa ngeblog itu susah?? mudah-mudahan enggak ya, ngeblog itu asyik. Apalagi kalau kita melakukannya dengan senang hati. Jalani dengan senang hati, nikmati prosesnya, segera mulai menulis, jalin pertemanan, rajin blogwalking, dan jangan ragu ikut kompetensi blogging. So let's blogging with hearth coz #NgeblogItuAsik.

85 comments:

  1. pokoknya saya mah suka banget ngeblog. Udah berasa ada yang ilang kalau gak ngeblog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger sejati ah mak chi mah... Keren:)

      Delete
  2. Pertama ngeblog dg alasan sederhana, karena bengong di kota yg asing & aku baru keluar kerja. Rasanya sepi sekali. Dulu blm ada group chat. Baru setelah berganti-ganti niat seiring dg perkembangan ngeblogku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata rasa sepi membuat mak lus berjodoh ya sama blogging. samapi ngehits sebagai blogger. asyiik ih...pengen juga *apa coba hahaha

      Delete
  3. pokona ngeblog aseek..
    meski up n down :D
    dan memang ada masa2nya blogger berjaya dan tentu harus ada regenerasi seiring dengan berjalannya waktu.
    alhamdulillah..alhamduillah..sampe sekarang berkah ngeblog berasa, bisa duduk manis d kantor dewaseo, bisa ngikutin acara2 blogger, sesuatu banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bukannya teh Nchie mah..up up up terus yaaks
      Apalagi ada di DEWASEO dah tuuuh.
      Ngalamun bisa pinter SEO kayak teteh...ajariiiin

      Delete
  4. setuju mbak :)
    untuk bisa ngeblog secara asyik, kita harus konsisten dan juga komitmen
    misalnya, kalo pas ada event wajib dateng jika sudah registrasi...

    #cuma nambahiiiin hi hi hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.... itu salah satu bentuk kredibilitas blogger ya mas. Sy sih jarang bs ikutan acara off line. waktunya yg sudah. pdhal pingin bgt.

      Delete
  5. Replies
    1. sik asiiik, iya klo ga asyik nagapin dibela2in yaa

      Delete
  6. Udah cinta aja sama ngeblog..klo ga update tuh rasanya ada yg kurang..hati langsung hepi kalo blog terupdate dan rame pengunjung.
    Meskipun masih jauh sr profesional n ga pernah menang lomba kaya mak ophie..insyaallah ga suurt langkah. I love blogging :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. eits dirimu kan masuk jajaran blogger keren juga mak mun...udah berapa buku yang terbit. Ihhh sumpah bikin ngiriii
      semangat, doain sy juga bs duuung

      Delete
  7. Setujuuuu.. tulis pake hati, gak di rumah atau kereta, kalo pas lg pengen drafting.. ya drafting aja. Urusan tulisannya ngawur atau apa itu mah belakangan, wkwkwk..

    Masih amatiran, hiks..

    #kacamatahani

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan bisa dibaca ulang dna diedit maksay. yang penting tertuang dulu dalam draf...segala cara yaa biar bs tetep blogging haha

      Delete
  8. Awal ngeblog saya hanya ingin berbagi tulisan saja, eee... akhirnya malah dapat banyak teman. Sekarang ngeblog untuk jualan buku bekas juga, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari berbagi smp akhirnya sarana mendatangkan rezeki juga ya mas

      Delete
  9. Hebat banget Mba Ophi bisa sambil ngedraft di kereta sambil desek-desekan.. jempol deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah seninya ngeblog buat saya mak Armita... nikmati ajah

      Delete
  10. ngblog memang asik dan bikin nyandu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener..gapapalah nyandunya gak bikin sakit plus gak bikin kantong jebollll

      Delete
  11. Nah ini bagus untuk dishare ke blogger pemula nanti Mbak Ophi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...aku kan pemula juga *uhukkk...monggo dishare mbak *ehh pesan sponsor deh

      Delete
  12. Yang penting pakai hati ya mak. :)) aku baru beberapa minggu masuk komunitas. Baru aktif lagi juga update blog. Akhirnya hobi blogwalking sambil tinggalin jejak. Biasanya jadi silent reader. Dan ternyata dengan meninggalkan jejak, jadi dapet kunjungan balik. Di komunitas juga banyak ilmu tentang bloging, jadi dapet pencerahan gitu. Nyesel gak dari dulu aja aktif di blog hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sudah tercerahkan, tidak ada kata terlambat kok. ayoo semangat terus, nikmati prosesnya :)

      Delete
  13. aiih, jadi termotivasi baca ini, semoga aku bisa konsisten juga seperti mbak ... semangaaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo semangaat...nikmati blogging dg hati

      Delete
  14. Dulu, pas awal ngeblog memang masi bnyak pertimbngan ini itu untk ngepublis satu tulisan. Tp sekarang sudah tidak lagi. Selesai nulis, langsung dipublish. :)
    Proses untk belajar..

    Salam hangat dari Bondowoso.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya mas.. lama kelamaan lebih lancar yaa. ala bisa karea biasa. ga lagi banyak timbang sana timbang sini

      Delete
  15. ahhhh jadi semakin semangat ngeblog!! dulu awal ngeblog karena pengen aja punya blog, kemudian pengen jadi blog traveler, tapi sekarang lebih karena butuh bercerita. Blogger apa pun itu, yang penting tulis aja lah :D salam kenal, mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip...ayoo semangat Nulis aja dulu, ini itu bakal ngikut hahaha.
      salam kenal juga say

      Delete
  16. adeemmm bacanya mak ophi..
    iya pakek hati aja, yg lain nanti ngikutin, amiinnn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semangat mak Inda.... Muaaah #eh

      Delete
  17. ih setuju ngeblog buat saya juga semacam terapi jiwa, menulis dari hati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup...terapi jiwa yang murah meriah deh hahaha

      Delete
  18. Hmmm padahal blog nya udah bagus mba, masih ada yang nyinyirin juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha yaa gitu deh, kan setiap orang py sudut pandnag mba...yang penting kita ga terbawa ajaah. Lanjuut...move on... jadi bahan selingan aja hihihi

      Delete
  19. Jadi malu nih baca postingan ini :")
    Ini banget yang diomongin sama suami saya. Duludulu saya ngeblog ya ngeblog aja. Senang cerita gitu... lamalama jadi rame pengunjung.
    Gak lama pula lomba blog jadi makin rame. Giliran menang lomba, motivasi ngeblog kok jadi buat ngejar lomba ya? Jadi kena DL terus rasanya. Hihihi.. padahal banyakan kalahnya dibanding menang.

    Sama suami dibilang, nulis saja...
    Pengunjung itu akan datang sendiri. Jangan selalu nulis karena lomba. :D

    Dan begitulah..dan memang kalau sudah kelar bikin satu postingan itu kok plong banget rasanya. Belum lagi kalau banyak yg kunjung dan tinggalkan komentar :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ikut lomba juga dibawa seneng aja mbak...jangan dibebani sm menang atau kalah. klo menang alhmadulilah, kalah nangis di pojokan #eh...ya tapi jangan lama2 nangisnya ikut lomba lagi yang lain hahaha...nulis lagi yang lain

      Delete
  20. Ilmunya buanyak banget... Sangat bermanfaat buat bloger pemuka yang tidak beraturan kaya saya...

    Semangat! 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesama blogger pemula mari saling sharing dan support teh hahaha Semangat!!!

      Delete
  21. Makasih ya postingannya, bisa jadi amunisi buat blogger pemula kaya saya nih...

    ReplyDelete
  22. Ternyata ngeblog asyik juga ya...kalo sudah nyemplung. Meski awalnya cuma bisa nulis fiksi tapi makin kesini...makin cinta ngeblog...
    #happy blogging deh mb Ophi...

    ReplyDelete
  23. ikut lomba itu mengasah kreativitas. setuju bgt Mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeet...suka tetiba muncul ide aja tuh gegara ada lomba hahaha.

      Delete
  24. Mamanya dek paksi hebat eeuuuy. Belum lama dotcom.udah segitu alexanya. Beeuuuh saya mah apalah.yok ach ngeblog dengan hati y

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah banget, kayaknya klo konsisten posting alexanya cepet rampinhg deh mak... beda sama dulu byar pet byar pet ngeblognya.
      klo mulai gak konsisten itu angka alexa juga cepet banget turunnya. jadi jaga irama gt deh

      Delete
  25. makasih tipsnya mbak.. aku nih masih blm konsisten ngeblog

    ReplyDelete
  26. Awal ngeblog itu karena tawaran pasangan saya mbak, karena menurut dia saya berpontensi dan lagi saya suka riweuh kalau ditinggal kerja luar kota sama dia. Jadi, biar ada kesibukan yang bikin saya nggak gampang kangen lagi kalau ditinggal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..lalu lalu??? jadi ketagihan ya ngeblognya?
      asal trus jadi lupa kangen aja krn keasyikan ngeblog yaa

      Delete
  27. aihh suara hatiku banget inih maakkk *ciyum*
    awal ngeblog buat rekaman petualangan pasukan riweuh di rantau. lama2 jadi berkembang. ketika postingan dipaksakan demi sebuah angka dan event atau lomba, rasanya jadi ada pergeseran dari niat semula bikin blog. akhirnya, memantapkan hati u tetap menulis tanpa beban. meski jarang posting krn riweuh, yg penting menulis dengan hati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiip...
      nikmati aja mak...
      yang ini dan itu kan pernak perniknya yaa. jangan smp karena ini dan itu hati gak seneng jalaninnya

      Delete
  28. waaaaa.super bannget tulisannya. Saya nge blog juga dengan hati. Kalau sua berkunjung ke blog, trsterlalu banyak muatan iklan di tulisan, baru baca postingan diatas, sudahlah...say goog bye. Enaknya ngeblog juga dikembalikan ke esensi ngeblog itu sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dinikmati prosesnya ya teh...tapi memang blogging ada banyak macaem tujuan dan motivasinya. semua sah-sah saja asal kitanya bs menjalani dengan nikmat hahaha

      Delete
  29. Mak bikin tutorial header blog dong bagi ilmunya saya cm bisa bikin pake foto aja. Sama nih sy jg suka diprotes kl pegang henpon terus..,duuh harua pinter bagi waktu ya qt..apalg udah bbrp hr suami sakit dan saya ga sempat ngeblog pdhl ide2 udah ngumpul smua di kepala., klo ngetik di hempon rasanya lamaaa bgt hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah pantesan lama gak keliatan maka kania. semoga sudah pulih ya suaminya
      btw insyaAllah pingin banget bikin ttorialnya meskipun suka gak pede duluan

      Delete
  30. Setujuuu. Yang penting pakai hati yaaa.

    ReplyDelete
  31. Ngeblog itu kebutuhan buatku mak, buat katarsis, berbagi dan cari duit hehe..semoga berkah, keren tulisanmu mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha amiin semoga berkah yaa, makasih maak.

      Delete
  32. waktu ikut kompetisi trus kalah, saya sempat males ikutan lomba2 lagi (gini neh kalo ngebet menang tapi kemampuan minim) hehe
    tapi liat banyaknya lomba berkeliaran, gak nahan juga untuk ikutan haha *plin-plan* setuju bgt mbak ophi, ikut berkompetisi menjadi sarana belajar pada kompetitor #ups ketahuan suka kepoin org :v :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, gapapa kepo untuk belajar...bukan nyontek sekaligus cari inspirasi

      Delete
  33. aish... setuju deh ah... pokoknya mah nulis :)

    ReplyDelete
  34. Sama, mak, pas migrasi ke domain dotcom, AR dari 9 juta jadi 17 juta. Tapi lama-lama AR turun,, belum sampai 2 bulan sekarang sudah 800ribuan. *jingkrak2
    Jadi... tambah semangat mak *yihaaa
    Bener banget, konsistensi menulis dan blogwalking, resep mujarab untuk mendongkrak performa blog. Sungguh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaa semangat maak. ngeblog dg hati memang asyiik yaa

      Delete
  35. Saya juga pakai prinsip pokoknya nulis. Masalah rejeki, ada yang mengatur.

    ReplyDelete
  36. saya ngeblog juga pokoknya nulis biar awet muda hahaha

    ReplyDelete
  37. Pertama ngeblog salahsatu alasannya karena putus asa. Terdampar di kota kecil yang sunyi, enggak tahu harus cari hiburan apa. Ha..ha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan akhirnyaa??? hmm cerita bahagia ya mba

      Delete
  38. makasih banyak mba sharingnya :D keep up the good work ya :D

    ReplyDelete
  39. Ngeblog dengan hati dan cintaaaaaa ^^

    ReplyDelete
  40. Tulisannya panjaaang tapi asyik bacanyaaa

    ReplyDelete
  41. Tulisannya panjaaang tapi asyik bacanyaaa

    ReplyDelete
  42. Assalamualaikum...

    Monggo mampir bu :)

    coretanhatiukhti.blogspot.com

    ReplyDelete
  43. 8 tahun aku ngeblog mba, baca blog mba berasa jadi anak bawang lagi hahahha. Yang penting dari hati dan tetap nulis ya mba. Makin semangat nulis. Bisa dibilang aku cinta nulis T.T

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.