Tuesday, June 21, 2016

Tradisi Angpao Lebaran dan Manfaatnya untuk Anak



Hal-hal apa saja yang Mommies siapkan menjelang lebaran? Pasti banyak sekali ya persiapannya. Mulai dari persiapan mudik, persediaan makanan dan camilan lebaran hingga “salam tempel”. Salam tempel yang juga dikenal dengan istilah angpao lebaran biasanya jadi hadiah yang kerap dinantikan oleh anak-anak. Tak terkecuali dengan buah hati kita.


Si kecil pasti senang sekali jika menerima banyak angpao lebaran dari saudara, sahabat, dan kerabat kita. Tugas kita sebagai ibu adalah mengajarkan nilai-nilai budi pekerti kepada anak-anak sedini mungkin.

Jangan Lupa Mengucapkan Terima Kasih

Ucapan terima kasih adalah hal pertama yang patut kita ajarkan pada anak-anak. Saat menerima angpao lebaran dari siapa pun, anak harus diajak untuk mengucapkan terima kasih dengan sopan. Sehingga perbuatan sederhana ini nantinya akan membuat anak-anak menghargai pemberian sekecil apa pun dari orang lain.

Tidak Mengintip Isi Angpao Lebaran

Pamali, kalau kata orang Sunda. Mengintip isi angpao lebaran yang baru saja diberikan orang lain tentu merupakan tindakan kurang sopan. Jadi, kita tidak boleh lupa untuk mengingatkan hal ini pada anak. Ajarkan anak-anak untuk mengumpulkan angpao lebaran di saku atau tas. Bujuklah anak-anak agar sabar membuka angpao-angpao lebarannya setelah tiba di rumah.

Mengajak Anak untuk Giat Menabung

Angpao lebaran yang anak dapatkan tentu tidak harus dihabiskan semuanya. Justru inilah saat yang tepat untuk mengajarkan kegiatan menabung pada anak. Jika jumlah angpaonya cukup banyak, kita bahkan bisa mengajak anak untuk membuka tabungan khusus di bank. Dengan demikian, anak akan belajar cara mengelola dan menyisihkan uangnya dengan cermat sejak masih kecil. Kemarin Ka Alinga dan Ka Zaha menunjukkan uang di dompet mereka, katanya sisa lebaran tahun lalu. Saya dan ayah mereka sepakat, segera membuat tabungan khusus atas nama mereka sendiri nantinya. 

Membeli Barang-Barang yang Anak Butuhkan

Anak-anak tentu memiliki kebutuhan sendiri terutama jika sudah memasuki usia sekolah. Butuh alat tulis, pakaian baru, sepatu, atau mainan khusus untuk mendukung aktivitasnya. Oleh sebab itu, Ibu bisa mengajak anak-anak berbelanja barang-barang yang dibutuhkan dengan memanfaatkan angpao lebarannya. Tak perlu repot mengunjungi pusat perbelanjaan karena kini belanja online pun tak kalah hemat dan praktis.

Jika sekarang kita ingin melihat-lihat aneka barang kebutuhan anak di MatahariMall, kita juga dapat koleksi baju lebaran terbaru yang sangat menarik. (Sponsored post, refers to disclosure) Selain kebutuhan rumah tangga, kebutuhan fashion untuk kaum wanita pun tersedia secara lengkap di MatahariMall. Ibu bisa mencoba berbelanja online di toko online besutan Lippo Group ini sebelum mengajak si kecil ikut berbelanja online.

Yuk segera mengakses situs MatahariMall dan siap-siap terpesona dengan koleksi baju lebarannya!

45 comments:

  1. Wah betul Mbk. Ajak anak menabung dari uang angpau. Anakku dulu angpaunya banyak bisa beli tas dan buku sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anak2ku jg ga langsung dipake jajan mba... Malah smp tahun ini msh ada tuh sisanya haha

      Delete
  2. aku juga mulai mengajak anakku menabung mbak, walaupun masih 19 bulan putriku udah tau masukin duit ke celengan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah si cantik dah pinter nabing ya mbaa

      Delete
  3. Aku suka lihat mimik ceria anak2 pas dibagikan angpao .. Tapi aku kasih pengertian ke mereka agar uangnya ditabung jangan dijajanin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba...seruuu mrk nungguin angpao. Apalagi di keluarga besar kayak aku

      Delete
  4. Mendidik sejak dini dari uang si kecil yg dimiliki termasuk dari angpao yg diterima ketika lebaran

    ReplyDelete
  5. nyelipin angpau itu perlu mbak. apalagi buat kponakan2 :D. dan mengajarkan untuk mengucapkan trimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dr blom punya anak smp skarang py anak ya wajib siapin angpao... Seru aja

      Delete
  6. Aku ingat cerita sepupuku. Pas dia datang ke tetangga A dikasih uang, trus ke tetangag B nggak dikasih uang. Sepupuku langsung aja ngomong "Aku ke sana dikasih uang, kok disini nggak dikasih uang?? .. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha nah perlu dikasih pengertian juga tuh mba

      Delete
  7. Yeaay anakku sudah masuk umur menerima angpao! hahaa ... mesti aku ajarin nih tips2 dari mnak ophiiii ... makasih yaaa

    ReplyDelete
  8. Jadi ingat masa kecil dapat angpau langusng dibuka efek penasaran hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha namanya jg anak kecil. Makanya kita ksh tahu spy ga buka didepan orangnya

      Delete
  9. Jadi inget usia, coba saya masih kecil, jadi bisa dapat angpao lagi #lahh

    Tapi, belakangan ini saya sedang ingin menerapkan tradisi bingkisan aja mba, bukan dalam bentuk angpao. Berharap anak-anak tetap berbahagia tanpa berpikir tentang uang ,gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingkisan juga bagus mba...aku ya meski bagi2 angpao utk sodara dan ponakan2 baru belakangan kasih ke anak2ku jg. Krn mrk blom lama paham uang

      Delete
  10. Mirip dengan tradisi Imlek ya, ada angpao Lebaran.
    Anak-anak kalo dapat angpao saat Imlek juga ditabung biasanya :)

    ReplyDelete
  11. angpao zaidan taun2 kemarin alhamdulilah bisa bantu uang muka sekolah adiknya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah alhamdulillah banget yaa..dan zaidan gak mempermasalahkan juga dipake utk adek yaa.
      Anak pintar

      Delete
  12. Waah ternyata di balik angpao lebaran, ibu bisa mrngajarkan hal2 baik ya mba.. Baru kepikiran juga ya.. Hehe..
    Kalau ahza mah angpao lebarannya masih aku yg pegang, mudah2an kalau udah ngerti, si kecil bisa pakai angpao lebaran dengan bijak yaa..
    Makasih sharenya ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 say..klo msh kecil yg pegang ibunya aja. Tp ttp diajari jg

      Delete
  13. Hihi.jadi ingat masa kecil dulu.. Betapa senangnya kalau dapat angpao. Trus sama adik2 adu banyak duit angpao :P

    Makasih tipsnya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti deh lomba banyak2an hahaha.
      Kaya mendadak ya klo lebaran

      Delete
  14. Masa kecil dulu kalau dapat angpau dimasukin ke celengan. Kalau sekarang mah saya yang bagi2 angpau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gantiaaan...kan dah banyak duit hahaha

      Delete
  15. Jadi kangen masa kecil, suka dapat angpao trus dikumpulin buat beli mainan atau baju hahaha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah anak pintar berarti bs buat beli mainan n baju sendiri ya

      Delete
  16. *Tidak Mengintip Isi Angpao Lebaran (hi hi hi, setuju mbak, saya -dulu- kalo dapat angpao baru dibuka pas udah lewat beberapa hari biar bikin penasaran)

    tapi sekarang sih malah gantian, setiap lebaran/natal/imlek siapin angpao buat bagi2 keponakan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sapa tahu klo lama disimpen beranak ya mas angpaonya hahaha

      Delete
  17. yes,,, bener bgt nih Mba Opie. cocok ilmunya buat Bintang. Lebaran tahun ini ia sudah mulai mengerti soal angpao2an,. Siap dipraktekin.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha selamat belajar bintang...jangan boros yaa

      Delete
  18. jadi inget waktu kecil,,suka di kasih 10ribu dan itu sangat besar banget. terus setelah kerja saya akhirnya juga harus ngasih ke keponakan,,,bener2 mengajarkan semangat berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarangpun buat anak kecil 10rb msh besar mba..dikali brp deh tuh lumayan hahaha

      Delete
  19. Jadi inget waktu kecil angpao lebaranku dikumpulin trus abis itu dibukain tabungan simpanan pedesaan di bank pemerintah sama ibuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah keren mba..udah diajarin menabung bank sm ibuknya dr dulu yaa.
      Aku ya dulu blom ngerti nabungdi bank..tp aku pingin anak2ku rajin menabung n serius di bank

      Delete
  20. Kalo dapat angpao, selalu ditabung ma Asma. Katanya buat bayar sekolah ;D

    ReplyDelete
  21. Kalo dapat angpao, selalu ditabung ma Asma. Katanya buat bayar sekolah ;D

    ReplyDelete
  22. sebenernya kalo ngga ngasi angpao, boleh ngga sih?

    ReplyDelete
  23. hal yang disuka dan dinanti saat masih kecil. dapat angpo dari saudara/orang-orang hehe. biasanya uangnya buat beli jajan atau mainan :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.