Thursday, September 29, 2016

Tiga Kuliner Rumahan Khas Pesisir - Cirebon



Salah satu kuliner khas Cirebon yang bikin saya kangen pulang ke rumah adalah berbagai olahan laut yang khas dan biasanya hanya ditemukan di wilayah pesisir. Tiga diantaranya adalah Tumis Kerang Ecol Cabe Hijau, Tumis Balakutak/Blekutak, dan Sop Bukur/Kerang Dara. Tiga bahan dasar masakan ini adalah sumber daya laut yang banyak di temui di daerah pesisir. Kerang Ecol, Balakutak atau cumi bulat, dan Kerang Dara.
.
Pada puasa terakhir saya sempat memasak ketiga menu olahan laut ini di rumah Mimi saat mudik lebaran lalu. Lumayan mengurangi rasa kangen dan mengenang masa-masa menikmati hidangan khas ini. Dulu tinggal lep lep karena Mimi yang masak. Sekarang saya yang memasak sendiri. Untuk tumis ecol dan balakutak menggunakan bumbu yang kurang lebih sama. Kalau Sop Bukur ya layaknya sop tentu berkuah dengan bumbu lada/merica dan jahe yang khas. 

Bikinnya gampil banget gak pake susah. Makanya saya semangat mengolah sendiri. rasa dan kandungan gizinya. Hmmm jangan tanya. Selain enak pastinya mantep. Tapai kalau makan ecol jangan terlalu banyak memang, bisa pusing. Imbangi dengan meminum air kelapa muda. Hmm perfecto!


Tumis Kerang Ecol Cabe Hijau

Bahan:

Kerang Ecol

Bumbu:

Cabe hijau besar
Bawang putih
Bawang merah
Irisan Jahe
Sereh
Garam
Gula
Daun Salam

Cara mengolah:
Bersihkan kerang ecol yang saat kita beli sudah terpisah dengan kulitnya. Kerang ecol ini kecil-kecil sekali. dagingnya yang lezat dan khas membuatnya tak kalah menarik dengan kerang biasa. Setelah dibersihkan, lalu sisihkan.

Iris kasar semua bumbu ,lalu tumis hingga harum dan masukkan kerang ecol. Masak hingga matang dan harum. Sajikan dengan nasi hangat, sambal, dan pelengkap lainnya.



Tumis Balakutak/Blekutak

Bahan:

Balakutak/Blekutak

Bumbu:

Cabe hijau besar
Bawang putih
Bawang merah
Irisan Jahe
Sereh
Garam
Gula
Daun Salam

Cara mengolah:
Bersihkan balakutak/blekutak. Pisahkan tulang di bagian tengahnya. Saat membersihkan sebaiknya jangan sampai tintanya terbuang semua. Kalau saya suka balakutak karena tintanya yang membuat masakan makin lezat. Setelah bersih sisihkan.

Iris kasar semua bumu lalu tumis hingga harum dan masukkan balakutak/blekutak Masak hingga matang dan harum. Sajikan dengan nasi hangat, sambal, dan pelengkap lainnya.


Sop Bukur/Kerang Dara

Bahan:

Bukur/Kerang Dara

Kol
Daun bawang
Seledri
Wortel
Tomat (sesuai selera)

Bumbu:

Bawang putih
Bawang merah
Lada/merica
Jahe
Garam
Gula
(Haluskan)
Salam

Cara mengolah:

Bersihkan bukur/kerang dara. Biasanya kerang dara direndam dulu selama beberapa jam hingga cangkang terbuka. Bersihkan hingga cangkangnya benar-benar bersih sisihkan.

Siapkan air dalam panci dan panaskan hingga mendidih. Saat mendidih masukkan kerang dara.
Masukaan semua bumbu yang sudah dihaluskan dan tambahkan daun salam. Masak hingga daging kerang matang dan berubah warna. Terakhir masukan sayuran yang sudah dipotong sesuai selera.

Angkat sebelum sayuran terlalu matang. Sajikan panas.

29 comments:

  1. kalau saya pokoknya yang berbau, cumi-cumi , seafood dan sejenisnya suka banget..pernah makan kerang di karimun jawa 20ribu satu kresek besar..langsung pusing kepala karena kebanyakan bu heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa 20 ribu sekresek banyaak bangeeet

      Delete
  2. Ih mba ophii, kerang dara yaaa, aku suka banget. Pingin bikin deh, blm pernah.. Mau nyobain bikin, ternyata ngga susah yaa..

    Mba sabtu dtg yaa yg event keb? Sampe ketemu yaa mba ophiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kerang dara..klo di tempat seafood biasanya hanya direbus aja atau bumbu asam manis/tiram gt yaa. jarang yang diberi kuah kayak gt

      Delete
  3. Anakku suka bgt sama kerang, nanti aku coba ha resepnya. Makasih ya, mba

    ReplyDelete
  4. Mbak Ophi tuh asli Cirebon tho. Jenis kerangnya banyak ternyata yaa, belum pernah nyoba semuanya mbak. Makan kerang paling digoreng mentega.

    ReplyDelete
  5. aku suka seafood mbak, tapi gx suka kerang2an, geli hihii
    tapi suamiku suka, ntar mau dicoba ahhh ^_^
    thanks resepnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...hmm jangan2... mikirnya itu yaa hahaha

      Delete
  6. Balakutak... yq ampyuuunn ga nemu deh dimana2 kalo ga di cirebon. Jd kangen

    ReplyDelete
  7. itu kerangnya seger banget keliatan kulitnya


    laper aku mak!

    ReplyDelete
  8. aih, semuanya saya suka pisan ini mah :)
    balakutak sudah lma tidak menicipi lagi, kangen....

    ReplyDelete
  9. eh kok enaaaak. kerang ecol, kerang dara ternyata macem2 bgt ya mak 0_0. Dan skrg baru tau, kapan itu di TV ada yg bahas kerang dara. dengernya kerang darah, ternyata bukan *maap, ga penting * haha

    ReplyDelete
  10. Tapi PR ga sih mb oppy, ngletakin cangkangnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apke dikletak mbuul, dibuka aja cangkangnya biasanya malah sudah merekah sendiri dia

      Delete
  11. Mba, yang masih ada cangkang kerangnya itu tetap bisa bersih ya?
    Belum pernah nyoba yang beginian meski di daerahku ada bermacam-macam kerang. Biasanya yang sudah dikupas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus direndam dulu cukup lama mba, trus dikosek2 gt...mmg harus ektra usaha sih. tp klo beli di supermarket biasanya cangakngnya sdh bersih.

      Delete
  12. Saya seumur-umur malah belum pernah makan makanan laut, hehe <--- Curcol ^^

    ReplyDelete
  13. Balakutak itu cumi? Apa sotong ya?

    ReplyDelete
  14. Enaknya ... :D Jadi pengen. Btw, Balakutak itu apa, ya?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.