Tuesday, December 20, 2016

(Kisah Lama) Antara ORShopku dan JNE


Ini memang kisah lama, tepatnya sekitar tiga atau empat tahun lalu. Jadi sebelum blogging. Saya yang selain bekerja di kantoran ini memang aslinya banyak maunya hehehe. Gemar mencoba ini dan itu di luar rutinitas kantor dan menjabat sebagai Ibunya Trio Krucils. Sebelum menjalani hobby ngeblog yang ternyata kemudian juga sering berhubungan dengan jasa logistik atau pengiriman barang. Hobby lama saya juga erat terkait dengan jasa pengiriman barang

Iya, saat ini saya masih sering berhubungan dengan jasa pengiriman barang untuk hadiah lomba blog atau produk-produk endorse, bahkan pengiriman hadiah saat beberapa kali blog Mom of Trio mengadakan giveaway. Plus saya penggemar belanja online juga hehe. Jadi kayaknya bapak kurirnya pasti hafal deh sama alamat rumah saya. 

Dulu sebagai pelaku online shop, saat ini meski masih suka tergoda menjalaninya lagi, karena kewalahan saya memutuskan berhenti sama sekali menjalankan usaha online,  tentu saya sangat familiar dengan jasa pengiriman. Sebelum menjalani usaha sampingan online shop dengan bendera ORShop, bahkan saya sempat aktif dan dengan posisi yang cukup lumayan di perusahaan MLM di bidang kosmetik dan perawatan tubuh. Hmm soal pengiriman barang tentu menjadi menu sehari-hari. 

Tentu saja dengan berbagai pertimbangan pernah mencoba berbagai jasa logistik dan pengiriman barang. Pertimbangannya mulai dari kenyamanan, keamanan, dan kecepatan layanan, biaya, dan yang tak kalah penting ternyata komitmen dan tanggung jawab perusahaan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, hmm atau bahasa hukumnya force major. 

Nah dari semua pilihan, kemudian saya memang memilih JNE sebagai partner saya. Sejujurnya, sampai saat ini partner pilihan pengiriman barang masih JNE sih. JNE Express yang biasa membantu saya. Yang paling sering sih YES, REG, dan OKE. Tergantung kesepakatan dengan pembeli, tapi paling favorit sih tiga layanan ini. 

Setiap perusahaan jasa pengiriman, rasanya punya trik dan keunggulan masing-masing untuk memuaskan pelanggan. Barang sampai tanpa cacat, kecepatan dan ketepatan pelayanan, jaringan yang luas, hmm wajar lah ya. Namanya juga perusahaan jasa. Excellent service is a must!

Yang istimewa dari sebuah perusahaan di bidang jasa adalah saat mereka bisa mengelola complain dari pelanggan dengan baik dan tidak membuat pelanggan kapok. Ini berlaku untuk semua perusahaan jasa. Nah kebetulan ORShop dan saya pernah punya cerita soal ini. Well, ini sebetulnya bukan cerita baik, kisahnya kurang mengenakkan. Tapi justru jadi cerita baik karena JNE menanganinya dengan baik. Alhamdulillah saya merasa terbantu.

Hmm salah satu resiko berbisnis online selain complain pelanggan karena ketidakcocokan barang adalah ketepatan barang sampai ke tangan pelanggan. Mostly mereka yang biasa berbelanja online biasanya sih sudah paham toleransi waktu sampainya barang ke tangan konsumen. Jadi bisa lebih managable lah untuk complain soal ini apalagi kalau kita memakai ekspedisi yang terpercaya dan bisa melacak posisi barang yang kita kirimkan secara online dan update seperti JNE. 

Suatu waktu saya pernah mendapat complain dari pelanggan kalau barang yang dia beli belum sampai padahal dari tracking yang saya lakukan status barang sudah sampai. Kredibilitas ORShop agak terancam tentunya dengan kasus seperti ini. Jujur saya kaget dan bingung. Laporan barang sudah sampai dengan nomor resi yang sama tapi pelanggan kekeuh kalau barangnya tidak sampai. 

Karena pelanggan ini rupanya mahasiswa yang nge-kos saya minta Ia menanyakan ke Ibu Kos atau ke "tetangga" kosnya, siapa tahu ada yang menerima titipan barang yang saya kirim. Sejujurnya ada juga kekhawatiran saya bahwa seharusnya barang tidak diserahkan kepada orang yang bukan menjadi penerima yang tertuju. Customer ini bahkan bilang sudah dilihat di cctv tidak ada pengiriman barang ke alamatnya pada tanggal-tanggal yang dimaksudkan. 

Well, pelanggan adalah raja. Saat dia kekeuh dan menyampaikan seribu satu alasan maka saya mau tidak mau harus bisa memberikan solusi. Atas nama kepuasan pelanggan dan nama baik ORShop *Jiyaaaah gaya* saya kemudian memutuskan untuk mengembalikan uang pelanggan saya. Hmm kecewa pastinya. Karena saya rugi dung ya.

Lalu saya mencoba mengurus soal barang yang tidak sampai itu kepada agen JNE di tempat saya biasa mengirimkan barang. Bukan soal nominal yang harus saya gantikan kepada customer saya. Tapi soal keamanan dan kenyamanan kedepannya karena saya sudah lama berlangganan di sana dan menggunakan jasa mereka. Harapannya demikian selanjutnya kan ya? 

Saya sampaikan persoalan dan bukti-bukti yang menguatkan. Solusinya seperti apa pak? Jujur saat itu saya tidak berharap terlalu banyak. Complain saya didengar saja rasanya sudah cukup lah. Saya suka kalah sebelum berperang saat harus complain soal ini dan itu di manapun. Males duluan karena biasanya malah bikin bete. Bapak agen ini kemudian berjanji akan memfollow up. Nomor telpon saya dicatat dan akan dihubungkan dengan "orang pusat" katanya. Nanti saya akan dihubungi langsung.

Baiklah, saya tak berharap banyak. Toh saya sudah terlanjur mengganti uang customer saya. Yang penting, ini menjadi catatan agen dan kedepannya saya berharap tidak terjadi lagi. Itu saja sih!

Tak disangka keesokan harinya ada telpon dari pihak JNE Tangerang. Setelah menyampaikan semuanya, yang alhamdulillah saya sampaikan dengan tenang dan sudah tidak ada nada emosi. Kemudian penelpon di seberang menjanjikan akan segera diurus. Ada persyaratan-persyaratan yang harus saya penuhi agar saya mendapat ganti rugi. Saya lupa tepatnya berapa tapi sejumlah sekian persen dari harga barang yang saya kirimkan akan dikembalikan jika semua term & condition terpenuhi. Mereka akan melacak lebih lanjut kronologis pengiriman barang dan petugas yang mengantarkan. 

Saya sebetulnya agak malas dan memilih tidak mau ribet. Well tapi karena dedikasi pada pelanggan saya jalani prosesnya. Beberapa hari kemudian ganti rugi kemudian dibayarkan, setelah mereka meminta nomor rekening saya. Jumlahnya memang tidak besar. Tapi saya melihat kesungguhan proses investigasi dan penanganan complain yang saya lakukan. Syukurlah. Untuk kasus yang nominalnya tidak besar mungkin tidak signifikan tapi untuk barang dengan nilai nominal yang besar pasti sangat berarti. 

Alhadmulillah beres. ORShop kemudian tetap beraktivitas dan mengirimkan barang via JNE di agen depan Komplek Brimob yang biasa jadi langganan saya. Hmm ini memang kisah lama, lebih dua tahun saya sudah tidak mengoperasikan ORShop. Entah apakah akan saya hidupkan lagi, yang jelas FB Page masih aktif dan jumlah likers bertambah terus hihihi.

Stopnya aktivitas ORShop bukan karena sepi pembeli sih. Lebih banyak karena saya kewalahan menangani sendiri semuanya. Pelan-pelan saya mengurangi penawaran dan hanya menghabiskan stock yang ada. Saat ini bahkan saya masih berhubungan dengan distributor barang sekedar mengup-date informasi. Hmm kadang ada godaan untuk kembali menjalaninya. Hmm tapi hati saya bilang "know your limit!" alias "jangan serakah...PR postingan blog dan tulisan aja masih banyak tuh belum kepegang!" nyengir sendiri

Sudah tiga tahun ORShop tidak lagi melakukan aktivitas, tapi saya masih tetap berhubungan dengan JNE kok. Terakhir bulan November lalu. Saya harus mengirimkan sejumlah paket buku hadiah giv away dari Blog Mom of Trio. Hmm bulan lalu JNE menyelenggarakan Hari Bebas Ongkos Kirim pada 26 - 27 November 2016, dalam rangka ulang tahun JNE ke-26. Hmm pas banget saya tentunya pingin memanfaatkannya juga nih.

Sayangnya saya gak bisa mendapatkan fasilitas bebas ongkir ini karena salah satu penerima hadiah telat mengirimkan alamat. Hmm keburu hari Minggu deh. beberapa agen JNE di sekitar rumah tutup kalau hari Minggu, terpaksa deh kirimnya hari Senin. Hmm memang bukan rezekinya ya hihihi. Tapi gak terlalu kecewa sih karena memang HarBoKir kemarin hanya berlaku untuk pengiriman ke wilayah tertentu dan tidak semua paket hadiah yang saya kirim ter-cover oleh fasilitas HarBoKir. ya sutralaah...

Hmm jadi meskipun ada kisah kurang menyenangkan antara ORShop-ku dengan JNE tapi sungguh jadi cerita baik bahwa perusahaan jasa pengiriman yang satu ini siap melayani sepenuh hati, termasuk saat ada complain. Selamat ulang tahun JNE, maju terus dan makin sigap melayani. 




35 comments :

  1. Wah, ternyata mbak Ophi pernah jualan Online juga ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa pernah apa aja saya orangnya hahaha

      Delete
  2. Kantor aku juga pake JNE, dan kalau untuk pengiriman pribadi pun aku lbh suka pake NJE, harganya murah tapi kualitas pelayanan bagus dan bersaing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jug masih pake JNE smp sekarang mba

      Delete
  3. baru tau mbak opie pernah buka olshop, untung jne bertanggung jawab yaa mbak

    ReplyDelete
  4. jne sahabat setia banget ya kak

    ReplyDelete
  5. wah kenapa ga diterusin mba jualan online nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa bagi waktunya mbaa...ga enak smpelanggan klo keteteran

      Delete
  6. Eh ngak terasa susah 26 th JNE melayani kita

    ReplyDelete
  7. aku masih percaya JNE..selama ini baik dan gk ada keluhan .

    ReplyDelete
  8. Nimbrung ah, bunda ketika mengirimkan hadiah2 GA yg bunda adakan th 2014, hehe..dah lm, ya? Pengiriman via JNE selalu tepat waktu dan gak ada yg rusak. Memuaskan.

    ReplyDelete
  9. Sempt ad komplain mb aku trm brng dr jne dh d buka hiks gk ilang sih cuma sdkit gk suka aj.. mungkin itu slh satu oknum .. tp memang gk ad pilihn lain yg dkt rmh.cuma jne

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm bs jadi oknum, di komplain aja mbaa

      Delete
  10. syukurlah bisa terselesaikan dg baik ya mak.
    hayuk idupin lagi ORShopnya *kitik2*

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah selesai Ya Mbk, alu juga pernah jualan online. Malah salah kirim barang pula hahah

    ReplyDelete
  12. Kenapa gak diterusin ORShopnya Mbak? Siapa tau laris manis...hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu mba...iya kmrn juga lumayan kok ramee...duh jd tergoda lagi #Eh

      Delete
  13. Wah, Mbak Ophi pernah juga usaha sampingan online shop gitu yak. Mau ngga mau pasti berhubungan terus dengan ekspedisi atau jasa pengiriman barang. Pasti banyak suka dan dukanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyaak...seru sih beneran...mungkin kapan2 pingin lagi hahaha

      Delete
  14. Saya senang bacanya, mba, "I know my limit." Saya pun kadang lupa pingin melakukan banyak hal, dan lupa kalau waktu saya memang ada limit-nya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, saya suka banyak maunya...tp klo terkait orang lain macam pelanggan gt ga enak juga pas keteteran

      Delete
  15. Wahh dedikasinya banget..hehe

    Sukses mbak

    ReplyDelete
  16. aku pun mempercayakan pengiriman ke JNE, lebih terpercaya ...

    ReplyDelete
  17. aku penasaran nanti JNE kirimin aku apa lagi ya...

    ReplyDelete
  18. Halo,

    Terimakasih sudah ikut blog competition Cerita Baik bersama JNE, ya. Semoga beruntung :D

    Salam bahagia,
    Pungky Prayitno

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top