Friday, January 20, 2017

Seberapa Dekat Anak-anak Mengenalmu Mom?



Seberapa dekat anak-anak mengenal orangtuanya? Pertanyaan yang cukup menggelitik. Beberapa waktu lalu saya senyum-senyum sendiri saat membaca status mba Ruth, Mamanya Dudu tentang percakapan mereka. Percakapan ini menggambarkan seberapa kenal sih anak-anak sama kita, orang tuanya. Hmm jadi penasaran, bagaimana yaa kalau pertanyaan yang sama, saya tanyakan pada Trio Alinga, Zaha, dan Paksi?


Akhirnya, saat ngumpul menjelang tidur malam sambil cekakak cekikik saya mencoba memberikan pertanyaan yang sama pada anak-anak. Jujur saya penasaran, seperti apakah saya di mata anak-anak? Seberapa kenal sih anak-anak pada Ibunya ini? Selain penasaran saat juga agak baper dan khawatir adakah saya akan mendapat jawaban yang membuat saya sedih. Jawaban yang paling mengerikan yang takut saya dengar adalah Ïbu kayak Macan. Duuh  bukan Manis dan Cantik, tapi Gualaak! 

Maklum saya Ibu yang sangat ekspresif. Tak malu menunjukkan cinta, kagum, sayang, dan sebaliknya marah. Bilang cinta dan sayang bisa berkali-kali dalam satu hari. Cium-cium dan peluk mereka sebanyak yang saya mau. Bisa uyel-uyelan sama anak-anak, gigit-gigitan, tebak-tebakan, saling ngentutin *joyoook*, ledek-ledakan, bisa juga nangis-nangisan (maksudnya nangis bareng ya, bukan pura-pura nangis), cemberut-cemberutan, yaa gitu deh. 

Naah saat marah (beneran), biasanya saya juga ekspresif. Marah ya marah. Hmm jeleknya suka lebay kalau marah. Pas sadar, tinggal nyesel deh, kenapa sih marah sampe segitunya? mereka kan anak-anak. Lalu salahin ayahnya yang bikin Ibunya jadi super sensi. #eh! Iya-lah... (Hanya) Ibu bahagia yang bisa membahagiakan anak-anaknya. Tugas ayahnya duuung bikin Ibu bahagia. #HidupIbu!

Well, pertanyaan yang saya ajukan pada anak-anak mendapat jawaban yang membuat saya agak terkaget-kaget, terharu, dan tentu saja lucu. Duuh, mereka ternyata mengenali Ibunya ini, Alhamdulillah. Meskipun kadar kenal dan tahunya, mesti berbeda. Intiny mereka tuh ternyata perhatian ya sama Ibunya. Thanks my sunshines... Love you as always. 

Usia juga mempengaruhi jawaban mereka. Dek Paksi yang lebih muda (5 tahun) menjawab lebih spontan, polos, kocak, dan sering misunderstanding dengan pertanyaan yang diberikan meski sudah saya jelaskan maksudnya. Ka Zaha (7 tahun) dalam menjawab pertanyaan sering seperti berpikir apakah jawaban saya benar atau tidak? Ka Alinga (9 tahu) tampak lebih serius menanggapi pertanyaan bahkan "baper" untuk pertanyaan tertentu. 

Nah berikut hasil rekap dari percakapan yang lumayan seru tersebut. 

==============

WITHOUT prompting, ask your child these questions and write EXACTLY what they say:


*What is something I say a lot?

Alinga: gantengku...rajaku...cintaku kuntring2 to Paksi
Zaha: anak2... wudhu... sholat!
Paksi: anak suruh makan!

*What makes me happy?

A: waktu kita perform lagu "Bunda" buat Ibu en pas ngeliat kita akur
Z: klo anak2 baik, rajin sholat, ngaji, makannya banyak n gemuk.
P: klo paksi nurut

*What makes me sad?

A: when we are fighting and we don't obey you
Z: klo kita nakal sm Ibu, terutama Paksi.
P: klo paksi gak nurut

*How tall am I?

A: aku gak tahu
Z: ga tahu
P: 31 meter

*What's my favorite thing to do?

A: ngeblog
Z: bermain dengan hp, tidur, masak enak
P: kentut

*What is my favorite food?

A: pete n fish
Z: ikan, buah, sayur, pete, jengkol
P: nanas, buah naga, manggis

*What is my favorite drink?

A: air putih, jus buah n sayur yang pure, dan minuman yg ibu bikin sendiri
Z: air putih, jus sayur, jus buah, jahe anget
P: air putih anget, es krim,

*If I could go anywhere, where would it be?

A: ke India, ke Bulan, ke negara lain yg blom Ibu kunjungi
Z: ke Venus, ke Bulan, ke Perancis
P: Azerbaijan, Ambon, ke kantor, ke London, keliling dunia, ke China.

*Do you think you could live without me?

A: No, I can not live without you
Z: No, No, and No
P: bisa tapi kadang2

*How do I annoy you?

A: kalau aku ngeliat ibu manjain paksi n zaha dan keliatannya aku dicuekin aja
Z: kalau ibu marah
P: kalau ibu marah

*What is my favorite TV show?

A; my trip my adventure, acara2 masak, kick andy, berita
Z: kick andy, the voice kid,
P: belfita

*What is my favorite music to listen to?

A: olivia ong's songs, lagu yg asik,
Z: fly to the moon sama I am out of the love ( sambil bernyanyi), Tiba2 cinta datang kepadaku, I m i        love with the monster
P: drum, rebana, gitar, seluring, piano

*What is my job?

A: di kantor jadi perancang undang-undang dan melakukan pekerjaan rumah
Z: kerja kantor, masak, nyuci
P: nyapu, masak, menggosok, ngurusin anak, ngurusin ayah

*What's my favorite color?

A: ungu sama soft pink
Z: ungu sama pink
P: merah, hitam, coklat, putih, juga warna warni

*How much do you love me?

A: sealam semesta yang luaaaaaaas ini
Z: sebumi, seplanet, sebintang2, sebulan, sematahari, seawan, sepelangi, se langit ke tujuh, Se syurga
P: sebumi, seplanet, sebintang2, semana ajaa... Se syurga

Copy, paste and change my answers and see what your child says!
You will be surprised how much your kids pay attention to you!

================

Seru yaa, kalau Sahabat Mom Trio mau tahu juga, boleh dicoba pertanyaan tadi dan temukan jawaban anak-anak. It is refreshing to know that they know me so well. The most important, they love me as big as the universe, well just like I love them for sure. Spontanitas, kejujuran, bahkan dengan jawaban yang menunjukkan kecemburuan ala Ka Alinga membuat saya tahu bahwa meski saya merasa memperlakukan dan bersikap sama pada mereka tak bisa dihindari bahwa mereka memaknai, merasa, dan melihat secara berbeda. 

26 comments :

  1. seru juga yah semacam wawancara.. hahaha.. semoga Babam bisa juga nih ikut menjawab pertanyaan kayak kakak kakak pinternya Mba Ophi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah..jd penasaran sm jawabannya babam

      Delete
  2. Aku ngakak jawaban Paksi saat ditanya apakah bisa hidup tanpa pamrih mba Ophi. Dan jawabannya "Bisa kadang kadang" ha-ha-ha menggemaskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...akupun ngakak dan agak baper juga hehe

      Delete
  3. aih seruuu... apalagi jawaban de paksi hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mba...paksi mah iseng spontan

      Delete
  4. Aku baca iniiii pas status facebook mba ophiii... Lucu yaaa, jawaban2 anak2 mba..
    Kaina bilang, cintanya sebesar papi :))
    Hiduuup ibu hihiii

    ReplyDelete
  5. ini yang banyak beredar di fesbuk ya mba..itu lucunya paksi..ibunya favoritnya kentut..wkwk

    ReplyDelete
  6. Wkwkwk....baca ini di facebook aku cekikikan.

    ReplyDelete
  7. Aku baca ini di status temen di fb,mau cobacke anak anakku lupaaa terus.harus kucoba aaah

    ReplyDelete
  8. Jawaban Paksi itu: bisa, tapi kadang-kadang.
    Sama, itu tuh, kentut!
    Hahaha...

    Duh, seru ya.

    Kayaknya harus lihat mood anak juga nih, saat ajukan pertanyaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kan spontan dia mah..terlalu jujur

      Delete
  9. Anak2ku belum bisa ditanya2in hehe
    Tapi seru ya bisa berbincang dan mngetahui penilaian anak2 kyk gtu
    TFS :)

    ReplyDelete
  10. nanti coba menyanyakan hal yang sama pada anakku ahh :)

    bertanya seperti itu juga bisa meningkatkan kedekatan ibu dengan anak-anaknya yaa Mba Ophii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya mba...mood booster n refreshing mba

      Delete
  11. Jawaban dek Paksi ini yang paling bikin ngakak. How if you live without me? Bisa sih kadang2 :D Kerjaan ibu: ngurusin anak, ngurusin ayah. Ya emang itu sih yang terlihat ya, di kantor mah dek Paksi nggak ngelihat :D Semoga anak2 tambah pintar ya, mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi dia spontan dan apa adanya terlalu jujur juga wkwkw

      Delete
  12. Paksiiii... lucu banget sih jawabannya. Jujur...

    ReplyDelete
  13. Senangnya ngobrol brg bocil, btw templatenya bagussss mak ophi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya makasih neng tetty...ini baru ganti template

      Delete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top