Thursday, March 30, 2017

Wisata Malam Taman Alun-Alun Kapuas Pontianak

Taman Alun-Alun Kapuas Pontianak (sumber : wisatapontianak.com)

Kota Khatulistiwa, Saya mengenalnya demikian. Yups, Pontianak. Siapa sih yang tak kenal dengan Kota Pontianak? Sejak zaman kita SD dulu tentu kita sudah menghafalnya kan ya. Naah ternyata Ibu kota provinsi Kalimantan Barat ini makin lama makin cantik lho. Sekarang Pontianak sudah menjadi  salah satu tujuan wisata domestik yang wajib dikunjungi. Kota yang terkenal karena dilewati garis khatulistiwa ini termasuk kota  perdagangan dan pelabuhan. 


Awal mulanya, kota ini didirikan sejak tahun 1771 oleh rombongan Syarif Abdurrahman Alkadrie sebagai tempat tinggal sekaligus tempat berdagang. Karena fungsinya sebagai tempat perdagangan, berbagai macam budaya bercampur menjadi satu dan menjadikan Pontianak kota yang unik dan memiliki tempat wisata yang harus kamu kunjungi. Tidak hanya tempat wisata yang bisa dikunjungi saat siang hari, pada malam hari pun Pontianak terasa lebih bersinar dan lebih hidup. 

Salah satu lokasi paling asyik dikunjungi di Pontianak saat malam hari adalah Taman Alun Kapuas. Terletak di tengah kota, Taman Alun Kapuas dapat dikunjungi kapan saja dan dari mana saja. Letaknya yang strategis membuat banyak wisatawan dan warga Pontianak mengunjungi Taman Alun Kapuas untuk sekedar melepas lelah atau menikmati pemandangan Sungai Kapuas dan Kota Pontianak yang sangat Indah. 

Taman yang satu ini telah beberapa kali direnovasi untuk menambahkan sarana dan prasarana bagi para pengunjung. Taman seluas tiga hektare ini dimanfaatkan sepenuhnya sebagai ruang publik di Pontianak. Dipenuhi dengan air mancur, anak tangga taman alun, dan juga tugu khatulistiwa membuat taman alun kapuas menjadi ikon Kota Pontianak. 

Pemandangan tepian Sungai Kapuas juga sangat Indah. Kita bisa menggunakan jasa wisata air untuk menyusuri Sungai Kapuas dari Taman Alun ini. Hanya dengan 10 ribu rupiah sekali jalan, kita bisa menyusuri tepian Sungai Kapuas hingga sampai Jembatan Kapuas 1, kemudian memutar balik ke Taman Alun Kapuas. Dengan menggunakan jasa wisata air, kita bisa melihat aktivitas masyarakat Kota Pontianak dan pemandangan Kota Pontianak saat malam hari. Romantis dan indah sekali!

Taman Alun Kapuas lebih sering dikunjungi di malam hari, karena suasana yang mulai ramai. Banyak pedagang makanan dan minuman yang siap mengisi perut kosong dan ada juga pertunjukan musik dan budaya yang diadakan di tengah Taman Alun. 

Taman rekreasi yang cocok untuk keluarga, remaja, dan wisatawan segala usia ini memiliki banyak bangku yang bisa digunakan untuk bersantai sekaligus menikmati sajian kuliner di sekitar taman. Jika kita pertama kali ke Pontianak, akan lebih menyenangkan jika menghabiskan malam pertama kunjungan di Taman Alun Kapuas ini. Taman kota ini pun sangat mudah untuk di akses karena terletak di jantung Kota Pontianak. Kita bisa menggunakan transportasi umum seperti angkot atau taksi dan datang ke jalan kasih. 

Tertarik untuk ke Pontianak, tapi belum tahu mau menginap di mana? Jangan khawatir, kita bisa mencari hotel murah yang nyaman lewat Airy Rooms. Jaringan hotel terbesar di Indonesia ini memiliki jumlah properti hotel terbanyak dibandingkan jaringan hotel lain sehingga tepat sekali dijadikan pilihan utama untuk akomodasi murah yang nyaman di Pontianak. 

Dengan fasilitas lengkap setiap kamar, mulai dari AC, TV layar datar, shower air hangat sampai WiFi gratis, kita bisa dengan mudah memesan kamar hotel melalui website maupun aplikasi di smartphone. Dijamin kita bisa menikmati liburan di Pontianak jauh lebih menyenangkan dan menghemat uang dengan menginap di jaringan hotel terbesar di Indonesia ini. 


25 comments :

  1. Dia pernah lewat di taman alun-alun Kapuas ini. Tapi waktu itu pas siang hari, yang terlihat hanya Monumen bambu runcing nya saja. Tak menyangka ya kalau malam lampunya menyala warna warni menciptakan image yang indah

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah ke Pontianak nih mba. Padahal pemandangannya emang kece banget ya :). Wah Airy Rooms memang oke.

    ReplyDelete
  3. Sekarang ini banyak ya tempat publik yang diperbaiki sehingga bagus dan jadi tempat nyaman buat rekreasi. Pengen ke pontianak sekalian ketemu temen2 dunia maya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo public place ditata rapih kan jadi anteng kita ya mainnya

      Delete
  4. Pernah sekali ke pontianak dan memang syahdu bangt suasanya. Mungkin faktor kapuas itu ya... jadi pengen lagi halan2 euyy

    ReplyDelete
  5. Blm pernah k Pontianak mba,,, noted mdh2an dlm waktu dekat bs k sana y mba,, dn bs menikmati smua wisata bt rmsk k alun nya

    ReplyDelete
  6. Air mancurnya cantik sekali, Mba. Belum pernah ke Pontianak. Semoga ada kesempatan untuk bisa kesana :D

    ReplyDelete
  7. Akhir bulan ini aku mau ke Malang beberapa hari, kayaknya kudu booking hotel via Airy Rooms nih. Gampang kan mbak Ophi, bookingnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang mba..aku sih dah ada aplikasinya di hp

      Delete
  8. wah keren banget, pontianak aku mau deh kesini,a dikku bilang banyak yg bisa dikunjungi

    ReplyDelete
  9. Saya belum pernah ke Pontianak padahal satu daratan tapi jauh sangat :-)
    Semakin penasaran dengan Pontianak waktu baca novel Tere Liye yang judulnya Aku, kau, dan sepucuk angpao merah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew..kayak perlu dijajaki nih kisah dalam novel ter liye mba...ayo ke ponti

      Delete
  10. Waktu itu suamiku dpt tugas kesana, tp sayangnya aku g bisa ikut :(.. Pdhl pgn ih, apalagi pontianan yg aku tau kulinernya uenaak2 ... Next kalo suami tugas meriksa kantor cabang di sana aku hrs ikut ah :p. Lumayan hotel gratis dr kantor, cm bayar pesawat aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah sayang ya mba..luamayan ituuh hahaha

      Delete
  11. wah cantiknya. terimakasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  12. Belum nyoba airy rooms, murah banget ya katanya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top