Monday, June 19, 2017

Serunya Bermain Bersama Anak di Parent Experience Program KidZania

Beberapa bulan lalu Trio Krucils: Ka Alinga, Ka Zaha, dan Dek Paksi ada kegiatan lomba menggambar dan mewarnai di Pacific Place. Hmm heboh deh mereka, "Ibuu nanti kita ke KidZania yaa." Mereka bertiga memang sudah pernah mengunjungi taman bermain anak dan keluarga ini sebelumnya. Ka Alinga malah sudah dua kali. Saat masuk TK dan saat dia di kelas 3. Ka Zaha saat kelas 1 dan Dek Paksi yang paling gress, sekitar awal tahun 2017 ini. Mereka memang ke KidZania bersama teman-teman sekolah dan guru-gurunya.

Sumber: Kidzania


Sebagai sebuah theme park atau ’kota’-nya anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) bagi anak-anak usia 2-16 tahun, KidZania memang sering menjadi pilihan dari program outing sekolah. KidZania dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya dalam skala anak-anak atau city of kids, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi. Total ada 72 establishment dengan lebih dari 110 profesi yang bisa dimainkan.

Sebagai sebuat tempat bermain sekaligus belajar, konsep yang ditawarkan KidZania sangatlah menarik. Anak-anak memiliki dunianya sendiri di mana mereka belajar memainkan peran dalam beragam profesi. Mereka diberi tanggungjawab dan belajar mengambil keputusan dan bertanggungjawab atas keputusan tersebut. Mereka berpikir dan bertindak secara mandiri. Ih terbayang serunya!

Hmm jujur saya penasaran banget apa yang mereka lakukan di beragam establisment yang ada di KidZania dan profesi apa yang mereka perankan. Iya, kunjungan mereka ke KidZania dalam program sekolah memang tidak diperbolehkan ditemani orang tua. Saya sebagai working mom sih santai saja, karena memang gak bisa juga mengantar dan menemani mereka. "Percaya saja sama mereka Mom, ada kami juga kok yang nanti mendampingi mereka." Demikian para Miss meyakinkan kami orang tua.

Tapi ada beberapa Ibu yang ternyata tetap ngintilin mereka hahaha. Maklumlah ada yang tetap khawatir dan mungkin blom terbiasa melepaskan anak-anaknya secara mandiri. Sayangnya sesampai di KidZania mereka juga hanya menunggu di luar. Tidak bisa ikut bermain juga. Orang dewasa yang masuk hanya gurunya anak-anak untuk mendampingi.

Simak deh, keseruan obrolan Trio Krucils beberapa bulan lalu saat Dek Paksi pulang dari KidZania dan dengan penuh antusiasme menceritakan keseruannya bermain di sana.

Sumber: Kidzania

Paksi: "Aku sukanya jadi pemadam kebakaran, seruuu! trus aku suka juga kerja yang di ambulan itu bu..."
Ka Al: "Ah tapi jadi pemadam kebakaran gajinya sedikit dek. Kakak dong, dulu jadi pengacara, itu lho bu yang membantu meringankan hukuman tersangka. Itu gajinya buanyaak bu..."
Ibu: "Kalau dek Paksi mungkin blom bisa memerankan yang itu Ka, kan sesuai usia juga."
Ka Zaha: "Kalau aku suka yang jadi penyanyi bu, penyanyi cafe hehehe...tapi suaraku gak bagus hihi .."(padahal suara Ka Zaha bagus lho apalagi dibandingin Ibunya :P)
Ibu:  "Ah suara Ka Zaha kan bagus, hmm malu-malu kali ya nyanyinya? Gajinya banyak gak?"
Ka Zaha: "Hmm aku lupa deh, kayaknya sih 20 KidZos, tapi aku harus bayar dulu sebelum nyanyi nanti baru bos ku kasih aku KidZos"

Saya menikmati keseruan obrolan mereka sambil membayangkan, seandainya saya juga bisa jadi bagian keseruan mereka. Seperti saat mereka bermain rumah-rumahan atau main peran di rumah dan saya diberi peran juga, kadang sebagai Kepala Sekolah atau sebagai Ibu Catering. Tiba-tiba ketiganya kompak berseru:
"Ibu sih gak ikutan main sama kita. Seru tahu buu..."
"Iya, Ibu gak tahu kalau main di KidZania itu seru banget."
"Ibu harus coba..."
"Eh bukanya orang dewasa gak boleh ikut main nak?"
"Iya sih bu, mamanya temen-temenku juga ada yang ikut ke sana tapi tunggu di luar aja"

Nah sebetulnya waktu itu memang saya belum update aliat kudet nih. Ternyata sejak bulan April lalu, KidZania Jakarta kembali mengadakan progam Parent’s Experience. Dalam Parent’s Experience, orang tua maupun pendamping dewasa bisa bermain bersama anak-anak di semua establishment di KidZania. Progam spesial ini  bisa diikuti setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Sumber: Kidzania

Parent Experience diadakan guna memberikan kesempatan agar para orang tua bisa menjalin bonding dan memanfaatkan quality time bersama anak – anaknya. Pasti seru banget kalau orang tua bisa ikut juga bermain bareng mereka dan pastinya makin menghangatkan jalinan dan komunikasi antara anak dan orang tua. Have fun bareng anak-anak pasti seru banget. Parent Experience Program ini juga makin mengatkan KidZania sebagai tempat wisata keluarga ya.

Menyambut libur lebaran Parent’s Experience akan tetap hadir saat Holiday Season yang akan dimulai pada 17 Juni 2017 – 9 Juli 2017. Saat Holiday season, tiket Parent’s Experience menjadi IDR 250.000, sedangkan untuk non holiday season harganya IDR 150.000 saat weekdays, dan IDR 200.000 saat weekend.

Sumber: Kidzania

Waah seru banget kan? Sudah tahu belum Moms, Dads? Naah supaya gak ketinggalan info ada baiknya difollow  dan dilike nih media sosial KidZania atau bisa sering-sering cek infonya langsung ke website KidZania. Akun sosial media KidZania sebagai berikut: 

o Facebook : KIDZANIA JAKARTA
o Twitter : @kidzaniajakarta
o Instagram : @kidzaniajakarta
o Website : Jakarta.kidzania.com

Kalau mau mengunjungi langsung KidZania juga bisa kok Moms. KidZania Jakarta berlokasi di Pacific Place Mall Jakarta lantai 6, SCBD Jalan Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan.

Sampai ketemu di KidZania yaa...



5 comments :

  1. Anakku yang ketiga dan keempat belom pernah ke sini. Selain karena jauh kudu ke Jakarta, juga karena aku nganggapnya masih kecil. Dia belom bisa main sendiri. Kudu bareng aku atau bapaknya. Beruntung sekarang ada Parent's Experience, ya. Pendamping bisa ikut masuk. Gak ada lagi deh kayaknya alasan untuk gak main ke sana. Segera dijadwalkan nanti saat ke Jakarta. :D

    ReplyDelete
  2. Wah asiknya. Aku baru tau kalau Kidzania ada program ini, menyertakan orang tua dalam kegiatan anak-anak pastinya menyenangkan sekali ya
    Mau ah kapan-kapan seru2an bareng Prema di Kidzania

    ReplyDelete
  3. wahh terakhir ke Kidzania pas si bungsu umur brapa ya..heheh, jadi pengen ke sana lagi apalagi udah ada parent experience gitu..

    ReplyDelete
  4. waktu kidzania baru buka, rajin ke situ bareng 3 adikku yg masih SD karena aku masih ngantor ... anakku mada belum pernah ke kidzania, karena umurnya baru genap 3 bulan ini hihihi

    program parent experiencenya bagus juga tuh, bisa ningkatin bonding anak orang tua

    ReplyDelete
  5. Anak saya pastivsuka ya kalau berkunjung ksna, smg bs nyicipin maen ke kidzania. Amin

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top