Serunya Bermain Bersama Anak di Parent Experience Program KidZania

Beberapa bulan lalu Trio Krucils: Ka Alinga, Ka Zaha, dan Dek Paksi ada kegiatan lomba menggambar dan mewarnai di Pacific Place. Hmm heboh deh mereka, "Ibuu nanti kita ke KidZania yaa." Mereka bertiga memang sudah pernah mengunjungi taman bermain anak dan keluarga ini sebelumnya. Ka Alinga malah sudah dua kali. Saat masuk TK dan saat dia di kelas 3. Ka Zaha saat kelas 1 dan Dek Paksi yang paling gress, sekitar awal tahun 2017 ini. Mereka memang ke KidZania bersama teman-teman sekolah dan guru-gurunya.

Sumber: Kidzania


Sebagai sebuah theme park atau ’kota’-nya anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) bagi anak-anak usia 2-16 tahun, KidZania memang sering menjadi pilihan dari program outing sekolah. KidZania dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya dalam skala anak-anak atau city of kids, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi. Total ada 72 establishment dengan lebih dari 110 profesi yang bisa dimainkan.

Sebagai sebuat tempat bermain sekaligus belajar, konsep yang ditawarkan KidZania sangatlah menarik. Anak-anak memiliki dunianya sendiri di mana mereka belajar memainkan peran dalam beragam profesi. Mereka diberi tanggungjawab dan belajar mengambil keputusan dan bertanggungjawab atas keputusan tersebut. Mereka berpikir dan bertindak secara mandiri. Ih terbayang serunya!

Hmm jujur saya penasaran banget apa yang mereka lakukan di beragam establisment yang ada di KidZania dan profesi apa yang mereka perankan. Iya, kunjungan mereka ke KidZania dalam program sekolah memang tidak diperbolehkan ditemani orang tua. Saya sebagai working mom sih santai saja, karena memang gak bisa juga mengantar dan menemani mereka. "Percaya saja sama mereka Mom, ada kami juga kok yang nanti mendampingi mereka." Demikian para Miss meyakinkan kami orang tua.

Tapi ada beberapa Ibu yang ternyata tetap ngintilin mereka hahaha. Maklumlah ada yang tetap khawatir dan mungkin blom terbiasa melepaskan anak-anaknya secara mandiri. Sayangnya sesampai di KidZania mereka juga hanya menunggu di luar. Tidak bisa ikut bermain juga. Orang dewasa yang masuk hanya gurunya anak-anak untuk mendampingi.

Simak deh, keseruan obrolan Trio Krucils beberapa bulan lalu saat Dek Paksi pulang dari KidZania dan dengan penuh antusiasme menceritakan keseruannya bermain di sana.

Sumber: Kidzania

Paksi: "Aku sukanya jadi pemadam kebakaran, seruuu! trus aku suka juga kerja yang di ambulan itu bu..."
Ka Al: "Ah tapi jadi pemadam kebakaran gajinya sedikit dek. Kakak dong, dulu jadi pengacara, itu lho bu yang membantu meringankan hukuman tersangka. Itu gajinya buanyaak bu..."
Ibu: "Kalau dek Paksi mungkin blom bisa memerankan yang itu Ka, kan sesuai usia juga."
Ka Zaha: "Kalau aku suka yang jadi penyanyi bu, penyanyi cafe hehehe...tapi suaraku gak bagus hihi .."(padahal suara Ka Zaha bagus lho apalagi dibandingin Ibunya :P)
Ibu:  "Ah suara Ka Zaha kan bagus, hmm malu-malu kali ya nyanyinya? Gajinya banyak gak?"
Ka Zaha: "Hmm aku lupa deh, kayaknya sih 20 KidZos, tapi aku harus bayar dulu sebelum nyanyi nanti baru bos ku kasih aku KidZos"

Saya menikmati keseruan obrolan mereka sambil membayangkan, seandainya saya juga bisa jadi bagian keseruan mereka. Seperti saat mereka bermain rumah-rumahan atau main peran di rumah dan saya diberi peran juga, kadang sebagai Kepala Sekolah atau sebagai Ibu Catering. Tiba-tiba ketiganya kompak berseru:
"Ibu sih gak ikutan main sama kita. Seru tahu buu..."
"Iya, Ibu gak tahu kalau main di KidZania itu seru banget."
"Ibu harus coba..."
"Eh bukanya orang dewasa gak boleh ikut main nak?"
"Iya sih bu, mamanya temen-temenku juga ada yang ikut ke sana tapi tunggu di luar aja"

Nah sebetulnya waktu itu memang saya belum update aliat kudet nih. Ternyata sejak bulan April lalu, KidZania Jakarta kembali mengadakan progam Parent’s Experience. Dalam Parent’s Experience, orang tua maupun pendamping dewasa bisa bermain bersama anak-anak di semua establishment di KidZania. Progam spesial ini  bisa diikuti setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Sumber: Kidzania

Parent Experience diadakan guna memberikan kesempatan agar para orang tua bisa menjalin bonding dan memanfaatkan quality time bersama anak – anaknya. Pasti seru banget kalau orang tua bisa ikut juga bermain bareng mereka dan pastinya makin menghangatkan jalinan dan komunikasi antara anak dan orang tua. Have fun bareng anak-anak pasti seru banget. Parent Experience Program ini juga makin mengatkan KidZania sebagai tempat wisata keluarga ya.

Menyambut libur lebaran Parent’s Experience akan tetap hadir saat Holiday Season yang akan dimulai pada 17 Juni 2017 – 9 Juli 2017. Saat Holiday season, tiket Parent’s Experience menjadi IDR 250.000, sedangkan untuk non holiday season harganya IDR 150.000 saat weekdays, dan IDR 200.000 saat weekend. Nah untuk waktu bermainya kapan nih? Jadwalnya sebagai berikut ya:

Senin – Kamis : 09.00 – 16.00
Jumat, Sabtu, Minggu :  Sesi 1 : 09.00 – 14.00
                                    Sesi 2 : 15.00 – 20.00

Untuk weekdays hanya sampai pukul 4 sore, kalau weekend sampai jam 8 malam.

Sumber: Kidzania

Waah seru banget kan? Sudah tahu belum Moms, Dads? Naah supaya gak ketinggalan info ada baiknya difollow  dan dilike nih media sosial KidZania atau bisa sering-sering cek infonya langsung ke website KidZania. Akun sosial media KidZania sebagai berikut: 

o Facebook : KIDZANIA JAKARTA
o Twitter : @kidzaniajakarta
o Instagram : @kidzaniajakarta
o Website : Jakarta.kidzania.com

Kalau mau mengunjungi langsung KidZania juga bisa kok Moms. KidZania Jakarta berlokasi di Pacific Place Mall Jakarta lantai 6, SCBD Jalan Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan.

Sampai ketemu di KidZania yaa...



47 comments

  1. Pengen ajakin Marwah ke Kidzania belum terus huhuhuhu.

    ReplyDelete
  2. Pengen jg kesana ngajakin anak lanang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mumpung ayahnya bisa ikut main bareng mas Adi...

      Delete
  3. seru ya, bukan cuma playzone doank. Ada game simulasi juga. Baking sama jadi bomba. Hihiii...

    Anak-anak pasti suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak2ku sih suka banget dan nagiih mulu pingin ke sana lagi dan lagi

      Delete
  4. Anakku yang ketiga dan keempat belom pernah ke sini. Selain karena jauh kudu ke Jakarta, juga karena aku nganggapnya masih kecil. Dia belom bisa main sendiri. Kudu bareng aku atau bapaknya. Beruntung sekarang ada Parent's Experience, ya. Pendamping bisa ikut masuk. Gak ada lagi deh kayaknya alasan untuk gak main ke sana. Segera dijadwalkan nanti saat ke Jakarta. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok teeh, mumpung bisa bareng2 main kitanya juga.
      aku bilang main kayak gini perlu juga sih buat orang tua, sekalian mewujudkan cita2 kita dulu

      Delete
  5. Wah asiknya. Aku baru tau kalau Kidzania ada program ini, menyertakan orang tua dalam kegiatan anak-anak pastinya menyenangkan sekali ya
    Mau ah kapan-kapan seru2an bareng Prema di Kidzania

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..April lalu mulai dibuka, ajakin prema mba pasti seneng

      Delete
  6. wahh terakhir ke Kidzania pas si bungsu umur brapa ya..heheh, jadi pengen ke sana lagi apalagi udah ada parent experience gitu..

    ReplyDelete
  7. waktu kidzania baru buka, rajin ke situ bareng 3 adikku yg masih SD karena aku masih ngantor ... anakku mada belum pernah ke kidzania, karena umurnya baru genap 3 bulan ini hihihi

    program parent experiencenya bagus juga tuh, bisa ningkatin bonding anak orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...kita jg bisa ikutan enjoy dengan dunia masa kecil kita yaa

      Delete
  8. Anak saya pastivsuka ya kalau berkunjung ksna, smg bs nyicipin maen ke kidzania. Amin

    ReplyDelete
  9. Paksi kayanya suka kegiatan yg menantang dan memacu adrenalin ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua anak2ku kayak gitu mbaa...gak kyk ibunya (untungnyaa hahaha)

      Delete
  10. kidzania memang tempat bermain yg cocok untuk anak2, sesuai sama imaginasi mereka, jd betah lama2 buat anak bermain di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. betah...dan nagih mba...anak-anak gak ada bosennya

      Delete
  11. seru banget ya mom, bermain sambil belajar.
    anak2 memang perlu kegiatan bermain secara positif begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...main tp dpt banyak hal positif, ga sekedar have fun

      Delete
  12. duh, blm sempat deh ke kidzania.
    asyik ya sekarang ortu bisa ikut main juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ada program dimana kita bs ikutan main..seru kan sekalian kita refreshing hahaha

      Delete
  13. Aku udaaaahhh g sabar mau share foto. Yukkk mak kesana jugaa

    ReplyDelete
  14. Waaah seruuu kelihatannya. Saya baru tahu ini kalau di Jakarta ada tempat bermain seasyik ini. Nanti kalau udah nikah dan punya anak, ajak anak ke sini ah wwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha....sip, klo gak ajak ponakan juga boleeh hihi

      Delete
  15. wah pastinay anak2 sanagt suak ya dengan kegiatan seru ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya mah...anak2 nagih mau lagi n lagi ke sana

      Delete
  16. Kidzania ini, sarana hiburan dan edukasi buat anak-anak ya mbak. Cocok buat keponakanku nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajakin ponakannya tis, titis bisa ikutan main jg di rpgram parent experiencenya

      Delete
  17. Aihhhh ternyata sekarang ada program parents experience ya,,,insya allah abis pulkam mau ke KidZania lagi mumpung anak-anak masih libur.

    ReplyDelete
  18. Anak2 udah... ibunya malah yg blm pernah ke kidzania 😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah kan bisa ibunya niih ikutan di parent experience mak say

      Delete
  19. Udaaah lama banget ngga ke sini :)... tambah asyik yaaa

    ReplyDelete
  20. Saya juga pengeeeeeeen banget ke sini mbaaa....
    Anak bisa dijadikan alibi nanti hihihi

    ReplyDelete
  21. Program baru ya.. biasanya ortu gatel pengen masuk, sekarang bisa nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba...gak pake pegel...bisa ikut seseruan

      Delete
  22. ahh,mau ke sana, tapi anaknya udah gede, tapi pengen nyobain parents experience.
    Pinjem si kaka ajalah mak hahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...si kakaknya pastis eneng banget dipinjem teeh, orang maunya ke sana muluu

      Delete
  23. Tempatnya emang seru dan asyik banget, ya, Mba Ophi? Pengen ngajakin ponakanku Yasha deh ke sini ntar. Pasti ga akan bisa diem tuh anaknya. Haha.

    ReplyDelete
  24. Whuaaa....asiknya ortu bisa ikut main. Waktu ke sana sama para penulis cilik, cuma bisa gigit jari karena nggak boleh ikutan main :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.