Sunday, July 16, 2017

Kreasi Resep Tradisional dan Modern So Good Chicken


Hai Sobat Mom of Trio, apa kabar nih? Sehat terus yaa. Alhamdulillah, gimana setelah berpuasa dan berlebaran kemarin, pola makannya sudah kembali normal kah? eh emang kemarin gak normal ya hahaha. Biasanya setelah berpuasa lalu lebaran, suka lupa sama pola makan yang sehat saat berpuasa. Hmm dipuas-puasin ceritanya. Apalagi kalau ketemu menu favorit warisan keluarga sama kuliner khas daerah deh. Hajaaar bleh! Mumpung ketemu gitu ya, balik ke rantau suka kangen berat sih sama kuliner khas daerah dan menu favorit keluarga.



Waah ngomongin kuliner daerah dan menu favorit, saya mau cerita sekaligus sharing salah satu resep atau menu makanan favorit saya yang merupakan kuliner khas daerah pantura nih. Iya makanan ini memang banyak ditemui di wilayah pesisir pantai utara Jawa Barat terutama Indaramayu dan Cirebon. Namanya Pedesan Entog. Sesuai dengan namanya menu masakan ini memang nikmatnya karena cita rasa pedasnya yang bikin saya suka pingin nambah nasi lagi. Entog itu unggas sejenis bebek. Menu tradisional satu ini merupakan salah satu menu favorit dan masih jadi ciri khas daerah pantura yang terus dilestarikan. Menu ini bisa ditemui pada salah satu menu lebaran di Pantura.

Naah, terinspirasi dari Pedesan Entog, saya sering membuat masakan serupa dengan bahan dasar ayam. Jujur saya gak berani mengolah unggas takutnya gak pas dan katanya ada rahasia khusus supaya daging unggas tidak berbau amis dan keras. Bedanya kreasi saya ini tentu saya sesuaikan dengan selera keluarga kecil saya. As you know karena Trio Krucils tidak bisa dan tidak doyan pedas, jadilah kamipun mengikuti selera mereka. Kalau sedang kangen yang pedas-pedas biasanya saya buat sambal atau makanan pedas terpisah. 

Nah yang membuat menu kali ini menjadi istimewa karena saya menggunakan So Good Ayam Potong. Ini bukan kali pertama saya menggunakan So Good ayam potong. Berbeda dengan ayam potong biasa, So Good ayam potong praktis, tinggal olah tanpa perlu dipotong dan dicuci. Saya memilih potongan premium karena potongannya pas dan dagingnya banyak. 


Daging ayamnya empuk, tidak amis, dan kenyal. Memang kabarnya So Good ayam potong ini berasal dari bibit ayam pilihan yang dipelihara secara baik di peternakan modern dan tumbuh tanpa suntikan hormon. Penting banget tuh untuk mendapatkan bahan makanan yang sehat dan bergizi. Yang lebih penting lagi sejak awal pembibitan hingga pemotongan diproses  secara HALAL. Untuk menjaga 4 kualitas ayam segar yaitu SEGAR, GIZI, RASA & BERSIH, Ayam So Good dibekukan sempurna dengan teknologi IQF (Individually Quick Frozen). 

So Good Chicken Masak Cabai Hijau.

Trus, resepnya mana? Hahaha jangan khawatir Mom of Trio bakal membagikan resep yang sebetulnya sederhana dan mudah dipraktikkan ini. Iya dapur Mom of Trio mah, andalannya resep sederhana dan sehat ya kan? Hmm dikasih nama apa ya resep yang terinspirasi dari Pedesan Entog ini? Yang jelas sudah gak pedas lagi nih. Gimana kalau nama resepnya So Good Chicken Masak Cabai Hijau. Yuk cuss kita mulai masak :)

Bahan:

700 gr So Good Ayam Potong, saya memilih potongan premium dada dan paha supaya mantap

Bumbu:

Cabai Hijau (Silahkan gunakan sesuai selera, semakin banyak semakin pedas. Karena Trio Krucil gak suka pedas saya hanya menggunakan 5 buah cabai hijau)
4 siung bawnag putih
5 siung bawang merah
6 butir kemiri
2 batang serai
1 ruas lengkuas
1 ruang kunyit
1 sdm bubuk ketumbar

Haluskan

Daun salam
Garam 
Gula Jawa
Bawang Bombay iris kasar
Minyak goreng untuk menumis
Air untuk merebus


Cara mengolah:

Panasnya minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masukan juga salam bawang bombay, garam dan gula. Masak hingga bumbu harum dan matang. Setelah terasa harum dan matang, biasanya ditandai dengan mulai terpisah antara minyak dan bumbu. Masukan potongan ayam, aduk lalu tambahkan air. Masak hingga matang dan bumbu mengental.


Angkat saat ayam sudah matang sempurna dan bumbu mengental. 


Sajikan panas dengan nasi panas dan lalapan.




Naah begini nih penampakan So Good Chicken Masak Cabai Hijau. Mudah, sehat, dan nikmat pastinya. Yuk dicoba aja :).  

Classic Roasted So Good Chicken 



Naah masih dengan So Good Chicken, kali ini Mom of Trio mau berbagi menu sederhana lainnya. Kalau tadi menu tradisional, kali ini yang modern nih. Kata kuncinya masih sama ya, sederhana dan sehat hahayyyy! Hmm kita kasih nama apa ya? Biar gaya namanya Classic Roasted So Good Chicken aja kali ya. Karena saya gak punya oven, saya panggang di wajan happy call nih. Yuuk kita eksekusi. Gak pake lama kok :)

Bahan:

5 potong So Good ayam potong (pilih yang ada kulit dan bagian dagingnya juicy jika dipanggang seperti paha atas dan bawah)
3 buah kentang, kupas bersihkan dan potong sesuai selera
1 buah wortel. bersihkan potong sesuai selera

Bumbu:

3 siung bawang putih, peprek lalu potong kasar
Bawang bombay, potong kasar
lada hitam bubuk
garam
minyak zaitu/olive oil

Cara mengolah:

Rendam (marinate) potongan ayam So Good dengan minyak zaitun,  bawang putih, bawang bombay, lada hitam bubuk, dan garam secukupnya. Biarkan sekitar 20 menit.

Panaskan wajan Happy Call, lalu tuangkan minyak zaitun . Setalah panas masukan ayam yang sudah direndam tadi beserta seluruh bumbunya. Tutup wajan Happy Call. Jangan lupa untuk membalik ayam supaya matang merata. Angkat setelah ayam matang dan tampak kuning kecoklatan. Tata ayam di piring saji.

Sisa minyak dan bumbu ayam tadi kemudian kita gunakan untuk memanggang kentangnya. Masukan kentang, tambahkan garam dan lada lalu tutup wajan. Jangan lupa dibalik agar kentang matang merata.

Untuk wortel cukup direbus sebentar di air mendidih dengan menambahkan sedikit garam. 

Sajikan Ayam, kentang dan wortel, nikmati selagi panas dan dapat dilengkapi dengan sambal cocolan.





Beneran simpel kan? Tahu gak siih, potongan ayam So Good ini terasa juicy dan manis banget, bagian kulitnya juga crispy dan aroma bawang putih dan bawang bombaynya bikin mouth watering. Dicoba juga yuuk resepnya.

Oh iya, jangan-jangan sobat Mom of Trio juga punya resep atau menu favorit berbahan dasar ayam juga? yuuk sharing juga kayak saya, sekalian ikutan  Lomba Kreasi Masak #BPNxSOGOOD yang diselenggarakan oleh SO GOOD bersama Blogger Perempuan Network. Hadiahnya super kece lhoo ada Mirrorless Camera Canon EOS M3, Pocket Camera Canon SX620, dan Smartphone Samsung Galaxy J5 Prime. Hmm mupeng kan?






 Jadi yuuk buruan posting menu favorit, menu andalan, atau menu apapun yang menggunakan bahan ayam potong. Tenang periode lomba masih sampai tanggal 23 Juli lhoo. Psst tapi jangan sampai kelupaan ya. Giih buruan borong So Good ayam potongnya dan posting resepnya. Kalau mau info lebih lengkap bisa di cek di website Blogger Perempuan.

Happy Cooking :)

21 comments :

  1. Noted.. 2 resep ini disimpan dulu.. bisa di explore nanti pas weekend.. Sukses utk lomba nya ya mba..

    ReplyDelete
  2. Kreatif nih. Bisa dibikin jadi masakan tradisional juga ya ternyata :)

    ReplyDelete
  3. Suka yang pedes2, milih olahan cabai hijaunya... Yumilah Yummylawati....

    ReplyDelete
  4. kalau di aku itu krg ijo, krg pedes, heheheh
    jadi lapar juga ya

    ReplyDelete
  5. bisa dicoba ini. Saya seringnya masak ayam kecap

    ReplyDelete
  6. Hhhhm enak, aku bookmark dulu deh, pengin coba ayam cabe hijaunya. Nikmat banget dimakan dengan nasi anget :)

    ReplyDelete
  7. ayam cabe ijonya kayaknya enak nih.. pedes2 gitu ya? :D

    ReplyDelete
  8. Ayam yang hanya dimarinated bawang putih itu kesukaan suami. Sampe lebaran kemarin pun bikinnya itu :)

    ReplyDelete
  9. So Good udah ada ayam potong gini bikin praktis u emak2 yang ga sempat ke pasar, langsung cuzz ke supermarket beli ayam potong kemasan praktis, lumayan hemat tenaga juga ya..

    ReplyDelete
  10. Ternyata cukup simpel kok resepnya ya mak. Bisa nih nanti dicoba

    ReplyDelete
  11. haduuh,untung udah maksi kalo ga bisa ngiler abis liat poto2nya maak..

    Tapi, gpp denk kalo masih ada stok, boleh kirim sini eea

    ReplyDelete
  12. resep yang menarik dan menggugah selera, semoga saja si ibu bisa bikinin makanan kayak gini kalau saya sudah pulang... izin simpan resepnya ya...

    ReplyDelete
  13. Liat so good chicken masak cabai hijau kayaknya magnyus mba rasanya. Bumbunya keliatan meresap gitu. Makasih udah share resepnya, tinggal praktek di rumah.

    ReplyDelete
  14. Beneran, bikin laper☺ klo aku naksir resep yang tradisional mb..pertama, krn aku suka pedes..kedua..lidahku lokal mb..☺☺

    ReplyDelete
  15. belum pernah coba masak ayam digituin paling banter di opor sama kecap duh minim kreasi hahaha makasi resepnya mba

    ReplyDelete
  16. Hhmmm..nyaamm nyaammm.. *simpen resep

    ReplyDelete
  17. Resep baru, makasih mba udah share. Udah tak Bookmark. kapan mau bikin tinggal di buka.

    ReplyDelete
  18. Aneka resep ayam yang menggodaaa.. yang masak cabe hijau terutamaaa mbaaa

    ReplyDelete
  19. Yg pedesan entog aku tertarik.. Resep2 gampang dan ga ngeluarin bnyk bahan gini biasanya lgs aku kasih ke mba ART supaya lgs dimasak ama dia :p. Tp kalo buat keluargaku, pedesan entognya bakal dibuat super pedes mba :D

    ReplyDelete
  20. wooow woowww... so good nya jadi ayam goreng tradisional
    lapaaar laapaaaar....

    kayaknya enak banget tante

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top