Friday, August 18, 2017

Rumah Minimalis? Coba Tips ini Agar Rumah Selalu Nyaman



Rumah Minimalis, Tampak Luar

"Home is not a PLACE, It is a FEELING"

Rumah kami memang tidak luas, di atas tanah seluas 8m x 15m yang kami sisakan 3m x 8m untuk halaman dan carport. Bentuknya minimalis. Terbayang kalau kami memiliki tetangga di kanan, kiri, dan depan rumah. Mungkin akan terasa lebih sesak dari sekarang. Meski rumah kami cukup mininalis namun selama 8 tahun menghuni rumah ini kesan minimalis tidak terlalu kentara karena kami belum punya tetangga depan, kanan dan kiri. Kavling di sekitar rumah yang masih kosong dan kemudian ditanami beberapa tanaman pelindung membuat rumah lebih adem sekaligus kami memiliki ruang pandang yang lebih luas.



Sejak awal menerima rumah ini, saya dan suami sepakat untuk menata bagian dalam rumah dengan desain minimalis. Bagian ini sudah mengalami beberapa kali perubahan penataan, pada saat anak-anak masih bayi hingga mereka beranjak besar. Meskipun rumah kami minimalis, tapi anak-anak tetap aktif bergerak, dan yang paling penting mereka tetap merasa nyaman berada di rumah.

Kami juga menganggap rumah sebagai tempat "kembali" dari rutinitas kerja, tempat menenangkan hati, mengistirahatkan fisik, dan mengembalikan semangat menjalani hari demi hari.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat rumah minimalis terasa nyaman?

Gunakan Furniture atau Perabotan yang Simpel dan Multifungsi

Desain dari furnitur yang kami pilih memang sederhana cenderung polos dan minim detail. Kalaupun ada beberapa yang bermotif, kami memilih motif yang simpel dan menekankan geometri sederhana, seperti garis diagonal, vertikal ataupun horizontal. Elemen pengisi ruang juga dibuat simpel dan sederhana. Perabotan dengan desain rumit dan terlalu detail membuat ruang terasa lebih penuh dan sempit.

Contoh Penataan Ruang Tamu & Ruang Keluarga
Untuk beberapa furniture kami juga memilih yang bisa multifungsi. Meja tamu misalnya, juga dilengkapi dengan laci penyimpan dan rak untuk menyimpan koran atau majalah di bagian bawahnya. Demikian juga dengan sekat ruang tamu dan ruang tengah, selain merupakan ruang pajang foto dan pernak pernik, di bagian bawahnya kami sertakan juga laci penyimpan. Untuk pintu lemari, bisa juga difungsikan sebagai pintu geser dan sekaligus cermin. Dengan adanya cermin, bisa memberkan kesan luas.


Gunakan Warna Terang dan Cerah

Untuk cat rumah kami sudah beberapa kali ganti. Pada intinya kami memilih warna terang dan cerah. Untuk ruang tamu dan ruang tengah yang menyatu, kami sempat menggunakan tiga warna yang berbeda, seperti hijau telur asin, ungu, dan merah muda. Tujuannya memang untuk membuat suasana lebih hidup dan tidak terkesan membosankan. Untuk cat perabotan, kami memilih warna netral, seperti hitam, coklat, merah maroon, dan sejenisnya.

Ubah Penataan Ruang Secara Berkala

Karena luas ruangan terbatas, maka perabotan harus diatur sedemikian rupa sehingga cukup nyaman untuk kita tempati. Jujur tahun ini kami berniat mengganti beberapa bagian pada ruangan, seperti mengganti cat tembok, mengganti kulit sofa dan cover bantal sofa, serta tirai jendela yang sudah kami gunakan sejak lama. Alasannya bukan karena bosan atau sekedar ingin mengganti suasana, tapi karena kondisinya memang sudah mengkhawatirkan. Kreatifitas anak-anak makin meramaikan tembok, belum lagi cat pada beberapa bagian tembok yang sering terkena rembesan air mulai pudar dan menimbulkan bercak yang mengganggu.

Untuk sofa, kami hanya merasa butuh mengubah warna jok dan cover bantal. Tentunya nanti warna akan disesuaikan dengan pemilihan cat tembok. Prinsipnya pilih cat tembok dengan warna terang agar ruangan terasa lebih luas.

Perabotan yang ada di rumah juga kami ubah penataannya. Anak-anak sudah semakin besar, sehingga perabotan berukuran besar, yang memakan ruang, kami geser menempel dinding, sehingga ruangan menjadi lebih luas, terutama di ruang keluarga yang berbatasan dengan ruang tamu. Bufet yang kami gunakan untuk membatasi kedua ruang tersebut juga kami geser ke arah tembok agar terasa lebih luas.

Manfaatkan Permainan Cermin

Seperti telah disinggung sebelumnya, gunakan lemari yang dilengkapi dengan cermin. Di samping untuk memudahkan dalam berhias, cermin akan menambahkan efek luas pada ruangan. Selain pada lemari, saya sengaja memasang cermin di belakang lemari pajang yang memisahkan ruang tengah dan ruang tamu. Tentu saja untuk memberi kesan ruangan yang luas. Demikian juga dengan lemari pajang yang kami tempatkan di dinding ruang tamu, kami pasang cermin yang senada untuk memberi kesan luas di ruang tamu.


Jaga Rumah Selalu Bersih dan Sehat

Kebersihan penting di manapun, terlebih di rumah, karena hampir separuh lebih aktivitas kami sehari-hari dihabiskan di sana. Setelah penataan ruang dan furniture-nya, maka kebersihan adalah hal yang sangat penting untuk membuat penghuni rumah merasa nyaman. Selain melakukan bersih-bersih dan beres-beres rumah yang secara rutin dilakukan, hal lain yang juga sangat penting adalah memastikan kondisi rumah agar tidak lembab, ada sirkulasi udara, dan cahaya yang cukup. Jaga juga agar tidak ada binatang berbahaya atau yang mengganggu kenyamanan bersarang di rumah, seperti semut, nyamuk, atau tikus.

Contoh Penataan Ruang Tidur

Rumah dengan tumpukan barang yang tidak perlu, selain mengganggu kenyamanan juga dapat menimbulkan datangnya binatang-binatang yang tidak diundang. Pindahkan barang-barang tersebut dan lakukan hal ini secara berkala.

Untuk memastikan sirkulasi udara dan cahaya yang cukup, kami berusaha menggunakan banyak jendela di rumah. Pintu-pintu dengan kaca yang tinggi dan bisa dibuka. Ruang tamu yang tersambung dengan ruang keluarga dan langsung menuju ruang makan dan dapur sengaja dibiarkan terbuka. Penataan rumah yang terbuka seperti ini, selain baik untuk asupan udara segar, juga bisa menghemat listrik karena cahaya yang masuk membuat kita lebih hemat dalam menggunakan listrik di ruangan tersebut.

Pastikan Kondisi Ruangan Sejuk dan Nyaman

Salah satu yang juga tak kalah penting agar keluarga merasa nyaman di dalam rumah adalah memastikan kondisi ruangan tetap sejuk dan nyaman. Karena kami tidak bisa memasang jendela di bagian kanan dan kiri rumah yang kelak akan berbatasan langsung dengan tembok tetangga, maka menggunakan penyejuk udara merupakan pilihan yang mutlak.

Sejak anak-anak masih kecil hingga sekarang, mereka tidak bisa tidur dan istirahat dengan nyaman jika ruangan tidak diberi penyejuk ruangan. Beberapa ruangan dengan jendela yang minim atau bahkan tidak berjendela, dipasang AC agar membuat ruangan tidak terasa panas serta membantu mengatur kesejukan udara.

Ruang Tidur yang Nyaman untuk Tidur Berkualitas dan Perkembangan Otak si Kecil yang Baik

Ruang favorit kami untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama, selain ruang tengah adalah ruang tidur utama dan ruang tidur anak-anak. Ruang tidur ini terletak di lantai atas. Ruang tidur utama memiliki jendela dan pintu ke arah balkon. Siang yang terik kadang membuka pintu tidak cukup membuat kamar terasa sejuk. Saat seperti ini kami membutuhkan AC untuk membuat acara kumpul menjadi lebih nyaman. Siang hari, kamar tidur utama sering berubah fungsi menjadi ruang nonton TV. Kami kumpul, bercengkarama dan menonton TV di  sini.

Menurut saya ruang tidur di rumah wajib menggunakan penyejuk ruangan. Saat tidur baik malam hari maupun siang hari. Kita dan anak-anak tentu membutuhkan suasana yang sejuk dan dingin untuk tidur yang lelap dan berkualitas. Tentu kita tahu bahwa tidur dan istirahat yang berkualitas sangat penting terutama bagi anak-anak. Tidur berkualitas berperan dalam proses perkembangan otak anak-anak di masa tumbuh kembangnya.

Sahabat Mom of Trio pasti punya ruang favorit juga di rumah bukan? Yuk ceritakan tentang bagaimana Sahabat dan keluarga menghabiskan waktu di rumah, apa yang membuat sahabat merasa nyaman berada di rumah. Hmm, bagaimana kalau selain bercerita juga ikutan kontes instagram dan berkesempatan memenangkan hadiah yang luar biasa membuat kita sejuk dan nyaman hahaha.

Kompetisi #BeyondComforting ini caranya gampil kok, cukup like dan follow social media @daikinindonesia, trus share foto dan cerita dengan tema “Bagaimana AC Membuat Rumah Anda Menjadi Sejuk dan Nyaman” di Instagram dan mentag IG @daikinindonesia serta 5 orang teman untuk ikut juga keseruan kontes berhadiah kece ini.

Iyes hadiahnya bakal bikin sahabat Mom of Trio semangat deh. Ada e-voucher sebesar masing-masing senilai Rp4,000,000, Rp2,500,000, dan Rp1,000,000 untuk juara 1, 2, dan 3 serta e-voucher senilai Rp250,000 untuk 10 pemenang favorit. Banyak kaaan? Pastikan ikut serta, jangan sampai menyesal yak. Kompetisi #BeyondComforting ini berlaku pada 1-21 Agustus 2017 Untuk info lengkapnya bisa dikulik di http://bit.ly/beyondcomfortingcompetition

Gimana Sahabat Mom of Trio? Hmm pasti mupeng dung sama hadiahnya. Jangan sampai gak ikutan yaa. Oh iya, kalau ada yang belum jelas bisa tinggalkan comment di bawah yaa atau bisa bisa langsung kunjungi media sosial Daikin untuk kepoin informasi yang lebih lengkap.

Facebook: Daikin Indonesia
Instagram: @daikinIndonesia

54 comments :

  1. Pengen ngecat rumah nih karena penuh coretan tapi belum kesampaian :)

    ReplyDelete
  2. Aku suka rumah minimalis. Rumah mbak Ophi kelihatan adem ya :) Sayangnya rumahku nggak perlu AC, karena lumayan dapat angin, secara ada pekarangan di samping rumah dan ruang terbuka masih cukup luas :)

    ReplyDelete
  3. Rumahnya nyaman bgt mb Ophi. Kalo segitu kecil apa kabar rumahku ya? Yg cuma 9x7 m

    ReplyDelete
  4. Wahhh makasih tipsnya mba Ophiii.. Eh ada kontesnya jugaa, seru nih..

    ReplyDelete
  5. Rumahnya cantiiik Mba. Suka dan setuju banget sama tipsnya dan perlu aku contek ntar kalau punya rumah sendiri. Giveawaynya kereeen abis hadiahnya.

    ReplyDelete
  6. Rumahnya cakep, mb ophi. Di rumahku hh pakai warna terang biar asyik. Sama pakai cermin juga di beberapa bagian. Sekalian di belakang cermin dibikin ruang penyimpanan barang juga.hehe

    ReplyDelete
  7. Aku ga brani mainin warna terang dirumah mbaaa hahahhaha yg netral aja 😆 Blm sempet ngubah2 tata letak barang nih, baca tulisan ini jd keingetan 😘

    ReplyDelete
  8. Aaakkkk suka sm warna rumahnya, cucookkk,
    Btw maksih sharenya ya mbk ophi, praktekin kalok aku udh punya rumah nanti,
    Bantu doa yak, :)

    ReplyDelete
  9. Aku pengen redecor rumah n ngecat2 tapi kayaknya mesti nunggu gak ada anak kicik lagi 😂😅

    ReplyDelete
  10. Rumahnya nyaman :) Semoga menang ya mbak ^^

    ReplyDelete
  11. Suka banget dengan desain rumah mba Ophi minimalis yang maksimal. Drmahku juga pakai warna terang hijau dan orange, mba

    ReplyDelete
  12. Mamah saya nih yang paling rajin menata ruang secara berkala. Sedangkan saya tipe yang begitu-gitu aja penataannya :D

    ReplyDelete
  13. Nampak lebih indah ya mbak, karena tertata dengan baik. :)

    ReplyDelete
  14. Hallo mbak, aku berarti harus mengurangi tumpukan barang-barang di rumah nich. Aku juga suka banget rumah yang lapang, plong gitu, jd sirkulasi udaranya berganti terus

    ReplyDelete
  15. Pengen ikutan nulis juga tp aku baru pindah rmh..hiks.. Belom pny ruang favorit

    ReplyDelete
  16. Untuk rumah model minimalis memang gak pakai perabotan gede. Yang penting perabot itu fungsional.
    Saya suka banget deh dengan model kamarnya mbak Ophi, elegant kelihatannya.

    ReplyDelete
  17. rumahku sekaarng rapi dan tertata krn anakku sdh dewasa dan merantau, dulu lagi masih kecil sih mau dibagusin percuma kotor dan rusak algi sama anak2, apalagi paaki pajangan yang mudah pecah

    ReplyDelete
  18. Rumahnya sejuk sekali Mbak. Adem :)

    ReplyDelete
  19. kalau aku lebih suka rumah-rumah yang minimalis mom, yang masih kelihatan bata merahnya, sama perabotan yang serba kayu palet, biar kelihatan seninya, hehe
    btw salam kenal mom

    ReplyDelete
  20. Rumahnya nyaman, pilihan warnanya menenangkan tapi keren. Saya suka pola hiasan kayu yang di cat putih di dinding tempat tidur bikin ruang kelihatan lebih elegan. Rumah memang tempat kita 'pulang' karena rumah is where the heart is.

    ReplyDelete
  21. bener mbaak, pernah dengar juga kalo cermin itu bisa memberi kesan luas pada ruangan :D

    ReplyDelete
  22. Impian banget punya rumah minimalis modern hehe. Untuk memainkan warna sih udah dicoba, sering banget malahan ganti-ganti

    ReplyDelete
  23. Ac bikin anak-anak betah ya mba. Apalagi kalau udara panas, pengennya ngadem seharian, hahha

    ReplyDelete
  24. Itu yang paling akhir kuncinya banget ya, Mbak. Ademin rumah pakai ac. Apalagi belakangan cuaca lagi terik banget. Nikmat rasanya ngadem.

    ReplyDelete
  25. kalau aku lebih suka rumah-rumah yang MODEL minimalis mom

    ReplyDelete
  26. Rumah minimalis, harus bisa menyiasatinya ya mbak, biar nampak luas.

    ReplyDelete
  27. mba...itu rumahnya cakep banget. Kamarnya ku pikir tadi kamar hotel. Trus pake warna ungu, siapa nih yang suka ungu?

    ReplyDelete
  28. Suka teh kpingin juga ngrubah rumah jd Aden sirkulasi udara banyk,. Sayang ya d rumh gk pakai AC krn suami dn ank lk elergi dingin teh jd d rmh pakai hexos Aja u.sirkulasi udr,,, good luck y

    ReplyDelete
  29. jadi idaman banget nih rumah minimalis..

    ReplyDelete
  30. Enak ya mbak kalau kanan kiri rumah msh lahan kosong, kalau tanah sendiri ditanemin pohon biar adem hehe

    ReplyDelete
  31. Rumah tempat untuk segala-galanya bagi kekuarga. Kalau rumah sudah tidak nyaman tidak bisa dibayangkan bagiamana jadinya keharmonisan keluarga si empunya...

    ReplyDelete
  32. Malasih tipsnya mom... Saat ini masih blm bisa menata rumah karna masih numpang d rumah mertua. Hehe. Nanti klo sudah punya rmh sendiri bermanfaat nih

    ReplyDelete
  33. tips nya cucok nih, makasih mba. btw rumahnya keliatan nyaman banget :)

    ReplyDelete
  34. Rasanya kalo rumah nyaman betah ya mau ngapain dirumah juga gak mau keluar

    ReplyDelete
  35. Jadi tau, kalo untuk kesan luas pada ruangan pada rumah minimalis pake cat yang terang2 ya

    ReplyDelete
  36. Bagus rumahnya... Bisa jadi ide untuk bikin lega ruangan

    ReplyDelete
  37. Aku udah ikutan kontesnya, moga aja termasuk yg beruntung, heheh. Rumahku lebih lebih minimalis lagi mbak, lagi proses mengurangi barang-barang yang gak perlu biar lebih lega :D

    ReplyDelete
  38. Rumahnya nyaman banget mbak ophi. Kalau rumah udah nyaman gini rasanya malas deh mau kemana-mana~

    ReplyDelete
  39. Permainan cat warna terang dan berbeda tiap ruang. Eniwei, rumahnya mbak terlihat nyaman sekali.

    ReplyDelete
  40. Rumah minimalis yang kece. Kemarin waktu si kakak bikin video testi novelku di ruangan mana, Mbak? :D

    ReplyDelete
  41. Hihihiii...telah udah closed nih. Asri banget kelihatannya rumah OPhie ini. Di wilayah mana sih nih ya? Adem keknya as a Home.

    ReplyDelete
  42. Gak pernah pede klo nulis tentang rumah, karena gak pernah ada rapinya hehehe

    ReplyDelete
  43. Asik banget ah, kudu ikutan nih kompetisinya...

    ReplyDelete
  44. Rumah mbak ophi keren banget,. minimalis, bersih dan tertata. Pengen banget rasanya some day bisa punya rumah seperti itu. Eh BTW saya kayaknya nggak bisa ikutan kuis di instagram karena sampe sekarang saya maish ngekost

    ReplyDelete
  45. Aku termasuk orang yang males mengubah penataan ruang. Mesti pindah perabot, dsb. Lalu datanglah anak2 yang bikin kerusuhan, hihi. Yang penting rumah bersih sudah senang banget.

    ReplyDelete
  46. Rumahnya imut-imut tapi kece ya, suka sama penataan perabotannya. Walopun space nya nggak luas tapi jadi multifungsi gitu :D

    Ruangan favoritku dirumah cuma di kamarku mbak. Favorite karena selalu berantakan hahaa

    ReplyDelete
  47. Saya suka rumah minimalis juga, boleh neh tips-tipsnya aku pake ya.

    ReplyDelete
  48. Udara akhir-akhir ini memang panas buanget baik itu siang atau malam dan tampaknya rumahku pun sudah mulai butuh pasang AC. Kipas angin banyak nggak mempan juga.

    ReplyDelete
  49. Rumahnya bagus, dan bersih juga. Pasti bikin penghuni rumah jadi sehat nih

    ReplyDelete
  50. rumah yang nyaman baik bagi anak anak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top