Mengintip Gedung Parlemen Swedia: Sveriges Riksdag



Berbagai Gedung Parlemen di dunia biasanya punya ciri khas, keunikan dan sejarah tersendiri. Dari beberapa di antaranya, rasanya agar tak hilang dari ingatan ada baiknya menceritakan kembali tentang Sveriges Riksdag, Swedish Parliament Building. Melihat photo gedung parlemen Swedia di musim dingin di atas hamparan air yang membeku terasa sangat eksotis. Hmm sayangnya pengalaman saya waktu itu mengunjungi Stockholm di akhir musim gugur menjelang musim dingin. Hmm jadi belum sampai bersalju atau membeku air "laut" di salah satu sisi gedung parlemen.



Hari pertama menginjakkan kaki di Swedia, sekitar satu jam dari Bandara Arlanda menuju Ibu Kota Stockholm. Sesampai di hotel kami belum bisa check in, sehingga kami berinisiatif untuk jalan-jalan seputar hotel. Kami sangat beruntung karena Scandic Hotel ada di tengah-tengah kota, dan Posisi gedung Parlemen Swedia hanya sekitar 10 menit dengan berjalan kaki dari hotel. Melewati sebuah jembatan besar karena memang posisinya di sebuah pulau kecil. Stockholm memang terdiri dari pulau-pulau kecil yang terhubung satu sama lain. Jumlahnya ribuan pulau lhooo.







Jadi sejak hari pertama saya sudah berkeliling dan mengambil foto di luar gedung, berkeyakinan suatu hari bisa masuk ke dalam dan mengambil foto di dalam gedung. Iyalah saya sudah dapat contekan jadwal training yang salah satu agendanya adalah kunjungan ke Parlemen dan berdiskusi dengan salah satu anggota Parlemen. Ternyata untuk kunjungan individual sesuai dengan change project saya malah harus bertemu dan berdiskusi dengan kepala sekretariat komisi sosial dan asuransi, saya bisa masuk ke gedung ini dan berdiskusi di ruang Kepala Sekretariat.



Gedung Parlemen Swedia sebagai pusat dekomrasi Swedia terletak di sebuah pulau bernama Helgeandsholmen di jantung kota Stockholm. Di gedung inilah undang-undang dan anggaran negara diputuskan. Gedungnya sendiri dibangun pada 1905, gedung lama ini kemudian digabungkan dengan sebuah gedung Bank of Sweden pada tahun 1983 dan menjadi gedung yang sangat artistik karena berbentuk bulan sabit yang terlihat di atas air. kedua gedung utama yakni gedung parlemen lama dan old bank of Sweden ini dihubungkan oleh sebuah jembatan di atas air namun dibawah tanah. Letak gedung ini satu komplek dengan komplek istana kerajaan Swedia atau the Royal Palace.



Selain Tampak luar yang sangat impressive beberapa bagian dalam dari Gedung Parlemen yang menjadi simbol dan ciri khas gedung parlemen ini antara lain:

  • The Grand Stairway: terletak di sebrang pintu yang menuju ke Royal Palace, biasa digunakan untuk berbagai acara ceremonial seperti saat pembukaan masa sidang oleh Raja Swedia di Bulan September.


Baca Juga: Taby Kyrka, The Old Curch of Taby



  • The Chamber: merupakan jantung parlemen, sebuah ruang rapat paripurna tempat para anggota parlemen berdebat dan mengambil keputusan. Posisi dan tempat duduk anggota parlemen berdasarkan daerah pemilihan bukan berdasarkan fraksi atau afiliasi partainya. 




  • The Bank Hall: merupakan bagian dalam dari pintu utama sayap barat gedung yang merupakan pusat pertemuan di Parlemen. Terdapat Restaurant, kantor post dan meja informasi yang mengingatkan kita bahwa semula gdeung ini adalah gedung Bank of Sweden.





  • The Grand Gallery: Bagian sayap timur gedung yang dihubungkan oleh sebuah gallery sepanjang 45 meter. dahulu tempat ini merupakan tempay berdiskusi/debate para anggota parlemen. Saat ini ruangan ini digunalan sebagai tempat utama penyelenggaraan dinner resmi dan acara resepsi laiinya. Kaca yang terlihat di tengah atap ruangan dikelilingi oleh 24 lambang resmi dari 24 provinsi di Swedia.



No comments

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.